Friday, 25 October 2019

Berenang dan Refreshing di Kolam Renang Jedong Cangkring Sidoarjo


"Bi, besok renang ke Jedong Cangkring, ya?"
"Iya, Bi. Ke Jedong Cangkring aja, enak (nyaman maksudnya)."
"Nggak ke "sana" lagi?"
"Enggak, enakan di Jedong Cangkring." 

Itulah percakapan si sulung, si nomor dua, dan ayahnya. Kalau mendekati hari libur, mereka sudah "kasak-kusuk" mengajak jalan-jalan atau berenang. Hehe. Maklumlah, mereka butuh refreshing juga setelah rutinitas belajar di sekolah.



Hemm.. apa dan di mana itu Kolam Renang Jedong Cangkring? Tempat ini adalah salah satu kolam renang yang terbuka untuk umum yang berada di daerah Sidoarjo (tempat tinggal kami). Kolam renang Jedong Cangkring Sidoarjo berada di Dusun Gempol, Desa Jedong Cangkring, Kecamatan Prambon, Sidoarjo. Kolam renang ini terbuka untuk umum pada bulan Desember 2017 lalu. Jadi masih terbilang baru, ya, hingga saat ini.

Baca juga: 5 Warung Makan Favoritku di Sidoarjo Selatan.

Kami sekeluarga sudah beberapa kali ke kolam renang ini. Si sulung dan si nomer dua lebih sering ke sana daripada dua adiknya, karena akhir-akhir ini kalau ada acara renang dari sekolah, tempatnya juga di Jedong Cangkring ini.



Biasanya, kami datang pagi-pagi sebelum jam buka atau pas jam buka. Enggak lain dan enggak bukan tentu agar kami mendapat tempat berenang yang lebih leluasa. Dan tentu saja, agar kebagian tempat duduk. Memang banyak sekali, sih, meja-kursi untuk tempat istirahat. Tapi kalau pengunjungnya ramai, ya, tetap saja meja-kursi itu semuanya penuh.

Memang saat ini sudah terbilang banyak kolam renang yang ada di Sidoarjo. Dalam radius 10 km dari rumah kami saja, ada lebih dari 5 kolam renang. Tapi kolam renang Jedong Cangkring menjadi pilihan utama kami saat ini karena memang ada beberapa kelebihannya menurut kami. Diantaranya karena harga tiketnya terjangkau, juga tempatnya yang luas dan asri. Selebihnya, mungkin bisa disimak dari sedikit rangkuman yang saya tulis di bawah ini 😊.

Jam buka

Buka sekitar pukul 08.00 pagi, dan tutup pukul 16.00 BBWI.


Tiket

Untuk weekdays (Senin-Jumat), harga tiketnya Rp.10.000,-
Weekend Rp.12.000,-
Holiday seasons Rp.15.000,-



Bagi kami yang (mungkin) termasuk kalangan menengah ke bawah, harga tiket seperti di atas cukup terjangkau. Jika dibandingkan dengan tarif tiket di kolam renang lain di sekitar rumah kami, harga itu relatif murah. Karena fasilitas yang diberikan juga sebanding.


Fasilitas

Kolam renang yang tersedia ada 5 kolam. Ada yang khusus untuk anak-anak juga ada yang untuk orang dewasa. Untuk kolam renang anak, seperti pada umumnya ada papan seluncur, juga air tumpah (apa sih namanya 😂🙈).




Toilet, tempat ganti, tempat bilas ada banyak jumlahnya. Tapi saya baru mencoba toilet di area kolam anak dan di area pintu masuk. Di area kolam anak ukurannya cukup, sih, untuk mandi dan ganti baju. Untuk tempat bilas juga lumayan luasnya. Tapi untuk toilet di area masuk, menurut saya terlalu sempit.

Sementara itu, meja-kursi untuk menunggu atau istirahat atau bersantai jumlahnya banyak sekali. Boleh dibilang rest area-nya ada di mana-mana. Hehe. Model meja-kursinya pun bervariasi. Ada juga yang model lesehan. Dan, rest area yang di mana-mana ini dipayungi oleh pepohonan. Jadinya adem, rindang dan asri 😊.

Buat saya, sih, ini menyenangkan sekali. Soalnya kalau ke sana saya bawa empat anak plus suami yang harus dijaga pakaian-pakaian mereka saat renang. Kalau tempat istirahatnya banyak atau longgar dan adem, tentu menyenangkan. Karena saya bisa ngemil sambil selonjoran sepuasnya. Hihihi. Itung-itung juga buat refreshing. Yah, begitulah. Emang nasibnya emak kalau di kolam renang, tuh, cuma jagain bajunya anak-anak dan suami... 
*curhat mode on 😂😂.


Banyak meja-kursi untuk bersantai/beristirahat.

Nah, menemani saat istirahat, kita bisa membeli aneka jajanan di sana. Ada warung-warung jajanan (bakso, mi ayam, macam-macam gorengan, dsb) yang terkumpul di pinggir area kolam renang juga beberapa di dekat kolam renang. Anak-anak yang habis renang juga biasanya beli jajanan di sini. Tapi kalau mau bawa sendiri dari rumah juga lebih bagus, sih. Karena di sana harga-harga jajanannya biasanya lebih mahal daripada di luar.

Fasilitas lain, (mungkin) mengikuti tren sekarang, banyak sekali mural-mural atau lukisan dinding yang asyik buat foto-foto. Biasanya anak-anak dan remaja, sih, yang suka foto-foto di sini 😁.



Akses transportasi

Untuk akses transportasi, meskipun kolam renang Jedong Cangkring ini terletak di tengah desa, tapi cukup mudah dijangkau, kok. Dari arah Tulangan maupun dari arah Krian, tinggal ikuti petunjuk Google Map insyaa Allah akan sampai dengan selamat. Hehe. Kalau enggak mau pakai Gmap, bisa juga tanya-tanya ke penduduk di sekitar. Pasti sudah tahu, karena kolam renang ini sejak dibuka hingga sekarang konon selalu ramai pengunjung.

Baca juga: Sidoarjo, Kota Ikan dan Udang.


Tempat Parkir

Di awal pembukaan hingga beberapa waktu setelahnya, tempat parkir di kolam renang ini agak terbatas. Terutama untuk parkir mobil, agak susah buat parkir. Tapi sekarang, sudah ada tempat parkir mobil yang lebih luas. Untuk area halaman biasanya untuk parkir sepeda motor.



Mengenai kebersihan, menurut saya kolam renang Jedong Cangkring ini lumayan bersih. Saya juga melihat beberapa petugas kebersihan yang aktif membersihkan rest area di waktu-waktu tertentu.

Oh ya, di kolam renang ini sepertinya tiap hari libur ada acara-acara khusus, ya. Seperti saat saya ke sana di hari Minggu, ada pameran reptil yang dipersembahkan oleh sebuah komunitas pecinta reptil. Juga pernah ada pentas musik.

Oke, cukup sekian, ya, teman-teman cerita saya tentang Kolam Renang Jedong Cangkring. Kolam renang yang cocok untuk berenang sekeluarga. Tempatnya yang rindang dan asri juga pas dijadikan tempat refreshing bagi yang enggak berenang 😁. Nah, kalau teman-teman, suka renang di kolam renang yang seperti apa? Share, yuk! 😊




No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

WARUNG BLOGGER


Blogger Perempuan



Ibu-ibu Doyan Nulis


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 dekamuslim | Powered by Blogger | Template by Enny Law