Pages

Rahasia Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Aktif dan Bahagia


Hidup adalah pilihan. Mau ini atau itu, mau begini atau begitu, kita yang menentukan. Tapi soal aktivitas sehari-hari sebagai ibu rumah tangga, kadang saya enggak bisa memilih. Inginnya semua berjalan sesuai mau saya; santai asal semua pekerjaan bisa teratasi. Tapi... mereka yang seringkali enggak bisa diajak kompromi.

Mereka? Iya, mereka adalah keempat anak saya yang masih kecil-kecil (si sulung usia 9 tahun, yang terkecil usia 1,5 tahun). Mereka belum bisa mengerti apa mau ibunya. Hehe. Ya jelaslah, karena anak-anak memang belum mandiri. Sehingga hampir semua kebutuhan mereka masih tergantung pada ayah dan ibunya.


Saya bersama orang-orang tercinta; suami dan anak-anak 😍.

Saya...
Inginnya setelah memasak bisa langsung makan sambil beristirahat sejenak. Tapi si kecil sudah menunggu sejak tadi, dia ingin digendong dan ng-ASI.
Inginnya setelah menjemur cucian baju bisa mandi sambil melemaskan otot sekadarnya, tapi si kecil sudah antri, merengek minta ditemani tidur.
Inginnya saat si kecil tidur siang bisa menulis di blog untuk refreshing otak dan hati, tapi apa daya kakaknya bangun tidur dan minta disuapi.
Dan sebagainya, dan seterusnya.

Semua kerempongan itu menuntut saya untuk selalu aktif beraktivitas. Dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain kadang tanpa jeda. Dan, seolah ada suara-suara di sekitar saya yang berbisik,
"Ibu, kamu enggak boleh istirahat!" 😣

Mau meminta bantuan suami juga enggak mungkin terus-menerus. Karena ayahnya anak-anak juga sudah lelah bekerja seharian mencari nafkah. Suami kadang membantu jaga anak-anak saat sore hingga pagi hari. Tapi pastinya dia enggak bisa menggantikan posisi saya sebagai pemberi ASI tiap kali si kecil bangun di malam hari. Hehe.. (karena saya memberikan ASI secara langsung ke si kecil, enggak pakai botol). Lalu selebihnya, memang sudah kewajiban saya membersamai tumbuh kembang anak-anak.


Meski Aktif, Kamu Juga Berhak Bahagia, Ibu!

Ini adalah kebutuhan saya pribadi. Bahwa saya berhak dan harus bahagia sebagai ibu. Meski pekerjaan rumah hampir tak ada jedanya. Saya enggak boleh kecapekan setiap hari atau bahkan sakit, dan tidak bahagia. Sebaliknya, saya harus punya tips sendiri untuk menciptakan kebahagiaan sebagai ibu rumah tangga yang aktif. Karena yang saya tahu, bahagia itu kita sendiri yang menciptakan 😊.

Jadi, ini yang sering saya lakukan di sela aktivitas saya sebagai ibu rumah tangga, agar tetap aktif tapi bahagia:


❤️ Sering-sering peluk-cium anak-anak.

Bagaimanapun, meski anak-anak kadang bertingkah "merepotkan", membuat daftar pekerjaan bertambah panjang, tapi mereka adalah mood booster spesial. Saya selalu ingat bagaimana proses mereka ada sejak dalam rahim saya hingga dilahirkan. Begitu indah semuanya. Maka saya sering memeluk dan mencium mereka untuk me-recharge semangat. Pekerjaan rumah tangga yang seolah tiada habisnya, rasanya jadi ringan saat mencium bau-bau tubuh mereka bersama segala cerita di dalamnya 😍.


❤️ Sesekali jalan-jalan.

Sesekali saya mengajak suami untuk keluar rumah bersama anak-anak. Sekadar melihat pemandangan di sepanjang jalan, menikmati hijaunya alam pegunungan, atau duduk-duduk santai menikmati es kelapa muda di lereng gunung, membuat saya melupakan sejenak rutinitas pekerjaan rumah tangga.




❤️ Melakukan me time.

Me time saya sederhana, yaitu ngeblog (menulis di blog ini) tanpa ada yang mengganggu. Menulis khususnya ngeblog memang sudah jadi passion saya. Dengan ngeblog, rasanya hati jadi bahagia meski aktivitas seharian sudah bikin capek. Ngeblog ini biasanya saya lakukan di malam hari, saat anak-anak telah tidur.


❤️ Jeda sejenak, ibadah yang khusyuk.

Saat sedang shalat, terutama di waktu malam hari, saya sering gunakan sedikit waktu itu untuk jeda sejenak. Memejamkan mata sejenak untuk menikmati istirahat, merasakan badan yang pegal-pegal, kemudian "mengadu" pada-Nya. Belajar ikhlas atas semua aktivitas yang telah dilakukan seharian.


❤️ Refreshing di sela aktivitas.

Melakukan aktivitas sepanjang hari setiap hari secara berulang itu seringkali membosankan. Maka kadang saya "mencuri waktu" untuk refreshing. Refreshing a la saya sederhana saja, yaitu sekadar menikmati makanan/minuman kesukaan sambil selonjoran dan scroll-scroll timeline medsos. Hehe. Tentu waktunya tak bisa lama, karena antrian pekerjaan sudah menunggu 😊.

Baca juga: Membahagiakan Diri Sendiri dengan yang Alami.


Soal Konsumsi Makanan/Minuman Kesukaan, Juga Harus Menyehatkan!

Karena refreshing a la saya adalah menikmati makanan/minuman kesukaan, maka biasanya saya punya stok bahan-bahan itu di rumah. Tapi saya enggak mau sembarangan memasukkan makanan/minuman ke lemari dapur. Selain soal rasanya yang tentu harus saya sukai, saya juga memperhatikan manfaatnya bagi kesehatan. Sehingga sembari refreshing, manfaat untuk kesehatan pun akan saya dapatkan.



Nah, khusus untuk minuman kesukaan, apa saja, sih, yang biasa saya konsumsi?
Saya suka mengonsumsi Herbadrink. Teman-teman pasti sudah tahu, dong, apa itu Herbadrink? Yap, minuman kesehatan produksi PT. Konimex ini memang sudah sering kita jumpai di rak-rak minimarket/supermarket.
Produk-produk Herbadrink saya sukai karena;
  • Rasanya enak dan segar, manisnya pas.
  • Herbadrink merupakan minuman herbal alami yang dibuat berdasarkan resep tradisional Indonesia. 
  • Proses pembuatannya menggunakan teknologi modern dengan mempertahankan manfaat alaminya. 
  • Kemasannya praktis dan higienis. Kemasannya cantik, seperti yang terlihat pada foto di atas.
  • Tanpa pengawet.
  • Kalau mau minum, tinggal seduh saja, bisa pakai air hangat atau air es kalau mau yang seger-seger. 
  • Larutannya bersih, tanpa endapan.
  • Variannya banyak, sehingga banyak pilihan. Hingga saat ini ada 12 varian, yaitu Sari Jahe, Sari Temulawak, Chrysanthemum, Kunyit Asam, Kunyit Asam Sirih Plus Madu, Beras Kencur, Kopi Ginseng dan Wedang Uwuh. Dan bagi teman-teman yang sedang mengurangi konsumsi gula karena alasan kesehatan atau sedang berdiet rendah gula, ada varian Sugar Free yaitu Sari Jahe Sugar Free, Sari Temulawak Sugar Free, Chrysanthemum Sugar Free dan Lidah Buaya Sugar Free.

Beberapa varian Herbadrink yang saya sukai antara lain sebagai berikut:


🍹 Herbadrink Sari Temulawak

Sari temulawak sejak dulu dikenal bermanfaat untuk memelihara fungsi hati, meningkatkan daya tahan tubuh serta memperbaiki fungsi pencernaan. Saya punya "pengalaman manis" dengan si temulawak ini, yaitu saat terkena penyakit Hepatitis A. Saat itu atas saran dokter, saya disuruh mengonsumsi (minum) temulawak karena khasiatnya yang bisa memperbaiki fungsi hati (Hepatitis merupakan penyakit hati). Nah, sejak saat itu, saya rajin minum seduhan temulawak.

Baca: Suka Begadang? Hati-hati dengan Hatimu!


Adanya Herbadrink Sari Temulawak tentu saja mempermudah saya untuk urusan konsumsi temulawak. Karena praktis banget, kan, tinggal seduh dan rasanya enak. Cocok banget untuk refreshing sejenak di sela aktivitas padat sebagai IRT 😊.
Manfaat temulawak bisa dilihat di bawah ini:


🍹 Herbadrink Sari Jahe

Malam-malam minum Herbadrink Sari Jahe hangat, hemm... nikmat rasanya. Sambil ngeblog via smartphone, me time jadi makin asyik 🤗. 



Seperti kita ketahui, jahe memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Selain menghangatkan serta membuat tubuh nyaman sehingga memberikan efek relaksasi, rasa hangat dari jahe pun bermanfaat untuk meredakan masuk angin, kembung serta mengurangi rasa mual.




🍹 Herbadrink Kunyit Asam 

Dulu, saya suka membeli kunyit asam di ibu-ibu penjual jamu gendhong. Minuman kunyit asam memang segar sekali rasanya. Dan kini, ada yang lebih praktis, dong. Herbadrink Kunyit Asam bisa dengan mudah saya bikin dan nikmati sendiri.



Kombinasi kunyit dengan asam Jawa ternyata banyak memberikan manfaat bagi kesehatan. Yaitu diantaranya dapat menyegarkan tubuh, mengatasi masalah bau badan serta membantu mengatasi masalah menstruasi seperti nyeri perut, timbulnya jerawat dan memperlancar haid. Manfaat lain kunyit asam sebagai berikut:




🍹 Herbadrink Lidah Buaya

Siang-siang yang panas minum Herbadrink Lidah Buaya, hemm... Segar sekali, lho. Refreshing sejenak di sela aktivitas siang dengan minum Herbadrink ini, badan bisa jadi segar kembali untuk lanjut aktivitas yang lain.



Lidah Buaya Herbadrink Sugar Free diklaim berkhasiat membantu memelihara kesehatan fungsi pencernaan dan membantu melancarkan buang air besar tanpa efek melilit yang mengganggu. Manfaat lain lidah buaya seperti di bawah ini:



Oh ya, FYI, varian Herbadrink Sugar Free mengandung pemanis buatan Sukralosa, yaitu pemanis buatan tanpa kalori. Sukralosa tidak memiliki efek pada metabolisme karbohidrat, kontrol glukosa darah jangka pendek maupun panjang, ataupun pelepasan insulin. Sukralosa insyaa Allah aman dikonsumsi, karena zat ini telah diperbolehkan penggunaannya pada makanan dan minuman di hampir 80 negara termasuk Indonesia dan telah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

***

Tentu saja saya ingin tetap sehat meski aktivitas sebagai ibu rumah tangga begitu padat. Saya enggak mau gampang sakit, yang membuat ritme aktivitas sehari-hari jadi berantakan. Dan, alhamdulillah #KebaikanAlami Herbadrink mampu mendukung aktivitas saya yang aktif di rumah tanpa perlu takut gampang sakit dan lain-lain.

Nah, demikianlah, temans, rahasia menjadi ibu rumah tangga yang aktif dan bahagia a la saya. Kalau menurut teman-teman bagaimana? Cukup sederhana, bukan? Hehe. Adakah tips lainnya dari teman-teman? Share, yuk!

HERBADRINK, Be Herba Be Healthy. 🤗💪


Referensi:
  • http://herbadrinknatural.com/article-detail.php?id=237
  • http://herbadrinknatural.com/article-detail.php?id=8
  • http://herbadrinknatural.com/article-detail.php?id=6
  • http://herbadrinknatural.com/article-detail.php?id=100



Diah Kusumastuti

Saya seorang ibu rumah tangga dengan 4 orang anak, Faiq, Fahima, Fauzia, dan Fahri. Asli Solo tapi sekarang berdomisili di Sidoarjo. Suka menulis tentang apa saja selama itu positif dan sebisa mungkin memberi manfaat bagi yang membaca. Menulis bagi saya adalah sarana refreshing dan agar otak terus bekerja :) Email: d3kusumastuti@gmail.com

4 comments:

  1. Jaman sekarang semua sudah kembali ke herbal ya, Mbak. Meski bukan ibu-ibu, minuman itu nggak masalah diminum siapa saja kan ya? Yang masih single juga boleh kan?

    Hehehe

    ReplyDelete
  2. aku minum ini juga, yg sari temulawak mba :). krn kerjaanku nuntut waktu sampe malam, yg kdg2 bikin badan kayak mau rontok. makanya supaya ga mudah drop, aku rutin minum temulawak. sukaaa deh rasa temulawak dari herba drink ini :)

    ReplyDelete
  3. Saya juga nyobain beberapa varian dari Herbadrink mba, semuanya sukaaa... rasanya segar dan membawa manfaat bagi kesehatan. Praktis, ga perlu repot lagi jugil2 empon2 di kebun :))

    ReplyDelete
  4. saya satu me time adalah menikmati minuman kesukaan kita ya mbak. mungkin Herbadrink bisa jadi pilihan. semangat mbak mengasuh anak-anak.masa itu nggak akan terulang loh

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.