Saturday, 14 September 2019

Kalimat Indah dari Imam Syafi'i yang Menenangkan Hati




Pertama kali saya membaca kalimat indah dari Imam Syafi'i tersebut saat saya hendak ke Surabaya. Ditulis di atas secarik kertas oleh seorang teman yang sekaligus saya anggap sebagai kakak. Kalimat itu berbaris bersama kalimat-kalimat lain sebagai pesan dari seorang kakak dan sebagai tanda perpisahan.

Friday, 13 September 2019

Beberapa Kendala untuk Hidup Bergaya Minimalis


Bicara mengenai hidup bergaya minimalis, secara otomatis pikiran saya langsung terhubung pada seni beres-beres dan metode merapikan ala Jepang. Metode beberes yang pernah saya baca adalah ala Marie Kondo atau biasa dikenal dengan metode KonMari (yang sudah sangat populer itu).

Tuesday, 10 September 2019

Sosok Pahlawan Nasional yang Pertama Kali Menginspirasi


"Juara pertama lomba menyanyi adalah... Diah Kusumastuti! Yang menyanyikan lagu 'Ibu Kita Kartini'."
Suara tepuk tangan yang bergemuruh diiringi senyum teman-teman beserta ibu guru membuat pipi ini merona. Senang sekali rasanya 🤩.

Monday, 9 September 2019

Sepenggal Cerita dari Foto Masa Kecil


"Mii.. waktu kecil dulu wajah Umi kayak apa, sih?"
"Iya, Mi. Aku pengen tau. Mana fotonya?"

Dua kakak beradik itu berebut bertanya pada saya. Mereka ingin tahu, seperti apa wajah ibunya di waktu kecil. Haha.

Sunday, 1 September 2019

Menikah, Mudah atau Rumit? Kita Sendiri yang Menentukan




Alhamdulillah, tahun ini adalah tahun ke sepuluh usia pernikahan saya dan suami. Tanggal 6 bulan 6 (Juni) tahun 2009 kami menikah. Sudah banyak cerita yang tercipta dalam rumah tangga kami selama 10 tahun. Dan, semuanya itu, berawal dari sebuah prosesi pernikahan yang sangat sederhana.

Sunday, 25 August 2019

5 Cara Menjaga Kesehatan Anak-anakku Bersama SehatQ.com


Pagi tadi saat mengantar sekolah si nomor dua saya sempat berpikir "iseng" di jalan. Dari keempat anak kami, mana yang paling istimewa? Dan... oh, tidak! Saya tak bisa memilih. Karena bagi saya semuanya istimewa! Lalu ingatan saya tertuju pada suami, yang selalu tegas mengharuskan anak-anak untuk sarapan setiap hari. Ya, sarapan adalah salah satu cara menjaga kesehatan anak-anak kami. Kami tak ingin anak-anak istimewa kami itu ada yang sakit.

Saturday, 17 August 2019

Perayaan HUT RI Ke-74 di Gorontalo: Padat Bermanfaat




Halo, temans. Bagaimana kabar hari ini, hari di mana seluruh bangsa Indonesia merayakan kemerdekaannya yang ke-74 tahun? Semestinya bahagia, ya. Karena berkat kemerdekaan selama 74 tahun ini, kita bisa berdaulat di negeri sendiri. Nah, kali ini kita intip, yuk, bagaimana perayaan Hari Kemerdekaan di Gorontalo?

Tuesday, 13 August 2019

Syarat Sebelum Memulai Menghafal Al-Qur'an



Orang sukses itu gak punya alasan, orang gagal itu gampang cari alasan.

Halo, teman-teman. Gimana kabarnya? Lama banget, nih, saya enggak update blogpost. Entah kenapa sejak awal bulan hingga hari ini rasanya tak ada semangat buat nulis. Trus suka marah sama anak-anak karena badan dan pikiran berasa capek semua (hiks..), kebanyakan baca chat di WA, keseringan buka medsos, dan lain-lain. Intinya, kebanyakan alasan buat enggak nulis!

Tuesday, 30 July 2019

Melihat Semangat Mencari Ilmu dari Film Mahasiswi Baru


Dulu, saya masuk kuliah setelah bekerja kurang lebih 3 tahun sebelumnya. Jadi, dalam satu kelas saya adalah mahasiswa tertua. Hehehe. Teman-teman saya semuanya fresh graduate dari SMA. Lebih tua 3 tahun dari teman-teman saja rasanya sudah ada gap yang lebar. Lah, trus, gimana, ya, jika ada nenek-nenek usia 70 tahun yang kuliah bareng anak-anak muda yang baru lulus SMA? Hihihi. Itulah cerita yang ada dalam film Mahasiswi Baru.

Sunday, 21 July 2019

Perhatikan Etika di Grup WhatsApp Keluarga, Agar Silaturahim Tetap Terjaga


Suatu ketika ada anggota grup WhatsApp keluarga kami yang "salah" menulis. Bahasa yang dia gunakan dianggap terlalu kasar oleh anggota yang lain. Akibatnya, grup jadi sepi, layaknya perang dingin. Kasak-kusuk pun terjadi di belakang grup. Kami saling wapri. Dan akhirnya, sesepuh grup yang turun tangan. Memberi nasihat pada kedua belah pihak yang "perang dingin". Hehe.

Saturday, 20 July 2019

Kapan Sebaiknya Mulai Menyekolahkan Anak?


Meski saya sudah menyekolahkan dua orang anak, tapi masih ada dua anak lagi yang belum bersekolah. Dari dua anak saja sudah ada dua cerita yang berbeda dan membuat saya jadi galau. Hehe. Jadi pengetahuan tentang kapan sebaiknya mulai menyekolahkan anak masih tetap saya butuhkan saat ini.

Friday, 19 July 2019

Malang Dulu, yang Lain Kemudian


Salah satu hal yang membuat saya semangat mengumpulkan pundi-pundi uang (wih, bahasanya 😅) baik dari blog ini maupun dari media sosial adalah, saya ingin lebih sering traveling! Hihi. Iya, senang rasanya jika bisa nambah-nambah dana dari suami untuk traveling. Karena waktu saya kecil dulu jarang traveling, sih.. hahaha.

Thursday, 18 July 2019

Pencapaian-pencapaian Kecil yang Bikin Bahagia


Biar lebih semangat berkarya, sesekali boleh lah, ya, kita mencatat pencapaian atas usaha kita. Hehe. Meski pencapaian yang kita hasilkan bukan sesuatu yang "wah" atau bahkan sangat sepele di mata orang lain, enggak masalah, lah. Yap, begitulah yang hendak saya tulis kali ini. Pencapaian-pencapaian kecil yang bikin bahagia 🤗.

Wednesday, 17 July 2019

Berbagi Ilmu Meski Sedikit


Membaca berita-berita tentang Indonesia Mengajar, Kelas Inspirasi, dan kegiatan-kegiatan sejenis seringkali membuat saya ingin sekali bergabung. Tapi tentu syarat-syarat untuk mengikuti kegiatan seperti itu enggak mudah. Jadi sekarang, saya hanya bisa berandai-andai, seandainya ada trip ke suatu daerah dan ada program berbagi ilmu, saya juga ingin berbagi ilmu yang saya punya 😊.

Tuesday, 16 July 2019

Belajar Banyak Hal dari Pengalaman Kerja Pertama Kali


Halo, teman-teman. Masih membahas soal pekerjaan, nih. Kalau kemarin saya menulis tentang pentingnya menyeimbangkan hard skill dan soft skill dalam dunia kerja, kali ini saya mencoba berbagi cerita tentang pengalaman kerja pertama kali.

Monday, 15 July 2019

Seimbangkan Hard Skill dan Soft Skill untuk Jual Kemampuan Diri


Pengalaman saya dalam bekerja di beberapa tempat memberikan pelajaran berharga. Pelajaran itu yang nantinya, insya Allah, akan saya bagikan kepada anak-anak saya jika sudah membutuhkan. Tapi sekarang, bisa juga saya berbagi cerita kepada teman-teman. Bahwa intinya, seimbangkan hard skill dan soft skill untuk menjual kemampuan diri ke dunia kerja atau organisasi, komunitas, dan semisalnya.

Sunday, 14 July 2019

Tempat Kerja Para Pekerja Digital


Email itu masuk pukul 16.54. Sebuah tawaran kerjasama content placement atau penempatan artikel pada blog ini. Sebelum-sebelumnya sudah biasa, sih, saya menerima tawaran seperti itu. Tapi kali itu kondisinya berbeda. Anak saya sedang sakit dan akan diperiksakan ke dokter, sementara artikel berbayar itu harus dipublish di hari itu juga!

Saturday, 13 July 2019

Anak-anak, Tetaplah Jadi Anak-anak



"Kamu lihat apa, sih? Ayo, balik lagi ke yang tadi. Lihat yang anak-anak aja, lho..!"

Saya menegur si sulung yang tengah melihat sebuah video di channel YouTube. Bukan cuma sekali itu dia menonton konten video yang diisi oleh youtuber muda. Video tentang Minecraft, tentang game online, atau video-video milik youtuber Atta Halilintar sering ditontonnya saat ini. Hemm... saya kurang suka dengan pilihan-pilihannya itu.

Friday, 12 July 2019

Serunya Menikmati Safari Adventure di Taman Safari Prigen


Bagi saya, perjalanan-perjalanan traveling atau refreshing ke tempat-tempat wisata selama ini semuanya terasa mengesankan. Apalagi, saya dan keluarga termasuk orang-orang yang jarang traveling. Hehe. Sehingga semua perjalanan itu tampak luar biasa. Seperti juga saat kami kemarin jalan-jalan di Taman Safari Indonesia 2, yang terletak di Prigen, Pasuruan, Jawa Timur.

Cara Memilih Produk Skincare yang Aman dan Halal, dan Rekomendasi Produk Skincare


Memiliki wajah yang cantik, mulus, dan kinclong adalah dambaan setiap wanita. Karena dengan memiliki wajah yang cantik, mulus, dan kinclong tentunya akan membuat rasa percaya diri menjadi meningkat. Sehingga tidak aneh banyak wanita yang melakukan berbagai cara untuk mendapatkan wajah cantik, mulus, dan kinclong tersebut.

Thursday, 11 July 2019

Plus-Minus Belanja di Pasar Tradisional


Mungkin jika anak-anak sudah bersekolah semua, saya akan lebih sering berbelanja ke pasar tradisional. Saya bisa melenggang sendirian berbelanja tanpa perlu was-was memikirkan anak yang biasanya saya gendong atau gandeng. Hehe. Karena, salah satu kelebihan belanja di pasar tradisional itu adalah banyak pilihannya.

Wednesday, 10 July 2019

Toko Buku, Sarana Membangun Kebiasaan Baik untuk Anak


Anak-anak selalu senang jika saya bacakan buku cerita. Apalagi jika saya membelikan mereka buku baru, langsung deh rebutan semua. Haha. Enggak heran jika saya dan suami mengajak mereka ke toko buku, mereka antusias sekali. Tapi sayangnya, toko buku yang lumayan besar dan komplit koleksi bukunya, letaknya jauh dari rumah kami 😔.

Tuesday, 9 July 2019

Laskar Pelangi, Film Inspiratif yang Mengesankan


Sebelumnya saya enggak pernah nonton film di bioskop. Tapi ketika film Laskar Pelangi rilis pada 26 September 2008, saya bertekad untuk menontonnya. Dan gayung pun bersambut, teman-teman kuliah pada saat itu banyak pula yang berminat menontonnya. Kami pun kemudian pesan tiket bersama-sama. Lalu, petang itu ba'da Maghrib kami menyerbu bioskop untuk menonton film Laskar Pelangi 🤗.

Monday, 8 July 2019

Mengasah Skill Memasak Kue Karena Sayang Anak




Mungkin ini terdengar lucu buat teman-teman. Seorang ibu, tak punya skill memasak yang baik. Tapi itulah saya. Memasak sayur saja hanya mampu ala kadarnya, apalagi memasak kue atau bermacam jajanan. Tapi, akhir-akhir ini kondisi membuat saya harus mengasah skill memasak, terutama memasak kue dan aneka jajanan buat anak-anak. Hemm..

Saturday, 6 July 2019

Catatan #2 Lebaran 2019: Mudik dan Jalan-jalan




Meski sudah sangat terlambat dan bulan Syawal 1440 H sudah lewat, saya tetap menuliskan cerita ini. Sebagai catatan saja, untuk kenang-kenangan di kemudian hari. Dan tentu saja, untuk memenuhi janji saya pada diri sendiri. Yap, kalau tempo hari saya sudah menuliskan Catatan #1 Lebaran 2019, kali ini adalah lanjutannya, yaitu Catatan #2 Lebaran 2019: Mudik dan Jalan-jalan 😊.

Monday, 24 June 2019

Pompa ASI Medela Swing Maxi, Pilihan Ibu Pintar Pejuang ASI




Perihal merawat bayi, saya mendapat banyak pelajaran berharga melalui pengalaman. Mulai cara menyusui, memandikan bayi, memijat, merawat kulitnya, dan sebagainya. Dan mungkin, pengalaman soal memberikan ASI (Air Susu Ibu) menjadi pengalaman paling dramatis dalam perjalanan saya merawat anak-anak.

Sunday, 23 June 2019

Bermain dan Refreshing di BDI (Bukit Dhoho Indah) Kediri




Saat mudik lebaran kemarin selain bersilaturahim ke rumah-rumah saudara, kami sekeluarga refreshing ke dua objek wisata di Kediri. Salah satunya ke BDI atau Bukit Dhoho Indah. Teman-teman sudah tahu destinasi wisata keluarga yang satu ini? Mungkin sudah banyak yang tahu, ya. Nah, kali ini saya mau menuliskan pengalaman saya berwisata bareng anak-anak di sini, ya 😊

Sunday, 16 June 2019

Catatan #1 Lebaran 2019: Kumpul Keluarga dan Kopdar


Alhamdulillah, lebaran di tahun 2019 ini lebih seru dari tahun sebelumnya. Jadi enggak sia-sia mempersiapkan penyambutan Idul Fitri yang matang sebelumnya. Hehe. Bisa ngumpul bareng keluarga adik dan kakak, bisa lebih lama silaturahim dan jalan-jalan, dan lain-lain membuat kami bahagia sekali. Eh, wait, sebelum saya cerita ini-itu, terlambat enggak apa-apa, ya, saya pajang ucapan ini di sini. Hehe.

Tuesday, 4 June 2019

Persiapan-persiapan Menyambut Lebaran


Allahu Akbar.. Allahu Akbar.. 
Laaillahaillallah Allahu Akbar..
Allahu Akbar walillahil hamd.

Merdu suara takbir berkumandang, pertanda Ramadhan telah berakhir dan 1 Syawal telah hadir. Antara bahagia dan sedih. Ya, sebagai muslim perasaan itu wajar. Namun, Hari Raya Idul Fitri mestinya kita sambut dengan gembira. Saya pun menyambut lebaran dengan suka cita.

Monday, 3 June 2019

Doa dan Harapan di Akhir Ramadhan Tahun Ini


Alhamdulillah. Tak terasa waktu berjalan begitu cepat. Seperti baru kemarin memulai puasa Ramadhan, ternyata hari ini kita sudah di akhir bulan mulia itu. Insya Allah tinggal besok kita berpuasa Ramadhan di tahun 1440 H. Bahagia, tapi juga sedih. Karena momen-momen indah dalam bulan penuh berkah ini akan segera berakhir. Kemudian muncul doa dan harapan di akhir Ramadhan tahun ini.

Sunday, 2 June 2019

Awal Puasaku, Momen Terbaik Ramadhan Ini


Menjelang bulan Ramadhan kemarin, semua tampak biasa-biasa saja. Banyak ucapan selamat menyambut Ramadhan saya baca, disertai untaian-untaian doa. Sebagai muslim tentu saja saya termasuk yang berbahagia dengan datangnya bulan suci itu. Tapi bahagia yang biasa saja. Hingga momen itu menyapa.

Asyiknya Belajar Bikin Kue Ditemani Mixer Cosmos CM-1579




Kemarin saya sempat menulis tentang aktivitas mengisi waktu selama Ramadhan. Dan salah satu aktivitas itu adalah bereksperimen di dapur, bikin-bikin kue, gitu. Selain saya ingin membuat menu berbuka puasa yang menyenangkan, si anak cewek nomer dua juga kepingin banget diajak bikin-bikin kue. Hehe. Maklum, kami lagi punya mixer baru, yaitu Mixer Cosmos 😉.

Saturday, 1 June 2019

Jajanan Saat Lebaran yang Selalu Ada di Nganjuk dan Kediri


Selain tradisi lebaran, baju lebaran, pasti yang enggak pernah ketinggalan dari momen Hari Raya Idul Fitri adalah jajanan dan kuliner khas lebaran. Hehe. Iya, kan, di manapun berada saat lebaran, sudah hampir pasti selalu ada jajanan ataupun kuliner khas lebaran? Nah, kali ini saya mau menulis tentang jajanan saat lebaran yang selalu ada di Nganjuk dan Kediri.

Friday, 31 May 2019

Rupa-rupa Aktivitas Mengisi Waktu Selama Ramadhan 1440 H


Saya menuliskan ini sebagai catatan perjalanan selama Ramadhan 1440 H. Bagaimana kami sekeluarga mengisi waktu selama Ramadhan di tahun ini. Saat keempat anak kami masih kecil, saat segala kerempongan sering terjadi. Hehe.

Thursday, 30 May 2019

Inilah Tradisi Lebaran yang Membuat Idul Fitri Jadi Semarak


Lebaran sebentar lagi.. lebaran sebentar lagi.. *nyanyi 😊
Apa yang teman-teman pikirkan tentang lebaran? Mungkin banyak sekali yang terlintas di pikiran, ya, saat muncul kata lebaran. Mulai dari shalat Idul Fitri, mudik, aneka jajanan, baju lebaran, dan lain-lain hingga tradisi lebaran yang bermacam-macam.

Wednesday, 29 May 2019

Mengapa Berburu Baju Lebaran?


Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah insya Allah tinggal beberapa hari lagi. Hari besar yang sangat istimewa bagi umat Islam di dunia ini sudah pasti sangat dinantikan. Tak terkecuali muslim Indonesia, selalu gembira jika lebaran tiba. Banyak hal biasanya dipersiapkan untuk merayakannya. Mulai persiapan hidangan di hari raya, hingga berburu baju lebaran pun kerap dilakukan.

Tuesday, 28 May 2019

Mengoptimalkan Manfaat Berbuka Puasa Bersama Keluarga atau Teman


Hingga hari ke-23 Ramadhan tahun ini, ada berapa kali undangan buka puasa bersama yang diterima teman-teman? Saya, dong, enggak ada satu pun! Hahaha. Iya, saya buka puasa bersama keluarga saja setiap harinya. Tapi, boleh, dong, kalau kali ini saya menulis tentang bagaimana mengoptimalkan manfaat berbuka puasa bersama keluarga atau teman? Hehehe. Boleh, lah, ya. Blog saya sendiri juga 😅.

Monday, 27 May 2019

Seberapa Penting Make Up Saat Lebaran?


Lebaran atau lebih tepatnya Hari Raya Idul Fitri merupakan hari yang sangat istimewa untuk umat Islam. Karena begitu istimewanya, kaum muslim menyambut dan merayakannya dengan suka cita, dengan apa-apa yang terbaik yang mereka punya. Termasuk untuk urusan penampilan, dari pakaian yang dikenakan hingga tampilan wajah atau make up wajah. Tapi sebenarnya, seberapa penting make up saat lebaran, ya?

Sunday, 26 May 2019

Tips Berpuasa untuk Anak Kecil Usia TK


Alhamdulillah tahun ini si nomor dua, Fahima, sudah ikut berpuasa Ramadhan. Tapi dia masih puasa setengah hari, sih, belum full sampai Maghrib. Mungkin "prestasi"nya termasuk belum bagus, ya, untuk anak seusianya. Tapi enggak apa-apa, kali ini emaknya mau nulis tentang tips berpuasa untuk anak kecil usia TK. Hehe.

Saturday, 25 May 2019

Aplikasi yang Digunakan Selama Ramadhan, Penting Enggak, Sih?


Halo, temans. Selama Ramadhan, bagaimana aktivitas kalian? Apakah terjadwal dengan baik? Apakah teman-teman punya aplikasi-aplikasi khusus untuk bulan Ramadhan ini? Hemm... Sebenarnya, aplikasi yang digunakan selama Ramadhan, penting enggak, sih?

Friday, 24 May 2019

Cara Membiasakan Berbagai Amalan Puasa pada Anak


Mengajak anak-anak berpuasa di bulan Ramadhan itu, gampang-gampang susah. Kadang gampang, seringnya susah. Hehe. Padahal, banyak amalan puasa yang harus diketahui anak dan menjadi kebiasaannya, agar pahala di bulan Ramadhan berlimpah. Saya mencoba belajar mendidik anak-anak, tentang bagaimana cara membiasakan berbagai amalan puasa pada anak-anak.

Thursday, 23 May 2019

Memorabilia Cerita Mudik: Dari "Boyongan" Hingga "Kruntelan"


Saya mulai bersentuhan akrab dengan istilah mudik setelah menikah, sepuluh tahun yang lalu. Sebelumnya saya hanya mendengar cerita teman-teman atau saudara-saudara yang mudik. Lalu, dari pertama mudik hingga sekarang, ada beragam cerita mudik yang selalu terkenang. Dari cerita "boyongan" hingga mudik dengan model "kruntelan". Hahaha.

Wednesday, 22 May 2019

Ramadhan Saat Masa Kecil: Semaraknya Masjid


Jika mengenang Ramadhan saat masa kecil, mungkin saya harus berusaha keras membuka kenangan. Dan kenangan itu, seumpama tulisan-tulisan yang telah sangat buram. Sulit dibaca. Sulit diingat. Hanya sebagian yang terbaca. Dan sebagian itu, adalah tentang semaraknya masjid.

Tuesday, 21 May 2019

Cara Mudah Memahamkan Anak tentang Zakat, Infaq dan Shadaqah


Di awal Ramadhan kemarin si sulung dan adiknya mendapat surat edaran dari sekolah. Pengumuman itu berkaitan dengan pembelajaran di bulan puasa. Diantara isinya yaitu tentang pembayaran zakat yang bisa dilakukan di sekolah. Nah, kali ini saya ingin sharing tentang cara mudah memahamkan anak tentang zakat, infaq, dan shadaqah.

Monday, 20 May 2019

Beberapa Objek Wisata Keluarga yang Ramah Anak di Solo


Solo, kota seribu kenangan. Memang benar demikian arti kota itu buat saya. Lahir dan besar di Solo, lalu sekarang menjalani kehidupan di kota Sidoarjo, menjadikan Solo punya tempat yang sangat spesial di hati saya. Tempat yang selalu dirindukan. Dirindukan untuk dikunjungi, untuk menjelajahi kembali masa lalu yang bertabur kenangan manis. Nah, next time, saya ingin ke sana untuk mengunjungi beberapa objek wisata keluarga yang ramah anak di Solo.

Bedak Wardah, Bedak Favorit yang Menenangkan Hati


Oke, saya memang bukan beauty enthusiast. Bukan perempuan yang tergolong cantik menawan pula. Tapi boleh, dong, sekali-kali saya mengulas tentang produk kecantikan? Hihihi. Prolognya gini amat, yak. Iya, izinkan saya kali ini menulis tentang bedak Wardah, bedak favorit yang menenangkan hati. Bukan review yang komplit gitu, ya. Namun sekadar berbagi pengalaman saja 😊.

Sunday, 19 May 2019

Tentang THR ala Saya: Cara Mendapatkan dan Menghabiskannya



Sudah beberapa tahun terakhir ini saya menggeluti dunia bloger yang menghasilkan. Dibilang profesional dalam arti menjadikan bloger sebagai profesi, sebenarnya enggak juga. Tapi, nyatanya saya memang mendapat penghasilan dari aktivitas menulis di blog (meski belum banyak). Nah, menjelang hari raya Idul Fitri seperti sekarang, enggak ada salahnya saya menulis tentang THR (Tunjangan Hari Raya), ya, berhubungan dengan penghasilan. Kali ini tentang bagaimana cara mendapatkan dan menghabiskannya. Hehe.

Saturday, 18 May 2019

Lebaran dan Gaya Rambut Anak Laki-laki


Semakin besar, si sulung saya semakin mengerti soal gaya. Anak laki-laki kelas dua SD (Sekolah Dasar) itu saat ini semakin memperhatikan gaya berpakaian, gaya memakai sandal dan sepatu, hingga gaya rambut. Hemm... Ternyata begini, ya, perkembangan seorang anak laki-laki 😊.

Friday, 17 May 2019

Memilih Baju Tunik untuk Penampilan Muslimah yang Syar'i


Halo, temans. Adakah yang hendak membeli pakaian untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri? Oh, tidak ada? Saya juga, sih. Hehe. Tapi siapa tahu, ya, tulisan saya berikut ini bermanfaat untuk dibaca kapan saja, termasuk untuk menyambut lebaran. Kali ini, saya ingin sedikit menulis tentang fashion, yaitu tentang memilih baju tunik untuk penampilan muslimah yang syar'i 😊.

Thursday, 16 May 2019

Cara Menggunakan Panci Presto Oxone OX-2004


Dulu saya penasaran banget gimana cara menggunakan panci presto. Sepertinya, kok, ribet dan harus hati-hati banget menggunakannya. Alhamdulillah tahun 2015 kemarin ada rezeki untuk beli panci presto, sehingga saya bisa merasakan langsung pengalaman menggunakan peralatan masak yang banyak manfaatnya itu. Di bulan Ramadhan seperti sekarang, panci presto sering saya gunakan untuk memasak. Yap, panci presto memang bermanfaat sekali untuk urusan dapur 😊.

Wednesday, 15 May 2019

Cara Mencegah dan Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa



Kalau kemarin saya bahas soal sikat gigi saat puasa, sekarang saya mau menulis tentang cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa. Enggak bisa dipungkiri, puasa dan bau mulut memang berhubungan erat, ya. Karena seharian enggak makan dan minum kadang bikin mulut kita berbau kurang sedap.

Tuesday, 14 May 2019

Kapan Waktu yang Tepat untuk Sikat Gigi Saat Puasa?



Di bulan Ramadhan tahun 1440 Hijriyah ini, alhamdulillah semangat saya dalam beribadah puasa masih sama kencengnya dari awal hingga di hari ke-9 saat ini. Diantara semangat itu, saya rajin mandi setelah sahur sekalian sikat gigi. Badan dan mulut jadi bersih dan segar, pikiran pun lebih fresh. Nah, makanya sekarang saya mau menulis sesuatu yang berkaitan dengan hal itu. Yaitu tentang kapan waktu yang tepat untuk sikat gigi saat puasa? 😊

Monday, 13 May 2019

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami



Halo, temans. Tak terasa sebentar lagi insya Allah hari raya Idul Fitri akan tiba, ya. Biasanya, sih, hari raya umat Islam ini menjadi momen berkumpulnya semua saudara. Dan saya jadi inget soal wajah, dong. Hehe. Gimana kalau lagi jerawatan pas hari raya? Enggak pede, kan? So, kali ini saya mau menulis tentang cara menghilangkan jerawat secara alami 🤗.

Sunday, 12 May 2019

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan-bahan Alami


Masalah pada rambut ada bermacam-macam, ya. Dari mulai rambut rontok, berketombe, tidak berkilau, dan lain-lain. Yang paling menyebalkan memang rambut rontok dan rambut berketombe, sih. Karena efeknya terlihat banget. Nah, kali ini saya mau nulis sedikit tentang cara menghilangkan ketombe dengan bahan-bahan alami.

Saturday, 11 May 2019

Ketika Emak Irit Menyikapi Promo Belanja Online


Punya beberapa aplikasi e-commerce di hape (handphone) itu ada enak-enggaknya, ya. Enaknya, kita bisa dengan mudah belanja online. Kapanpun dan di manapun butuh barang, bisa langsung klak-klik dan sukses belanja sesuai kebutuhan. Enggak enaknya, kalau lagi ada promo belanja online, banyak banget notifikasi yang muncul di hape. Huhuhu. Risih!

Friday, 10 May 2019

Nasi Goreng, Menu Penyelamat Sahur Buat Anak-anak


Biasanya, saya dan ibu memasak dua menu sayur di rumah. Satunya pedas, yang lain enggak pedas. Karena memang anak-anak belum doyan masakan pedas. Hari-hari biasa atau Ramadhan sama saja ritmenya, sih. Nah, kemarin itu saya alpa, saya enggak masak sayur buat anak-anak. Hiks! Akhirnya anak-anak berbuka dengan takjil, dan nasi plus lauk saja. Dan saat sahur tadi, saya masak nasi goreng.

Thursday, 9 May 2019

Resep Soto Ayam ala Emak 4F




Alhamdulillah.. Di hari keempat bulan Ramadhan tahun 1440 H ini saya masih semangat beribadah puasa. Termasuk dalam hal masak-memasak yang juga merupakan ibadah, dong, ya 🤗. Nah, kalau kemarin saya menulis resep roti goreng selai kacang, sekarang saya pengin nulis tentang resep soto ayam ala emak 4F alias ala saya 😄.

Wednesday, 8 May 2019

Resep Buka Puasa SKIPPY: Roti Goreng Selai Kacang




Halo, temans. Bagaimana kabar puasa Ramadhan-nya? Alhamdulillah hari ini memasuki hari ketiga, ya. Kalau kemarin saya menulis tentang ngabuburit dan tempat buka puasa, nah, kali ini saya mau share resep buka puasa Skippy: Roti Goreng Selai Kacang. Hemm.. ada yang pernah bikin enggak, ya? 😊

Tuesday, 7 May 2019

Tempat Buka Puasa Favorit di Sidoarjo Selatan


Temans, kalau kemarin saya menulis tentang ngabuburit, kali ini saya mau menulis tentang tempat buka puasa favorit di Sidoarjo Selatan, yaitu daerah tempat tinggal saya. Lho, kemarin bilangnya enggak suka ngabuburit di luar? Berarti enggak suka buka puasa di luar juga, dong? Jadi ngapain posting tentang tempat buka puasa favorit? Hihihi. Kita simak saja, yuk, tulisan berikut ini 🤗.

Monday, 6 May 2019

8 Ide Aktivitas Anak Saat Ngabuburit di Bulan Ramadhan






Alhamdulillah... hari ini adalah hari pertama puasa Ramadhan tahun 1440 Hijriyah atau 2019 Masehi. Bagaimana kabar teman-teman muslim khususnya para ibu atau emak? Sudah siap menu buka puasa buat nanti sore? Atau lagi mikirin aktivitas apa saja yang asyik buat anak saat ngabuburit nanti? Yak, saya lagi mikirin itu juga!

Thursday, 2 May 2019

Pentingnya Korelasi Pendidikan dan Moral untuk Mencetak Generasi yang Beradab




Ngeri.. sungguh ngeri... jika kita melihat fenomena perlakuan siswa terhadap gurunya yang amoral akhir-akhir ini. Peristiwa siswa melawan gurunya, tampaknya sering kita lihat di beberapa tahun terakhir di Indonesia. Di Jawa ataupun luar Jawa, sepertinya kompak telah terjadi degradasi moral pada para peserta didik itu. Sungguh menyedihkan!

Sunday, 21 April 2019

Berwisata ke Sabang, Titik Paling Barat Indonesia





Dulu, saya enggak suka berwisata ke pantai. Saya enggak suka berbasah-basah. Baju basah, badan basah, dan biasanya keduanya juga ikut kotor. Saya lebih suka jalan-jalan ke pegunungan, yang adem, sejuk, penuh dengan warna hijau. Tapi, sejak punya anak, tampaknya kesukaan tempat refreshing itu mulai bergeser. Karena ternyata, anak-anak suka main di pantai atau ke kolam renang. Dan enggak jarang mereka merengek minta piknik ke pantai. Hemm..

Saturday, 20 April 2019

Ikhlas dalam Berbagi, dan Kenikmatan yang Tak Terhingga





Tak dapat disangkal, tiap kali mendapatkan job ngeblog, saya senang sekali. Saya akan lebih bersemangat menulis jika job itu datang mengalir, bergantian. Senang melihat isi rekening yang kian bertambah. Tapi di saat bersamaan, selalu saja ada pengurangan saldo untuk berbagai hal. Mulai ingin membelikan kebutuhan anak-anak, hingga berbagi untuk orang lain. Kadang saya sedih. Tapi...

Monday, 15 April 2019

Pijat Bayi dengan Sentuhan Cinta Bersama Johnson's




Konon, eyang saya dulu adalah tukang pijat bayi. Sayang, keahlian itu tidak menurun pada ibu apalagi pada saya. Padahal, setahu saya pijat bayi itu penting untuk bayi maupun anak-anak. Alangkah senangnya jika bisa memijat anak-anak sendiri di rumah. Tapi tenang, zaman kian maju dan hal yang dulu terasa sulit kini bisa saja menjadi gampang. Termasuk soal pijat bayi, sekarang tiap ibu bisa memijat bayinya sendiri dengan mudah. Asal mau mencari tahu dan mempelajarinya. Iya atau iya? 😊

Thursday, 11 April 2019

Kebiasaan Bernapas Melalui Mulut




Suatu hari di grup chat WhatsApp (WA), saya dan teman-teman sedang ngobrol soal kereta api. Mulanya ada teman yang cerita akan traveling ke suatu daerah dan ingin naik kereta api. Kemudian tanya-tanya tentang jurusan kereta api, fasilitasnya, dan lain-lain hingga sampailah soal fasilitas kamar mandi di kereta. Ada yang bilang bersih, tapi ada juga yang bilang sebaliknya; kotor dan bau!

Wednesday, 27 March 2019

Memahami Masalah Belajar Anak dan Cara Mengatasinya



"Enam kali delapan?"
"Empat dua?"
"Kurang tepat."
"Aku tau aku tau! Lima puluh dua?"
"Salah."
"Oh... Lima puluh empat?"
"Jangan ngawur, Faiq... Kalau belum hafal perkalian, ya, dihitung dulu. Trus dihafalkan lagi. Jangan asal nebak-nebak gitu!"

Wednesday, 20 March 2019

Keuntungan Tinggal di Apartemen Co-living




Mencari tempat tinggal di ibukota kadang terdengar sulit, ya. Setidaknya begitulah yang pernah saya dengar beberapa kali dari teman atau saudara yang sedang bekerja ataupun kuliah di Jakarta. Untungnya, di era digital seperti sekarang mengurus segala hal termasuk mencari hunian baru menjadi lebih mudah. Semua bisa kita lakukan dengan bantuan internet. Jika enggak menemukan tempat kost, kita bisa tinggal di apartemen. Bahkan sekarang, kita bisa memilih tinggal di apartemen co-living.

Monday, 18 March 2019

Murah Meriah! Yuk, Cek Pilihan Rumah 99.co Indonesia


https://www.dekamuslim.com/2019/03/pilihan-rumah-99co-indonesia.html


Murah Meriah! Yuk, Cek Pilihan Rumah 99.co Indonesia.
Membeli hunian, terutama bagi kaum muda saat ini sepertinya menjadi impian yang tak mudah diwujudkan. Jangan khawatir, kalau melihat pilihan harga rumah 99.co Indonesia, rasanya impian itu bisa saja, lho, jadi kenyataan.

Saturday, 9 March 2019

Upaya Optimal PDAM Surya Sembada Melayani Kebutuhan Air Warga Surabaya





Surabaya sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia menjadi incaran banyak orang untuk dijadikan tempat tinggal. Banyak pendatang baru dari tahun ke tahun yang menambah jumlah penduduk di kota ini. Entah itu berawal dari urusan pekerjaan, mencari ilmu, atau untuk urusan lain. Jumlah penduduk yang semakin padat, membuat sarana dan prasarana kota mau tak mau juga harus ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya. Mulai dari lapangan pekerjaan, sekolah, hingga soal pelayanan air bersih.

Sunday, 3 March 2019

Apa yang Dilakukan Ketika Anak Muntah dan Pusing


Malam ini saya masih terjaga. Lebih tepatnya menjaga agar mata tak terpejam atau tertidur. Pasalnya, Fahima dan Zia dari tadi sore sampai malam ini muntah-muntah dan mengeluh pusing. Persoalan anak muntah dan pusing memang pernah saya hadapi sebelumnya. Tapi tetap saja, kali ini saya juga sedih melihat mereka yang bolak-balik muntah. Dan saya takut mereka muntah lagi sementara saya tertidur.

Sunday, 24 February 2019

Pengalaman Menggunakan OPPO F9




Sebenarnya saya sudah ingin menuliskan ini sejak dua-tiga bulan yang lalu. Haha. Sudah lama, ya. Tapi apa daya, saat itu anak-anak sakit bergantian, kemudian ada beberapa momen penting, lalu... bosan dan bingung saking lamanya ditunda-tunda. Hahaha. Tapi akhirnya saya memutuskan untuk tetap menulisakannya. Apa itu? Yap, saya ingin menuliskan tentang pengalaman menggunakan OPPO F9, si smartphone (hape) yang menemani aktivitas saya sehari-hari saat ini 😍.

Tuesday, 19 February 2019

Melatih Kemandirian Anak TK Melalui Outing Class


https://www.dekamuslim.com/2019/02/melatih-kemandirian-anak-tk-melalui-outing-class.html


"Gimana kalau anaknya mabukan, apakah ibunya juga tetap enggak boleh ikut, Ustadzah?"


Tanya saya di sela-sela rapat wali murid pagi itu. Pada kesempatan itu, kami sedang membahas persiapan outing class untuk anak-anak kami, murid-murid TK A (Taman Kanak-kanak nol kecil). Saya menanyakan hal itu karena pasalnya, sejak awal ustadzahnya sudah mengingatkan, bahwa ini adalah outing class yang tidak boleh diantar orangtuanya.

Monday, 11 February 2019

Kerendahhatian yang Menyentuh


Beliau menangis demi mendengar kabar itu. Kabar tentang kecelakaan yang menimpa bapak hingga menyebabkan kakinya patah seketika. Beliau menangis, teringat berbagai kenangan puluhan tahun lalu bersama bapak.

Friday, 25 January 2019

Saya Bangga Sebagai Narablog di Era Digital, Meski...





Bungkusan yang tak begitu rapi itu saya buka perlahan-lahan. Ternyata isinya sebuah mushaf Al-Qur'an dan kaos dewasa berwarna biru. Bapak dan ibu yang saat itu sedang berada tak jauh dari tempat saya duduk, penasaran dan bertanya, "Apa itu? Kiriman dari mana?"

Thursday, 24 January 2019

Gaya Hidup Para Milenials, Tak Bisa Lepas dari Smartphone


Kehadiran smartphone dalam kehidupan kita, tentunya membawa perubahan pada gaya hidup. Hampir semua orang mengalami ketergantungan pada smartphone. “Tiada hari tanpa smartphone." Begitulah kira-kira gambaran hidup masyarakat dan smartphone saat ini. Smartphone memberikan banyak kemudahan dalam kegiatan sehari-hari. Maka dari itu enggak heran kalau orang-orang enggak bisa jauh dari smartphone.

Tuesday, 22 January 2019

Pilah-Pilih Susu yang Cocok Selepas ASI




Adalah Zia, anak ketiga saya yang kini berusia 2,5 tahun. Diantara empat bersaudara, Zia termasuk yang paling gemuk badannya. Sepertinya mulutnya tak pernah berhenti lama dari aktivitas mengunyah dan minum. Hahaha. Jadi enggak heran jika kemudian badannya lumayan subur. Lalu saya sempat khawatir, nanti kalau dia kegemukan atau obesitas bagaimana?

Sunday, 20 January 2019

Mengenal Sejarah Masjid Agung Ciamis


Halo, temans. Sukakah kalian berwisata religi seperti mengunjungi masjid? Nah, kali ini saya ingin mengajak teman-teman untuk mengenal sejarah Masjid Agung Ciamis. Ya, siapa tahu suatu saat kita bisa berkunjung ke masjid ini, kita sudah tahu terlebih dahulu sejarah singkatnya. Jadi, simak tulisan berikut ini, yuk! 😊

Saturday, 12 January 2019

4 Keuntungan Belanja Bulanan dengan Shopping List di Alfacart



Halo, temans. Apa kabar di awal tahun? Saya nih dari kemarin masih belum move on dari liburan. Jadi baru sempat update blog sekarang 😌. Trus apa gerangan yang bikin saya semangat nulis? Gara-garanya adalah saya klak-klik klak-klik belanja di Alfacart! Lho, kok bisa? Hihi. Sini, saya kasih tahu 😊.

Kumpulan Emak Blogger

WARUNG BLOGGER


Blogger Perempuan



Ibu-ibu Doyan Nulis


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law