Wednesday, 21 November 2018

3 Tema Blog yang Bikin Semangat Ngeblog




Menulis akan terasa mudah dan menyenangkan jika kita menguasai dan menyukai topik atau tema yang sedang kita tulis. Setuju, dong, dengan kalimat tersebut? Saya, sih, sepakat banget. Jadi, sesuai dengan tujuan saya ngeblog yaitu untuk membahagiakan diri sendiri, saya pun ingin selalu mengisi blog ini dengan konten-konten yang saya kuasai, dan tentu saja yang saya sukai.


Tapi sebelum lanjut tentang menulis blog, saya juga mau bahas soal kebiasaan saya dalam membaca sebuah blog atau website, atau juga aktivitas blogwalking ke blog teman-teman, nih. Soalnya ini erat kaitannya dengan menulis blog. Karena antara bacaan yang saya sukai enggak akan jauh berbeda dengan tulisan yang akan lahir di blog ini. Enggak aneh, kan, ya? Karena bagaimanapun, membaca dan menulis itu seumpana aktivitas menuang dan mengisi air ke dalam wadah-wadahnya secara terus-menerus. Eh, agak mbuletisasi gak, nih? Haha.

Saya suka nge-klik judul blogpost yang dibagikan teman-teman di media sosial jika judulnya menarik perhatian saya. Artinya judul itu enggak jauh dari tema-tema yang saya sukai. Seperti apakah tema-tema itu?
Saya suka membaca hal-hal yang berhubungan dengan keseharian saya sebagai emak blogger. Tulisan-tulisan tentang rumah tangga, keluarga, anak-anak, hingga soal blogging selalu menggoda saya untuk lanjut membaca tulisan itu sepenuhnya.

Kembali lagi pada aktivitas blogging, apa yang saya baca sudah pasti memberikan pengaruh entah sedikit atau banyak pada tulisan-tulisan saya. Nyatanya, saya juga suka menulis hal-hal yang lekat dengan keseharian saya. Mudah dituliskan dan saya suka. Sehingga tujuan ngeblog sebagai sarana refreshing hati dan pikiran pun tercapai. So, berikut inilah 3 tema blog yang bikin semangat ngeblog bagi saya.


Tema Parenting
Masalah pengasuhan anak selalu menarik untuk saya tulis. Meskipun, tulisan yang saya klaim sebagai tulisan parenting tersebut mungkin enggak dalam atau kurang bermanfaat bagi pembaca. Saya, sih, prinsipnya sekadar berbagi pengalaman. Karena saya punya empat orang anak, dan otomatis saya mengalami hal-hal yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak. Ya, siapa tahu di luar sana ada orangtua yang senasib dengan saya, lalu mereka merasa punya teman "seperjuangan", punya opsi dalam mendidik anak-anaknya, dan sebagainya.

Baca juga: Mendidik Generasi Z dengan Good Attitude.

Tema parenting yang saya maksud di sini mencakup juga tentang sekolah anak-anak, pergaulan mereka, hingga mainan mereka. Hehe. Karena pastinya dalam setiap aktivitas mereka (terutama anak-anak yang masih kecil-kecil) ada campur tangan kita sebagai orangtua dalam membimbing mereka.


Tema Keluarga
Tema keluarga ini bisa mencakup hubungan suami-istri, kehidupan rumah tangga, acara keluarga, hingga jalan-jalan bersama keluarga. Hehe. Pokoknya semua hal yang menyangkut keluarga, saya suka menuliskannya. 

Banyak sekali kejadian-kejadian atau kondisi-kondisi dalam keluarga yang menarik untuk dituliskan. Hal-hal yang saya alami sehari-hari bersama keluarga, saya tuliskan selain sebagai kenangan juga bisa untuk sarana pembelajaran, perbaikan diri. Seperti tulisan yang menyangkut orangtua yang tinggal serumah dengan saya. Bisa buat introspeksi diri 😊.

Baca juga: Bila Serumah dengan Orang Tua.


Tema Blogging
Saya suka membaca tips-tips blogging dari tulisan mbak Carra baik di blog pribadinya di www.carolinaratri.com maupun di web-web komunitas blogger. Tulisan-tulisannya selalu bergizi. Kalau kita mau mengikuti petunjuk-petunjuk dalam tulisan-tulisan mbak Carra itu, kayaknya kita bisa bener-bener jadi blogger profesional, deh. Saya pun ingin mengaplikasikan ilmu-ilmu itu semuanya. Tapi sayangnya saya belum bisa. Hahaha. Tak apalah, sementara jadi pembacanya saja dalam DIAM 😄.


Salah satu blogpost saya yang bertema blogging.

Nah, meski saya belum bisa jadi blogger profesional seperti mbak Carra dan yang lain, tapi bukan berarti saya enggak berani menulis tentang blogging. Justru sebaliknya, saya suka banget menulis tentang blogging. Tapi, yaa... Isinya curhatan macam ini aja, sih. Hahaha. Saya rasa, selalu mengasyikkan menulis hal-hal yang sangat dekat dengan diri kita sendiri. Ngeblog itu passion saya, jadi setiap menulis tentang blog, rasanya bergelora aja gitu 😂.

Baca juga: Ketika Hobi Ngeblogmu Dibayar Sekadarnya, Kamu Rela?


Yap, itulah 3 tema blog yang saya sukai. 3 tema besar yang bisa berisi berbagai sudut penulisan yang jumlahnya tak terhingga. Hehe. Tiga tema utama itu pulalah yang bisa bikin saya semangat ngeblog. Ngeblog untuk membahagiakan diri sendiri, ya, dengan tema-tema konten yang saya sukai.

Bagaimana dengan teman-teman? Pokoknya, happy blogging, ya!


1 comment:

  1. Halo mba salam kenal :) Aku setujuu ngeblog agar membuat bahagia dan kepuasan diri sendiri. Aku juga salut sama orang yang sering ngasih tips tips tentang blogging, kayak tulus banget dalam berbagi ilmu gitu, biar sekalian berpahala ya kaan hehe amin.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

WARUNG BLOGGER


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Ibu-ibu Doyan Nulis


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law