Thursday, 29 November 2018

5 Rekomendasi Buku untuk Anak Balita




Bicara masalah buku, sebenarnya sangat menyenangkan. Tapi yang kadang kurang menyenangkan adalah seringkali budget untuk membeli buku tergusur oleh keperluan-keperluan lain yang dianggap lebih prioritas. Huhu. Padahal, anak-anak saya suka dibacakan buku sejak kecil. Tapi baiklah, lupakan dulu sedikit kesedihan itu. Kali ini saya ingin menulis tentang 5 rekomendasi buku untuk anak balita, untuk memenuhi tantangan hari ke-10 #BPN30dayChallenge2018 yang temanya adalah "5 rekomendasi buku/film/musik".


Ya, anak pertama hingga ketiga saya semuanya suka dibacakan buku sejak masih bayi. Dan si nomer empat yang sekarang masih berusia tujuh bulan pun ternyata juga demikian. Disodorin buku, mereka excited melihat-lihat gambar-gambar di dalamnya, pegang-pegang, dan enggak jarang berakhir dengan menyobeknya. Haha. Dari pengalaman anak pertama, saya sebenarnya kapok untuk membelikan buku yang kertasnya biasa (tipis). Tapi apa daya, kadang saya hanya mampu untuk membeli yang demikian.

Dari pengalaman anak pertama hingga ketiga pula, saya sebenarnya sudah cukup berpengalaman dalam memilih buku untuk anak balita. Hehe. Jadi menurut saya, syarat-syarat buku yang baik untuk anak balita, tuh, seperti ini:
  • Bukunya baik sampul maupun isi semuanya dari kertas hard cover, agar tidak mudah dirobek oleh si kecil. Atau paling tidak, ya, soft cover lah. Tapi dengan catatan harus selalu diawasi orang tua agar tidak dirobek anak. Hehe. Kalau kertasnya biasa/HVS, meskipun diawasi biasanya ortu kalah cepat dengan gerakan si kecil. Hihihi.
  • Banyak gambarnya untuk menarik minat si kecil agar betah berlama-lama "membacanya" (belum bisa baca sendiri).
  • Kalimat-kalimat dalam buku terdiri dari kalimat-kalimat pendek, agar lebih mudah dipahami si kecil.
  • Cerita yang disajikan tidak terlalu panjang, karena tingkat konsentrasi si kecil masih rendah.
  • Isi buku sesuai usia anak, misal ceritanya ringan dan mudah dipahami.
  • Terdapat value atau nilai-nilai positif di dalamnya.
Nah, dari beberapa kali membelikan buku anak maupun pinjam serta baca-baca rekomendasi buku anak, berikut ini 5 rekomendasi buku untuk anak balita menurut saya:


1. Halo Balita


Gambar dari FB Lita Alifah.

Ya, ini bukannya karena saya pernah jadi book advisor-nya MDS (Mizan Dian Semesta) lantas saya merekomendasikan buku ini. Tapi ini karena semata-mata buku seri Halo Balita ini memang bagus sekali untuk anak-anak usia dini. Anak-anak saya juga suka sekali dengan seri buku Halo Balita ini. Istimewanya buku ini karena kemasannya eksklusif, dibuat dengan kertas hard cover semua (sampul maupun isi), gambar-gambarnya bagus, dan tulisan/cerita di dalamnya sesuai sekali untuk anak usia dini (pendek-pendek dan mudah dipahami).

Keunggulan lain dari seri buku ini adalah menyajikan values yang cukup lengkap. Ada value untuk pendidikan moral (misal aku anak jujur, aku anak berani, dll), memahami keterampilan hidup (seperti memakai baju sendiri, makan sendiri, dll), juga jilid spiritual (misal aku sayang Allah, aku sayang Rasulullah, dll). Mungkin cuma satu kekurangannya, yaitu harga lengkap seri buku ini. Hehehe. Ya, lumayan mahal, sih. Tapi bisa dicicil, kok 😊.

Jika Halo Balita dirasa terlalu mahal, ada pula seri produk serupa yang bisa dibeli per buku, yaitu Seri Anak Hebat terbitan Noura Publishing (grup Mizan juga). Salah satu contoh bukunya seperti dalam foto di awal, yaitu berjudul Aku Mau Merapikan Mainan Sendiri.


2. Wow Amazing Series


Gambar dari FB Lita Alifah.

Maaf, lagi-lagi ini buku dari MDS juga. Tapi memang benar, kualitasnya bagus sekali. Buku paket Wow Amazing Series (WAS) ini berisi cerita-cerita binatang yang ada di dalam Al-Qur'an. Seperti kisah gajah, kisah semut, dan lain-lain. Selain itu juga dilengkapi dengan buku-buku tentang alam di angkasa, bumi, dan laut. Ada juga Al-Qur'an untuk anak di dalamnya.

Tapi saya tahu WAS ini terakhir tahun 2015, sih. Saya kurang tahu sekarang masih ada atau enggak. Tapi biasanya, jika ada pergantian buku, pihak MDS akan membuat buku serupa hanya dengan judul yang berbeda. Jadi insya Allah jika WAS ini sudah tak ada, masih ada buku serupa dari MDS. Kualitasnya oke banget pokoknya :).


3. Buku Busa


Gambar dari FB Lita Alifah.

Buku busa cocok sekali untuk anak-anak pra sekolah. Bukunya enggak mudah robek, empuk, dan ringan sehingga asyik dibawa ke mana-mana. Dan biasanya bentuk dan gambarnya lucu-lucu, sih. Gambar buku di atas dari MDS juga, yaitu Seri Dunia Binatang (SDB). Sama seperti kedua buku dari MDS di atas, SDB ini juga harus dibeli sepaket. Isinya ada beberapa buku busa tentang binatang peliharaan, dongeng binatang nusantara, seri binatang purba, kamus dunia binatang, dan board game yang berupa buku pop-up.

Namun jika ingin membeli buku busa yang relatif murah, selain SDB juga banyak macam buku busa yang lain, kok, yang bisa dibeli per buku. Coba saja cari di toko buku. Yang penting perhatikan isinya, yang kira-kira bagus untuk "perkenalan" anak pada buku. Karena buku busa semacam ini memang bagus sekali untuk mengajak anak mencintai buku. Bukunya yang lucu bisa bikin anak jatuh cinta duluan 😊.
Seperti Zia si nomer tiga saya yang saat ini berusia 2,5 tahun, buku busanya sering banget ditenteng ke mana-mana 😍.


4. Seri Little Bebi

Gambar dari Google.com.

Jenis kertas yang digunakan dalam buku ini adalah soft cover, sih, bukan hard cover. Tapi memang isi dari seri buku Little Bebi ini kebanyakan tentang calistung (baca tulis hitung), sih. Jadi lebih cocok untuk belajar anak pra sekolah, sebagai persiapan untuk belajar calistung di sekolah nantinya. Diantara serinya ada seri angka, warna, abjad, dll. Jadi anak-anak dapat belajar materi-materi tersebut dari buku ini, yang tentunya masih sangat sederhana, ya. Sebagai perkenalan saja, lah.

Dengan gambar-gambar yang lebih dominan, dan kalimat-kalimat yang sedikit, membuat anak enggak bosan membacanya. Cocok sekali untuk anak-anak pra sekolah yang tingkat konsentrasinya masih sedikit. Jadi kalau dibacakan, ya, sebentar-sebentar saja. Seperti Fahima yang saat ini duduk di bangku TK A, juga suka banget belajar dengan buku ini. Dia belum bisa baca, jadi ya saya bacakan saja 😃.
  

5. 25 Kisah Nabi dan Rosul


Kalau buku ini, lebih cocok untuk anak yang sudah duduk di bangku TK atau di atasnya. Usia 4-5 tahun, lah. Karena tulisan-tulisan di dalamnya sudah lumayan banyak. Ya, judulnya saja kisah Nabi dan Rosul, jadi ya mau enggak mau agak panjang ceritanya. Oh ya, dan tentu saja buku ini untuk anak muslim, ya. 

Mengapa buku ini saya rekomendasikan? Karena sebagai muslim tentu penting sekali mengenalkan anak secara dekat nabi-nabi dan rosul. Di dalam buku ini selain ada cerita juga ada gambar-gambar yang menarik. Jadi sambil dibacakan ceritanya, anak-anak bisa membayangkan cerita tersebut melalui gambar-gambar yang ada. Selain itu juga ada pesan moral yang dituliskan di akhir setiap kisah. Ini bisa membantu orang tua untuk memberikan insight lebih luas pada anak. 


Nah, itulah 5 rekomendasi buku untuk anak balita versi saya. Itu semua berdasarkan pengalaman saya dalam membersamai anak-anak dengan buku-buku, ya. Tentu di luar sana masih banyak buku-buku bagus untuk anak-anak, sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan masing-masing. Kalau teman-teman, apa saja buku yang direkomendasikan untuk anak usia balita? Share juga, dong! 



No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

WARUNG BLOGGER


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Ibu-ibu Doyan Nulis


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law