Pages

Kaleidoskop 2019 Blog Dekamuslim (dan Medsosnya)




Terakhir kali saya mengikuti event bloger, yaitu di bulan November 2017. Ya, sudah dua tahun saya enggak mengikuti event bloger, baik untuk urusan job, workshop, ataupun sekadar kumpul bareng teman-teman bloger. Banyak hal yang menurut saya menjadi hambatan untuk datang ke acara-acara seperti itu (enggak saya urai di sini, ya 😊). Dengan kondisi seperti itu, saya full ngeblog dari rumah saja selama dua tahun terakhir ini.

Lalu apa yang menarik dari aktivitas ngeblog dari rumah saja, di zaman seperti sekarang ini, dimana event bloger bertebaran di mana-mana di hampir setiap waktu? 


Ah, mungkin memang tak menarik bagi teman-teman bloger.

Tapi bagi saya, saya cukup bersyukur bisa tetap menulis di blog ini meski enggak pernah beraktivitas ngeblog di luar rumah (ikut event bloger). Saya bahkan bersyukur banget masih bisa ngeblog di sela kerempongan saya mengurus rumah tangga dan empat krucils. Perkara di luar sana banyak mom blogger dengan banyak anak yang tetap eksis ngeblog plus aktif ikut event bloger, saya cuma berpikir bahwa saya belum mampu ke level itu. Dan pastinya beda situasi dan kondisi, ya. Hehe. 
(Maaf, ya, di sini selalu full curhat 😂).

Nah, di tahun 2018 lalu saya tak sempat mencatat aktivitas ngeblog dari hari ke hari atau bulan ke bulan selama setahun. Namun di tahun 2019 ini, saya sempatkan membuat sedikit catatan (terutama untuk urusan job ngeblog 😁🙈) setiap bulannya. 

Langsung saja, kalau dibikin kaleidoskop, inilah kilasan peristiwa ngeblog yang terjadi pada blog www.dekamuslim.com (dan medsosnya) di tahun 2019 ini 😊.

❤️ Januari
Awal tahun masih agak males ngeblog, entah karena masih mengenang liburan atau apa. Haha. Tapi rasa malas itu segera hilang karena ada beberapa job yang datang. Hehe. Di pertengahan bulan juga ada kabar gembira karena cerita liburan saya di Twitter menjadi salah satu pemenang dengan hadiah yang lumayan asyik menurut saya. 
Awal tahun yang menyenangkan 😍.

❤️ Februari 
Di bulan ini hampir enggak ada job yang menghampiri. Hanya ada job di medsos. Tapi karena saya enggak mau membiarkan blog ini kosong postingan dalam sebulan, maka saya pun menulis tiga postingan organik alias murni tentang pengalaman pribadi tanpa embel-embel pesan sponsor. Hehe. Saya senang, sih, bisa menulis organik lebih banyak. Apalagi dalam tulisan tentang "Pengalaman Menggunakan OPPO F9" ada komentar yang mengatakan bahwa review saya bagus, kayak mau diikutkan lomba, bla bla bla.. hemm... itu membuat hati saya bahagia 😄.


❤️ Maret
Bulan Maret kembali ada beberapa job yang mampir. Ada pula tulisan organik yang saya buat. Pun ada tulisan untuk mengikuti lomba blog. 
Ssttt... meski saya jarang banget menang lomba blog, tapi saya enggak pernah kapok buat ikutan 😂🙈.

❤️ April
Di bulan April kombinasi tulisan di blog ini masih sama dengan di bulan Maret. Ada tulisan berbayar, ikut lomba blog, juga ada tulisan organik. Ada juga job di medsos yang lumayan besar fee-nya. Hehe.

Oh ya, pada bulan ini saya sempat menolak job yang sebenarnya sudah saya nanti-nantikan sebelumnya. Apa sebab? Pertama, ternyata saya enggak menguasai materi penulisan yang diberikan. Saya enggak mood untuk menulis sesuatu yang belum saya kuasai. Kedua, karena jujur saya kurang sesuai dengan fee yang akan diberikan. Ekspektasi saya ternyata meleset. Hehe.
Atas keputusan itu, saya sempat takjub sama diri sendiri. Takjub bahwa, eh, ternyata sekarang saya bisa, ya, nolak job? Padahal job itu saya pengenin banget sebelumnya. Hehe.

Dan, ini menjadi awal saya berani menolak job yang enggak sesuai dengan kemampuan atau enggak sesuai dengan mood saya. Hehe. Kalau soal fee, sudah lama saya berani menolak jika memang enggak sesuai dengan "rate card" (rate card ala-ala, sih 😊) blog ini.

❤️ Mei
Di bulan Mei job di medsos yang dimulai bulan April masih lanjut. Disamping itu di bulan ini saya beranikan diri mengikuti 30 Day Blog Challenge yang diadakan oleh komunitas Blogger Perempuan. Seru banget! Soalnya saat itu bulan puasa. Ada materi tulisan yang harus praktik masak dulu, bikin resep, dan lain-lain. Saya menulis di sela-sela aktivitas ibadah bulan Ramadhan, kadang saat menyiapkan menu berbuka atau sahur. Sibuk tapi seneng. Dan alhamdulillah saya bisa menyelesaikan challenge itu.

Makanya di bulan ini ada 28 postingan (sisanya ikut bulan Juni, karena Ramadhan jatuh di bulan Mei-Juni).
Selain itu, blog ini masih juga menerima sponsored post. Hehe. Alhamdulillah.

❤️ Juni
Bulan Juni ada beberapa postingan yang masih lanjutan dari 30 Day Blog Challenge. Kemudian karena masa-masa Idul Fitri, postingan seputar hari raya turut mewarnai blog, termasuk tulisan tentang jalan-jalan (tentu saja tulisan organik). Tulisan berbayar juga ada, disamping ada pula tulisan review produk dengan kompensasi produk tersebut. Alhamdulillah.



Oh ya, ada apresiasi dari Blogger Perempuan juga. Alhamdulillah selain mendapat merchandise, tulisan saya juga nyangkut menjadi salah satu pemenang lomba blog SKIPPY. Ternyata resep snack Roti Goreng Selai Kacang yang saya bikin menarik perhatian juri. Alhamdulillah dapet voucher dan tambahan merchandise 😍.

❤️ Juli
Di bulan ini saya kembali mengikuti program One Day One Post (ODOP) yang kali ini diadakan oleh komunitas Indonesian Social Blogpreneur atau ISB. Tapi sayangnya saya enggak bisa melengkapi tantangannya. Ada beberapa hari yang bolong, karena temanya kurang saya kuasai. Padahal teman-teman sudah membantu memberikan insight. Huhu. Selain itu ada juga tulisan berbayar, ada pula tulisan yang benar-benar organik (tema bebas, enggak ditentukan pihak lain).

Oh ya, di bulan ini saya mulai ikut gabung di WhatsApp Group (WAG) Komunitas ISB. Dari grup ini ada beberapa job yang saya dapatkan hingga saat ini, juga ilmu-ilmu tentang blogging dan sharing ilmu lainnya dari sesama member WAG. Saya bersyukur banget bisa join di WAG ini. Makanya saya berterima kasih banget sama mas Ihwan Hariyanto yang memberi info tentang WAG ini, teh Liswanti Pertiwi yang memasukkan saya ke grup, dan teh Ani Berta sebagai founder grup 😍.
 
❤️ Agustus
Agustus sepi postingan. Hanya ada tiga tulisan yang merupakan sponsored post, lomba blog, dan tulisan organik. Alhamdulillah pada lomba blog kecil-kecilan itu akhirnya tulisan saya yang jadi salah satu pemenangnya 😊.

❤️ September
Di bulan ini ada tulisan untuk lomba blog, artikel-artikel ODOP, dan tulisan berbayar sekaligus diikutkan lomba. Oh ya, saya puas bisa menulis tentang rokok yang sebelumnya menurut saya agak susah 😊.

Silakan baca: Kenaikan Cukai Saja Tak Cukup untuk Menurunkan Konsumsi Rokok.

❤️ Oktober
Di bulan ini blog dekamuslim.com cukup penuh dengan tulisan berbayar. Alhamdulillah. Tapi saya tetap menyisipkan tulisan organik agar blog tak seperti etalase toko. Hehe.

Lalu, tulisan tentang rokok yang saya posting di bulan September, alhamdulilah mendapatkan apresiasi dari penyelenggara lomba 😍.



❤️ November
Tulisan untuk lomba blog dan sponsored post mewarnai bulan November. Tapi sayang enggak ada tulisan organik di bulan ini.

❤️ Desember
Alhamdulillah ada tulisan organik lagi di bulan Desember. Sisanya ada tulisan review produk dan tulisan berbayar. Kedua review saya tulis dengan hati senang, karena memang benar-benar suka dengan produknya 😊.

Lalu, di awal bulan tampilan blog dekamuslim.com ini berubah, di-redesign. Itu tak lain adalah hadiah lomba dari KBR, tulisan tentang rokok itu. Alhamdulillah ❤️


Terlihat, header-nya juga berubah 😊.

Itulah kaleidoskop 2019 blog dekamuslim.com dan medsosnya. Sekali lagi, alhamdulillah, puji syukur pada Allah subhanahu wa ta'ala, bahwa rezeki dari ngeblog masih mengalir terus hingga di tahun ini. Bukan hanya uang dan produk yang saya dapatkan, tapi juga banyak ilmu dan pengalaman. 

Oiya, mengapa saya selalu berusaha menulis organik minimal sekali dalam sebulan, karena saya ingin keseimbangan saja. Agar tulisan berbayar dan tulisan "seikhlasnya" sama beratnya. Hehe. Selain itu agar saya tak kehilangan cara menulis sepenuh hati, dengan hati riang, tanpa mengharap imbalan apapun 😊.

Untuk tahun 2020 yang akan datang, harapan saya masih sama dengan tahun sebelumnya. Berharap selalu sehat fisik dan psikis, dan bisa terus menulis untuk blog ini. Agar saya bisa mengais rezeki dari ngeblog, dan agar bisa lebih banyak berbagi rezeki itu kepada orang-orang di sekitar saya. Aamiin ❤️.

Diah Kusumastuti

Saya seorang ibu rumah tangga dengan 4 orang anak, Faiq, Fahima, Fauzia, dan Fahri. Asli Solo tapi sekarang berdomisili di Sidoarjo. Suka menulis tentang apa saja selama itu positif dan sebisa mungkin memberi manfaat bagi yang membaca. Menulis bagi saya adalah sarana refreshing dan agar otak terus bekerja :) Email: d3kusumastuti@gmail.com

12 comments:

  1. Aku tu puingiiin banget undang mb Diah k event bloger

    Tapi ya daku mafhum dgn segenap kerempongan nan hakiki. Tetap semangaaaattt

    ReplyDelete
  2. Tsakep header-nya, Mbak. Btw, dari tulisan ini saya menangkap pesan bahwa Mbak masih optimis ngeblognya ..... lanjutkaaaaan. :)

    ReplyDelete
  3. MashaAllah~
    Sungguh menyeimbangkan antara urusan domestik dan hobi ini gak mudah.
    Kagum, kak...
    Dan apresiasi menang lomba itu suatu kebanggaan tersendiri.

    Sukses terus, kaka shayang~

    ReplyDelete
  4. Mbak Diah meuni rajin pisan euy nyatet per bulan. Aku tahun kemarin kok lagi drop-dropnya ngeblog -_-

    ReplyDelete
  5. Senang liatnya selalu ada pencapain pencapain selama setahun dari bulan ke bulan. Moga ttap bisa menginspirasi

    ReplyDelete
  6. komplit ya catatan setiap bulannya, harus saya tiru nih untuk postingan akhir tahun nanti.

    Walau nggak hadir di event, tapi kan tetap bisa menghasilkan mbak tulisan-tulisannya.

    ReplyDelete
  7. Aku malah belum bikin kaleidoskop gini mba, malu aja dengan pencapaian belum seberapa di blogku hiks... Pengin juga makin giat ya dengan melihat apa yang sudah dicapai oleh teman-teman blogger lainnya.

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah meskipun belum bisa ikut ke event blogger, tapi di tahun 2019 masih banyak rezeki dari blog atau tetap semangat ngeblognya. Dari menang lomba, ikutan ODOP, dll. Semoga tahun 2020 makin sukses dan lancar ya.

    Aku kadang pengen ikutan ODOP, tapi masih maju mundur. Baru 2 kali ikutan, yg pertama berhasil, yg kedua gagal di tengah jalan. Hahaha

    ReplyDelete
  9. Waah rajin bikin kaleidoskopnya nih. Aku pun tahun 2018-2019 tulisan blognya dikit nih karena punya kesibukan lain. Targetku tahun ini harus lebih banyak nulis di blog juga. Semangat Mak

    ReplyDelete
  10. Pencapaian yang keren, mbak. terus semangat ngeblog ya..semoga dimudahkan dan dilancarkan harapannya, Aamiin.
    Kalau aku kebalikan, tahun 2019 baru ikutan aktif ke event blogger. Tapi tahun ini mau prioritas keluarga dulu karena si sulung yang kelas 9 mau ujian dan adiknya tahun ini kelas 6. Jadi fokus ke persiapan mereka dulu:)

    ReplyDelete
  11. sukses terus ya mba Deka... ngeblogging itu emang kudu dijaga semangatnya ya (nanar menatap cermin, nasehat buat diri sendiri). Progressnya bagus koq itu mba, semoga tahun ini lebih cetar lagi, sukses selaluuu

    ReplyDelete
  12. Semoga tetap semangat nulisnya ya. Bulan Januari memang masih sepi job. Mungkin perusahaan masih menyusun rencana setahun. Yang penting tetap ngeblog tanpa ada job pun.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.