Sunday, 2 June 2019

Asyiknya Belajar Bikin Kue Ditemani Mixer Cosmos CM-1579




Kemarin saya sempat menulis tentang aktivitas mengisi waktu selama Ramadhan. Dan salah satu aktivitas itu adalah bereksperimen di dapur, bikin-bikin kue, gitu. Selain saya ingin membuat menu berbuka puasa yang menyenangkan, si anak cewek nomer dua juga kepingin banget diajak bikin-bikin kue. Hehe. Maklum, kami lagi punya mixer baru, yaitu Mixer Cosmos 😉.

Mixer Cosmos CM-1579

Mixer Cosmos yang kami punya itu tipe CM-1579. Mixer ini merupakan keluaran terbaru dari Cosmos, lho. Ada beberapa inovasi baru yang melekat pada produk anyar ini. Yaitu seperti berikut ini:
  • Punya container yang enggak mudah pecah, untuk menyimpan beaters (pengocok) dan dough hooks (pengaduk). Dengan adanya container ini, bisa untuk menyimpan kedua alat itu dengan rapi dan terjaga kebersihan serta higienitasnya. Kemudian bisa disatukan (ditumpuk) dengan mixernya, sehingga jadi ringkas dan tertata manis.
  • Dilengkapi dengan 2 beaters (pengocok) dan 2 dough hooks (pengaduk adonan), yang semua bahannya anti karat.
  • Ada tombol turbo-nya, yang mudah dijangkau yaitu di bagian pegangan. Turbo knob ini mencapai 1350 RPM sehingga proses menghaluskan jadi lebih maksimal dan efisien.



  • Ada 5 pengatur kecepatan, yang bisa mengatur kecepatan pengaduk sesuai kebutuhan, dari terendah (0) hingga tercepat (5).
  • Ada tombol pelepas pengaduk dan pengocok, sehingga tinggal tekan "klik" kedua aksesoris itu langsung bisa lepas dan enggak kotor pangkalnya. Jadi mudah dibersihkan.
  • Ada fitur Thermostat Overheat Protection, yaitu pelindung motor mixer yang akan memutuskan aliran listrik untuk mencegah motor terbakar. Kadang, kan, suhu motor mixer mencapai ambang batas panas yang ditentukan saking lamanya mengaduk. Nah, adanya fitur di atas, bikin motor mixer lebih awet.

Selain tipe CM-1579, ada juga tipe CM-1589. Kalau yang CM-1589 ini lebih komplit lagi, karena dia stand mixer, jadi ada penyangganya plus ada mangkuk adonannya juga. Tapi yang stand mixer tentu saja lebih mahal harganya. Hehe.

Belajar Bikin Kue

Dari dulu saya enggak pinter bikin kue. Sebenarnya keinginan untuk bikin-bikin selalu ada, tapi biasanya hasilnya banyak gagalnya. Hiks. Tapi selama Ramadhan ini, saya ingin coba lagi bikin-bikin kue. Selain untuk mengisi waktu selama Ramadhan, saya juga ingin, dong, berusaha menyajikan menu buka puasa yang bervariasi (dan penginnya enak 😊). Dan siapa tahu, kalau sudah bisa bikin kue yang enak, bisa juga bikin untuk menu jajanan lebaran nanti. Hehe.

Nah, beberapa hari belakangan ini saya coba bikin kue brownies kukus, kue bolu kukus, dan bikin es krim pakai bahan instan. Resep Brownies Kukus dan Bolu Kukus nyontek di internet. Perpaduan lihat di Cookpad dan resep dari teman di Facebook. Untuk es krimnya, saya pakai resep instan dari Pondan. Sehingga tinggal lihat dan ikuti caranya di bungkusnya. Nah, apakah semuanya berhasil? Ini dia... 😄


Kue Brownies Kukus



Bahan:
  • 85 gram tepung terigu (saya pakai tepung Cakra)
  • 150 gram gula pasir
  • 35 gram coklat bubuk
  • 4 butir telur
  • 120 gram margarin
  • 150 gram DCC (dark cooking chocolate)
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 1 sdm SP (cake emulsifier)
  • 1 sdt baking powder
  • 60 ml SKM coklat

Cara Membuat:
  1. Cairkan margarin dan DCC. Sisihkan.
  2. Kocok telur, gula pasir, SP, vanili bubuk dengan mixer Cosmos, mulai dengan kecepatan rendah lalu tingkatkan kecepatan hingga adonan mengembang dan berwarna putih.
  3. Campurkan baking powder, tepung terigu dan coklat bubuk ke dalam mangkuk, aduk hingga merata.
  4. Campurkan adonan no. 3 ke dalam mixer. Aduk hingga semua tercampur. Matikan Mixer.  Masukkan cairan margarin+dcc. Aduk merata.
  5. Ambil sedikit adonan untuk membuat lapisan tengah brownies. Masukkan 60 ml SKM coklat, Aduk hingga merata.
  6. Masukkan separuh adonan ke dalam loyang, ratakan. Kukus selama 10 menit dengan api sedang. Setelah 10 menit angkat adonan. Masukkan adonan yg sudah dicampur dgn SKM coklat. Kukus lagi selama 10 menit. Setelah 10 menit, angkat adoanan. Masukkan sisa adonan. Kukus kembali selama 30 menit.
  7. Biarkan dingin dulu baru dilepas dari loyang
Hasil pertama.
Hasil kedua.

*Saya nyontek resep dari Cookpad, dari mbak @dewimayasari.

Dalam seminggu kemarin saya mencoba bikin kue brownies kukus dua kali. Dan, keduanya belum memuaskan hasilnya. Yang pertama rasanya enak dan empuk, tapi tengahnya mblenyek atau terlalu cair kebanyakan. Yang kedua, terlalu bantat. Hemm...



Kue Bolu Kukus



Bahan:

  • 200 gram tepung terigu
  • 150 gram gula pasir (resep asli 175 gram)
  • 125 ml Sprite
  • 2 butir telur
  • 1 sdt ovalet atau SP
  • 1/2 sdt vanilla cair

Cara Membuat:

  1. Panaskan kukusan. Tutup kukusannya dibungkus lap, yaam
  2. Masukkan semua bahan (kecuali SP) ke dalam mangkuk mixer. Aduk dengan kecepatan tinggi selama 10 menit hingga kental berjejak.
  3. Matikan mixer, masukkan ovalet/SP. Kembali mixer selama 10 menit.
  4. Bagi adonan ke dalam beberapa mangkuk, beri pasta makanan dengan berbagai warna yang. berbeda. 
  5. Tuang ke dalam cetakan bolu kukus yang sudah dialasi kertas kue.
  6. Pastikan air di dalam kukusan (panas) cukup. Masukkan cetakan berisi adonan ke dalam kukusan. Kukus selama 10 menit dengan api besar.
  7. Angkat bolkus yang sudah matang dari kukusan. Sajikan.
*Saya nyontek resep dari FB mbak Dyah Prameswarie. Dan, apakah berhasil?



Yah, begitulah hasilnya, teman-teman. Oh, no.. so sad 😭😭😭. Entah apanya yang salah.


Es Krim Vanilla Choco Chips



Bahan:
  • Pondan Magic Ice Cream rasa Vanila Choco Chips (bubuk es krim instan).
  • 300 ml air es

Cara Membuat:
  1. Campur bubuk es krim dengan air es. Mixer dengan kecepatan tinggi selama 5-10 menit, hingga adonan mengembang dan kental.
  2. Masukkan choco chips dan aduk sebentar sampai merata. Tuang adonan es krim ke dalam wadah siap saji. 
  3. Bekukan ke dalam freezer selama kurleb 8 jam dengan suhu maksimum dinginnya.
  4. Siap untuk dinikmati.

Kalau yang es krim ini saya lumayan puas dengan hasilnya. Hemm.. lha wong cara bikinnya juga gampil banget, sih 😅.

Baca juga: Resep Buka Puasa Skippy: Roti Goreng Selai Kacang.

Alhamdulillah semenjak punya mixer Cosmos CM-1579 ini, saya enggak kapok-kapok belajar bikin kue. Itu bolu kukusnya gagal total tapi saya juga masih mau coba bikin lagi kapan-kapan. Insya Allah. Soalnya kenapa? Soalnya mixernya cantik dan enak dipakai! Hehe. Cantik, kan, desain mixer seperti pada gambar di atas? Apalagi warnanya hijau muda, saya yang penggemar warna hijau ini suka banget! 

Trus enaknya yang langsung kerasa, tuh, ringan gitu dipakai. Enggak bikin lekas capek. Kalau dibanding mixer yang saya punya sebelumnya, yang ini lebih baik, deh. Bahkan saya pikir bisa dikatakan ini merupakan mixer terbaik yang pernah saya gunakan 😊.



Nah, menurut saya, seperti yang sudah saya singgung di atas, keunggulan Mixer Cosmos CM-1579 ini kalau saya uraikan secara lengkap adalah sebagai berikut:
  • Enak digunakan. Mixer Cosmos ini terasa ringan diangkat dan saat digunakan untuk mengaduk. Jadi tangan enggak mudah capek meski mengaduk selama 3 x 10 menit, misalnya.
  • Aman. Adanya fiturThermostat Overheat Protection, yaitu pelindung motor mixer yang akan memutuskan aliran listrik untuk mencegah motor terbakar, membuat mixer ini aman dipakai. Kita enggak usah takut atau khawatir mixer akan mudah rusak atau bahkan ternakar saat sering menggunakannya. Karena dengan fitur itu, membuat motor mixer lebih awet.
  • Mengaduk lebih cepat. Menurut saya mengaduk menggunakan mixer Cosmos ini adonan bisa lebih cepat halus dan mengembang. Dibantu dengan tombol turbo, adonan lebih cepat lembut sempurna.
  • Mudah dibersihkan. Alat pengaduk yang mudah dilepas, membuat mixer ini mudah dibersihkan.
  • Gampang perawatannya. Dengan adanya container untuk menyimpan alat pengaduk dan pengocok, perawatan mixer Cosmos jadi lebih gampang.

Nah, demikianlah sedikit cerita saya tentang bikin-bikin kue bersama mixer Cosmos CM-1579. Kalau teman-teman tertarik juga pengin beli mixer Cosmos untuk bantu bikin-bikin kue atau es krim dan sebagainya, produk-produk Cosmos bisa dibeli di toko elektronik, supermarket, juga secara online di marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee (Official Store Cosmos).

Atau kalau ingin mengetahui info lengkap tentang produk-produk Cosmos, teman-teman bisa mengunjungi website Cosmos di www.cosmos.id. Di sana kita juga bisa menemukan banyak resep dan tips yang bermanfaat.
#BanggaCosmos #DuetMasakCosmos #DuetBakingCosmos #MixerCosmos

Oke, happy cooking, ya, teman-teman 😍



20 comments:

  1. Kukira bolu kukusnya malah kue apam, tp rasnaya gimana kak teksturnya. Ada yg beda kah? Aku jd penasaran jg kurang apanya wkwkwk. Iya kerasa bener kalau bikin eskrim pondan itu diblend sm dimixer hasilnya bedaa. Selamat bersenang2 dg mixer cosmosnya ya kak :D

    ReplyDelete
  2. aku suka nih mixer ada wadahnya, jadi peratannya ga berserakan dan kelihatan rapi

    ReplyDelete
  3. Mixer cosmo itu mixer pertama aku latihan bikin cup cakes jaman sebelum jadi bakul kue dulu. Baca ini aku jadi kangen bikin adonan kue. Udah tahunan kayanya mixer aku istirahat. Nanti bikin lagi ah

    ReplyDelete
  4. Brand Cosmos masih hot banget di Indonesia sebetulnya, dengan fitur menarik, dan harga yang bersahabat di kantong, Cosmos jadi dambaan di kelas menengah ke bawah.

    ReplyDelete
  5. Widihhh mixernya bagus nih buat bikin kue kue gitu ya. Dan brand cosmos udh terkenal dimana mana nih masalah periperal dapur

    ReplyDelete
  6. Mixerku juga Cosmos nih, setrika sm blender juga cosmos hahaha. Harganya cukup terjangkau sih emang tp kemampuan tak kalah oke buat ngadon kue

    ReplyDelete
  7. Tertarik banget sama aman nya itu. Soalnya berapa kali punya mixer atau juga blender, biasanya kalo kelamaan di pake bisa kebakar. Dan jadi penyebab kerusakan

    ReplyDelete
  8. Tutorial dan resepnya lengkap bgt Mbak Deka. Bikin kuenya menuju lebaran ya. Hehe. Utk mixer mmg lebih baik gunakan dr brand terpercaya seperti cosmos ya.

    ReplyDelete
  9. Mbakku penggila Cosmos, dari Blender, Juicer ampe Rice Cooker. Yang aku suka dari Cosmos, hasilnya jempolan meski harganya ekonomis.

    Sudah lama aku pengen beli mixer, mungkin mixer ini bisa jadi salah satu pertimbangan.

    ReplyDelete
  10. Katanya kalau buat kue itu harus berkali-kali. Gak papa gagal dulu...nanti lama-kelamaan hasilnya pasti bagus.
    Saya sendiri juga suka banyak gagalnya hihihi

    ReplyDelete
  11. Waaah, mixer barunya sangat membantu sekali buat belajar bikin kue ya mbak? Mantap, tampaknya ibu saya perlu tahu nih sama mixer Cosmos yang baru ini. :D

    ReplyDelete
  12. Momen lebaran ini, kakak ipar kan bawain kue banyak. Jadi kepengen juga bisa bikin kue dan saatnya bikin list perlengkapan bikin kue minimal yang harus dimiliki.

    Mixer Cosmos CM-1579 ini bisa jadi inceran sebagai salah satu perlengkapan minimal tersebut neh.

    ReplyDelete
  13. Naksir banget sama Mixer Cosmosnyaaaaa
    Udah lama mau beli tp gak tau yang bagus itu gimana. Udah lama juga gak bikin kue2 an

    ReplyDelete
  14. Aku lebih seneng baking kue daripada masak menu harian di dapur.
    Jadi pas abis nikah, langsung punya mixer.

    Bikinnya yang sederhana-sederhana aja siih...dan dijamin anti-gagal.

    ReplyDelete
  15. Ada mixer cosmos jadi semangat ya eksperimen di dapur, bikin kue dan es krim, gagal pertama nggak apa-apa, biasanya kedua kalinya suka sukses

    ReplyDelete
  16. Dengan fitur fitur Thermostat Overheat Protection jadi lebih safety ya, kalau pakai mixer lama jadi gak takut sampai meledak,,hhee

    ReplyDelete
  17. aku jadi pengen bertamu nih, pengen icipin semua makanan dan kueh yang tersaji dirumah. Semua tampak lezat dan menggoda hati serta pikiran kak. ku jadi laperrrr

    ReplyDelete
  18. Terima kasih telah berbagi resepnya kak.

    Penampakan kue'a terlihat enak kak. Jadi pengen icip brownies kukus sama es krim vanilla choco chips'a :D

    ReplyDelete
  19. Ngiler brownisnya eh. Kesukaan kami sekeluarga tuh

    ReplyDelete
  20. Aku jadi pengen bikin kue juga deh:3


    Ajarin dong kak :(

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

WARUNG BLOGGER


Blogger Perempuan



Ibu-ibu Doyan Nulis


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law