Serunya Menikmati Safari Adventure di Taman Safari Prigen

Bagi saya, perjalanan-perjalanan traveling atau refreshing ke tempat-tempat wisata selama ini semuanya terasa mengesankan. Apalagi, saya dan keluarga termasuk orang-orang yang jarang traveling. Hehe. Sehingga semua perjalanan itu tampak luar biasa. Seperti juga saat kami kemarin jalan-jalan di Taman Safari Indonesia 2, yang terletak di Prigen, Pasuruan, Jawa Timur.

Kami berangkat dari rumah (Sidoarjo) pukul 07.15 di hari Kamis yang manis, 11 Juli 2019. Jalanan belum begitu ramai saat kami berangkat, dan tampaknya memang tak akan ramai di beberapa jam ke depan. Ya, karena hari itu hari efektif, bukan hari libur. Kami memang sengaja memilih hari efektif untuk ke Taman Safari, karena biasanya di hari libur tempat-tempat wisata ramai pengunjung. Kami sampai di Taman Safari Prigen pukul 08.50. Ternyata enggak ada dua jam dari rumah ☺️.

Oh ya, kali ini yang membuat traveling terasa mengesankan karena kami mengajak bapak dan ibu ikut serta. Bapak yang kakinya masih sakit akibat kecelakaan di akhir tahun 2018 lalu (pen di kakinya masih terpasang), ingin jalan-jalan sekali waktu. Taman Safari Prigen jadi pilihan karena dari keempat anak kami baru si sulung yang pernah ke sana sebelumnya. Alasan lain karena di objek wisata ini bapak bisa ikut berkeliling melihat-lihat hewan bersama kami di dalam mobil (enggak perlu pakai kruk atau kursi roda, cukup di dalam mobil). Sehingga kami juga enggak perlu sering mendorong bapak bersama kursi rodanya untuk jalan-jalan di area rekreasi.

Baca juga: Bermain dan Refreshing di BDI (Bukit Dhoho Indah) Kediri.

Dengan alasan di atas itulah maka "Safari Adventure" memang menjadi agenda utama kami. Yaitu berkeliling Taman Safari Prigen untuk melihat-lihat bermacam-macam jenis hewan dari berbagai penjuru dunia. Tak lupa, kami telah membeli seikat wortel segar (yang kami beli di dekat pintu masuk Taman Safari) untuk diberikan pada hewan-hewan herbivora yang akan kami jumpai nantinya.

Kami menghabiskan banyak waktu pada petualangan ini. Anak-anak sangat excited melihat hewan-hewan di hadapan mereka. Bermacam hewan mulai dari hewan-hewan di kawasan Afrika, Amerika, Eropa, hingga Asia kami jumpai. Harimau, singa, rusa, gajah, jerapah, onta, burung kasuari, burung onta, kudanil, beruang, dan masih banyak lagi hewan yang sebelumnya sudah pernah kami lihat maupun baru kali itu melihatnya. Terutama anak kedua hingga keempat kami, banyak spesies hewan yang baru mereka lihat kali itu. Dan berikut sebagian foto satwa-satwa itu...

Sesekali memberi makan satwa 🤗

Salah satu hal yang kami sukai dari Taman Safari Indonesia 2 atau biasa disebut Taman Safari Prigen ini adalah kita bisa lebih dekat dengan satwa (seperti bunyi slogan Taman Safari sendiri; "Lebih Dekat Dengan Satwa"). Satwa-satwa itu dibiarkan hidup di habitat aslinya yaitu hutan belantara. Tapi tentu saja diberi pembatas antar kawasan satwa agar tidak tercampur dan memungkinkan saling menyerang bahkan memakan satwa lain. Oh ya, tiap memasuki kawasan satwa yang lain ada gerbang-gerbang yang cantik.

Melalui Safari Adventure kita bisa benar-benar dekat dengan berbagai satwa yang hidup di hutan. Bahkan kalau mau dan berani, kita bisa memegang beberapa hewan yang mendekat ke mobil kita, lho. Seperti saat memberi mereka makan, kita bisa sedikit memegang kepala mereka. Tapi kalau berani, sih. Hihihi. Tapi awas, ketika memasuki kawasan hewan-hewan buas seperti harimau dan singa, jangan sekali-kali membuka jendela, ya. Berbahaya sekali, dan memang dilarang keras oleh pihak pengelola 😁.

Sebenarnya, untuk memberi makan hewan-hewan itu pun tidak diperbolehkan. Pihak pengelola sudah menyediakan makanan untuk para satwa itu dengan baik. Kami pun melihat sendiri truk-truk yang mengangkut bahan makanan untuk para satwa itu. Dan di tiap kawasan telah disediakan makanan satwa yang melimpah. Tapi mau bagaimana lagi, setiap pengunjung sepertinya selalu ingin memberikan makanan buat satwa-satwa itu. Ya, kami ingin lebih dekattt sekali dengan hewan-hewan menggemaskan itu. Hehehe.

Atraksi gajah.

Setelah Safari Adventure usai, kami beristirahat sejenak. Kemudian setelah itu kami menyaksikan atraksi gajah dan atraksi lumba-lumba yang seru sekali. Pada atraksi gajah bapak tidak ikut menonton. Beliau memilih istirahat saja di dekat mobil yang diparkir. Beliau juga kasihan pada kami jika harus mendorongnya bersama kursi rodanya. Namun pada atraksi lumba-lumba, kami mengajak bapak ikut serta. Ya, memang sedikit perjuangan, sih. Suami yang mendorong bapak memang tampak kecapekan dikarenakan jalan-jalan di sana menanjak dan menurun cukup tajam. Karena memang di daerah pegunungan, ya. Tapi kami sudah meniatkan itu semua 😊.

Dengan kondisi seperti itu, kami tak menuntaskan jadwal-jadwal pertunjukan yang sedianya bisa kami tonton hingga sore hari. Kasihan jika bapak-ibu kecapekan jalan atau jenuh jika harus beristirahat saja. Demikian juga kasihan suami jika harus terus mendorong bapak. Akhirnya, kami mencukupkan hingga pukul 13.30 saja. Kami sudah cukup puas menyaksikan berbagai satwa di Taman Safari Prigen. Dan, traveling kali ini mengesankan karena kami mengajak bapak dan ibu dalam kondisi istimewa 😊.

Sayangnya kami lupa memfoto bapak dan suami.. hiks. Tak ada foto mereka 😔.

Tapi meski kami pulang dari Taman Safari pukul 13.30, kami sampai di rumah pukul 16.30. Cukup lama perjalanan pulang kami. Karena kami mampir dulu untuk makan siang, lalu mengambil jalur melewati jalan-jalan yang kami rasa bisa untuk cuci mata. Hehe. Yap, kami enggak lewat jalan raya seperti saat berangkat, tapi melewati daerah pegunungan di Pandaan hingga Trawas, Mojokerto.

Alhamdulillah, kami sampai di rumah dengan selamat dan dengan hati yang bahagia 😊. Tak apa sedikit penyesalan karena kami lupa memfoto bapak dan suami di Taman Safari Prigen. Tapi yang terpenting adalah kebersamaan kami menikmati segala sesuatunya di sana 🤗.