Sunday, 24 February 2019

Pengalaman Menggunakan OPPO F9




Sebenarnya saya sudah ingin menuliskan ini sejak dua-tiga bulan yang lalu. Haha. Sudah lama, ya. Tapi apa daya, saat itu anak-anak sakit bergantian, kemudian ada beberapa momen penting, lalu... bosan dan bingung saking lamanya ditunda-tunda. Hahaha. Tapi akhirnya saya memutuskan untuk tetap menulisakannya. Apa itu? Yap, saya ingin menuliskan tentang pengalaman menggunakan OPPO F9, si smartphone (hape) yang menemani aktivitas saya sehari-hari saat ini 😍.

Baca juga: Catatan Blogging Tahun 2018: Ada Niat, Ada Jalan.

OPPO F9 ada di genggaman saya akhir bulan Oktober 2018 lalu. Jadi sudah sekitar empat bulan saya menggunakan hape ini.
(Jadi sudah terealisasi tagar #2018gantismartphone yang tahun lalu saya tuliskan, hihihi.. *penting 😂).  
Sebelumnya memang sudah lama, sih, saya ingin ganti hape. Alasan saya ingin ganti hape karena, pertama, memori hape yang lama (Lenovo A859) sudah penuh. Mau menghapus foto-foto atau video, rasanya sayang. Menghapus beberapa aplikasi? Wah, sepertinya apps yang ada di hape lama itu penting semua untuk aktivitas saya sebagai mom blogger.

Yang kedua, hape sering error, sering ngelag, gitu. Di-charge juga sering susah (enggak masuk daya listriknya), bikin senewen. Pokoknya sering erroria gitu, lah. Haha. Hal itu kayaknya juga disebabkan penuhnya pemakaian memori, sih. Jadi masalah utamanya sebenarnya, ya, karena memori hape sudah penuh. Hihi, mbulet
Karena soal kamera atau yang lain sebenarnya saya enggak begitu masalah. Hasil foto pas-pasan, saya masih nrimo 😄.

Baca juga: Lenovo A859 Membuat Hari-hariku Lebih Berwarna.

Jadi saat itu saya hanya ingin beli hape yang memorinya besar, lebih besar dari hape sebelumnya. Itu saja. Karena saya butuh banyak aplikasi untuk menunjang aktivitas blogging juga aktivitas sebagai influencer ataupun buzzer. *hiyyaaa...rangkap-rangkap 😄. Aplikasi media sosial, itu wajib ada. Ditambah apps buat edit foto, edit video, untuk desain, dan lain-lain. Banyak lah pokoknya. Tapi saya juga enggak tahu mau beli hape merek apa? Hape seperti apa yang bagus, yang awet? Sedangkan saya maunya juga yang enggak mahal-mahal amat harganya. Paling banter tiga jutaan, lah. Biar enggak menguras tabungan. Hehehe.

Tapi karena saya selalu repot, susah keluar rumah buat pilih-pilih hape di counter hape, akhirnya saya mempercayakan pada suami buat beli hape (seperti yang sudah-sudah, sih 😂). Dan seperti kejadian beli hape sebelumnya, pasti over budget! Kata suami via telepon waktu masih di counter hape, "Ini memorinya besar, kameranya bagus, cocok banget buat ngeblog... bla bla bla..." dan saya pun hanya bisa manut saja. Trus katanya lagi, "enggak apa-apa, kurangnya kutambahin." Hemm.. yasud, lah 😄.

Oke, deh.
Jadi berikut ini saya tuliskan pengalaman menggunakan OPPO F9 selama kurang lebih 4 bulan. Bukan review lengkap gitu, sih. Cuma berbagi pengalaman, atau review singkat ala emak-emak. Atau apa ya? Ya, gitu deh. Entahlah 😂.


Pengalaman 4 Bulan Menggunakan OPPO F9
Waktu itu karena masih barusan launching, harga OPPO F9 masih 4,3 juta (sekarang sudah turun, ya). Dan ketika saya buka dan coba-coba berbagai fiturnya, emang sesuai sama harganya, sih. Pertama kali lihat, pasti desainnya, ya. Layarnya yang berukuran 6,3 inch itu dibikin penuh, semua bagian depan untuk layar, jadi luas gitu. Hanya ada lengkungan kecil di bagian atas buat tempat kameranya. Trus bagian belakangnya didesain bergambar daun-daun gitu. Eksklusif lah kalau saya bilang.
*Eh jangan kaget, ya. Ini bahasanya ala emak-emak ndeso banget. Ahahahaha...

Bagian depan OPPO F9.
Bagian belakang OPPO F9 seri warna Twilight Blue.

Selanjutnya, saya cobain kameranya. Keren hasilnya. Trus coba download apps ini-itu, trus lihat memori hape. Beres, masih banyakkk sisanya. Hihi. Dan lain-lain.

Oh ya, FYI, saya menuliskan ini juga dengan menggunakan OPPO F9 ya pastinya. Karena faktanya, setelah kehadiran hape ini, PC saya lebih banyak nganggurnya. Haha. Ya, si hitam kebiruan ini banyak membantu aktivitas saya di dunia online (bermedsos dan ngeblog). Ada banyak hal yang bisa dilakukan hape ini untuk membantu menulis di blog, seperti yang biasanya saya lakukan via PC. Jadi OPPO F9 ini bisa banget menggantikan peran PC, setidaknya untuk saat ini.

Oke, biar agak terstruktur, berikut ini saya tuliskan hal-hal yang saya anggap menarik untuk dituliskan dari keberadaan sebuah smartphone OPPO F9. Sebenarnya banyak banget kelebihannya dibandingkan hape yang sebelumnya, tapi hal-hal berikut ini yang paling menarik untuk saya tuliskan. Hehe.

Memorinya
Saya puas banget, dong, dengan memori yang disediakan sama si OPPO F9 ini. 64 GB gitu, lho. Trus RAM-nya 4 GB (ada yang 6 GB juga seri yang satunya). Selain itu kalau mau pasang eksternal memori, bisa muat sampai 256 GB. Wah, saya bisa download banyak apps dan media-media lain sepuasnya. Ini yang paling saya suka dari hape ini tentunya 🤩.

Kameranya
Dengan kamera depan 25 MP dan kamera utama 16 MP + 2 MP, hasil foto dan video terlihat jernih banget. Foto saat malam hari atau dalam kondisi minim cahaya pun enggak buram sama sekali. Tapi sayangnya saya kurang suka jika digunakan untuk memotret wajah orang. Soalnya, wajahnya jadi kelihatan lebih bagus dari aslinya. Hahaha. Lha, masa, saya jadi terlihat cantik dan bersih wajahnya kalau foto pakai hape ini. Ya, seneng, sih. Tapi berasa menipu banyak orang yang melihatnya (di medsos atau blog). Hahaha.

Foto dengan kamera utama.
Foto dengan kamera utama.
Foto dengan kamera depan, dengan cahaya matahari.
Foto dengan kamera depan, dengan cahaya lampu (malam hari).

Buat teman-teman yang belum pernah berjumpa langsung dengan saya, percayalah, wajah asli saya enggak sebersih itu. Hahahaha.

VOOC Flash Charge
Ini adalah sistem pengisian baterai secara cepat yang disematkan di OPPO F9. Klaimnya, sih, charge selama lima menit bisa buat telpon selama dua jam. Tapi berhubung saya enggak suka dan jarang banget telpon-telponan, jadi saya belum pernah membuktikan hal itu.
Cuma, VOOC Flash Charge ini memang beneran cepet nge-charge-nya. Biasanya saya nge-charge kalau baterai tinggal 20%. Nah, untuk mencapai terisi 100% diperlukan waktu satu jam atau kurang dikit, lah. Cepet, kan?
Dan asyiknya, sistem ini aman. Bisa mengalirkan daya yang besar tapi panasnya tetap stabil. Jadi hape dan kabel charge-nya aman. Trus misal baterai sudah penuh, dia akan otomatis menghentikan proses charge biar enggak overload. Hemm... Saya suka saya suka! 😊

Bilah Samping Cerdas
Ini fitur cerdas yang bisa untuk multitasking. Mau screenshot, tinggal ketuk bilah samping dan klik screenshot. Mau rekam layar juga gitu. Atau saat kita lagi nonton YouTube trus ada pesan WA masuk, tinggal ketuk bilah samping dan kita bisa WA-an sambil terus nonton video di YT. Ini emang beneran membantu banget buat multitasking 👌.


Rekaman Layar
Saya seneng banget ada fitur rekaman layar ini. Ini cocok buat bikin tutorial langkah-langkah mengoperasikan suatu fitur hape, atau menggunakan suatu aplikasi di hape, atau yang semacam itu, lah. Soalnya kadang saya perlu yang seperti ini, sih. Jadi kita enggak perlu nyusun (edit) beberapa foto untuk ditampilkan slide by slide atau bentuk GIF melalui aplikasi tertentu. (Eh gimana ya jelasinnya, maaf kalau salah 😂🙏). Membantu banget pokoknya!
Contohnya seperti ini:




Hemm... Tampaknya sudah cukup panjang, nih. Oke, sementara itu dulu, ya. Sebenarnya masih banyakkk fitur-fitur kece lainnya, yang bahkan sebagiannya belum saya manfaatkan dengan baik. Tapi apalah daya tangan udah pegel ngetiknya. Haha. Buat emak ndeso seperti saya, fitur-fitur OPPO F9 yang seabrek dan bisa membantu banget dalam aktivitas blogging saya, itu sudah "wah" banget. Alhamdulillah saya masih diberi kesempatan untuk menikmati kecanggihan teknologi dalam dunia smartphone ini. Terima kasih, OPPO F9 😍❤️.

Terakhir, ini dia spesifikasi smartphone OPPO F9. Kalau mau tahu lebih lengkapnya, ya, kunjungi saja website-nya OPPO: https://www.oppo.com ☺️

Tipe
Tipe
Smartphone, Phablet, Notch Phone, Camera Phone, Selfie Phone
Shape
Bar
Dasar

OS
Android
OS ver
ColorOS 5.2 UI (Android 8.1 Oreo)
SIM
Nano SIM, Dual SIM
CPU
MediaTek Helio P60
Kecepatan CPU
4x 2.0GHz Cortex-A73 & 4x 2.0GHz Cortex-A53
Storage
64GB
RAM
4GB, 6GB
External Storage
Up to 256GB
Battery
3500 mAh
VOOC Flash Charge
Layar
Ukuran Layar
6.3 inches
Resolusi
2340 x 1080 pixels
Network
Tipe
2G, 3G, 4G (LTE)
2G
GSM: 850/900/1800/1900MHz
3G
WCDMA: 850/900/2100MHz
4G (LTE)
FDD-LTE: Bands 1/3/5/8
TD-LTE: Bands 38/40/41(2535-2655MHz)
Speed
HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (2CA) Cat13 600/100 Mbps
Kamera
Kamera Utama
16MP + 2MP
Kamera Depan
25MP
Lainnya
Fitur
Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Face Unlock, Fingerprint Scanner, Dual Cameras, 3.5mm Headphone Jack
Ukuran
Dimensi
156.7 x 74 x 7.99 mm
Berat
169 g
Sumber tabel: https://id.priceprice.com/OPPO-F9-27144/specs/#Specs



23 comments:

  1. Oppo sukses membuktikan dirinya sejajar dengan merk besar yang sudah eksis duluan. Dan harganya juga tidak kalah hehehe

    ReplyDelete
  2. salfok sama bahasa emak-emak ndeso :D ah mba bisa aja nih emang yah kalau emak2 ngereview tekno cem begini :D

    btw mantab ya mba harganya plus speknya setara aku jadi pengen bikin hestek 2019 ganti HP sapa tahu iya ganti :D

    ReplyDelete
  3. Tadinya saya malas lho pakai smartphone China. OPPO nih smartphone China pertama yang berhasil meyakinkan saya. Dan memang beneran bagus kualitasnya

    ReplyDelete
  4. Suka liat ponsel OPPO di etalase2 toko gitu. Desainnya tuh cantik ya. Apalagi ternyata performanya juga bagus ya

    ReplyDelete
  5. Cepet banget ya keluarnya seri Oppo terbaru, aku baru beli Oppo F7 Plus pas launching eh gak lama udah keluar F9 :)
    Layarnya besar ya 6,3 inch, Oppo memang juara di kameranya makanya disebut Camera Phone ya.

    ReplyDelete
  6. Saya baru F7 aja udah berasa canggih beeud eh.. ini dah muncul lagi F9 pasti jauuuuh fiturnya lebih keren.

    ReplyDelete
  7. jadi kameranya bisa bikin wajah jadi mulus dan cerah ya mbak.

    Saya juga pengennya tahun ini ganti hp, masih nabung biar bisa punya hp keren juga

    ReplyDelete
  8. waah mantap ya mba deka,
    HP baru yang membawa berkah niih
    kegiatan blogging makin lancar jaya
    photo2nya pun makin kecee...

    ReplyDelete
  9. Mantap ya mba deka hpnya keren dan kece..bagus juga nie hasil selfienya pake oppo..

    ReplyDelete
  10. Waktu mau beli HP beberapa bulan lalu, aku ditawarin Oppo ini juga sama mas2 di toko nya. Waktu itu aku maunya HP merk lain, spek nya hampir sama banget nih sama Oppo yang ini. Plus nya lagi buat nge-game, Oppo F9 oke banget, mana waktu itu ada promo cashback juga dari Oppo.

    ReplyDelete
  11. cakep yaa OPPO F9. Layar full touch screen ini lega buat nonton tapi ... tangan kiri ga sengaja sering kepencet layar jadinya waktu jari tangan kanan pencet layar, ga respon. *duh ribet jelasinnya

    ReplyDelete
  12. RAM 4 GB tuh bikin hati tenang, ngga mudah hang soalnya. Hihihi. Selamat yaa buat HP barunyaaaa, bokehnya lumayaan, Mbak.

    ReplyDelete
  13. Justru bahasa kayak gini mudah dimengerti oleh sesama emak-emak, Mbak. Memori internal emang di mana-mana ngeselin ya. Kita butuh banyak space untuk kebutuhan kita.

    ReplyDelete
  14. Wah selamat, Mbak. Alhamdulilah...Akhirnya tagarnya terealisasi. Btw, keren ya oppo,mbak. Teman saya juga pake oppo tapi seri beda, udah pernah kueksplor juga...keren memang ya. Foto2nya cantik

    ReplyDelete
  15. Aku pernah punya si Oppo yang seri F1s dan menurutku itu saja bandel banget dan emang Oppo ini bagus banget handphonenya.

    ReplyDelete
  16. Uhuuyyy yang udah ganti henpon. Aku jd kepikiran nulis henponku jg haha #tapidahkelamaankayaknya :D
    Wah jd kameranya bisa diandalkan banget ya mbak :D A
    Aku blm pernah punya hape Oppo,tapi pernah nyoba punya adek ipar oke, kapan2 kalau ada rezeki beli aah

    ReplyDelete
  17. Itu contoh hasil fotonya saat malam hari menggunakan penerangan lampu bisa bagus banget ya hasilnya. Kayak pas dijepret siang hari gitu. Bagus banget ya, udah 25 MP ternyata. Oke banget deh, cocok untuk penyuka selfie kayak saya nih. ;)

    ReplyDelete
  18. Smartphone dua anakku yang remaja pakai oppo f9, dan aku suka hasil foto dari kameranya, cakep-cakep dan keren.

    ReplyDelete
  19. Tulisannya komplit banget mba, kayak mau diikutkan lomba. Memang kamera Oppo itu bagus dan jernih.

    ReplyDelete
  20. Aku juga pakai Oppo.
    Qodarulloh ganti HP karena HP sebelumnya hilang.
    Lalu aku pasrah deeh...mau dibeliin apa aja.

    Alhadmulillah,
    suami kasih Oppo (meskipun warnanya gak aku banget) .. tapi jaman sekarang, tutupin casing pink, bereess.

    Aku punya Oppo Pink kesukaan...
    Yeeay~

    ReplyDelete
  21. Oppo F9 memang cakep hasilnya nih, suka dengan produk Oppo

    ReplyDelete
  22. Tiba-tiba aku pingin bikin hastag #2019gantiHp nih mbak diaaah. Tapi ga jadi lah, aku juga baru ganti hp nih. Ooppo f9 memang speknya keren banget ya mbak

    ReplyDelete
  23. Adikku pakai Oppo, hasil foto2nya memang bagus. Jadi klo kumpul2 keluarga pasti wefie wefie pakai Oppo adikku.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

WARUNG BLOGGER


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Ibu-ibu Doyan Nulis


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law