Pages

Seberapa Penting Make Up Saat Lebaran?


Lebaran atau lebih tepatnya Hari Raya Idul Fitri merupakan hari yang sangat istimewa untuk umat Islam. Karena begitu istimewanya, kaum muslim menyambut dan merayakannya dengan suka cita, dengan apa-apa yang terbaik yang mereka punya. Termasuk untuk urusan penampilan, dari pakaian yang dikenakan hingga tampilan wajah atau make up wajah. Tapi sebenarnya, seberapa penting make up saat lebaran, ya?

Tulisan ini hanya opini saya pribadi, ya. Enggak ada menyalahkan pendapat orang lain atau bagaimana. Saya yang notabene adalah IRT dengan empat orang anak, yang jarang dandan atau make up-an, tapi ingin berkomentar soal make up saat lebaran demi memenuhi challenge-nya Blogger Perempuan Network dalam BPN 30 Day Ramadhan Blog Challenge. Hehehe.


Make up selalu tipis-tipis.

Saya sendiri memang jarang make up wajah dalam arti merias wajah secara lengkap mulai dari memakai foundation, bedak, lipstik, eyeliner, maskara, dan sebagainya. Setiap harinya jika antar jemput anak sekolah hanya menggunakan bedak dan sedikit lipgloss. Begitupun jika bepergian jauh misal ke rumah saudara atau jalan-jalan. Hanya tambah lipstik biar enggak kelihatan kusam. Hehe.

Baca juga: Make Up untuk Menyesuaikan Diri.

Bagaimana dengan lebaran di tahun-tahun lalu? Apakah make up saat lebaran saya menjadi spesial? Momen lebaran itu kita ketemu banyak orang, lho. Mulai dari saudara, teman-teman, tetangga, hingga orang-orang yang mungkin enggak kita kenal. Apakah saya enggak mau sekali-kali tampil beda? 

Hemm.. bagi saya, penampilan saat lebaran itu akan memperhatikan hal-hal berikut:

  • Bersih. Mulai dari pakaian yang bersih, badan enggak bau, penampilan wajah juga bersih.
  • Enak dilihat. Enggak mesti pakai baju baru, yang penting enak dilihat sudah cukup. Enggak kumal dan sejenisnya. Begitupun soal wajah, asal enggak terlalu berminyak atau kusam, sudah cukup.
  • Enggak berlebihan. Pakai baju dan aksesoris lainnya enggak perlu berlebihan. Enggak perlu menyolok atau terlalu bagus biar jadi perhatian. Eh, lagipula saya termasuk orang yang enggak pede jika jadi pusat perhatian, sih 😄
  • Enggak mengganggu orang lain. Misal bau badan enggak enak, atau bau mulut enggak sedap, jangan sampai, ya.
  • Bikin pede (percaya diri). Pakai pakaian bagaimanapun atau make up seperti apapun, asal bisa membuat saya pede, ya, itulah yang akan saya pilih. Meski pakai baju lama, make up biasa saja, tapi bikin saya pede, ya, enggak masalah. 
So, make up yang lengkap bagi saya enggak penting. Karena saya juga enggak akan pede jika make up enggak seperti biasanya (spesial atau lebih bagus). Dan, saya tipe orang yang cuek dengan pandangan orang lain. Asal saya pede, ya, sudah enggak toleh kanan-kiri lagi. Hehehe.

Baca juga: Bedak Wardah, Bedak Favorit yang Menenangkan Hati.
“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah setiap (memasuki) masjid. Makan dan minumlah, tapi janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan” (QS. Al-A‘raaf: 31).
“Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah yang dahulu …” (QS. Al-Ahzaab: 33).

Jadi begitulah, bagi saya make up yang spesial justru terasa berlebihan. Maka make up saat lebaran juga seperti biasanya saja. Sewajarnya dan bikin saya nyaman. Cukup dengan bedak yang sewajarnya dan lipstik yang enggak menyolok sudah cukup bagi saya 🤗.



Diah Kusumastuti

Saya seorang ibu rumah tangga dengan 4 orang anak, Faiq, Fahima, Fauzia, dan Fahri. Asli Solo tapi sekarang berdomisili di Sidoarjo. Suka menulis tentang apa saja selama itu positif dan sebisa mungkin memberi manfaat bagi yang membaca. Menulis bagi saya adalah sarana refreshing dan agar otak terus bekerja :) Email: d3kusumastuti@gmail.com

2 comments:

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.