Sunday, 15 September 2019

Trik Numpang Kerja di Kafe Agar Aman dan Nyaman



Saat ini, jika kita sedang berkunjung ke kafe, sering kita jumpai orang-orang yang menekuri laptop atau handphone-nya di tempat duduk masing-masing. Ada yang sekadar chat dengan teman, bermain medsos, atau menekuni pekerjaan mereka. Kadang, sejak kita datang ke kafe tersebut hingga kita pulang, orang-orang itu masih saja anteng di sana 😊.


Ya, bukan hal yang aneh saat ini ada orang-orang yang bekerja secara mobile dan memilih kafe sebagai tempat kerja. Bagi para pekerja freelance khususnya pekerja digital, kafe merupakan salah satu tempat yang nyaman untuk melanjutkan pekerjaan mereka (selain di co-working space, taman kota, atau tempat lain). Sembari mengisi perut, mereka bisa numpang akses internet gratis yang memang disediakan oleh pihak kafe.

Baca juga: Tempat Kerja Para Pekerja Digital.

Tapi, enggak semua kafe dengan senang hati melayani pengunjung yang berlama-lama di kafenya. Mungkin para pegawai kafe sebal lantaran ada pengunjung yang hanya pesan secangkir kopi dan sepiring kentang goreng, tapi nongkrongnya di kafe tersebut dari siang hingga malam hari. Alhasil usiran secara halus pun dilontarkan kepada si pengunjung. Hemm..

Ada beberapa trik yang coba saya bagikan, nih, saat numpang kerja di kafe agar aman dan nyaman. Ya meskipun kalau saya sendiri, sih, baru beberapa kali ke kafe (atau restoran/warung makan) dan numpang akses internet gratis di sana. Tapi boleh lah yaa sekadar berbagi trik. Hehe. Siapa tahu bermanfaat buat teman-teman pekerja digital, khususnya yang baru mau coba-coba numpang kerja di kafe.
Berikut triknya:

👉 Cari tahu ritme aktivitas di kafe tersebut.
Kita bisa mencari tahu mengenai ritme aktivitas di kafe yang kita inginkan melalui Google (biasanya banyak info di sini), atau berdasarkan pengalaman teman. Ritme aktivitas di sini maksudnya, mulai jam berapa kafe tersebut buka dan tutup, kapan kafe tersebut rame atau sepi, dan mungkin info-info lain yang kita butuhkan. Sehingga jika misalnya kita suka suasana yang sepi, kita bisa menentukan kapan sebaiknya ke kafe tersebut untuk numpang kerja.

👉 Tunjukkan attitude yang baik atau bahkan menyenangkan.
Sejak pertama datang ke sebuah kafe yang kita inginkan untuk numpang kerja, tunjukkan attitude yang baik atau bahkan kalau bisa yang menyenangkan. Sehingga jika kita cocok di kafe tersebut, kita bisa enjoy untuk datang lagi di lain waktu. Karena kita enggak ada masalah dengan para pegawai di sana. Syukur-syukur bisa akrab dengan mereka. Jadi numpang kerja pun bisa lebih leluasa dan menyenangkan 😊.

👉 Pesan makanan/minuman yang tidak cepat habis.
Kalau mau berlama-lama di kafe untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, pesan saja makanan/minuman yang enggak cepat habis. Misalnya kopi panas dan pizza, atau sepaket menu yang kalau disantap sekaligus dalam waktu singkat enggak mungkin banget. Hihihi.

Sumber gambar: unsplash.com

👉 Duduk di tempat yang agak jauh dari jangkauan pandangan petugas kafe.
Meskipun mungkin kita sudah kenal atau bahkan akrab dengan salah satu-dua petugas kafe, akan lebih nyaman jika kita duduk di tempat yang agak jauh dari jangkauan pandangan mereka. Enggak enak banget, kan, kerja sambil dilihatin terus sama pegawai kasir atau pelayannya. Hihi.

Baca juga: Kulineran Nikmat dan Nyaman di Bamboe Butho.

Itulah beberapa trik numpang kerja di kafe agar aman dan nyaman. Aman dari tatapan-tatapan sinis atau bisik-bisik petugas kafe, dan nyaman karena suasananya asyik. Sehingga kita bisa berlama-lama di kafe untuk menyelesaikan pekerjaan, tanpa khawatir akan diusir secara halus. Hehehe. 
Oh ya, jika ada trik lain, bisa lho tambahin di kolom komentar 🤗.


1 comment:

  1. jaman kuliah beli softdrink segelas ngabisinnya 3 jam, cuci mata di mall hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

WARUNG BLOGGER


Blogger Perempuan



Ibu-ibu Doyan Nulis


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law