Sunday, 12 May 2019

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan-bahan Alami


Masalah pada rambut ada bermacam-macam, ya. Dari mulai rambut rontok, berketombe, tidak berkilau, dan lain-lain. Yang paling menyebalkan memang rambut rontok dan rambut berketombe, sih. Karena efeknya terlihat banget. Nah, kali ini saya mau nulis sedikit tentang cara menghilangkan ketombe dengan bahan-bahan alami.

Sumber: pexels.com

Teman-teman sudah tahu apa itu ketombe, dong? Iyap, ketombe itu kulit kepala yang mati dan mengering hingga terkelupas. Jadi ketombe ini kotoran berwarna putih seperti serbuk, atau seperti salju, yang muncul lalu jatuh dari rambut. Kalau kena baju yang berwarna gelap trus kelihatan banget, jadi bikin kita enggak pede, deh. Hehe. Trus kulit kepala biasanya juga sering gatal kalau berketombe. Huhu.

Rambut berketombe, tuh, sebabnya bisa macam-macam juga. Bisa karena jarang keramas sehingga kotoran di kepala menumpuk trus jadi ketombe, bisa juga justru karena keseringan keramas sehingga kulit kepala akan menjadi kering karena rambut enggak sempat membuat minyak alami. Bisa juga enggak cocok sama shampo yang dipakai (atau gonta-ganti shampo). Karena penyakit kulit juga bisa, dan lain-lain. 

Nah, daripada mau mengilangkan ketombe dengan mencoba-coba berbagai shampo, takutnya nanti malah semakin parah ketombenya. Biasanya dengan bahan-bahan alami risikonya akan lebih sedikit. Jadi kalau teman-teman ada yang punya masalah rambut berketombe, bisa coba menghilangkannya dengan bahan-bahan di bawah ini, nih. Oiya, bahan-bahan alami ini yang mudah kita dapatkan di sekitar kita, ya 😊.
  1. Lidah buaya. Selain bermanfaat untuk menguatkan rambut dan membuat rambut berkilau, lidah buaya juga bisa mengatasi masalah ketombe. Cara menggunakannya yaitu: haluskan lidah buaya secukupnya, lalu oleskan secara merata ke kulit kepala sambil dipijit-pijit. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.
  2. Jeruk nipis. Khasiat jeruk nipis antara lain bisa mencegah kebotakan. Tapi selain itu ternyata juga bisa membasmi ketombe, lho. Cara menggunakannya yaitu dengan memeras jeruk nipis dan ditambah sedikit air, lalu dioleskan secara merata ke kulit kepala. Diamkan sebentar agar meresap, lalu bilas dengan air bersih.
  3. Lemon. Khasiat dan cara penggunaan lemon untuk membasmi ketombe sama dengan jeruk nipis. 
  4. Minyak zaitun. Minyak zaitun juga mempunyai banyak manfaat, salah satunya menghilangkan ketombe. Cara menggunakannya hampir sama dengan cara-cara di atas, yaitu dengan mengoleskannya di kulit kepala sambil dipijat-pijat, didiamkan sebentar, lalu bilas dengan air hangat.
  5. Minyak kemiri. Minyak kemiri terkenal sangat bagus untuk melebatkan rambut. Tapi selain itu juga bisa menghilangkan ketombe, lho. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan minyak tersebut ke kulit kepala, mendiamkannya sebentar, lalu bilas dengan air bersih.
  6. Bawang merah. Bawang merah selain sebagai bumbu masak juga bisa untuk mengatasi masalah ketombe pada rambut. Cara menggunakannya yaitu dengan menumbuk bawang merah secukupnya hingga halus, lalu gosok-gosokkan pada kulit kepala, diamkan sebentar lalu bersihkan dengan air bersih.
  7. Baking soda. Bahan pengembang yang satu ini bisa juga, ya, ternyata untuk menghilangkan ketombe. Cara memakainya yaitu dengan menyiapkan 1/2 sendok teh baking soda, lalu campurkan dengan air. Setelah itu oleskan pada kulit kepala, diamkan sebentar, lalu bersihkan dengan air bersih.
  8. Cuka. Selain untuk memasak, cuka bisa juga membasmi ketombe. Kita cukup menyediakan 1 sendok teh cuka, lalu mengoleskannya ke atas kulit kepala, mendiamkan sebentar, lalu bilas dengan air bersih. Baking soda dan cuka ini agak berisiko, ya, sebenarnya. Soalnya bahan keras. Jadi kita sebagai orangtua harus mau mengawasi anak-anak jika bermain cukam
  9. Garam. Bumbu utama dalam memasak ini ternyata bisa juga menghilangkan ketombe. Kita tinggal menggosok kulit kepala dengan garam, lalu mendiamkan sebentar, kemudian membilasnya dengan air bersih. 

Semua cara di atas sebaiknya dilakukan secara rutin agar ketombe hilang dari rambut kita. Misalnya 2 atau 3 kali dalam satu minggu. Nah, semoga artikel cara menghilangkan ketombe dengan bahan-bahan alami ini bermanfaat buat teman-teman, ya. Senangnya, ya, jika kepala kita terasa nyaman, rambut indah dan bebas ketombe 🤗.


Sumber: 
https://www.google.com/amp/s/m.merdeka.com/amp/gaya/10-cara-menghilangkan-ketombe-secara-alami-cepat-dan-permanen-kln.html


1 comment:

  1. Kalo minyak zaitun baunya masih enak. Bawang merah agak gmn gitu deh kalo dipake di rambut. Ntar disangka orang mau nyambel :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

WARUNG BLOGGER


Blogger Perempuan



Ibu-ibu Doyan Nulis


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law