Sunday, 20 January 2019

Mengenal Sejarah Masjid Agung Ciamis


Halo, temans. Sukakah kalian berwisata religi seperti mengunjungi masjid? Nah, kali ini saya ingin mengajak teman-teman untuk mengenal sejarah Masjid Agung Ciamis. Ya, siapa tahu suatu saat kita bisa berkunjung ke masjid ini, kita sudah tahu terlebih dahulu sejarah singkatnya. Jadi, simak tulisan berikut ini, yuk! 😊

Kabupaten Ciamis merupakan salah satu kabupaten yang menjadi bagian dari provinsi Jawa Barat. Kota ini memiliki keunikan tersendiri. Jadi, apabila kita bosan mengunjungi Bandung, maka mengunjungi kabupaten ini bisa menjadi salah satu solusi.

Keunikan dari kabupaten ini tidak terlepas dari banyak tempat wisata yang ditawarkan. Tentunya tidak hanya wisata alam saja, namun juga wisata religi. Salah satu wisata religi yang wajib kita kunjungi adalah Masjid Agung Ciamis.

Masjid ini menyimpan banyak sekali sejarah di balik pembangunannya. Bahkan, masjid ini menjadi salah satu saksi sejarah dalam peradaban Islam di Ciamis. Apalagi arsitektur masjid ini tidak kalah indah dari masjid lainnya. Jadi, apabila kita melewati Ciamis ketika mudik atau melakukan perjalanan, maka tidak ada salahnya untuk singgah sambil menunaikan ibadah.

Baca juga: Wahana Air Terbesar, Ciputra Waterpark Surabaya.

Gambar 1*

Sejarah Masjid Agung Ciamis
Masjid Agung Ciamis sendiri telah berdiri sejak lama yaitu pada tahun 1882, di mana terdapat cerita tersendiri di balik pembangunan masjid yang menjadi kebanggaan warga Kabupaten Ciamis ini. Pembangunan masjid ini ada pada masa pemerintahan bupati Galuh ke-16 yang bernama Raden Adipati Koesoemahdiningrat yang biasanya disebut sebagai Kanjeng Dalem.
Sang bupati memerintah Ciamis dari tahun 1839 hingga 1886. 

Tentunya tidak hanya masjid saja yang beliau bangun, namun beberapa bangunan penting lainnya seperti penjara dan gedung kabupaten. Pembangunan masjid sendiri berbarengan dengan pembangunan penjara. Masjid ini dibangun di atas lahan seluas 8.500 meter persegi.

Selain itu, masjid ini pun memiliki bentuk kerucut dengan tingkat 3. Untuk bentuk atapnya juga berbentuk atap tumpang yang sangat mirip dengan Masjid Demak serta sangat mirip pula dengan Masjid Agung Bandung ketika pertama kali dibangun. 

Masjid ini didominasi oleh kayu, terutama untuk jenis kayu jati. Tidak heran jika masjid ini tetap kokoh berdiri walaupun usianya sudah lama, apalagi bagian tiang tengahnya. Ketika masjid agung ini dibangun tahun 1882, ternyata pendirinya meninggal pada tahun 1886. Namun begitu, pembangunan masjid ini dilanjutkan oleh anaknya yang menjabat sebagai bupati Galuh ke-17. 

Pembangunan masjid ini baru rampung pada tahun 1902. Hal itu terbukti dengan tulisan yang terdapat pada prasasti kayu yang terpasang pada pintu masuk bagian kanan. Sementara untuk arsitek masjid ini adalah Pangeran Radjab yang dibantu oleh ahli bangunan yang bernama Alhari Joedanagara.


Gambar 2*

Renovasi yang Dilakukan pada Masjid
Untuk menjaga keindahan masjid di Kabupaten Ciamis ini maka dilakukan beberapa kali renovasi. Terhitung sudah 5 kali renovasi dilakukan. Hal ini tentunya membuat bangunan masjid yang lama tidak bersisa dan digantikan dengan bangunan baru, di mana renovasi yang paling besar terjadi pada tahun 1958. Karena pada saat itu masjid ini dibakar habis oleh segerombolan DI/TII. Oleh sebab itu masjid dibangun kembali oleh Bupati Ciamis yang ke-27.

Hal ini tentunya mengubah beberapa bagian pada masjid ini, di mana jika dulunya atap masjid berbentuk kerucut dan terbuat dari kayu, maka setelah renovasi berubah menjadi bulat dan menggunakan seng. Serta pada bagian kanan kiri masjid juga didirikan menara yang memiliki atap yang sama seperti atap masjid. Akan tetapi proses renovasi yang mendapatkan protes dan sangat kontroversi yaitu pada saat Bupati Ciamis yang ke 33 menjabat, di mana bangunan masjid yang telah direnovasi pada tahun 1958 dihancurkan secara total.

Setelah itu dibangunlah masjid baru yang lebih besar dari masjid terdahulu dan serba beton, di mana kubah masjid yang masih menggunakan seng kini diganti dengan tembok semen. Lantai yang dulunya tembok kini menjadi lantai keramik, serta jalan yang terdapat di bagian depan masjid ditutup untuk diubah menjadi halaman masjid, sehingga akan terlihat luas dan dapat tersambung langsung ke alun-alun. Untuk menara yang dibangun pada tahun 1958 juga diruntuhkan sehingga diganti dengan 1 menara kecil saja yang terletak di bagian depan masjid.

Untuk bangunan masjid yang sekarang merupakan hasil renovasi pada tahun 2002, di mana terdapat perbedaan di kubahnya. Untuk kubah utamanya sekarang menjadi lebih besar dan tinggi yang terbuat dari serat kaca tanpa harus meruntuhkan kubah lama. Lalu terdapat penambahan 4 kubah yang berukuran kecil, yang terletak pada setiap sudut atapnya. Kemudian lantai keramiknya diganti dengan lantai granit yang didatangkan dari Italia.

Baca juga: Traveling Bersama Orangtua.

Gambar 3*

Lokasi Masjid Agung Ciamis
Untuk lokasi masjid yang terbesar di Kabupaten Ciamis ini tentunya terletak di tengah kota Ciamis, di mana masjid ini berdampingan dengan kantor pemerintahan. Ditambah lagi masjid ini berhadapan langsung dengan taman Alun-alun, tidak heran jika pemberian nama Masjid Agung sendiri berasal dari para ulama dikarenakan lokasi masjid ini yang berada di pusat kota.

Tentunya terdapat beberapa hal menarik yang terdapat pada masjid ini yaitu seperti terdapatnya kolam yang berlokasi di bagian Selatan dan Utara, di mana kolam mini berfungsi sebagai tempat untuk mengambil wudhu. Serta terdapat pula perpustakaan bawah tanah, sehingga kita bisa membaca berbagai koleksi buku apabila menunggu waktu shalat.

Selain itu bagian halaman Masjid Agung Ciamis ini tidak kalah indah, sebab ditata dengan rapi serta menggunakan bunga dan berbagai jenis pohon sehingga suasana masjid menjadi lebih sejuk. Salah satu pohon yang ditanam di masjid kebanggaan masyarakat Kabupaten Ciamis ini adalah pohon kurma yang khas Timur Tengah. Wah!


Nah, temans, demikianlah sekelumit sejarah Masjid Agung Ciamis. Jika suatu saat sedang bertandang ke Ciamis, temans bisa mampir ke masjid cantik ini ya 😊.

*****

Sumber gambar:
  1. https://singgahkemasjid.blogspot.com/2017/02/mesjid-agung-ciamis.html
  2. http://simas.kemenag.go.id/index.php/profil/masjid/40551/#prettyPhoto
  3. https://singgahkemasjid.blogspot.com/2017/02/mesjid-agung-ciamis.html




19 comments:

  1. Cantik ya mbak masjidnya. Sayangnya jauh jika harus berkunjung. Hehehe

    ReplyDelete
  2. Cakep ya mesjidnya
    Bener-bener tertata rapi dan tterawat tiap sudutnya. Kalau begini, pasti menarik dan bikin betah saat ibadah

    ReplyDelete
  3. Mupeng cuss ke Ciamis, buat main ke Masjidnyaaaaa
    https://bukanbocahbiasa.com/2018/10/23/gimana-sih-kiat-trip-asyik-bareng-abg/

    ReplyDelete
  4. warna khasnya hijau dan kuning y mbak

    ReplyDelete
  5. Wah kemarin ke Ciamis ga sempat sholat di masjid agungnya. Ternyata sejarahnya panjang ya.. bersejarah banget

    ReplyDelete
  6. Ciamis - Tasikmalaya deket banget, kalau ke Tasik, pernah jalan-jalan sampai ke Ciamis tapi belum sempat mampir ke Masjid Agungnya, ternyata punya sejarah yang panjang ya

    ReplyDelete
  7. Dan aku sebagai yang suka mudik ke Ciamis merasa gagal karena ga tau soal masjid agung ini. Eh udah 15 tahun sih emang ga pernah ikut pulang ke Ciamis, tapi tetep aja sebel ga tau. Ok, besok mah harus liburan ke Ciamis dan ke masjid agungnya.

    ReplyDelete
  8. Pilar Masjidnya gedhe2 dan emang modelnya kaya Masjid Demak ya. Aku kalau ada kesempatan berkunjung ke kota lain ya suka lihat masjid2nya. Solat sejenak dan ngadem juga

    ReplyDelete
  9. Mesjidnya anggun dan cantik, mana ada pohon kurmanya segala. insyaAllah satu hari nanti mampir ah

    ReplyDelete
  10. Masjid Agungnya mashaAllah~
    Indah sekali.

    Penasaran sama perpustakaan masjidnya.
    Apakah koleksi bukunya boleh dipinjam?

    ReplyDelete
  11. Mbak Diah, penjaranya dibangun dekat masjid atau di mananya?

    ReplyDelete
  12. Masjidnya megah, sejarahnya pun epik. Keren. Bisa jadi salah satu destinasi religi saat berkunjung kesana.

    ReplyDelete
  13. Setiap kali melihat peninggalan sejarah islam di Indonesia, saya menjadi semakin sadar, bahwa Islam sangat luar biasa.

    ReplyDelete
  14. Masya Allah lama banget memerintahnya ya bupati nya. Wajar lah kalau akhirnya hal2 keren tercipta sebagai bukti kepemimpinan beliau

    ReplyDelete
  15. Masha allah, indahnya. Wah sedih sekali dulu dibakar habis, namun untungnya tetep ada renovasi yah tetap tumbuh hehe

    ReplyDelete
  16. Arsitektur masjidnya indah banget, padahal saya punya nenek di ciamis dan seringkali ke ciamis, tapi belum pernah kesini huhuhu jadi penasaran banget ingin mengunjungi mesjid yang satu ini :)

    ReplyDelete
  17. Aku suka sekali wisata religi apalagi mengunjungi masjid demi masjid. Serasa tenteram dan nyaman ketika berada didalamnya. Oia sepertinya aku pernah mengunjungi masjid agung Ciamis ini ketika SMA. Jadi pengen beribadah disana lagi*

    ReplyDelete
  18. Subhanalloh sudah lama sekali aku gak ke mesjid Agung Ciamis ,terakhir saat SMA beberapa tahun yang lalu .
    Terima kasih mbak udah nulis ttg mesjid Agung Ciamis, aku jadi bernostalgia

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

WARUNG BLOGGER


Blogger Perempuan



Ibu-ibu Doyan Nulis


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law