Pages

Japan Rail Pass: Kartu Ajaib Liburan di Jepang


Hai, temans.. Adakah yang sudah merencanakan liburan ke Jepang tapi masih dilema dengan biaya transportasi dalam negeri Jepang? Teman-teman tidak perlu khawatir karena sekarang sudah ada Japan Rail Pass. Kartu ini merupakan kartu pass yang dapat digunakan untuk naik kereta dan bus di Jepang.

Sumber: Traveloka.

Jika menggunakan kartu ini kita bisa naik kereta yang menggunakan jalur Japan Rail. Selain itu, ada banyak transportasi umum yang bisa diakses dengan menggunakan kartu ini. Nah, kita sangat perlu Japan Rail Pass ini karena harga tiket jauh lebih murah jika dibeli dengan menggunakan kartu ini.


Jenis-Jenis Japan Rail Pass yang Tersedia

Japan Rail Pass atau yang sering disebut dengan JR pass tersedia dalam berbagai jenis. Sebelum memutuskan untuk membelinya, kita harus tahu jenis-jenis kartu ini. Berikut adalah jenis JR pass yang bisa kita beli:


❤️ Ordinary Pass

Jenis JR pass ini merupakan kartu yang paling murah dan banyak digunakan oleh wisatawan mancanegara. Namun dengan kartu ini kita tidak akan mendapat fasilitas tambahan. Layaknya tiket kereta atau pesawat, kartu jenis ini adalah tiket kelas ekonomi.

Baca juga: Menyelami Budaya Tiongkok dengan Mengunjungi 5 Situs Sejarah di Cina.

❤️ Green Pass

Jika kita menginginkan JR pass dengan fasilitas tambahan yang nyaman maka kita bisa memilih kartu Green Pass. Kartu ini seperti tiket eksekutif untuk kereta dan pesawat. Dengan menggunakan kartu ini kita akan mendapatkan banyak keuntungan.
Salah satu keuntungan dari Green Pass ini adalah tempat duduk yang didapatkan lebih luas. Selain itu, kita juga akan mendapatkan handuk dingin dan panas selama berada di kereta. Bagasi yang diberikan juga lebih luas. Tempat duduk juga bisa dipesan sebelum keberangkatan.

❤️ Whole Japan Rail Pass

Whole Japan Rail Pass merupakan jenis JR pass berdasarkan rutenya. Dilihat dari namanya, kartu ini memungkinkan kita untuk mengakses semua jenis kereta di seluruh Jepang. Dengan kartu ini kita bisa mengunjungi Jepang dengan akses kereta Japan Rail.

Kartu ini sangat cocok untuk kita yang ingin mengunjungi seluruh kota yang ada di Jepang. Tentu saja harga dari kartu ini lebih mahal. Apalagi jika kita memadukan antara Green Pass dengan Whole JR pass ini. Namun dengan kartu ini kita akan lebih tenang dan nyaman selama berlibur di Jepang.


❤️ Regional Japan Rail Pass

Jika kita ingin lebih hemat bisa memilih JR pass jenis regional. Kartu jenis ini dibedakan berdasarkan wilayahnya. Untuk memudahkan dalam membeli kartu ini kita harus tahu Japan Rail Pass map yang terbaru.

Harga dari kartu ini tentu saja lebih murah dibandingkan yang Whole JR pass. Namun kita hanya bisa mengakses kereta jenis tertentu saja sesuai dengan wilayahnya. Kartu ini cocok untuk kita yang akan mengunjungi satu wilayah saja di Jepang.

Baca juga: Liburan Nyaman dengan Sewa Mobil Via Online.


Sumber gambar: pexels.com

Pilihan Durasi Japan Rail Pass

JR pass tidak bisa digunakan selamanya, melainkan ada durasinya. Ada tiga pilihan durasi yang bisa dipilih yaitu 7 hari, 14 hari, dan 21 hari. Durasi ini tentu saja mempengaruhi harga dari JR pass. Berdasarkan Japan Rail Pass calculator, sebenarnya lebih hemat jika menggunakan durasi 21 hari. Namun tentu saja durasi ini disesuaikan dengan lama kita berada di Jepang.

Berbagai jenis JR pass ini bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan. Kits bisa memadukan antara kartu Green atau Ordinary dengan Whole atau Regional. Harganya tentu berbeda-beda.

Nah, sudah tidak bingung lagi bukan tentang biaya transportasi selama di Jepang? Dengan menggunakan Japan Rail Pass ini kita akan lebih hemat selama berada di Jepang. Ayo, segera rencanakan liburan teman-teman ke Jepang, sekarang 😁👌.



Diah Kusumastuti

Saya seorang ibu rumah tangga dengan 4 orang anak, Faiq, Fahima, Fauzia, dan Fahri. Asli Solo tapi sekarang berdomisili di Sidoarjo. Suka menulis tentang apa saja selama itu positif dan sebisa mungkin memberi manfaat bagi yang membaca. Menulis bagi saya adalah sarana refreshing dan agar otak terus bekerja :) Email: d3kusumastuti@gmail.com

10 comments:

  1. Duh keren banget kalo sampe bisa liburan di Jepang yah.

    Rail pass tuh kayak tikrt terusan bukan yah

    ReplyDelete
  2. Bagi yg blm pernah ke Jepang, informasi ini sgt berguna. Japan rail pass, bookmark dulu nih biar bisa dibuka lagi nanti kalau mau liburan ke Jepang.

    ReplyDelete
  3. Oho! Jadi pengen ke Jepang, nih. Semoga kesampaian, pergi ke sana dan negara lain yang diceritakan teman-teman di blog.
    Btw, saya jadi membayangkan andai di Jakarta (dan semoga kota lain kelak ada kereta) ada jenis tiket seperti Japan Rail Pass ini... pasti seru, ya. Sekali beli, gitu.
    Meskipun sudah termasuk murah dan nyaman, juga menurut saya yang ke Jakarta setahun sekali atau dua kali.

    ReplyDelete
  4. Japan Rail Pass salah satu solusi hemat buat keliling Jepang walaupun ngga semua kereta bisa menggunakan kartu ini tapi snagat membantu untuk berhemat. Kudu banget punya buat yang pengen keliling Jepang

    ReplyDelete
  5. Aku ke Jepang uda beberapa tahun silam siih yaa...mainannya beli tiket putusan kaya naik KAI di Indonesia. Mungkin karena cuma pendatang yaa...rugi kalau beli Japan Rail Pass. Wong perginya paling jauh Yokohama-Tokyo, hihii~

    ReplyDelete
  6. Eny mau keJepang !!! Amin pas bgt infonyaaa tentang kartu ajaib ini masih cita2 sih pengen lihat sakura 🤣 ehee

    ReplyDelete
  7. Pengen ke Jepang,
    walau pas pembuatan e-paspor ditawari akan mendapatkan free vis kesana.
    Tapi untuk kesana harus bisa mengkalkulasi keuangan berapa..

    Klw pakai kartu 14 hari itu cukup untuk memakainya, kak.
    Terima kaih kak untuk informasinya.

    ReplyDelete
  8. Sebenernya lebih praktis dan nyaman pakai Whole Japan Rail Pass ya, Mbak? Tapi dana liburannya juga musti ekstra nih. Ada harga, ada fasilitas memang. hehehe..

    ReplyDelete
  9. kartunya bener bener bikin hemat dan cepat dalam perjalanan selama di jepang ya, jadi pengen ke sana huhu

    ReplyDelete
  10. Belum pernah ke Jepang, dan ingin sekali bisa mengunjungi langsung,, semoga tahun depan diberikan rezeki untuk dapat menginjakkan kaki di Jepang.
    Rekomendasi banget nih Informasinya, makasih ya Kak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.