Thursday, 16 May 2019

Cara Menggunakan Panci Presto Oxone OX-2004


Dulu saya penasaran banget gimana cara menggunakan panci presto. Sepertinya, kok, ribet dan harus hati-hati banget menggunakannya. Alhamdulillah tahun 2015 kemarin ada rezeki untuk beli panci presto, sehingga saya bisa merasakan langsung pengalaman menggunakan peralatan masak yang banyak manfaatnya itu. Di bulan Ramadhan seperti sekarang, panci presto sering saya gunakan untuk memasak. Yap, panci presto memang bermanfaat sekali untuk urusan dapur 😊.

Panci presto Oxone OX-2004 kesayanganku 😊.

Paling sering saya menggunakan panci presto ini untuk memasak ayam ungkep atau ayam bacem. Ayam menjadi empuk dan memasaknya enggak butuh waktu lama. Anak-anak suka sekali kalau ayamnya dipresto. Rasanya jadi lebih enak, karena bumbunya lebih merasuk kalau diungkep menggunakan panci ini. Saya juga sering memasak daging sapi atau ikan bandeng menggunakan panci presto kesayangan itu. Daging sapi dan ikan jadi lebih cepat empuk, dan tentu saja energi elpiji yang dikeluarkan jadi lebih singkat dan hemat.

So, memasak menggunakan panci presto banyak keuntungannya. Diantaranya:

  • Daging lebih cepat empuk, daripada menggunakan panci biasa yang jauh lebih lama dalam melunakkan daging (atau bahan makanan lainnya).
  • Makanan lebih sehat dan terjaga rasanya, karena zat gizinya enggak banyak terbuang dengan singkatnya waktu memasak.
  • Penggunaan energi elpiji pada kompor lebih hemat. Bandingkan jika menggunakan panci biasa, lebih lama memasak akan memakan energi yang lebih besar.
  • Waktu memasak jadi lebih singkat. Proses memasak berbagai menu jadi lebih cepat.
  • Multifungsi. Bisa untuk mengempukkan daging/ikan, membuat pepes, bahkan menanak nasi.
  • Perawatannya mudah. Enggak seperti yang saya bayangkan sebelumnya, ternyata perawatan panci presto enggak ribet sama sekali.

Cara Menggunakan Panci Presto Oxone OX-2004

Ada banyak sekali model panci presto yang dijual di pasaran. Bentuknya bermacam-macam, model tutup yang mempengaruhi sistem pemanasannya pun beda-beda. Dan tentu saja cara penggunaannya pun berbeda-beda. 

Dulu saya memilih panci presto Oxone OX-2004 karena saya pikir saya jarang memasak dalam jumlah besar. Kapasitasnya yang 4L (empat liter) cukup untuk keluarga kami yang jarang memasak daging/ikan dalam jumlah besar. Ya, saya membeli panci presto itu tujuan utamanya untuk memasak aneka daging dan ikan agar lebih cepat empuk. Hehe. Saya ingin merasakan bandeng presto bikinan sendiri, ayam ungkep yang empuk, rawon dengan daging sapi yang empuk, dan lain-lain 😊.

Ada buku petunjuk penggunaan dalam produk panci presto itu (sayangnya sekarang saya lupa menyimpannya di mana). Saya dulu mengikuti petunjuk tutorial penggunaannya karena takut sekali salah. Dan memang waktu pertama kali menggunakan saya salah menutupnya. Hehehe. Nah, sesuai pengalaman dalam penggunaan panci presto itu, berikut saya sampaikan cara menggunakan panci presto Oxone OX-2004:

  • Sebelum digunakan untuk memasak, pastikan panci bersih luar dalam. Bersih dari sisa-sisa makanan ataupun kotoran lain.
  • Masukkan bahan makanan yang akan dimasak. Beri air secukupnya sesuai dengan banyaknya ikan/daging. Ingat, air enggak boleh lebih dari 2/3 total kapasitas panci.
  • Tutuplah panci hingga mengatup rapat di kedua sisinya. Kemudian putar pengunci penutup ke arah kanan hingga benar-benar terkunci rapat.
  • Letakkan panci di atas kompor yang telah menyala. Biarkan panci bekerja. Nantinya katup pegas (yang ada di tutup panci itu) akan bergerak-gerak dan mengeluarkan bunyi sess.. sess... Biarkan hingga waktu yang telah kita tentukan selesai. Misal masak 1/2 kg ayam butuh waktu 20 menit untuk mengempukkannya.
  • Setelah waktunya cukup, matikan api kompor. Karena Oxone ini tutupnya menggunakan model katup pegas, jadi agar gas yang ada di dalam panci cepat keluar, kita bisa membuka sedikit-sedikit katup pegas itu. Gas pun akan keluar hingga habis, yang artinya sudah tak ada lagi tekanan gas dari dalam.
  • Panci presto sudah aman dibuka. Putar pengunci penutup ke arah kiri. Lalu geser tutup panci ke arah kiri juga. Panci sudah aman dibuka dan bahan makanan sudah siap dilanjutkan untuk dimasak atau bahkan siap dinikmati 😊.

Ayam ungkep menggunakan panci presto.

Mengenai cara membersihkan panci presto setelah digunakan, enggak sulit, kok. Cuci saja seperti biasa dan keringkan.

Yap, demikianlah cara menggunakan panci presto Oxone OX-2004 sesuai pengalaman saya menggunakannya selama kurang lebih 4 tahun. Alhamdulillah panci presto ini awet, belum pernah ganti sparepart seperti karetnya atau pegangannya. Nah, bagaimana dengan panci presto teman-teman, apakah cara menggunakannya sama atau jauh berbeda? Share, yuk!


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

WARUNG BLOGGER


Blogger Perempuan



Ibu-ibu Doyan Nulis


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 dekamuslim | Powered by Blogger | Template by Enny Law