Pages

Hidangkan Nasi yang Sehat Bersama Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6601 dan Sarana Penyimpan Beras Cosmos 007-Pundi


Nasi merupakan salah satu makanan pokok manusia, khususnya bagi kita masyarakat Indonesia. Sudah menjadi kebiasaan, kita makan nasi tiga kali sehari; pagi, siang, dan malam. Dan biasanya pula, meskipun sudah makan roti, cemilan yang banyak, dan lain-lain, tapi kalau belum makan nasi dianggap belum makan. Hahaha.



Karena nasi merupakan makanan pokok, sudah seharusnya kita mengonsumsinya secara benar. Artinya nasi yang dihidangkan seharusnya merupakan nasi yang sehat. Sehingga selain dapat mengenyangkan karena mengandung karbohidrat, nasi tersebut juga bisa menyehatkan.

Agar bisa menghidangkan nasi yang sehat, kita harus memperhatikan proses dari awal pemilihan beras hingga menjadi nasi yang siap tersaji di meja makan. Proses tersebut setidaknya sebagai berikut:


👉 Pilih beras yang berkualitas baik
Beberapa kriteria beras yang berkualitas baik adalah sebagai berikut:
  • Beraroma segar dan berwarna putih cenderung bening atau kekuningan. Beras yang berwarna terlalu putih biasanya menggunakan bahan pemutih.
  • Baunya wangi alami, enggak apek atau harum menyengat.
  • Tidak berulat dan berjamur.
  • Tidak ada kotoran seperti batu/kerikil, pasir, atau gabah (kulit padi) yang banyak.
  • Bebas bahan pengawet.
  • Bila dimasak baunya harum dan tidak terlalu mekar. Beras yang tersimpan lama biasanya berbau apek dan banyak menghisap air saat dimasak, sehingga lebih mekar dari yang normal.
Sumber gambar: freeimages.com

👉 Simpan beras di tempat yang bersih dan aman.
Penyimpanan beras harus diperhatikan kebersihan dan keamanannya jika ingin menghidangkan nasi yang sehat. Simpan di tempat yang bersih, aman dari kutu, dan tidak mudah apek. Kita bisa gunakan tempat penyimpan beras khusus, bukan di ember atau di karung beras alakadarnya.

👉 Gunakan penanak nasi yang tepat.
Penggunaan penanak nasi yang tepat juga akan sangat berpengaruh dalam penyajian nasi yang sehat. Pilih penanak nasi (rice cookeryang mudah digunakan, dan tentu saja yang bisa menjaga nasi tetap sehat. Jangan menanak nasi di rice cooker yang non-stick atau anti lengket, ya. Karena akan membuat nasi menjadi tidak sehat.
Mengapa? Nanti di bawah saya jelaskan, ya 😊.

Itulah proses yang harus kita perhatikan jika ingin menghidangkan nasi yang sehat. Dengan mengonsumsi nasi yang sehat, selain mengenyangkan juga akan membantu kita menjaga kesehatan dan stamina tubuh, bahkan bisa meningkatkan daya tahan tubuh.


Menanak Nasi dengan Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6601

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, penggunaan penanak nasi yang tepat akan sangat berpengaruh pada penyajian nasi yang sehat. Pilihan saya untuk urusan menanak nasi adalah menggunakan Rice Cooker Cosmos. Sudah lama saya menggunakan rice cooker ini, karena bisa menjaga nasi tetap sehat. Rice cooker yang lama kapasitasnya 1,8 Lt, karena kami termasuk keluarga besar. Hehe. Nah, terbaru, saya punya seri Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6601. Kalau yang ini lebih mungil. Trus buat apa? Ada, deh... 😁.



Berikut ini keunggulan-keunggulan dari Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6601 sehingga bisa menjadi pilihan teman-teman juga.

❤️ Pancinya anti gores dan tidak mengelupas.
Panci dalam rice cooker ini menggunakan teknologi HARMOND dalam pembuatannya.
Tahu enggak, temans, apa itu harmond? Harmond adalah kependekan dari "as hard as diamond" 😁. Maksudnya, teknologi ini melalui proses hard anodized dan pendinginan dengan temperatur mendekati 0° Celcius, yang membuat panci dengan teknologi ini menjadi tidak dapat tergores (anti gores), tidak mengelupas, dan lebih sehat. 
Anti gores dari produk ini sudah saya coba, lho. Saya sikat dengan sikat besi sekalipun tidak mengelupas.

❤️ Lebih sehat dan aman.
Panci dengan teknologi harmond ini terbuat dari bahan Food Grade, lho. Artinya tidak akan menimbulkan reaksi kimia/racun bagi makanan. Jadi lebih aman dan sehat.

Selain itu, panci dalam rice cooker ini bukan yang anti lengket atau non-stick seperti yang sudah saya singgung di atas, ya. Tetapi pancinya anti gores dan tidak mengelupas. Panci yang anti lengket ternyata berbahaya, lho, teman-teman. Mengapa? Karena lapisan anti lengket tersebut mengandung zat kimia yang bernama perfluorooctanoic (PFOA) yang bersifat karsinogen.

Biasanya, sedikit demi sedikit lapisan anti lengket itu mengelupas lalu tercampur bersama nasi. Nah, zat tersebut sangat berbahaya jika tercampur dengan nasi, lalu masuk ke dalam tubuh kita. Bahayanya apa? Zat tersebut dapat memicu penyakit serius, semisal kanker. Wah, bahaya sekali, kan..

❤️ Lebih hemat listrik.
Teknologi harmond juga menjadikan panci dapat menghantarkan panas dengan lebih sempurna dan merata, sehingga bisa lebih menghemat listrik. Oh ya, daya masukan rice cooker ini 300 Watt, ya.

Baca juga: Asyiknya Belajar Bikin Kue Ditemani Mixer Cosmos CM-1579.



❤️ Bentuknya mungil dan lucu.
Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6601 ini memang seri yang mungil. Karena kapasitasnya 0,8 liter saja (untuk 5-6 porsi). Cocok untuk keluarga kecil atau anak kost, ya. Tampilannya pun lucu, bergambar animasi Angry Bird. Ada dua macam pilihan warna, yaitu hitam dan putih. Keduanya sama-sama menggemaskan 😁.

❤️ Menghasilkan nasi yang lebih pulen.
Dengan tongolan magicap di dalamnya, yang menjadi pengatur sirkulasi uap dan membuat nasi yang dihasilkan menjadi lebih pulen.

❤️ Mudah digunakan.
Dengan rakitan yang open matic, rice cooker ini jadi gampang dibuka dan ditutup. Sehingga mudah digunakan.



❤️ Lengkap dan mudah dibawa.
Paket rice cooker sehat ini terdiri dari panci, gelas ukur dan sendok nasi. Jadi untuk ukuran rice cooker mungil, sudah lengkap, deh. Kemudian rice cooker ini ada pegangannya, sehingga mudah jika ingin dipindahkan atau dibawa ke tempat lain.


Itulah beberapa keunggulan dari Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6601. Oh ya, ada beberapa tips, nih, saat memasak nasi dengan rice cooker. Ini penting kita perhatikan agar nasi jadi lebih sehat. Berikut tipsnya:

👉 Setelah nasi matang, selang 5 menit kemudian aduk-aduklah nasi dalam panci tersebut.
Hal ini agar nasi bisa mengeluarkan air yang terperangkap di antara butiran-butiran nasi, sehingga mempermudah penguapan air. Dengan mengaduk nasi seperti ini, nasi tidak akan cepat basi, tidak kering, dan juga lebih tahan lama.


👉 Jangan mencolok rice cooker terus-menerus.
Nah, ini nih yang selama ini saya masih salah. Ternyata, menyolokkan rice cooker secara terus-menerus justru akan membuat nutrisi nasi jadi hilang, menjadi kering, dan juga cepat basi. Jadi yang benar, jangan mencolok rice cooker terus-menerus. Cukup hangatkan nasi 30 menit sebelum makan.

👉 Pastikan permukaan luar panci kering dan bersih sebelum memasak nasi.
Ini kita lakukan untuk menjaga rice cooker agar tidak mudah rusak. Jadi sebelum memasukkan panci ke badan rice cooker, pastikan permukaan luar panci kering dan bersih. Kita bisa mengelapnya terlebih dahulu dengan lap kain atau tisu.

Nasi yang dimasak dengan rice cooker Cosmos 😊.


Menyimpan Beras dengan Sarana Penyimpan Beras Cosmos 007-Pundi

Selain pemilihan beras yang berkualitas dan penanak nasi yang tepat, untuk dapat menghidangkan nasi yang sehat juga harus memperhatikan tempat penyimpanan berasnya. Tempat untuk menyimpan beras harus bisa menjaga agar kualitas beras tetap bagus meski disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Saya senang sekali bisa memiliki Sarana Penyimpan Beras Cosmos 007-Pundi. Benda yang cantik ini ternyata mampu menyimpan beras dengan baik. 



Ya, sebelumnya, saya menyimpan beras di ember tertutup dan belakangan malah hanya diletakkan begitu saja di dalam karung beras. Meski di dalam ember yang tertutup, kadang masih saja ada hewan-hewan kecil yang bisa masuk, seperti semut atau serangga. Dan yang pasti, saya enggak bisa mengambil beras yang posisinya berada di bagian bawah terlebih dahulu. Padahal, kan, biasanya bagian bawah (yang masuk duluan) lebih cepat apek.

Sarana Penyimpan Beras Cosmos 007-Pundi memberikan solusi atas banyak masalah penyimpanan beras. Produk ini mampu turut jaga nasi sehat. Jadi, keunggulan produk ini adalah sebagai berikut:

💝 Menggunakan FIFO Technology (First In First Out).
Teknologi ini membuat beras yang masuk pertama akan keluar terlebih dahulu. Jadi beras di bagian bawah atau yang masuk duluan akan keluar duluan juga. Tentu saja ini lebih baik untuk masalah penyimpanan beras. Beras jadi enggak mudah apek.

💝 Ukurannya compact (praktis).
Kapasitasnya hingga 7 kg, namun barangnya terlihat kecil. Jadi memang enggak makan tempat, sih.

💝 Pull and dispense.
 Sekali tarik, akan keluar beras satu takaran yaitu sekitar 130 gr tersedia otomatis.

💝 Anti slip.
Di keempat sisi bawah (sebagai kaki) sarana penyimpan beras ini ada karet anti slip yang menjadikannya lekat dan tidak mudah bergeser. Jadi enggak mudah roboh juga misalnya beras tinggal sedikit dan barang ini tersenggol 😊.

💝 Bebas kutu.
Karena sarana penyimpan beras ini ada tutupnya dan bisa tertutup rapat, maka insyaa Allah beras yang kita simpan di situ akan bebas kutu atau binatang-binatang lain. 

💝 Bebas karat.
Sarana penyimpan beras ini terbuat dari plastik kualitas baik. Jadi enggak akan berkarat lah, ya 😁.

💝 Kualitas beras tetap terjaga.

Dengan kualifikasi produk seperti tersebut di atas, kualitas beras akan tetap terjaga seperti saat dimasukkan pertama kali. Beras tetap sehat, bersih, enggak ada kutu, jamur, atau kotoran-kotoran lain (dan yang pasti enggak apek).



Dengan adanya Sarana Penyimpan Beras Cosmos 007-Pundi ini, bye-bye deh ember dan karung beras yang biasa saya pakai. Hihihi. Bener-bener solutif banget produk dari Cosmos ini untuk masalah penyimpanan beras yang sehat 👍.

Baca juga: Cara Menggunakan Panci Presto Oxone OX-2004.


Nah, demikianlah beberapa upaya yang bisa kita lakukan untuk dapat menghidangkan nasi yang sehat di meja makan. #JagaNasiSehat agar tubuh kita berstamina oke dan enggak gampang sakit 😊.


Oh ya, jika teman-teman tertarik untuk memiliki Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6601 dan Sarana Penyimpan Beras Cosmos 007-Pundi, teman-teman dapat membelinya di toko-toko elektronik, supermarket, juga bisa beli secara online. Pembelian secara online bisa di
marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli (Cosmos
Official Store).

Sebelum memutuskan untuk beli, teman-teman juga bisa mengunjungi terlebih dahulu website Cosmos di www.cosmos.id untuk mengetahui
info lengkap produk Cosmos. Di sana juga banyak resep dan tips yang bermanfaat, lho.
Oke, selamat menghidangkan nasi yang sehat, teman-teman 😍.





Diah Kusumastuti

Saya seorang ibu rumah tangga dengan 4 orang anak, Faiq, Fahima, Fauzia, dan Fahri. Asli Solo tapi sekarang berdomisili di Sidoarjo. Suka menulis tentang apa saja selama itu positif dan sebisa mungkin memberi manfaat bagi yang membaca. Menulis bagi saya adalah sarana refreshing dan agar otak terus bekerja :) Email: d3kusumastuti@gmail.com

24 comments:

  1. Mbak, itu rice cookernya yang ukuran 1 liter nggak ada ya? Pingin nyari yang ukuran segitu. Btw, harganya yang itu berapa ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Mbak yang ukuran 1 liter. Paling kecil 0,6 lt, paling besar 2,5 lt.

      Kalo yang 0,8 lt kayak punyaku itu harganya sekitar 270 ribu, Mbak :)

      Delete
  2. Rice cookernya lucu deh. Bener juga ya, kudu pilih beras, alat penyimpan dan penanak beras yang bagus agar hasilnya juga sehat

    ReplyDelete
  3. rice cooker memang nomor satu ya, kan kita tiap hari makanan pokoknya nasi

    kadang sedih deh buang buang nasi kalo ga habis, atau basi padahal udah masak banyak banget :(

    ke depan aku akan beli yang teknologi harmond aja deh

    ReplyDelete
  4. Nah, penanak nasinya harus tepat, cara masaknya harus benar, dan berasnya harus yang berkualitas bagus ya supaya bisa menghasilkan nasi yang sehat

    ReplyDelete
  5. Ini rice cookernya lucu banget sih, gemes. Aku kebetulan di rumah juga menggunakan Cosmos yang kecil gini tapi beda tipe, kok jadi malah pengen beli si Angry Bird juga.

    ReplyDelete
  6. Rice cooker idola ini. Udah hemat listrik, anti gores and menjaga nutrisi nasi tetap sehat dan aman lagi. Cucok deh.. :)

    ReplyDelete
  7. Bener mba dirumah akupun pakai merk cosmos dah lama banget selain Aman lapisan hormond nya itu anti gores jadi awet nasipun Aman gk cpt basi

    ReplyDelete
  8. Yang ini lucu banget ya. Warna putih dan bentuknya ucul tetaliiii.... Aku punya yg gede. Qiqiqi. Secara, pasukanku udah remaja yang makannya 2-3 x lipat ibunya.

    ReplyDelete
  9. Mengaduk nasi setelah matang, setuju banget tuh, biar proses penguapan cepat dan nasi gak cepat basi.

    Rice cooker Cosmos ini keknya idaman banget, ya. Bentuknya mungil, praktis juga kalau dibawa traveling.

    Dan idaman banget para ibu-ibu karena pancinya anti lengket dan anti gores. 👍👍

    ReplyDelete
  10. Rice cookernya lucu bangeeet. Cosmos ini kualitasnya emang udah gak diraguin lagi mbak, keluargaku udah make produk cosmos sejak lama. Tapi aku penasaran sama Rice cookernya, jadi pengen beli.

    ReplyDelete
  11. Bentuknya lucu kyk angry bird :D
    Sering liat di supermarket ternyata sebagus itu ya kualitasnya si RC ini :D
    Noted jd pilih yang nati gores yaaa
    Waaahh itu tempat berasnya juga apik mbak, jd pengen punya :D

    ReplyDelete
  12. Memasak nasi menggunakan rice cooker Cosmos lebih sehat ya, karena anti gores dan tidak mengelupas lapisan pancinya. Jadi tetap sehat nasinya

    ReplyDelete
  13. Beras yang pulen salah satu faktornya pemilihan magic jar yg tepat juga ya. Salah satunya Cosmos ini. Krn ada anti goresnya.

    ReplyDelete
  14. Lucu ya bentuknya yang 0.8 lt ini , saya punya yang 2lt nih kegedean jadi ingin beli lagi yang kecilnya ini.

    ReplyDelete
  15. Tahun 2010, aku beli Cosmos Harmond. Dulu belinya karena suka modelnya. Sampe sekarang masih bagus. Sekarang jadi tenang deh pake rice cooker ini. Aman...

    ReplyDelete
  16. Aku dikasih tau untuk mengaduk2 nasi yg udah matang beberapa saat setelah indikator memasak nasinya berhenti. Tp dr sinilah baru tahu alasannya kenapa.

    ReplyDelete
  17. Kak Deka...tempat beras itu idealnya di cuci gak sih...kalo pas baru beli?
    Aku takut nasinya jadi beraroma ((baru)) gitu, hihii~
    Cosmos produknya lucu-lucu gemash yaa...

    ReplyDelete
  18. wah cakep ih rice cookernyaaa, sama banget sama punya aku dirumah. Hihi. akupun mempercayakan nasi sehat aku kepada cosmos harmond ini, karena memang lapisan anti lengketnya juga anti gores, jadi aman banget untuk nasi kita yaaaa

    ReplyDelete
  19. nah aku kadang suka langsung main masukin aja pannya masih basah mba duh tidak ntar cosmos harmodnkyu rusak wkwkwk

    ReplyDelete
  20. oalah jadi kepanjangan dari harmond itu as hard as diamond toh. pantesan digores tapi gak ngefek sama sekali yak

    ReplyDelete
  21. hehehe... udah habis lontong 2, ada lho yang bilang belum makan.

    Mulai dari pemilihan beras, pemilihan sarana memasak, bahkan cara memasak pun perlu diperhatikan ya mbak, agar nasi jadi awet dan juga sehat

    ReplyDelete
  22. Samaan Mbak, aku pun pake rice cooker ini. Ini dari luarannya aja lucu banget ya, bentuk angry bird gitu. Udah anti gores lagi, jadi nasi nya lebih sehat.

    ReplyDelete
  23. Nah asyiikk dapat ilmu baru di sini, baru tau kalau ga boleh dicolokin terus menerus. Siplah, akan dicolokin 30 menit sebelum makan. Makasih ya mba..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.