Wednesday, 17 July 2019

Berbagi Ilmu Meski Sedikit


Membaca berita-berita tentang Indonesia Mengajar, Kelas Inspirasi, dan kegiatan-kegiatan sejenis seringkali membuat saya ingin sekali bergabung. Tapi tentu syarat-syarat untuk mengikuti kegiatan seperti itu enggak mudah. Jadi sekarang, saya hanya bisa berandai-andai, seandainya ada trip ke suatu daerah dan ada program berbagi ilmu, saya juga ingin berbagi ilmu yang saya punya 😊.

Sumber gambar: pexels.com

Bagi seorang ibu rumah tangga berputra empat yang setiap hari di rumah seperti saya, bisa bepergian itu adalah suatu anugerah. Hanya pergi beberapa menit saja kadang saya bingung soal menitipkan anak ke siapa. Apalagi jika pergi seharian atau bahkan menginap, wah, sepertinya itu mustahil terjadi untuk saat ini. Tapi boleh lah, ya, jika saya sedikit berandai-andai. Berandai-andai untuk sesuatu yang belum terjadi setahu saya boleh, sih. Bukan berandai-andai atas kejadian yang telah lalu alias penyesalan andai tak begini-begitu.

Jadi, saya pernah membaca cerita seorang teman yang pergi dua hari dua malam ke suatu daerah bersama bloger-bloger lain. Di daerah itu mereka mengajar di sebuah sekolah. Padahal aslinya mereka bukan pengajar atau guru, lho. Saya asli mupeng membacanya. Seandainya saya bisa ikut bersama mereka, saya juga mau berbagi sedikit ilmu yang saya punya. Selain berbagi ilmu tentunya juga ada kegiatan refreshing mengunjungi tempat-tempat indah di daerah itu. Membayangkannya saja sudah senang 😄.


Ilmu Apa yang Bisa Saya Bagi?

Tapi masalahnya, ilmu apa yang bisa saya bagi? Saya enggak punya keahlian yang "wow" yang bisa diandalkan. Ilmu saat kuliah sudah banyak yang "menguap", ilmu soal ngeblog juga masih "cetek", lalu apa?? Karena kehidupan sehari-hari saya lekat dengan dunia ibu dan anak, maka saya akan berusaha berbagi ilmu yang berkaitan dengan dunia itu.

Ya, jadi mungkin saya akan melihat dulu sasaran atau objek yang akan menerima ilmu. Ibu-ibu dan anak-anak adalah objek yang mungkin bisa saya transfer ilmu. Nah, jika sasarannya adalah ibu-ibu, ilmu yang ingin saya bagi adalah ilmu soal ngeblog dan atau bermedia sosial. Saya akan survey dulu, apakah ada yang tertarik dalam dunia menulis? Atau apakah ada yang punya produk barang atau jasa yang bisa dipasarkan lebih luas? Jika ada, maka saya akan berbagi ilmu menulis di blog dan atau bagaimana memasarkan produk-produk mereka secara online. Meski saya baru bisa membagikan ilmu dasarnya saja, sih. Hehe.

Alasan saya berani berbagi ilmu soal ngeblog dan bermedia sosial adalah karena sehari-harinya saya "bermain" dengan dua hal itu. Sedikit pengalaman dan pengetahuan tentang blog dan media sosial bisa coba saya bagikan kepada ibu-ibu lain. Ya, siapa tahu ada yang punya minat atau ketertarikan ke bidang itu. Apalagi sekarang ini adalah era digital, semua orang termasuk ibu rumah tangga sudah semestinya melek internet dan melek bermedia sosial.

Buku yang pernah saya tulis.

Kemudian jika sasarannya adalah anak-anak, saya ingin berbagi ilmu soal menulis, baik menulis cerpen, menulis buku, atau menulis di blog (ngeblog). Meski sudah lama, saya pernah menulis beberapa cerpen anak, juga buku tentang menulis untuk anak-anak. Saya bisa berbekal pengalaman itu untuk berbagi ilmu kepada anak-anak di daerah yang mungkin berminat dan belum tahu ilmu-ilmu tersebut. Tapi sama juga seperti berbagi kepada ibu-ibu di atas, saya juga hanya bisa berbagi sedikit ilmu yang masih merupakan ilmu dasar saja. Karena memang saya belum ahli di bidang tulis-menulis termasuk mengajari anak-anak ngeblog.

Saya memang selalu enggak pede berbagi ilmu, karena memang ilmu saya masih sangat sedikit. Tetapi jika ada kesempatan, apalagi ngetrip sambil berbagi ilmu, tentu kesempatan itu sangat menarik buat saya. Maka jika saya sempat, ada waktu dan tentu saja diizinkan suami, insya Allah saya pun akan berangkat! Masalahnya, kapan ya kesempatan itu datang? Hihihi.



No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

WARUNG BLOGGER


Blogger Perempuan



Ibu-ibu Doyan Nulis


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law