Sunday, 27 October 2019

Tempat Wisata di Jogja yang Hits dan Dekat Malioboro




Siapa yang tidak mengenal Kota Jogja yang terkenal dengan penduduknya yang ramah-ramah ini? Selain dikenal sebagai kota pelajar, kota ini juga dikenal sebagai kota wisata dengan berbagai tempat wisata di Jogja yang menarik baik berupa alam, sejarah, dan budaya. Salah satu tempat wisata yang sangat ramai dan menjadi tujuan utama para wisatawan datang ke Jogja adalah Malioboro.

Belum ke Jogja jika belum jalan-jalan ke Malioboro. Selain menjadi pusat perbelanjaan yang menjual berbagai macam kuliner, batik, dan souvenir, Malioboro adalah surganya para wisatawan. Tidak jauh dari sini terdapat beberapa tempat wisata menarik. Nah, tempat wisata di dekat Malioboro berikut ini jangan sampai teman-teman lewatkan untuk dikunjungi:


1. Museum Benteng Vredeburg

Tempat wisata ini merupakan salah satu peninggalan dari zaman penjajahan Belanda. Ketika memasuki museum ini, kita bisa melihat berbagai karya seni berupa patung, bangunan, dan senjata peninggalan zaman Belanda misalnya meriam.

Baca juga: Berwisata ke Sabang, Titik Paling Barat Indonesia.


Sumber gambar: unsplash.com

Selain itu, kita juga bisa belajar banyak hal tentang sejarah negara ini melalui diorama yang terdapat di dalam gedung museum. Diorama-diorama di dalam museum ini menggambarkan bagaimana kondisi Indonesia mulai dari zaman penjajahan Belanda hingga merdeka.

Untuk mencapai museum wisata sejarah di Jogja ini kita cukup berjalan kaki dari Malioboro. Kita juga bisa memilih transportasi Trans Jogja dan turun di halte depan museum. Museum ini buka mulai dari pukul 07.30 WIB hingga 16.30 WIB pada hari Selasa hingga Minggu, artinya hari Senin libur. Kita cukup merogoh kocek Rp.3.000,- untuk memasuki kawasan wisata ini.

Lokasi: Jalan Margo Mulyo No.6, Gondomanan, Yogyakarta.


2. Taman Pintar Jogja

Tempat wisata ini sangat cocok buat teman-teman yang liburan ke Malioboro bersama keluarga dan anak-anak. Taman Pintar Jogja disebut juga sebagai tempat wisata edukasi yang seru dan menyenangkan karena terdapat pula arena bermain untuk anak-anak.


Sumber gambar: tamanpintar.co.id

Kita bisa mengunjungi wahana bahari yang memberi edukasi tentang kelautan atau kampung kerajinan yang menghadirkan berbagai jenis kerajinan menarik. Selain itu, para pengunjung yang datang juga akan diajak menonton film yang sarat nilai edukasi tentang sains dan ilmiah. Tidak ketinggalan planetarium dan zona perpustakaan yang dapat memberi nilai edukasi kepada anak-anak.

Baca juga: Wahana Air Terbesar, Ciputra Waterpark Surabaya.

Untuk memasuki area Taman Pintar Jogja, kita cukup membayar tiket masuk Rp.20.000,-. Jam buka tempat wisata ini mulai pukul 08.30 WIB – 16.00 WIB setiap hari. Lokasinya tepat berada di belakang Museum Benteng Vredeburg sehingga kita pun cukup berjalan kaki dari museum.

Lokasi: Jalan Panembahan Senopati 1 – 3, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta.


3. Keraton Jogja

Tempat wisata hits di Jogja yang dekat dengan Malioboro lainnya adalah Keraton Jogja. Keraton Jogja merupakan komplek kerajaan atau pusat pemerintahan di Kota Jogja yang menyimpan nilai sejarah yang tinggi. Arsitektur megah dengan bangunan khas Jawa dan ornamen klasik menjadi ciri khas tempat wisata ini.


Sumber gambar: detik.com

Selain itu, keraton juga menyimpan berbagai benda peninggalan sejarah yang dipajang di dalam bangunan-bangunannya. Pasir di area keraton pun diambil langsung dari pasir di pesisir pantai selatan. Menariknya, di sekitar keraton juga terdapat berbagai kuliner dan souvenir menarik yang bisa kita pilih.

Keraton Jogja buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 WIB – 14.00 WIB. Kita bisa memasuki area keraton ini dengan membayar tiket masuk Rp.7.500,- per orang. Dari Malioboro kita cukup berjalan kaki dan menyeberangi titik 0 km untuk bisa sampai ke area keraton.

Lokasi: Jalan Rotowijayan Blok No.1, Panembahan, Kraton, Yogyakarta.

Jika sedang berkunjung ke Malioboro, tempat-tempat wisata di Jogja tersebut jangan sampai dilewatkan. Kita tidak perlu pusing memikirkan transportasi dari satu tempat ke tempat lainnya karena lokasinya sangat berdekatan sehingga berjalan kaki pun bisa. Di sekitar Malioboro dan tempat-tempat wisata tersebut pun terdapat berbagai spot-spot foto menarik yang instagramable.

Punya saran lainnya? Langsung saja unggah tempat rekomendasi teman-teman di kolom komentar dan jangan lupa bagikan artikel ini di akun media sosial teman-teman, ya!



2 comments:

  1. dulu waktu ke jogja maunya ke taman pintar dan Malioboro tapi gak jadi sayang sekali, cuma kekeraton aja. Waduh masih dianggep Ke Jogja atau belum ya kwkwkw harus kesana lagi keknya karena gak sah

    ReplyDelete
  2. Dulu klo udh ke Malioboro udh dianggap sah ke YK.
    Padahal banyak objek wisata lain di sekitarnya yah.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

WARUNG BLOGGER


Blogger Perempuan



Ibu-ibu Doyan Nulis


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 dekamuslim | Powered by Blogger | Template by Enny Law