Thursday, 18 July 2019

Pencapaian-pencapaian Kecil yang Bikin Bahagia


Biar lebih semangat berkarya, sesekali boleh lah, ya, kita mencatat pencapaian atas usaha kita. Hehe. Meski pencapaian yang kita hasilkan bukan sesuatu yang "wah" atau bahkan sangat sepele di mata orang lain, enggak masalah, lah. Yap, begitulah yang hendak saya tulis kali ini. Pencapaian-pencapaian kecil yang bikin bahagia 🤗.

Buat saya yang sehari-harinya bekerja di rumah sebagai ibu rumah tangga dan mom blogger ini, enggak akan mimpi mendapatkan penghargaan dari luar rumah. Hihihi. Yang menghargai kerja keras saya sebagai ibu dan istri, ya, siapa lagi kalau bukan suami dan diri sendiri. Anak-anak? Ah, mereka belum paham bagaimana menghargai kerja keras atau sebuah karya. Tapi, mereka telah memberikan hadiah kepada kami setiap harinya, kok 😘.

Ya, menuliskan pencapaian-pencapaian mungkin bisa dinilai sebagai bentuk penghargaan pada diri sendiri. Bahwa, ini, lho, hal-hal positif yang telah saya lakukan pada periode ini. Bahwa, ini, lho, yang bisa saya capai dalam rentang waktu ini. Saya sendiri bisa jadi tambah semangat berkarya jika mengingat pencapaian-pencapaian yang telah dihasilkan sebelumnya. Nah, apa saja, sih, pencapaian-pencapaian kecil yang bikin saya bahagia di pertengahan tahun 2019 ini?

Baca juga: Semoga Ini yang Dinamakan Berkah.


Rajin Mencatat Pemasukan dari Blog dan Medsos

Dulu saya tak pernah mencatat pemasukan yang dihasilkan dari blog ini dan dari akun-akun media sosial saya. Saya pikir buat apa, wong penghasilan dari kedua sumber itu juga enggak seberapa. Tapi setelah membaca pengalaman teman-teman bloger yang telah melakukannya, dan hasilnya kita bisa mengetahui dengan pasti berapa penghasilan kita selama setahun, saya jadi tertarik ikut mencatat.

Cuplikan coret-coretan penghasilan ngeblog+buzzer.


Awalnya tetap saja saya malas. Tapi ketika dipaksakan dan catatan itu sudah tersusun banyak, rasanya senang juga. Melihat catatan itu, saya jadi semangat lagi dan lagi untuk berkarya. Menulis dan menulis, dan berdoa semoga rezeki ngeblog dan buzzing terus mengalir dan berkah. Aamiin.


Berhasil Bikin Kue Brownies Kukus

Bagi saya ini pencapaian receh tapi sangat bikin saya bahagia. Saya yang awalnya enggak suka bikin kue dan memang enggak bisa, gara-gara anak mau trial and error berkali-kali bikin brownies kukus. Trial and error-nya pun harus ekstra sabar.. karena enggak mungkin juga habis gagal trus langsung bikin lagi. Harus menunggu beberapa hari lagi setelah gagal, biar brownies yang gagal pun tetap dimakan, enggak mubadzir. Hihi. Ya iya, dong, kami bukan keluarga yang suka hambur-hamburkan uang buat bikin kue soalnya 😁.

Baca juga: Mengasah Skill Memasak Kue Karena Sayang Anak.


Brownies kukus yang empuk dan nikmat.

Dari brownies yang bantat, kemanisan, lalu berhasil bikin yang empuk dan nikmat, eh, gagal lagi di lain waktu. Dan akhirnya setelah berkali-kali bikin, sudah saya temukan formula yang pas bagaimana agar brownies kukus buatan saya bisa empuk dan manisnya pas. Yeyy! (meski wujud/penampilannya belum bagus, sih 🤭). Bahagia banget rasanya bisa memenuhi permintaan anak dan melihat anak-anak dan suami menikmati kue itu dengan lahap 😍.


Ikut ODOP Selama Sebulan Penuh Saat Puasa

Ikut ODOP (One Day One Post) dalam waktu sebulan penuh memang butuh usaha dan komitmen penuh. Itu buat saya pribadi, sih. Effort-nya luar biasa. Tapi itulah yang saya lakukan di bulan Mei-Juni 2019 kemarin. Saya ikut ODOP bersama komunitas Blogger Perempuan. Di sela-sela menyiapkan menu berbuka atau sahur, juga beribadah di bulan Ramadhan, saya menyempatkan untuk menulis blog setiap hari.


Bonus ikutan ODOP sebulan penuh 😍.

Bukan hanya sekadar menulis saja, sih. Perlu memasak menu masakan/kue yang dijadikan tema tulisan, berkreasi dalam foto, survey kecil-kecilan, dan lain-lain untuk bahan tulisan. Dan, akhirnya saya bisa lulus dari tantangan ODOP itu! Saya bahagia sekali atas pencapaian itu. Bahwa, saya bisa menaklukkan diri sendiri untuk rutin menulis setiap hari dengan segala effort-nya 🤩.


Itulah tiga pencapaian kecil yang bisa saya hasilkan hingga di pertengahan tahun 2019 ini. Pencapaian-pencapaian kecil yang bikin saya bahagia, karena saya bisa mengalahkan rasa malas, enggak mudah menyerah, juga berpikir kreatif. Dan, melihat tiga pencapaian itu bikin saya bisa menghargai diri sendiri. Bahwa saya mampu kalau saya mau berusaha. Alhamdulillah 😊.


2 comments:

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

WARUNG BLOGGER


Blogger Perempuan



Ibu-ibu Doyan Nulis


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 dekamuslim | Powered by Blogger | Template by Enny Law