Wednesday, 15 May 2019

Cara Mencegah dan Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa



Kalau kemarin saya bahas soal sikat gigi saat puasa, sekarang saya mau menulis tentang cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa. Enggak bisa dipungkiri, puasa dan bau mulut memang berhubungan erat, ya. Karena seharian enggak makan dan minum kadang bikin mulut kita berbau kurang sedap.

Sumber: pixabay.com

Bau mulut banyak sekali sebabnya. Mulai dari kondisi gigi dan gusi yang kurang sehat (kurang terawat), lama enggak sikat gigi, sedang sakit gigi, dan lain-lain termasuk karena sedang berpuasa. Mengapa kalau sedang berpuasa jadi bau mulutnya? Nah.

Yap, karena jika kita berjam-jam enggak makan dan minum, bisa menyebabkan kondisi yang disebut halitosis. Yaitu bau mulut tak sedap yang disebabkan oleh bakteri-bakteri yang tumbuh dan berkembang biak di dalam mulut. Bakteri ini muncul karena produksi air liur di mulut kita berkurang saat berpuasa. Padahal fungsi air liur salah satunya adalah untuk membersihkan mulut secara alami. Jika mulut kering, bakteri dan kuman akan bersarang dengan nyaman. Bakteri dan kuman itulah yang menyebabkan bau mulut. Hemm..

Terus, bagaimana kita bisa mengatasinya? Insya Allah selalu ada cara, kok, ya 😊. Di sini saya akan menulis cara mencegah dan sekaligus menghilangkan bau mulut saat berpuasa. Jadi ada pencegahan agar bau mulut enggak menyerang, juga cara menghilangkan bau mulut itu jika sudah terlanjur kita alami.


Cara Mencegah dan Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

Jika bau mulut belum kita alami saat berpuasa dan kita ingin agar hal itu enggak terjadi, begini cara pencegahannya:
  • Sebaiknya kita enggak makan masakan yang beraroma menyengat saat sahur, misalnya makan pete, jengkol, atau bawang putih dan bawang bombai terlalu banyak.
  • Kita juga sebaiknya enggak mengonsumsi makanan/minuman yang terlalu manis. Karena bakteri dan kuman suka berkembang biak di makanan bergula.
  • Banyak minum air (terutama air putih) saat berbuka dan sahur. Hal ini agar mulut enggak terlalu kering pada siang harinya (saat berpuasa).
  • Untuk mencegah datangnya bakteri dan kuman di mulut, kita bisa berkumur dengan air garam sebelum tidur. Karena air garam ini berfungsi sebagai antiseptik yang akan mengusir bakteri di mulut.
  • Untuk meningkatkan produksi air liur, bisa juga kita mengunyah jeruk atau lemon pada saat berbuka dan sahur.


Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

Nah, jika bau mulut itu sudah terlanjur menyerang kita saat berpuasa, begini cara menghilangkannya:
  • Sikat gigi. Jangan sampai lupa untuk sikat gigi sebelum tidur dan sesudah sahur, ya. Karena menyikat gigi sangat membantu mencegah datangnya bau mulut saat berpuasa. Tapi jika di siang hari tiba-tiba mulut terasa bau enggak sedap, bisa juga sikat gigi lagi (menurut sebagian ulama, hal ini hukumnya mubah alias boleh). Tapi hati-hati, ya, pastikan agar air maupun pasta gigi enggak masuk ke kerongkongan (tertelan).
  • Berkumur dengan mouthwash. Cara yang lebih praktis, bisa dengan berkumur dengan mouthwash. Cairan pencuci mulut ini biss membunuh bakteri-bakteri penyebab bau mulut. Pastikan juga cairannya enggak tertelan.
  • Membersihkan lidah. Kita juga bisa membersihkan lidah dengan alat pembersih lidah yang dijual bebas. Ini lebih aman, ya. Tapi saya belum pernah mencoba, sih. Apakah lidah enggak terasa kering? Tapi perlu dicoba, nih.

Nah, demikian artikel tentang cara mencegah dan menghilangkan bau mulut saat berpuasa. Semoga bermanfaat, ya 😊.

Sumber:
https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/puasa-ramadhan/menghilangkan-bau-mulut-saat-puasa/amp/


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

WARUNG BLOGGER


Blogger Perempuan



Ibu-ibu Doyan Nulis


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law