Thursday, 24 May 2018

Ingin Belanja Online Ekstra Hemat dengan Diskon Hingga 99%? Cek ke Tokopedia, Sekarang!





Halo, temans. Sudah belanja apa saja untuk keperluan Ramadan dan menyambut lebaran nanti? Sudah punya tips belum untuk belanja online ektra hemat? Tempo hari saya sudah menulis, lho, tentang tips belanja online hemat selama Ramadan bersama Tokopedia. Ada yang baca dan inget enggak, ya? Hehe. Nah, dalam postingan itu saya menyebut akan ada kejutan dari Tokopedia di tanggal 25 Mei 2018. Dan sekarang waktunya sudah hampir tiba! Ada kejutan apakah besok di sana??

Tuesday, 22 May 2018

Mengenalkan Bulan Ramadan pada Anak, Hindari Cara Negatif


Alhamdulillah, bersyukur banget bahwa di bulan Ramadan tahun 1439 H ini, kami sekeluarga masih bisa menjalaninya bersama-sama. Saya, suami, si sulung, dan bapak serta ibu berpuasa Ramadan. Sedangkan anak kedua, ketiga dan keempat masih belum ikut berpuasa karena masih imut-imut semua. Hihihi.

Thursday, 17 May 2018

Cara Menggunakan Eyeliner untuk Pemula



Cara Menggunakan Eyeliner untuk Pemula.
Tak bisa dipungkiri bahwa eyeliner merupakan salah satu bagian make up yang sangat penting. Dengan bantuan eyeliner, kita bisa membuat penampilan terlihat semakin segar dan tegas. Make up wajah pun menjadi tampak lebih menawan dengan bantuan eyeliner yang sesuai dengan bentuk mata. 

Thursday, 10 May 2018

Tips Belanja Online Hemat Selama Ramadan Bersama "Tokopedia Ramadan Ekstra"




Halo, teman-teman. Enggak terasa bulan Ramadan tahun ini sudah di depan mata, ya. Insya Allah kita akan segera bertemu dengan bulan suci itu untuk mendapatkan kesempatan meraih sebanyak-banyaknya pahala. Tinggal semingguan lagi, lho! Apakah teman-teman sudah siap untuk menyambutnya? Apa saja yang sudah dipersiapkan?

Saturday, 5 May 2018

Isi Ulang Paket Data Telkomsel Lewat Aplikasi Sepulsa




Isi Ulang Paket Data Telkomsel Lewat Aplikasi Sepulsa.
Halo, teman-teman. Saat kita kehabisan paket data, apa yang akan kita lakukan? Biasanya, sih, kita akan langsung mencari konter atau tempat-tempat penjual paket data yang ada di sekitar kita. Ya, nggak? Tapi hal ini jelas akan menyita waktu, selain juga akan membuat kita menjadi lebih boros. Oleh karena itulah di zaman yang serba digital ini, kita dapat membeli paket data yang kita inginkan seperti paket data Telkomsel, melalui satu aplikasi saja yang terpasang di smartphone yang kita miliki. Yap!

Wednesday, 2 May 2018

Biaya Persalinan Normal untuk Pasien Umum di RSI Arofah Mojosari



Dari empat kali menjalani persalinan di rumah sakit, baru pada persalinan keempat kemarin kami (saya dan suami) mengeluarkan dana pribadi alias datang sebagai pasien umum. Sebelumnya, persalinan anak pertama kami memakai bantuan Jamsostek, kemudian persalinan anak kedua dan ketiga dengan menyodorkan kartu BPJS Kesehatan. Nah, kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai biaya persalinan normal untuk pasien umum di RSI Arofah Mojosari.

Monday, 30 April 2018

Mari Cintai Produk Lokal Indonesia Bersama Qlapa.com






Saya selalu suka melihat barang-barang kerajinan tangan alias craft. Pernah dikirimi adik sepupu bros cantik terbuat dari benang wool buatan dia sendiri. Cantik dan unik. Ibu juga pernah dihadiahi hiasan dinding berupa gambar kristikan dari budhe. Unik dan terlihat bernilai sekali. Barang-barang handmade seperti itu bagi saya nilainya terasa lain, terasa istimewa.

Thursday, 26 April 2018

Pilah Pilih Jajanan Sehat dan Halal untuk Anak





Jajan dan jajanan, dua kata selain bermain yang seperti tak terpisahkan dari keseharian anak-anak, khususnya anak-anak saya 😉. Gimana enggak, hampir setiap hari anak-anak minta jajanan baik dari membeli di luar rumah atau meminta saya untuk membuatkannya. Si kakak yang kini duduk di bangku kelas 1 SD setiap hari juga minta uang saku untuk jajan di sekolah. Meskipun kadang enggak jajan, tapi saya selalu membawakannya uang. Untuk jaga-jaga kalau ingin jajan 😊.

Wednesday, 25 April 2018

Memilih Sekolah: Antara Kebutuhan, Idealitas, dan Realitas



Memilih sekolah bagi kebanyakan orang bukan hal yang mudah. Karena mereka menyadari bahwa sekolah merupakan tempat belajar bagi anak-anaknya dan kelak akan sangat mempengaruhi masa depan mereka. Sehingga perlu melihat kualitas sekolah secara keseluruhan sebelum fix mendaftarkan anak ke sekolah. Dan, melihat kualitas sekolah secara menyeluruh bukanlah pekerjaan yang mudah, bukan?

Sunday, 22 April 2018

Me Time Istimewa, Kita Sendiri yang Bisa Menciptakan




Tahun 2017 kemarin saya sempat menulis di blog ini tentang ''kuda-kuda" untuk tahun 2018 yang akan semakin menantang. Bahwa saya harus siap mental dan fisik untuk menjalani hari-hari di tahun ini. Hehe, iya, tahun 2018 semakin menantang karena anggota keluarga kami akan bertambah. Dan, alhamdulillah mulai tanggal 2 April 2018 kemarin saya resmi menjadi ibu dari 4 orang anak. Siap menjadi ibu yang strong? Harus siap! 😊

Thursday, 19 April 2018

Gadget Rumah Tangga yang Dapat Membuat Bersih-bersih Menjadi Mudah



Halo, teman-teman, pernah ngebayangin nggak, bahwa suatu saat nanti akan sangat banyak pekerjaan manusia yang mulai digantikan oleh robot? Teman-teman boleh-boleh saja skeptis dengan pernyataan tersebut, namun pada kenyataannya memang saat ini saja robot sudah sangat banyak digunakan. Penggunaan robot saat ini sudah mencakup bidang kesehatan, pendidikan, teknik, dan lain-lain. Ruang lingkupnya pun sangat beragam mulai dari skala besar seperti industri hingga penggunaan robot dalam skala rumah tangga yang kecil.

Friday, 13 April 2018

Daftar Barang untuk Persalinan di Rumah Sakit





Sudah empat kali saya menjalani persalinan. Persalinan yang pertama tanggal 2 April 2010, dan yang keempat kemarin tanggal 2 April 2018. Yap, persalinan pertama dan keempat tanggalnya sama! Hehe. Dalam tiap persalinan itu, ada cerita yang berbeda-beda tentunya. Mulai dari persiapan bersalin, hingga pulang kembali ke rumah. Nah, kali ini saya ingin menuliskan tentang daftar barang untuk persalinan di rumah sakit. Hal yang sudah ingin saya tuliskan dari dulu, tapi baru kesampaian sekarang. Hehe. Baru inget 😊.

Sunday, 8 April 2018

Pengalaman Melahirkan Anak Keempat



Setelah seminggu pasca persalinan, sekarang saya sempatkan menulis pengalaman melahirkan anak keempat tersebut. Tapi sepertinya cerita ini harus sedikit diawali dari masa kehamilan, deh. Hehe. Ya, karena masa kehamilan anak keempat ini cenderung saya rahasiakan dari siapapun. Apa sebab? Karena ingin beda dari biasanya saja. Hihihi.

Saturday, 7 April 2018

Sudah Benarkah Cara Bunda Mencuci Botol Susu Si Kecil? Yuk, Simak!






Halo, teman-teman yang punya anak batita atau masih bayi, adakah yang anaknya menggunakan botol susu bayi untuk minum susu sehari-hari? Botol susu bayi harus selalu dalam kondisi yang bersih dan steril saat akan diberikan kepada buah hati kita, lho. Sehingga botol susu harus dirawat dengan baik, karena botol susu bersinggungan langsung dengan anak dan tentunya untuk menjaga nutrisi susu yang dikonsumsi oleh anak kita. Betul, bukan?

Thursday, 5 April 2018

Peralatan Make Up Sederhana untuk Pemula





Peralatan Make Up Sederhana Untuk Pemula.
Setiap perempuan pastinya menginginkan untuk bisa merias dan mendandani dirinya sendiri tanpa perlu repot-repot pergi ke salon dan mengeluarkan biaya yang mahal. Untuk perempuan yang sudah ahli dalam hal berdandan mungkin tidak akan kebingungan dalam urusan merias wajahnya dengan menggunakan alat-alat make up yang ada. Tetapi untuk seorang pemula, pastinya pertama kali ber-make up akan merasa kebingungan dalam menggunakan peralatan make up untuk merias wajahnya.

Saturday, 31 March 2018

Waspadai Diare Mulai dari Lingkungan Keluarga





Halo, apa kabar teman-teman? Bagaimana kondisi kesehatannya di musim penghujan ini (masih musim hujan, kan? Hehe..)? Iya, di daerah saya masih sering hujan, lho, akhir-akhir ini. Dan ngomongin tentang kesehatan, salah satu penyakit yang sering muncul di musim penghujan adalah diare. Betul, enggak?

Wednesday, 28 March 2018

Belajar dari Mereka yang Berlabel Buruk di Mata Kita



Kadang, dalam hidup kita tanpa sadar melabeli seseorang dengan label yang kurang baik. Kita tanpa sadar menilai mereka, dan merasa kurang cocok dengan kata-kata ataupun tingkah laku mereka. Bahkan kadang merasa benci. Tapi lucunya, kita pun tanpa sadar telah belajar sesuatu dari mereka. Kok, bisa?

Sunday, 25 March 2018

[Cerpen] Rate Card



Dipandanginya template blog terbarunya dengan muka berseri-seri. Ini template blog yang paling ia suka dibanding beberapa yang pernah ia pakai selama ini. Simpel tapi manis. Dengan warna dominan putih bersih dipadu kuning gold dan hitam. Apalagi headernya, sangat mewakilinya. Ada gambar tumpukan buku dan seekor kucing manis yang sedang bermain bola kecil. Ia suka baca buku, dan gambar kucing itu mewakili si Kitten, kucing abu-abu kesayangannya.

Friday, 23 March 2018

Mainan Favorit Anak Perempuan Tahun 90-an



Saat ini hampir setiap hari saya menemani anak-anak bermain. Ada saja yang mereka jadikan bahan mainan, baik yang membeli jadi atau yang mereka buat/kreasikan sendiri. Dari main mobil-mobilan, rumah-rumahan, masak-masakan, hingga main petak umpet yang enggak butuh alat bermain. Semua aktivitas mereka seringkali mengingatkan saya pada masa kecil. Masa kecil saya yang juga penuh dengan aktivitas bermain, dengan berbagai jenis mainan.

Thursday, 22 March 2018

[Muhasabah Diri] Perbaiki Etikamu di Dunia Maya!



Tema ODOP (One Day One Post) dari Indonesian Social Blogpreneur (ISB) kali ini lumayan berat buat saya. Seharusnya, sesuai jadwal, saya posting kemarin. Tapi karena saya bingung mau nulis seperti apa, akhirnya baru bisa publish hari ini. Yah... betapa saya harus berpikir keras untuk tema yang buat orang lain mungkin terasa biasa-biasa saja. Yap, tema yang saya maksud tersebut adalah tentang "
cara menjunjung etika di dunia maya".

Tuesday, 20 March 2018

Kreasi Menu Piring Gizi Seimbang dengan "Volcanic Eruption With So Good Chicken Nugget Animal"





"Lihat! Ada gunung meletus! Hutan di sekitar gunung mulai rusak, dan hewan-hewan berlarian ingin menyelamatkan diri."

"Ayo, kita bantu selamatkan hewan-hewan itu!"
"Ayo!"
"Oke, kita bawa dulu hewan-hewan itu ke danau di pinggir hutan, ya! Biar mereka mandi di danau dan enggak kepanasan."
"Oh, itu pisangnya jadi danau, ya?"
"Sssttt... Hihihi... ayo!"

Monday, 19 March 2018

Upaya Tolak Eksploitasi Hewan di Sekitar Kita



Saya merasa beruntung mempunyai teman-teman yang aware terhadap lingkungan khususnya lingkungan hewan. Di sebuah grup WhatsApp (WA) yang saya ikuti, ada teman yang merupakan penyanyang kucing, ada pula seorang traveler yang cukup memperhatikan kesejahteraan hewan, dan beberapa teman lain yang juga perhatian terhadap masalah eksploitasi hewan di sekitar kita.

Saturday, 17 March 2018

Laskar Pelangi, Buku Penyuntik Semangat Hidupku


Buku itu datang kepada saya oleh sebab ditawarkan teman saya, beberapa tahun yang lalu. Bukunya bersampul dominan merah dan hitam, dengan gambar siluet beberapa orang anak yang tampak sedang berkumpul di bawah bayangan pelangi yang menyala. Yap, buku itu adalah buku Laskar Pelangi. Sebuah buku yang di kemudian hari menjadi best seller dan sangat fenomenal karya penulis asal Belitung; Andrea Hirata.

Thursday, 15 March 2018

Menghargai Diri Sebagai Blogger, Tapi Bukan untuk Berbangga Diri



Ketika kita telah menentukan suatu pilihan, biasanya karena kita telah mempertimbangkan seberapa banyak kelebihan dari pilihan kita tersebut, pun demikian dengan kekurangan-kekurangannya. Ada hal tentang kecocokan, nilai lebih, manfaat, kesenangan, dan lain-lain yang kita pikirkan sebelum menjatuhkan hati kita pada sebuah pilihan. Pilihan akan aktivitas-aktivitas pun demikian adanya. Hingga pilihan aktivitas itu bermuara pada suatu hal yang bernama passion.

Tuesday, 13 March 2018

Perempuan yang Sering Mengusik Alam Pikirku



Beberapa waktu terakhir ini pikiran saya seringkali terusik oleh bayangan sesosok perempuan. Aktivitas-aktivitas dalam keseharian saya seringkali dibayangi oleh sosoknya. Tidak terlalu sering, sih, tetapi entah mengapa, tak jarang pikiran saya tertuju padanya di sela-sela aktivitas keseharian saya sebagai ibu rumah tangga.

Saturday, 10 March 2018

Prive Uri-cran, Sahabat Saat Anyang-anyangan






Apakah teman-teman pernah merasakan anyang-anyangan? Kalau saya, paling sering merasakan anyang-anyangan saat sedang hamil. Bagi teman-teman yang sudah pernah hamil juga, anyang-anyangan ini tentu bukan hal yang aneh, ya. Karena tiap ibu hamil biasanya pernah mengalami anyang-anyangan ini baik pada trimester akhir maupun di awal-awal kehamilan.

Tuesday, 27 February 2018

Di Balik Pembuatan Tas Ransel Lokal dan Pengaruhnya pada Lingkungan Sekitar



Di Balik Pembuatan Tas Ransel Lokal dan Pengaruhnya pada Lingkungan Sekitar.
Halo, teman-teman. Agak lama enggak update lagi, nih, setelah sebelumnya rajin nulis tiap hari. Hehe. Biar lebih semangat, saya mau nulis tentang produk lokal Indonesia! Yap, ngomongin industri kreatif Indonesia bikin saya bersemangat 😍.

Friday, 23 February 2018

Persiapan Anak Masuk TK (Taman Kanak-kanak)



"Pagiku cerahku matahari bersinar
kugendong tas merahku di pundak
Slamat pagi semua 
kunantikan dirimu
di depan kelasku
menantikan kami...
Guruku tersayang, guru tercinta
tanpamu apa jadinya aku
tak bisa baca tulis
mengerti banyak hal
guruku, terima kasihku..."

Tuesday, 20 February 2018

When I Say Goodbye to Ronnie CS



Hello, friends. Allow me to write in English, as well as to hone my skills in this international language 😄. Now, I will tell you about my hijrah story. But it is not about hijrah in specific case like before wearing the hijab then become a veiled women. But, I just want to write my memories with my idol in the past, then how I (have to) say goodbye to all about him. Hehehe.

Sunday, 18 February 2018

Mengenang Perjuangan Seorang Tukang Potret Keliling



Waktu itu saya masih berseragam putih biru alias masih di SMP (Sekolah Menengah Pertama). Saya masih lugu sekali. Tak pernah memakai pakaian yang macam-macam, apalagi dandan. Jadi ketika akan diajak foto bersama ibu, saya hanya mengenakan pakaian pada saat itu juga tanpa mau ganti baju dulu.

Saturday, 17 February 2018

Bikin Film Anak dengan Latar Belakang Perjuangan Kemerdekaan, dong!



Tema ODOP (One Day One Post) kali ini kembali lumayan berat buat saya yang notabene bukan penggemar film. Yap, karena temanya tentang film. Huhuhu. Lebih tepatnya tentang "penting apa tidak film-film perjuangan diputar untuk anak-anak sekarang?" Nah, selama ini, seingat saya, anak-anak saya belum pernah melihat film-film dengan tema perjuangan.

Friday, 16 February 2018

Belajar Bersyukur di Setiap Waktu



Ketika hari-hari semakin ramai, semakin sibuk, dan kita seringkali merasa lelah, hingga kadang terisak di pojok kamar barang semenit, maka kita butuh suntikan semangat. Itulah yang saya alami dalam beberapa tahun terakhir ini, ketika amanah-amanah dari-Nya yang lucu-lucu nan pintar itu tumbuh semakin besar, berkejaran dengan waktu.

Thursday, 15 February 2018

Penampilan Terlihat Feminin, Tapi Otak Lebih Maskulin



Dulu, waktu saya masih di Sekolah Dasar, saya punya teman dekat yang sehari-hari selalu bermain bersama. Kami suka bermain segala macam permainan, dari permainan anak perempuan tulen seperti masak-masakan, hingga permainan yang sebenarnya lebih cocok untuk anak laki-laki seperti manjat-manjat pohon 😄. 

Wednesday, 14 February 2018

Seperti Inikah Kondisi Daerah Perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan Barat?



Tema ODOP (One Day One Post) kali ini lumayan berat bahasannya buat saya, yaitu tentang daerah perbatasan Indonesia. Saya memang pernah membaca beberapa cerita tentang daerah perbatasan Indonesia dengan negara lain, seperti daerah-daerah yang berbatasan dengan negara Malaysia, dengan Thailand, dengan Timor Leste, atau dengan Papua Nugini. Tapi boro-boro saya pernah menginjakkan kaki di daerah-daerah itu, biasanya saya hanya membacanya sekilas, entah itu di koran, internet, atau di buku novel.

Tuesday, 13 February 2018

Menulis Membantu Saya Menghargai Diri Sendiri


Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih. (QS. Ibrahim: 7)

Bagi seseorang yang mempunyai sifat introvert seperti saya, seringkali perasaan tidak percaya diri muncul. Kemudian saya akan "mengalah" untuk melakukan hal-hal yang sebenarnya enggak perlu saya lakukan, hanya karena saya merasa saya bukan siapa-siapa. Saya merasa tak pantas berargumen, jadi cukup menerima saja keadaan itu. Padahal, bisa jadi hal itu akan merendahkan diri saya sendiri sekaligus tidak menghargai diri sendiri.

Monday, 12 February 2018

Ingat Hati dan Rambu-rambu Saat Akan Terima Job



Semenjak lebih serius mengurus blog ini mulai dari dua tahun yang lalu, alhamdulillah ada saja job yang mampir melalui tulisan demi tulisan. Tak hanya itu, seiring dengan berkembangnya dunia perbloggingan yang tak lepas dari peran media sosial (medsos), tak jarang job pun menghampiri melalui akun-akun medsos yang saya punya. Ya, meskipun nilainya relatif kecil jika dibandingkan dengan blogger-blogger atau para buzzer senior dan hits di luar sana, tapi saya tetap bersyukur atas rezeki tersebut.

Sunday, 11 February 2018

Membangun Keunikan Blog Sesuai dengan Nama Domain




Setiap manusia itu berbeda, baik dari segi fisik, penampilan, kesukaan, pemikiran, dan sebagainya. Meski banyak yang mirip antara satu dengan yang lain, tapi pasti ada sesuatu yang membedakannya. Ada sesuatu yang unik pada diri setiap manusia. Karena memang Allah subahanahu wa ta'ala telah menciptakannya sedemikian rupa agar kita bisa saling melengkapi di dunia ini.

Saturday, 10 February 2018

Evaluasi Awal untuk Kumpulkan Semangat Baru



Sudah di pertengahan bulan Februari 2018, nih. Apa kabar dengan resolusi 2018 kalian, teman-teman? Bagaimana pula kabar resolusi saya? Tentu saja saya masih teringat dengan jelas apa saja resolusi yang telah saya buat di akhir tahun lalu. Dan sekarang, saya ingin membuka kembali catatan itu sekaligus melihat apa saja yang telah saya kerjakan dalam rangka mewujudkannya. Mengevaluasi rencana yang telah kita buat di tengah perjalanan untuk mewujudkannya merupakan hal yang baik dilakukan, bukan?

Friday, 9 February 2018

Ari Lasso di Just Alvin!: Narkoba? Jangan Pernah Mencoba!



Program talkshow di televisi merupakan salah satu acara yang saya sukai. Acara seperti ini berisi wawancara seorang host dengan tamu-tamunya untuk memperbincangkan topik-topik tertentu, entah yang berkaitan dengan isu terkini, pencapaian-pencapaian sang tamu, atau cerita hidup bahkan gosip-gosip mereka. Ada banyak program talkshow yang pernah saya tahu dan saya lihat, seperti Mata Najwa, Kick Andy, Hitam Putih, Ini Talkshow, Just Alvin!, Satu Jam Lebih Dekat, dan lain-lain.

Thursday, 8 February 2018

Pelajaran Bahasa Indonesia dan Pengaruhnya dalam Blogging



Menulis merupakan hobi saya sejak kecil. Saya suka menulis di buku diary sejak kelas 6 Sekolah Dasar (SD). Karena dasarnya saya pendiam, maka menulis di buku diary yang dihadiahkan oleh kakak menjadi keasyikan tersendiri buat saya. Hobi itu berlangsung hingga saya duduk di bangku SMP, SMEA, hingga kuliah. Beberapa buku diary berganti-ganti menemani hari-hari saya.

Wednesday, 7 February 2018

Dari Pengalaman, Saya Belajar Menyeimbangkan Suka dan Duka



Perasaan menjadi manusia paling menderita pernah saya alami. Fisik yang teramat sakit, ditambah batin yang terbebani dengan berbagai perasaan yang menyudutkan diri sendiri. Sempat pula mempertanyakan, apakah diri ini begitu banyak dosa, hingga Allah subhanahu wa ta'ala menghukum dengan cara itu? Padahal, ujian yang saya alami ketika itu tak seberapa jika dibandingkan dengan ujian-ujian mereka di luar sana.

Tuesday, 6 February 2018

Reuni, Fokus pada Manfaat Positifnya Saja



Akhir-akhir ini saya sering mendengar kalimat dari teman-teman saya di WA Group yang kurang lebih seperti ini: "Hati-hati kalau mau reuni. Pikirkan masak-masak sebelum mengambil keputusan untuk datang atau enggak!" 
Ih, sepertinya saat ini reuni menjadi semacam acara yang harus diwaspadai, ya? Nada kalimat saya memang bertanya, karena saya memang belum merasakan dampak buruk dari sebuah acara reuni.

Monday, 5 February 2018

Kesal Sama Orang Lain? Jangan Anggap Urusan Itu Penting!



Malam ini saya enggak bisa tidur. Si sulung Faiq tadi pagi diantar pulang oleh ustadz-nya karena di sekolah kondisinya kurang enak badan. Dan benar saja, sampai di rumah dia langsung tidur setelah ganti baju dan minum obat yang saya kasih. Saat ini, baru saja dia tertidur, setelah sesi muntah-muntah plus BAB encer selesai. Ibu mana yang enggak sedih saat anaknya dalam kondisi seperti ini? Masihkah ada yang lebih utama dari memberi perhatian penuh pada anak, apalagi saat mereka sedang sakit?

Wednesday, 31 January 2018

ASUS X555BP, Notebook Mumpuni dengan Fitur Memukau Tapi Harga Terjangkau





Sudah 2018, gimana mimpi tentang notebook kemarin?

Hah?! Oh iya ya. Kan aku kemarin sempat bermimpi punya notebook itu, ya?

Lhah... masa sudah lupa. Baruuu ditulis bulan Oktober kemarin. Jadi gimana, nih. Masih mau melanjutkan mimpinya?

Tuesday, 23 January 2018

This love is always there, for you...





Dear, Son… 
Terima kasih telah hadir di tengah-tengah kami
Menjadi buah hati Abi dan Umi yang pertama
memberikan warna baru di lembar-lembar selanjutnya dalam hidup kami
menjadi sosok yang lucu, imut dan menggemaskan
cinta baru pula untuk mbah Uti dan mbah Kung

Monday, 22 January 2018

Ngeblog Terus Hingga Sang Maha Kuasa yang Menghentikannya





Berbicara mengenai blogging bagi seorang blogger itu selalu menarik. Meskipun blog dekamuslim.com ini adalah blog ber-niche lifestyle alias "gado-gado" dengan konten dominan pada parenting, family, dan mom n kids, tapi enggak jarang saya juga asyik menulis soal blogging. Dari mulai alasan ngeblog, keuntungan ngeblog, menyinggung sponsored post di blog, dan masih banyak lagi. Dan sekarang, saya juga ingin menulis tentang blogging dengan tema berbeda. Karena ada pertanyaan seperti ini: Mau ngeblog sampai kapan?

Sunday, 21 January 2018

Checklist Pembentukan Karakter Cinta Lingkungan pada Anak



Setelah punya anak, saya baru tahu kalau pembentukan karakter itu harus dilakukan satu per satu, secara berulang-ulang, dan dalam jangka waktu tertentu. Jadi sangat sulit rasanya jika semua karakter baik dibentuk dalam waktu bersamaan. Sehingga kunci sukses pembentukan karakter yang baik, ya, harus kontinyu. Seperti halnya ketika saya dan anak-anak berproses untuk membangun karakter cinta lingkungan.

Saturday, 20 January 2018

Manfaat Kerja Sambilan Saat Kuliah



Sejak awal hingga akhir kuliah, kerja sambilan hampir tak pernah lepas dari aktivitas saya sehari-hari. Berawal dari nasib yang mengantarkan saya ke Surabaya, untuk kuliah dengan beasiswa atas bantuan pakdhe. Pakdhe saya adalah tipe orang yang enggak bisa diam, pekerja keras, maka orang-orang di rumahnya juga harus terus bergerak. Hal itu juga berlaku bagi saya, si penghuni baru di rumah beliau. Beliau pun kemudian mencarikan aktivitas baru buat saya.

Friday, 19 January 2018

Belajar tentang Semangat Pantang Menyerah dari Film Happy Feet 2



Sebenarnya saya bukan pecinta film. Tapi sebagai orang yang pernah punya televisi, menonton film bukanlah sesuatu yang tak pernah dilakukan. Dulu, saat kecil hingga dewasa, kerapkali saya menonton film di tivi. Saat masih kuliah, saya juga pernah menonton film di gedung bioskop. Memang agak berbeda rasanya antara menonton film di tivi dan bioskop, tapi bagi saya yang penting bisa menikmati jalan cerita filmnya.

Thursday, 18 January 2018

Mencegah Kekerasan pada Anak Dimulai dari Diri Sendiri dan Lingkungan Sekitar



"Aku tadi diolok-olok sama temen-temenku..."
"Diolok-olok gimana?"
"Di-'wuwuwuuuuu....' gitu."
"Lha emangnya kamu ngapain?"
"Enggak ngapa-ngapain."
"Maksudnya, sebelum 'di-wuwuwuuu' itu Faiq lagi ngapain kok bisa disorakin gitu?"
"Haduh.... Enggak ngapa-ngapain, Miii...!"

Wednesday, 17 January 2018

Mendidik Generasi Z dengan Good Attitude



Benar dikatakan jika anak adalah amanah. Mereka adalah amanah dari Allah subhanahu wa ta'ala kepada orangtuanya. Sebagai amanah, mereka harus dijaga sebaik mungkin agar yang mengamanahi enggak kecewa. Bahkan kita juga harus mengemban amanah itu agar sang pemberi amanah bisa "berterima kasih" atas kesediaan kita menjaga mereka. Demikianlah kurang lebih ibaratnya. Dan kita pasti berharap bisa melakukannya, agar kelak bisa mendapatkan surga-Nya. Aamiin.

Tuesday, 16 January 2018

Buku Bekas, Dulu dan Sekarang


Credit from pexels.com.


Tahukah, temans. Sejak beberapa hari yang lalu saya mengikuti program ODOP (One Day One Post) di grup blogger Indonesian Social Blogpreneur (ISB)? Dan hari ini, rupanya saya sedikit keteteran. Hehehe. Selain karena tadi sedang menulis tema lain, tema ODOP hari ini lumayan bikin saya mikir. Temanya tentang: "Mengapa masih suka beli majalah atau buku bekas? Adakah nilai plus-nya dari barang-barang tersebut? Di manakah biasanya membeli? Jika tidak suka, apa tanggapannya soal majalah dan buku bekas?"
Nah, panjang bener, tuh 😂

Wisata Edukasi di Malang yang Ingin Kami Kunjungi Tahun Ini





Wisata Edukasi di Malang yang Ingin Kami Kunjungi Tahun Ini
Merencanakan sesuatu memang lebih baik daripada tidak ada rencana sama sekali. Membuat persiapan yang matang sekaligus memperhitungkan segala hambatan yang mungkin ada, akan mensugesti diri kita untuk berusaha mewujudkan rencana-rencana tersebut beserta langkah-langkah antisipatifnya. Apalagi di awal tahun seperti ini, membuat rencana-rencana untuk setahun ke depan sungguh akan memberikan semangat tersendiri. Saya sendiri, telah membuat beberapa rencana tersebut, termasuk untuk urusan traveling.

Monday, 15 January 2018

Semoga Ini yang Dinamakan Berkah



Tahun 2017 kemarin hingga saat ini sepertinya menjadi hari-hari yang tak begitu indah di dalam keluarga kami, khususnya dalam masalah ekonomi. Keluarga yang saya maksud adalah keluarga inti dari saya sendiri, yang beranggotakan bapak, ibu, saya, dan seorang kakak lelaki saya. Bukannya enggak bersyukur, hanya saja keadaan sekarang menjadi lebih buruk dari sebelumnya.

Sunday, 14 January 2018

Mengasah Kecerdasan Naturalis Anak dengan Berkebun



Salah satu cara mengasah kecerdasan naturalis anak adalah dengan memperbesar frekuensi interaksi mereka dengan tumbuh-tumbuhan. Kami memang tinggal di desa, yang akan dengan mudah menjumpai tumbuh-tumbuhan di sekitar kami. Tapi, di rumah kami sendiri hanya ada sedikit tanah untuk ditanami tumbuh-tumbuhan. Sehingga, interaksi anak-anak dengan berbagai macam flora selama ini sangat terbatas.

Saturday, 13 January 2018

Traveling Bersama Orangtua



Sebagai keluarga yang tinggal serumah dengan orang tua, kami (saya dan suami) hampir selalu memikirkan kepentingan bapak dan ibu jika merencanakan sesuatu hal. Suatu hal yang saya maksud banyak sekali macamnya, mulai dari urusan remeh temeh hingga rencana besar yang harus dipikirkan matang-matang.

Friday, 12 January 2018

Belajar untuk Beribadah dan Refreshing Diri


Dan katakanlah (wahai Nabi Muhammad) tambahkanlah ilmu kepadaku. (QS. Thaaha: 114)
Setiap muslim memang wajib menuntut ilmu, baik laki-laki maupun perempuan, dari masih dalam buaian sang ibu hingga akhirnya sudah masuk ke liang lahat. Doa agar ditambahkan ilmu pun menjadi kebutuhan. Karena tanpa doa, bisa jadi ilmu yang dipelajari hanya lewat di kepala tanpa memberi manfaat apapun dalam kehidupan.

Thursday, 11 January 2018

Mencoba Menemukan Keistimewaan Diri Melalui Analisis SWOT Pribadi



Sebagai seorang introvert, saya cenderung sulit menemukan keistimewaan diri sendiri. Perasaan inferior, pemalu, tidak percaya diri, dan sifat-sifat negatif lainnya seringkali hinggap di hati dan pikiran. Hal ini telah berlangsung sejak saya kecil, hingga dewasa. Terkadang memang bahagia ketika bisa berbuat baik/lebih, tapi setelah itu saya tetap merasa tak ada apa-apanya dibanding dengan orang lain. 

Wednesday, 10 January 2018

Mengejawantahkan Pesan dari Guru Inspiratif untuk Anak



Belajar dari pengamalan. Bagi saya, kalimat simpel itu mempunyai makna yang dalam. Karena saya pikir, pengalaman lebih mengena dan lebih membekas. Bukan, bukan membandingkannya dengan belajar dari buku-buku atau sumber-sumber lain. Tapi pengalaman, adalah guru terbaik dan tak tergantikan dalam hidup.

Thursday, 4 January 2018

Apa yang Dipelajari Anak-anak ICP Kelas 1 SD?



Apa yang Dipelajari Anak-anak ICP Kelas 1 SD? 
Seperti yang pernah saya tulis di blog ini beberapa waktu yang lalu, anak sulung saya saat ini sedang belajar di Kelas 1 SD. Si sulung Faiq saya masukkan ke kelas ICP (International Class Program) setelah melalui berbagai pertimbangan sebelumnya. Salah satunya, karena kami (saya dan suami) merasa bahwa kecakapan dalam berbahasa Inggris sangat diperlukan di era globalisasi seperti sekarang ini.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Followers

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law