Pages

Melihat Semangat Mencari Ilmu dari Film Mahasiswi Baru


Dulu, saya masuk kuliah setelah bekerja kurang lebih 3 tahun sebelumnya. Jadi, dalam satu kelas saya adalah mahasiswa tertua. Hehehe. Teman-teman saya semuanya fresh graduate dari SMA. Lebih tua 3 tahun dari teman-teman saja rasanya sudah ada gap yang lebar. Lah, trus, gimana, ya, jika ada nenek-nenek usia 70 tahun yang kuliah bareng anak-anak muda yang baru lulus SMA? Hihihi. Itulah cerita yang ada dalam film Mahasiswi Baru.



Adalah Lastri (diperankan oleh aktris senior, Widyawati) yang telah berusia 70 tahun namun ingin sekali kuliah di perguruan tinggi. Tentu ini enggak wajar, kan? Pada saat OSPEK, Lastri dikira menyamar jadi nenek-nenek, dikira wajahnya di-make up jadi tua. Padahal, ya, memang aslinya dia sudah nenek-nenek. Haha.

Baca juga: Keputusan untuk Kuliah.

Di kampus, Lastri bersahabat dengan Danny (Morgan Oey), Sarah (Mikha Tambayong), Erfan (Umay Shahab) dan Reva (Sonia Alyssa). Mereka kemudian membentuk sebuah geng atau kalau Lastri bilang paguyuban. Haha. Nah tapi, geng mereka ini ternyata sering bikin heboh, menimbulkan kericuhan, bahkan terlibat tawuran. Sampai bikin badan mereka luka-luka, termasuk wajah Lastri juga terluka.

Hal itu yang membuat Anna (Karina Suwandi), putri Lastri, pusing menghadapi kelakuan ibunya dan bilang, itulah mengapa dia enggak setuju kalau ibunya kuliah di usia senja. Akibatnya ibunya jadi ketularan gaul karena berteman dengan anak-anak muda, sering pulang larut malam dan sering keluyuran. Anna juga jadi sebel sama teman-teman geng ibunya, salah satunya karena mereka memanggil ibunya dengan menyebut namanya langsung: Lastri. Tanpa embel-embel "tante" atau "ibu".



Kalau saya lihat trailernya, si Lastri ini juga terlihat centil. Bahkan dengan dekan kampusnya (bernama Chaerul, diperankan oleh aktor senior Slamet Rahardjo) dia menyapa seperti menyapa temannya sendiri (mungkin karena sama-sama sudah tua, ya. Haha.), dan dengan sapaan gaul, "Yoa, Brayyy..." Hahaha. 

Karena tingkahnya yang sering bikin onar dan sejenisnya itulah ditambah IPK semester pertama yang rendah, maka dekan fakultas merasa Lastri tak pantas melanjutkan kuliah. Di sinilah konflik muncul, apakah Lastri bisa mengatasi masalah itu bareng teman-teman geng-nya?


Semangat Menuntut Ilmu

Dari melihat trailernya, sepertinya film Mahasiswi Baru garapan sutradara Monty Tiwa ini kocak banget, deh. Terutama, ya, penampilan si Lastri yang tua-tua keladi itu. Lucu lihat tingkah dan omongannya yang ikutan gaul. Haha. Selain itu, penampilan Morgan, Mikha Tambayong, Umay, dan Sonia juga kayaknya enggak diragukan keluwesannya dalam bermain peran. Gabungan akting aktor dan aktris senior dengan para pemain muda, tampaknya akan tersaji dengan segar.


Film yang akan rilis di bioskop seluruh Indonesia pada tanggal 8 Agustus 2019 ini, akan sangat cocok ditonton oleh para mahasiswa, orangtua, bahkan juga adik-adik yang belum kuliah. Karena pesan moralnya cukup jelas, bahwa menuntut ilmu itu enggak memandang usia. Iya, kalau dulu saya terlambat 3 tahun untuk kuliah, ini ada nenek-nenek yang ngebet kuliah meski sekelas sama anak-anak muda! Saking pengennya menuntut ilmu, kan?

Semoga hadirnya film ini memberikan semangat bagi anak-anak muda dalam menuntut ilmu. Juga bagi orang-orang yang sudah berumur tapi masih punya keinginan untuk kuliah, semoga film ini bisa memberikan inspirasi untuk terus semangat menuntut ilmu di usia yang tak lagi muda.

Jadi, mari kita tunggu filmnya di bioskop pada tanggal 8 Agustus 2019 besok! Semoga enggak mengecewakan, ya 😊.


NB:
Trailer film Mahasiswa Baru bisa dilihat di sini, ya:



Diah Kusumastuti

Saya seorang ibu rumah tangga dengan 4 orang anak, Faiq, Fahima, Fauzia, dan Fahri. Asli Solo tapi sekarang berdomisili di Sidoarjo. Suka menulis tentang apa saja selama itu positif dan sebisa mungkin memberi manfaat bagi yang membaca. Menulis bagi saya adalah sarana refreshing dan agar otak terus bekerja :) Email: d3kusumastuti@gmail.com

21 comments:

  1. Dulu juga pas di kampus ada yang dari TNI udah tua gitu mba untungnya asik jadi bisa berbaur ada juga yang kaku ya gitu kalau udah tua, kaku ga akan bisa nge-geng kayak Lastri CS ini wkwkwk

    seru deh film ini ngakak aku nonton trailernya

    ReplyDelete
  2. Keren banget Tante Widyawatiii, lanjutkan!
    Karena emang doi aktingnya cadassss
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. Ih sama deh Mbak, akupun telat kuliah 3 taun udah berasa tuir aja masuk kampus😅. Wah jd penasaran gimana tuh gimana nasib Lastri setelah dinyatakan tidak layak kuliah. Tapi emang keren banget sih aktingnya Tante Widyawati ini

    ReplyDelete
  4. Pasti seru nih, nggak sabar nunggu tanggal tayangnya. Nenek-nenek kuliah, apalagi juga ikutan opspek nya, bikin penasaran dengan akting Widyawati.

    ReplyDelete
  5. Aku baru nonton trailernya udah kocak gitu ya, jadi makin penasaran nonton filmnya tanggal 8 nanti, apalagi ada artis senior yang main bareng artis masa kini

    ReplyDelete
  6. Ngeliat trailernya jadi inget drama korea "My Second 20s". Ceritanya tapi mama-mama yang mau masuk kuliah dan ternyata 1 kampus sama anaknya.
    Tapi jadi penasaran sih, gimana kalau nenek-nenek yang ikutan kuliah, apalagi kena ospek juga :)

    ReplyDelete
  7. Seru banget iniii..ngga ada kata terlambat untuk menuntut ilmu yaa..jadi penasaran filmnya...aktingnya pasti pada keren..

    ReplyDelete
  8. Belajar memang gak mengenal usia, ya. Tetapi, unik sih ini ide ceritanya. Ada nenek-nenek yang kuliah lagi. Meskipun di dunia nyata pun katanya memang ada yang begitu. Tetapi, ini dikemas dengan kocak

    ReplyDelete
  9. Pas lihat trailernya langsung ngakak pas lihat widyawati bertopi panci. Makin ke belakang, makin ngakak. Jadi nggak sabar nunggu filmnya tayang

    ReplyDelete
  10. Hahaha aku jadi penasaran mba ama filmnya. Kayaknya lucu. Jadi pengen cepet-cepet nonton filmnya. Tapi biasa emak-emak beranak kecil suka cari-cari kesempatan dulu nih buat nonton

    ReplyDelete
  11. Aku uda ga sabar pengen nonton film ini, soalnya dulu ibuku juga kuliah s1 pas aku sdh punya anak. Pasti ibuku seneng di ajakin nonton ini

    ReplyDelete
  12. Wahh ini perjuangan menuntut ilmu banget yaa.. perjuangan ngejar2 dosen dan ngejain skripsweetnya yang sesuatuu.. pasti nontom film ini jd flasback ke jaman muda dulu deh

    ReplyDelete
  13. Wah, aku kepo nih -pengen segera nonton film ini deh. Udah beberapa kali nonton trailer-nya emang kocak banget sih. Widyawati ini bisa juga main komedi yah, padahal kelihatannya anggun bener hehehe

    ReplyDelete
  14. Betul sekali semangat Lastri menuntut ilmu bisa jadi bahan introspeksi untuk kaum muda supaya tetap memanfaatkan masa mudanya dengan baik

    ReplyDelete
  15. Wahaha seru bingits.
    Keren ya aktingnya Widyawati eh Bu Widyawati 😅

    ReplyDelete
  16. Aku pernah lihat iklan nya nih di yutub, trus aku tonton sampe iklan nya selesai karna trailer nya se seru itu. Ga sabar buat nonton film nya mudah2an ga mengecewakan ya

    ReplyDelete
  17. Belom sempet2 juga nie nonton filmnya ya allah.... Padahal udh mupeng sangat kayaknya bagus

    ReplyDelete
  18. Pingin nonton filmnyaaaaa. Tapi aku harua bersabar soalnya ga ada bioskop di aceh

    ReplyDelete
  19. Wah kalah deh aku sama nenek-nenek ini, udah 70 tahun masih mau kuliah lagi. Aku aja udah males ini wkwk

    ReplyDelete
  20. Jujur nih bikin aku semangat untuk tidak memadamkan keinginan buat kuliah lagi juga next
    Karena tidak ada yang tidak mungkin

    ReplyDelete
  21. Review oilem ini lagi bertebaran di blog. Jadi penasaran pengen liat akting tante widya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.