Sunday, 25 August 2019

5 Cara Menjaga Kesehatan Anak-anakku Bersama SehatQ.com


Pagi tadi saat mengantar sekolah si nomor dua saya sempat berpikir "iseng" di jalan. Dari keempat anak kami, mana yang paling istimewa? Dan... oh, tidak! Saya tak bisa memilih. Karena bagi saya semuanya istimewa! Lalu ingatan saya tertuju pada suami, yang selalu tegas mengharuskan anak-anak untuk sarapan setiap hari. Ya, sarapan adalah salah satu cara menjaga kesehatan anak-anak kami. Kami tak ingin anak-anak istimewa kami itu ada yang sakit.

Kami harus mengupayakan berbagai cara agar mereka selalu sehat. Jika ada salah satu yang sakit, rasanya sedih sekali. Apalagi jika sakitnya berbarengan. Hemm.. Dan tentu saja bukan hanya sedih, tapi menyita banyak hal. Pernah suatu kali si bungsu sakit dan harus opname selama 6 hari di rumah sakit. Otomatis saya harus selalu di rumah sakit karena si bungsu masih ng-ASI. Rasanya sedih, capek, dan rumah jadi berantakan karena pekerjaan rumah terbengkalai. Suami enggak sempat beberes rumah karena sudah mengurus 3 anak yang lain, juga harus tetap bekerja. Untung saja pekerjaannya di rumah.


Baca juga: Sarapan Sehat Mewujudkan Generasi Sehat dan Cerdas.

Dari pengalaman itu, sekarang kami selalu berusaha menjaga kesehatan keluarga terutama anak-anak (dan berdoa, tentu saja).
Alhamdulillah anak-anak punya ayah yang sangat perhatian terhadap kesehatan. Suami yang selalu mengingatkan soal sarapan, istirahat yang cukup, makan makanan yang sehat, dan lain-lain. Pengalaman membersamai orang-orang yang pernah sakit dalam waktu lama, membuat suami sangat aware terhadap kesehatan. 


Sumber gambar: pixabay.com

Hingga saat ini, setidaknya ada 5 cara menjaga kesehatan anak-anak ala kami. Yaitu sebagai berikut:

🌻 Selalu sarapan.
Sarapan merupakan pondasi penting untuk beraktivitas seharian. Seperti yang kami ketahui, manfaat sarapan banyak sekali untuk kesehatan. Misalnya sebagai pengisi energi untuk bekal beraktivitas seharian, melancarkan pencernaan, mengurangi risiko obesitas, dan lain-lain. Sebaliknya jika enggak sarapan, bisa berakibat menurunnya konsentrasi, mengakibatkan kegemukan, pencernaan kurang lancar, dan lain sebagainya.

Tapi sarapan tak perlu banyak-banyak, sih. Nanti malah bisa bikin ngantuk. Hehe. Menu sarapan sebaiknya juga merupakan menu gizi seimbang.

🌻 Makan makanan bergizi.
Selain sarapan, menu makanan sehari-hari juga kami usahakan dengan menu gizi seimbang. Kalau mau ideal, menu gizi seimbang dalam satu piring itu terdiri dari karbohidrat 35%, sayur 35%, protein 15%, dan buah 15%. Kami berusaha mengikuti saja, sih.

Disamping itu, anak-anak juga kami wanti-wanti untuk tidak membeli makanan sembarangan di sekolah (si sulung dan si nomer 2 sudah sekolah) atau di tempat lain. Dan alhamdulillah di sekolah anak-anak hanya boleh jajan di kantin yang memang sudah diawasi jajanan apa saja yang boleh dijual.

Baca juga: Kreasi Menu Piring Gizi Seimbang.

🌻 Istirahat yang cukup.
Setiap hari anak-anak kami mulai tidur malam sekitar pukul 20.00 - 21.00 dan bangun tidur sekitar pukul 04.30 - 05.00. Kemudian di siang hari kami juga mengharuskan mereka tidur siang sekitar satu hingga dua jam. Karena sependek pengetahuan kami, istirahat yang cukup akan sangat berpengaruh pada kesehatan anak-anak. Fisik jadi lebih bugar, otak pun tidak kecapekan.

🌻 Menjaga Kebersihan.
Kami selalu berusaha mengajarkan pada anak-anak tentang kebersihan. Seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, mandi dan gosok gigi secara teratur, cuci muka, kaki dan tangan (dan sekalian wudhu) sebelum tidur, buang sampah pada tempatnya, dan lain-lain. Karena kami tahu dengan menjaga kebersihan akan lebih aman dari serangan berbagai penyakit.

🌻 Bertindak cepat jika ada tanda-tanda akan sakit.
Misalnya jika anak merasa pusing dan badan lebih hangat, saya suruh mereka untuk istirahat lebih banyak juga makan dan minum yang cukup. Biasanya mereka mulai terserang flu. Atau misal anak jatuh dan badannya ada yang luka, segera kami obati agar tak menjadi penyakit yang lebih parah. Dan lain-lain.

Selain itu, jika anak kami ada yang sakit, kami juga suka membaca-baca informasi di internet terkait penyakit tersebut. Misalnya dulu si bungsu sedikit sekali BAK (Buang Air Kecil)-nya, badannya panas, dan gejala-gejala lain. Selain kami periksakan ke dokter, kami juga mencari informasi di internet. Mencari tahu tentang apa dan bagaimana kami harus bertindak. Sebagai referensi dan bahan perbandingan dengan masukan dari dokter. Terkait sakitnya si kecil tersebut, ternyata penyebabnya kurang asupan makanan dan minuman. Makan dan minumnya kurang banyak. Hiks. 


Menjaga Kesehatan Bersama SehatQ.com

Bicara tentang mencari informasi kesehatan di internet, saya menemukan SehatQ.com yang informatif sekali. Sesuai dengan tagline-nya yaitu "Asisten Kesehatan Anda", situs ini benar-benar bisa diandalkan untuk membantu masalah kesehatan kita. Fiturnya banyak dan isi tiap fitur juga lengkap. Ada fitur Penyakit, Obat, Artikel, Dokter, Rumah Sakit, Acara, Promo, dan Forum.



Tim SehatQ telah menyuguhkan informasi kesehatan dengan referensi yang jelas dan kredibel. Kita bisa mencari tahu tentang penyakit apa saja di sini, atau tentang obat-obatan yang kita terima dari dokter atau beli di apotik. Semuanya lengkappp banget.

Di sini ada juga platform komunitas bagi pengguna untuk bertukar informasi dan saling mendukung dalam perjalanan kesehatan mereka. Kita juga bisa chat dan membuat janji dengan dokter, mencari tahu informasi rumah sakit, klinik, dan lain-lain. Pokoknya lengkap banget, deh.




Situs seperti ini juga cocok banget buat orang-orang yang jarang keluar rumah seperti saya. Sebelum konsultasi langsung dengan dokter, saya bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait kondisi kesehatan saya dan keluarga di SehatQ.com 😊.


Yap, itulah beberapa cara yang kami lakukan agar anak-anak selalu sehat. Memang kadang penyakit tetap saja datang meski upaya-upaya menjaga kesehatan telah dilakukan. Tetapi lebih baik berusaha menjaga kesehatan dan mencegah datangnya penyakit, bukan? Sudah berusaha menjaga kesehatan saja kadang masih "kebobolan", bagaimana jika tidak? Hehe. Dan, SehatQ membantu mewujudkan keluarga sehat bagi kami. Alhamdulillah, salah satu berkah dari era digital 😊.

Oh ya, untuk mengetahui lebih lanjut tentang SehatQ.com, teman-teman bisa mengunjungi akun-akun medsos SehatQ.com, yaitu:

Instagram: @sehatq_id
Twitter: @sehatq
Facebook: SehatQ

Oke, temans. Sekian dulu sharing dari saya. Salam sehat dari kami sekeluarga, yaa.. 😍







15 comments:

  1. Keinget kakak aku, yang kalau ada tanda-tanda ga enak bada, udah langsung gercep tangani, misal maem yang bergizi, konsumsi obat atau vitamin sesuai gejala misalkan flu gitu, mbak.
    Btw soal Sarapan, Emak juga selalu ingetin dan nyuruh anaknya buat ga lupa sarapan, wkkwkwk
    SehatQ website yg membantu banget untuk cek dan konsultasi terkait kesehatan memang, yah mbak Diah
    TFS Mbak ^_^

    ReplyDelete
  2. sehatQ ada managemen gizi tiap hari apa mbak?

    ReplyDelete
  3. sigap sekali jadi moms yaaa, aku sudah jadi anak kosan gizinya masih sembarangan hwaa, aku juga udah bebera[a kali buka website sehatq nih

    ReplyDelete
  4. Saya juga selalu berusaha menjaga kebiasaan sarapan untuk semua anggota keluarga. Supaya kami semua bisa selalu sehat.
    Asyiknya dengan SehatQ kita bisa konsultasi dengan dokter ya ...

    ReplyDelete
  5. Aku juga di rumah menerapkan wajib sarapan. Dan ada persediaan kotak obat supaya bs gercep kalo ada tanda sakit. Di tambah lagi bisa konsul online ya. Enak bgt

    ReplyDelete
  6. Saya di rumah juga selalu sarapan, hehehe. Kalau saya agak simpel sekarang, nasi satu centong plus telur dadar aja udah kenyang. Kalau anak-anak rada lengkap hehe

    ReplyDelete
  7. Wah iya kalau anak samit apalagi barengan puyeng pala emak.
    SehatQ ini termasuk website kesehatan yang cukup lengkap ya mbak memuat informasi seputar kesehatan. Udah gtu diasuh oleh penulis yg kredible dan paham ttg medis.

    ReplyDelete
  8. Sepakat. salah satu cara mencegah sakit berlanjut adalah dengan segera bertindak jika ada tanda-tanda akan sakit. Salah satu caranya bisa dengan mengecek info yang ada di SehatQ. Betuul? hehehe..

    ReplyDelete
  9. Sarapan itu penting banget ya untuk menjadi salah satu cara menjaga kesehatan, untungnya anak-anak mudah banget disuruh sarapan, soalnya mereka merasa lapar juga, hehehe aplikasi sehatQ membantu banget ya bagi buibuk kayak kita untuk mendapat info menjaga kesehatan keluarga terutama anak-anak

    ReplyDelete
  10. Orang tuaku dulu selalu ngajarin untuk istirahat cukup dan makan yang sehat dan cukup serat. tiap hari diomongin begitu, terus kalau sakit kudu periksa, jangan dibiarin pokoknya. jadi kebawa sampe sekarang tuh gaya hidupnya hehehe

    ReplyDelete
  11. jadi kayak semacam asisten digital gitu ya mbak, membuat planning jadi lebih mudah, dan cari info juga.

    ReplyDelete
  12. Kesehatan itu sangatlah mahal jangan sampai biarkang sang buah hati atau kita mengalami sakit.
    .
    Kayanya aplikasi SehatQ bagus nih buat nambah informasi mengenai kesehatan gitu

    ReplyDelete
  13. Setuju Mbak, lebih baik mencegah daripada kebobolan ya. Aku jg tyoe mageran anaknya, jadi misal mau ke dokter atau perlu obat, enakan browsing dlu, biar pas keluar rumah udh jelas apa yg mau dituju. Aku coba buka sehatq , informasinya lumayan lengkap.

    ReplyDelete
  14. SehatQ bikin emak cari info kesehatan tanpa takut hoax ya karena recomend juga penulisnya. Nanti coba ah aku ikutan ceck SehatQ

    ReplyDelete
  15. Sbg peran orang tua, harus mengutamakan kesehatan itu penting. Apalagi punya debay, pasti riweh. Tapi tetap kuat dan semangat iya mba dan jangan lupa selalu rajin cek kesehatan tuk si bungsu. :}

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

WARUNG BLOGGER


Blogger Perempuan



Ibu-ibu Doyan Nulis


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law