Sunday, 1 September 2019

Menikah, Mudah atau Rumit? Kita Sendiri yang Menentukan




Alhamdulillah, tahun ini adalah tahun ke sepuluh usia pernikahan saya dan suami. Tanggal 6 bulan 6 (Juni) tahun 2009 kami menikah. Sudah banyak cerita yang tercipta dalam rumah tangga kami selama 10 tahun. Dan, semuanya itu, berawal dari sebuah prosesi pernikahan yang sangat sederhana.

Mungkin banyak kekurangan di sana-sini dari acara akad nikah hingga resepsi saat itu. Tapi itulah kenangan yang telah tercipta. Awal dari sebuah perjalanan berumah tangga yang coba kami bina. Ya, kami menyadari acara 10 tahun lalu itu bukanlah acara yang "wah" -- yang mungkin diimpikan oleh sebagian besar pengantin. Dengan berbagai keterbatasan, sejak awal kami memang telah berniat melaksanakan pesta pernikahan secara sederhana. 

Karena kami enggak pacaran sebelum nikah, dan hanya melakukan ta'aruf (perkenalan) sebelum menikah, maka persiapan menikah pun kami lakukan dengan komunikasi yang terbatas. Apalagi saat itu kami sama-sama bekerja, jadi masing-masing sibuk. Saya dan calon suami hanya saling berkirim SMS (Short Message Service) via handphone. Jika perlu telepon karena sangat urgent, calon suami telepon ke ibu saya atau sebaliknya.


Proses Pernikahan yang Mudah dan Sederhana

Singkat cerita, proses pernikahan kami sangat mudah dan sederhana. Akad nikah dan resepsi kami langsungkan di tempat yang sama secara berurutan. Kurang lebih begini rincian acara pernikahan kami:

💖 Bertempat di rumah kontrakan.
Karena saat itu saya bersama bapak dan ibu tinggal di rumah kontrakan, maka acara pernikahan pun kami langsungkan di rumah kontrakan. Alhamdulillah tuan rumah sangat baik, mengizinkan acara digelar di rumahnya.

💖 Katering dari tempat kerja.

Saat itu saya bekerja di sebuah perusahaan katering, jadi untuk urusan katering saya pesankan dari tempat kerja. Alhamdulillah dapat diskon dan support penuh dari sana 😁.

💖 Rias pengantin oleh teman ibu.

Alhamdulillah ibu punya teman pengajian yang punya usaha rias pengantin muslimah. Jadi kami dibantu olehnya.


Salah satu dokumentasi pernikahan kami.

💖 Pakaian pengantin menyewa di teman ibu.

Begitu juga untuk urusan sewa pakaian pengantin, kami menyewa di galeri pakaian pengantin milik teman ibu.

💖 Undangan disumbang kakak sepupu.

Alhamdulillah kakak sepupu yang bekerja di bidang desain grafis berbaik hati menyumbang kartu undangan 😍.

💖 Souvenir pesan di teman dekat.

Teman dekat yang sudah biasa mengurus A-Z acara pernikahan berbaik hati untuk mencarikan souvernir buat kami.

💖 Ustadz penasehat pernikahan adalah teman bapak.

Enggak bingung mencari ustadz penasehat pernikahan, karena bapak punya banyak kenalan ustadz.

💖 Penerima tamu dll dibantu adik-adik kelas, saudara dan tetangga.

Karena saat itu saya baru setahun lulus kuliah dan masih tinggal di komplek anak-anak kuliah, maka untuk urusan penerima tamu dll kami melibatkan adik-adik kelas. Selain itu juga melibatkan beberapa tetangga kontrakan dan saudara.

💖 Biaya nikah dari keluarga inti saja.
Nah, biaya nikah yang sederhana itu kami kumpulkan sedikit-sedikit dari orangtua, calon suami, uang hasil kerja saya sendiri, dan dari kakak saya. Alhamdulillah kami tak sampai berhutang ke pihak lain untuk acara pernikahan itu.

Begitulah, acara pernikahan kami sangat sederhana dan dimudahkan dari berbagai pihak. Meski kami akui banyak kekurangan di sana-sini. Wajar sekali, karena usaha berbanding lurus dengan hasil, bukan? Hehe. Tapi kami sudah cukup puas dan bersyukur atas acara pernikahan yang telah terlaksana itu.

Baca juga: Keajaiban di Awal Pernikahan.

Beda cerita dengan acara pernikahan adik ipar saya beberapa waktu yang lalu. Pernikahannya digelar di sebuah gedung besar, dan berlangsung cukup "wah". Hal itu tentu saja telah diniatkan dan direncanakan sejak awal. Karena mereka mampu menggelar acara seperti itu, ya, enggak masalah, bukan?

Acara pernikahan adik ipar.

Tiap orang memang punya prinsip yang berbeda-beda. Ada yang menganggap acara pernikahan enggak perlu mewah. Sederhana saja dan tidak berlebih-lebihan, antara lain karena berpikir bahwa kebutuhan nikah yang lain masih banyak. Ada pula yang menganggap pernikahan adalah peristiwa yang spesial, dan insyaa Allah hanya akan terjadi sekali seumur hidup. Maka harus digelar dengan spesial, unik, mewah, dll agar tak terlupakan. 

Mungkin pernikahan yang digelar secara "wah" terkesan lebih rumit persiapan dan pelaksanaannya, tapi bisa jadi juga tidak. Karena menikah bisa mudah atau rumit sebenarnya kita sendiri yang menentukan. Sebab pada dasarnya acara pernikahan model seperti apapun akan terasa mudah jika direncanakan secara matang. Direncanakan jauh-jauh hari, dibicarakan secara detail antara kedua belah pihak calon suami-istri, dengan modal yang sesuai kemampuan, dan sebagainya.


Bekasi Wedding Exhibition

Bicara soal persiapan pernikahan, saat ini sudah banyak digelar pameran-pameran pernikahan atau wedding exhibition. Dalam event seperti ini, para calon pengantin bisa mencari info sebanyak-banyaknya untuk mempersiapkan pernikahannya. Mereka bisa berkonsultasi dengan para ahli di bidang pernikahan, mencari vendor pernikahan, membandingkan harga, dan sebagainya.

Salah satu contoh pameran pernikahan yang berskala besar adalah Bekasi Wedding Exhibition (BWE). Sesuai namanya, acara ini digelar di kota Bekasi, tepatnya di Grand Galaxy Convention Hall (GGCH). Event ini diselenggarakan oleh Jakarta Event Enterprise (JEE), yang menjadikan event ini memiliki kualitas setara dengan pameran pernikahan yang diselenggarakan di Jakarta.

Bekasi Wedding Exhibition telah diselenggarakan dengan sukses sebanyak 6 (enam) kali. Ada lebih dari 60 vendor profesional se-Jabodetabek yang terlibat dalam acara ini. Mereka memberikan penawaran terbaik sesuai kebutuhan calon pengantin, koleksi-koleksi terbaru, serta ide-ide pernikahan untuk membantu masyarakat Bekasi dan sekitarnya dalam mewujudkan impian pernikahan mereka.

Berikut beberapa dokumentasi Bekasi Wedding Exhibition:








Tahun ini, Jakarta Event Enterprise kembali mempersembahkan 7th Bekasi Wedding Exhibition. Acara ini akan diselenggarakan pada tanggal 13 - 15 September 2019 mendatang. Tempatnya masih sama, yaitu di Grand Galaxy Convention Hall Bekasi.

Kemeriahan dan kemegahan event BWE salah satunya memang karena dukungan gedung tempat berlangsungnya acara ini, yaitu Grand Galaxy Convention Hall (GGCH). GGCH merupakan gedung pernikahan terbesar di Bekasi, yang berada di bawah naungan Jakarta Event Enterprise (JEE) Ballroom Group & Exhibitor.  GGCH memiliki keunggulan-keunggulan sebagai berikut:

👉 Kapasitasnya besar, yaitu hingga 2.500 orang.
👉 Strategis, yaitu dapat diakses dari berbagai akses tol terdekat seperti tol dalam kota, JORR, dan becak kayu.
👉 Fleksibel, yang mana para klien dapat memilih harga dan berbagai paket, yang menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan.

👉 Praktis, karena memiliki paket all in one untuk para pengantin. Semua kebutuhan mendasar acara seperti vendor, serta perangkat acara dari awal persiapan hingga terlaksananya acara telah diakomodir oleh JEE.
👉 Helpful, karena klien yang memakai GGCH, akan dibantu oleh tim JEE di GGCH dari awal persiapan hingga selesai acara berlangsung.
👉 GGCH sebagai gedung pernikahan di Bekasi memiliki event rutin yaitu Bekasi Wedding Exhibition.

Beberapa fasilitas GGCH dapat dilihat dalam foto-foto berikut:






GGCH yang berlokasi di Grand Galaxy Boulevard no.1 – Bekasi (Grand Galaxy City) ini memiliki desain arsitektur yang unik dengan ketinggian langit-langit hingga 7 meter. Sehingga memberikan suasana elegan dan megah serta interior yang memaksimalkan sistem tata suara. Fasilitasnya pun setara dengan hotel bintang 5, dengan area parkir yang luas.

Selain untuk pameran pernikahan, GGCH juga merupakan tempat yang baik sekali untuk acara pernikahan, peluncuran produk, pameran, konferensi, konvensi, wisuda atau pertemuan lainnya.

Baca juga: Ingin Suamimu Sempurna? Sempurnakan Dulu Dirimu!

Nah, jika kita menginginkan acara pernikahan yang unik dan berkesan, atau bahkan mewah, mengunjungi pameran pernikahan seperti BWE itu akan sangat bermanfaat. Kita bisa melihat-lihat ide-ide unik pernikahan, tema pernikahan, berkonsultasi secara gratis dengan para ahlinya soal persiapan pernikahan, tentang serba-serbi acara pernikahan, dan lain-lain. Sehingga acara pernikahan yang akan kita gelar dapat dipersiapkan dengan sangat matang. Dengan demikian proses persiapan hingga berlangsungnya acara nanti insyaa Allah akan terasa mudah.



Oh, ya, pada 7th Bekasi Wedding Exhibition ini akan diberikan banyak penawaran dan promo menarik bagi para pengunjung. Diantaranya, emas untuk setiap pembelian tiket online di LOKET.COM, GOTIX, GOERS, TOKOPEDIA. Kemudian ada voucher potongan harga dan bonus tambahan dari para vendor untuk 150 orang pertama di hari Jumat, 100 orang pertama di hari Sabtu, dan 50 orang pertama di hari Minggu. Ada juga voucher belanja langsung untuk setiap transaksi di 7th Bekasi Wedding Exhibition. Ada juga cashback total hingga 50 juta rupiah. Dan, ada GRANDPRIZE sebesar 100 gram emas (Logam Mulia)!

Untuk info selengkapnya teman-teman bisa pantengin akun Instagram @bekasiweddingexhibition ya 😊.


Ya, mau menikah secara sederhana atau mewah, jika persiapan kita sudah matang, insyaa Allah menikah akan terasa mudah. Enggak mendadak butuh ini-itu, mendadak bingung karena ada sesuatu yang kurang, dan kekurangsiapan-kekurangsiapan yang lain. Bagi teman-teman yang berniat menikah, persiapkan segala sesuatunya dengan matang, ya. Karena menikah akan terasa mudah atau rumit, kita sendiri yang menentukan. Jika mau mudah, ya, persiapkan dengan matang. Karena, sebenarnya menikah itu mudah! 😊


#Bantunikahan
#GrandGalaxyConventionHall
#BekasiWeddingExhibition
#GiveawayPernikahan
#GrandGalaxyPark
#MenikahMudah
#JakartaEventEnterprise


17 comments:

  1. Setuju banget, semua tergantung kemampuan ya.
    Kalau saya sih ga masalah orang mau nikah mudah atau rumit (ala kita), asal nggak ganggu kepentingan umum sih.

    Sering banget saya diceritakan para driver yang mengalami kerugian setiap musim nikahan, dan orang-orang pasang tenda nutup jalan.

    Mending kan sekalian di gedung atau di tempat yang nggak ganggu kepentingan orang lain.

    kebayang ga sih, kalau ada yang gawat darurat trus lewat situ jalan ditutup pula.

    Btw foto nikahannya cantik banget mbaaa :)

    ReplyDelete
  2. Wah, gokil banget ini Bekasi Wedding Fair-nya
    Promo paket pernikahannya gokil bangeettt
    banyak cashback dan hadiah logam mulia, whoaaa keren!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. Semoga langgeng pernikahannya. Kalau semua pihak mau mengukur kemampuan insya Allah menikah itu upacaranya mudah, selanjutnya yg harus diperjuangkan.

    ReplyDelete
  4. Yang penting pernikahannya sah menurut agama dan negara serta kita bahagia yaa mba. Kalau ada banyak paket yang membantu enak juga siiih

    ReplyDelete
  5. Menikah gak harus wah yah mba asal berkah, alhamdulillah aq baca kisahnya jd terharu, mengingat moment sy kmrn wkt nikah sama suami

    ReplyDelete
  6. Setuju, mba
    Mau menikah mudah atau rumit, itu pilihan, tinggal pilih, hihihi...

    Aku percaya, pernikahan itu adalah sebuah awalan, bukan akhir hubungan.

    Masih panjang perjalanan...

    ReplyDelete
  7. Iyes, bener banget. Masuk dunia pernikahan, banyak yang nganggap rumit. Padahal tergantung kitanya aja. Aku sih, dibawa enjoy aja. Lagi bokek, lagi banyak masalah, atau apa pun, hepi aja. Tapi, ini gak langsung. Semua seiring waktu. Ada masanya kita lebih dewasa. Ada masanya kita juga pusing dan menganggap rumit :D

    ReplyDelete
  8. kalo aku setuju dengan tema pernikahan sederhana, mbak..biar uang yang ada dipakai untuk modal.saja

    ReplyDelete
  9. Menikah itu mudah dan murah katanya untuk ke KUA aja juga terjangkau banget yang mahal itu biasanya biaya perayaanya hehe. Tapi balik lagi bagi saya yang penting sah menurut agama dan hukum sudah cukup.

    ReplyDelete
  10. wah, sudah 10 tahun menikah.. selamat mbaa, semoga langgeng terus. sehidup sesyurga. Amiiiinnn..

    Aku pun juga acara nikah nya sederhana, cuma dirumah aja. gak kuat bayar gedung soale. hehe.. tapi kalo ada rezeki sih, enakan di gedung, gak capek beres2 rumah. hehe..

    ReplyDelete
  11. Menikah itu menyenangkan mbak, apalagi persiapannya buat deg-degan dan segala rasa bercampur. Wah ada acara Wedding Fair gini membantu banget untuk para calon pengantin.

    ReplyDelete
  12. Kaak...mashaAllah~
    Mengenang perjalanan pernikahan itu sungguh mengharukan yaa...
    Dan kali ini ada Exhibitionnya yang bisa bantu menciptakan suasana pernikahan sesuai apa yang diimpikan.

    MashaAllah~

    ReplyDelete
  13. Menikah itu mudah, dan Allah juga meminta untuk dipermudah ya Mba. seneng rasanya klo udah ada hall khusus yg semakin memudahkan untuk pasangan yg akan menikah seperti hall di Bekasi

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah juga pernikahan saya dulu banyak bantuan dari saudara bapak dan ibu
    Beruntungnya lagi karena nggak perlu acara adat Jawa yang ribet bin bikin bingung saya hehe

    ReplyDelete
  15. Aku dan suami dulu nikahnya sederhana cuman keluarga inti dan kerabat sama tetangga. Soalnya lagi nabung buat biaya kuliah lanjutkan hehehehe

    ReplyDelete
  16. Pernikahan saya dulu serba dadakan, Karena rencana awal cuma Akad Nikah Aja eh tiba2 bikin pesta. Persiapan cuma 2 minggu aja:)

    ReplyDelete
  17. Setuju banget, Mbak. Mau mewah ataupun sederhana yang penting pernikahan digelar sesuai kemampuan kedua belah pihak sehingga tidak menimbulkan utang setelahnya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

WARUNG BLOGGER


Blogger Perempuan



Ibu-ibu Doyan Nulis


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 dekamuslim | Powered by Blogger | Template by Enny Law