Wednesday, 10 July 2019

Toko Buku, Sarana Membangun Kebiasaan Baik untuk Anak


Anak-anak selalu senang jika saya bacakan buku cerita. Apalagi jika saya membelikan mereka buku baru, langsung deh rebutan semua. Haha. Enggak heran jika saya dan suami mengajak mereka ke toko buku, mereka antusias sekali. Tapi sayangnya, toko buku yang lumayan besar dan komplit koleksi bukunya, letaknya jauh dari rumah kami 😔.

Sumber gambar: pixabay.com.

Terakhir kali ke toko buku yang komplit di daerah kami, sudah beberapa bulan yang lalu. Setelah itu kami hanya sempat membeli buku di toko buku dekat rumah yang koleksi bukunya jauh dari kata komplit. Karena memang toko-toko buku di dekat rumah kami semuanya campur dengan jualan ATK (Alat Tulis Kantor), perlengkapan sekolah, hingga jasa fotokopi. Sehingga buku-buku bacaan yang dijual, ya, jumlah dan macamnya terbatas sekali.

Tapi anak-anak tetap senang jika saya ajak ke toko-toko buku yang enggak lengkap itu. Meski akhirnya yang kami beli hanya buku-buku cerita yang tipis, yang kebanyakan kualitasnya kurang bagus. Pernah juga beli buku di minimarket, buku-bukunya lumayan bagus, tapi harganya lumayan mahal juga. Hehe. Maksudnya buku dengan kualitas yang sama biasanya harganya lebih murah di toko buku besar di kota. 

Baca juga: Buku Bekas, Dulu dan Sekarang.

Ya, tentu saja saya lebih nyaman dan lebih puas jika membeli buku di toko buku yang komplit. Sekali jalan kami bisa mendapatkan buku-buku yang diinginkan dengan mudah (enggak usah pindah-pindah tempat lagi). Dan, di toko buku yang seperti ini saya merasa mendapatkan tempat yang bagus untuk anak-anak. Tempat yang bisa digunakan sebagai sarana membangun kebiasaan baik untuk anak!

Kok, bisa begitu? Jadi menurut saya, manfaat toko buku buat anak-anak diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Tempat belanja yang berfaedah. Daripada belanja mainan atau jajanan, lebih baik ke toko buku. Manfaatnya bisa untuk jangka waktu lama. Ilmu-ilmu dari berbagai buku yang dibeli bisa bermanfaat sampai dewasa nanti.
  • Tempat untuk memanfaatkan waktu dengan baik. Waktu anak-anak digunakan untuk berburu buku, melihat-lihat buku di toko buku, lalu membeli buku yang disuka dan dibaca di rumah. Jadi waktu mereka bukan habis untuk main handphone atau nonton tivi, misalnya. Waktu luang anak-anak jadi lebih bermanfaat.
  • Tempat untuk melihat dunia yang lebih luas. Di toko buku (yang besar dan komplit) ada bermacam buku yang bisa dilihat dan dipilih. Sehingga anak-anak bisa melihat-lihat dan kalau perlu membelinya untuk dibaca.
  • Dan lain-lain.

Baca juga: 5 Rekomendasi Buku untuk Anak Balita.



Si sulung dan adiknya saat di toko buku. Mereka senang 😄.


Dari beberapa manfaat toko buku untuk anak-anak tersebut, bisa dikatakan bahwa toko buku adalah salah satu sarana untuk membangun kebiasaan baik untuk anak. Jika anak biasa belanja buku-buku yang bermanfaat, biasa memanfaatkan waktu dengan baik (berfaedah), biasa melihat dunia yang lebih luas (terbuka wawasannya akan berbagai hal), maka diharapkan akan menjadikan karakter yang baik bagi anak saat dewasa nanti.

Itulah yang saya rasakan ketika berada di toko buku. Tumpukan buku-buku penuh ilmu itu sayang jika enggak dibaca oleh generasi penerus. Alangkah senangnya jika melihat anak-anak yang berkunjung ke toko buku, lalu membeli salah satu/banyak diantaranya, kemudian membacanya. Semoga anak-anak saya bisa menjadi bagian dari mereka yang gemar ke toko buku, dan membaca tentunya 🤗



1 comment:

  1. iya mbak saya sepakat bahwa toko buku sebagai sarana untuk membiasakan hal yang baik
    dengan pergi ke sana budaya gemar membaca akan tersemai

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

WARUNG BLOGGER


Blogger Perempuan



Ibu-ibu Doyan Nulis


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law