Thursday, 9 May 2019

Resep Soto Ayam ala Emak 4F




Alhamdulillah.. Di hari keempat bulan Ramadhan tahun 1440 H ini saya masih semangat beribadah puasa. Termasuk dalam hal masak-memasak yang juga merupakan ibadah, dong, ya 🤗. Nah, kalau kemarin saya menulis resep roti goreng selai kacang, sekarang saya pengin nulis tentang resep soto ayam ala emak 4F alias ala saya 😄.

Iya, menu sayur untuk buka puasa kemarin adalah soto ayam. Eits, tapi tunggu dulu.. Mengapa di judul saya tulis soto ayam ala emak 4F (4F adalah nama anak-anak saya, yaitu Faiq, Fahima, Fauzia, Fahri)? Soalnya sotonya enggak seperti soto-soto yang lain. Mungkin nanti teman-teman akan merasa aneh, sih. Tapi saya suka soto yang seperti itu. Jadi, ya, saya kasih nama ala emak 4F saja, ya 😊.

Saya memakai resep soto ayam yang saya dapatkan dari panti asuhan yang dulu pernah saya singgahi. Dulu saya sering masak bareng teman saya sesama pengasuh adik-adik panti. Menu soto ayam ini termasuk menu yang paling saya sukai. Saya suka memasaknya, juga suka makannya. Haha. Jadi enggak heran kalau resepnya masih saya ingat sampai sekarang.

Baca juga: Resep Sayur Lodeh dengan Rebung, Kluwih, dan Kacang Panjang.


Resep Soto Ayam ala Emak 4F

Yang membedakan soto ayam di panti dulu dengan soto ayam ala saya, saya menambahkan kecambah di dalamnya. Mungkin teman-teman baru kali ini, ya, tahu ada soto pakai kecambah? Aneh, ya? Hihi. Biasanya, kan, isiannya bukan kecambah tapi sayur kol atau kubis dan mi putih. Tapi saya pernah makan sayur seperti itu saat saya opname di rumah sakit. Entah sayur apa namanya, tapi kuahnya mirip soto rasanya. Trus isinya ada potongan tahu kecil-kecil dan kecambah. Dan saya suka! Maka kemudian, saya sering memasak soto dengan isian kecambah (tapi kadang juga dengan kol atau potongan tahu, sih) 😊.

Oh ya, kemarin saya memasak soto ayam ini dalam porsi kecil saja (seperti biasa, sih). Soalnya kalau puasa begini biasanya kami memasak dua macam sayur. Jadi bikin sedikit saja, biar nantinya enggak mubadzir karena kebanyakan dan enggak habis.

Oke, mari kita simak resepnya, ya.

Bahan:
1/4 kg daging ayam (saya pilih sayap karena kami suka bagian itu)
1 ons kecambah

Bumbu yang dihaluskan:
4 siung bawang putih
5 siung (kecil) bawang merah
2 butir kemiri
1 cm kunir

Bumbu lain:
1/2 sdt merica bubuk
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
2 cm lengkuas, memarkan
2 cm jahe, memarkan
1 batang serai, memarkan
1 batang (ukuran sedang) daun bawang (bawang pre), diiris-iris
Seledri secukupnya, diiris-iris
Gula + garam secukupnya
Bubuk kaldu secukupnya
Air secukupnya
Minyak goreng untuk menumis secukupnya


Cara membuat:
1. Rebus ayam hingga mendidih lalu buang kaldu pertamanya (karena setahu saya kaldu pertama itu mengandung banyak lemak yang enggak bagus bagi tubuh).

2. Rebus kembali ayam dengan air yang baru.

3. Tumis bumbu yang dihaluskan bersama daun salam, daun jeruk, lengkuas, jahe, dan serai hingga agak layu. Tambahkan irisan daun bawang. Tumis kembali hingga layu.


4. Setelah rebusan ayam mendidih, masukkan bumbu yang telah ditumis.

5. Tunggu beberapa saat, lalu ambil ayam dan tiriskan.

6. Masukkan kecambah. Lalu tambahkan gula, garam, merica bubuk, dan bubuk kaldu. Koreksi rasa. Kemudian matikan api.

7. Goreng ayam sebentar hingga menjadi agak kering. Suwir-suwir setelah agak dingin (kalau bagian sayap yang disuwir cuma sedikit).

8. Sajikan soto dengan suwiran ayam. Tambahkan irisan daun seledri dan bawang goreng di atasnya. Siap dinikmati 😊.



Soto ayam ini masaknya cepet, lho. Tapi kalau ditulis ternyata jadi panjang dan lama juga, ya. Hehehe. Ya, begitulah resep soto ayam ala emak 4F. Emak yang merasa masih selalu rempong dalam membersamai keempat bocah ini memang maunya masak yang simpel-simpel saja. Dan soto ayam ini, memang gampang sekali bikinnya. Kami sekeluarga pun suka. Yang masak jadi seneng, kan 😍. Kalau teman-teman, resep soto ayamnya seperti apa? Pasti banyak yang beda-beda juga, ya 😄



No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

WARUNG BLOGGER


Blogger Perempuan



Ibu-ibu Doyan Nulis


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law