Sunday, 25 November 2018

5 Fakta Tentangku di Dunia Menulis





Tema #BPN30dayChallenge2018 hari keenam kali ini adalah: 5 Fakta Soal Diri Sendiri. Kemudian saya jadi bingung, mesti menuliskan fakta-fakta yang mana saja, ya? Karena pasti banyak fakta tentang diri sendiri pada tiap orang, kan? Tentang fisiknya, karakternya, perjalanan hidupnya, dan lain sebagainya. Jadilah akhirnya saya memutuskan untuk mengambil sisi ini: 5 Fakta Tentangku di Dunia Menulis.


Saya ambil sisi itu karena ada beberapa fakta pada diri saya dalam dunia tulis-menulis yang ternyata sangat berpengaruh pada perjalanan menulis (termasuk ngeblog) saya selama kurang lebih satu dekade ini. Oke langsung saja, ini dia 5 fakta tentang saya di dunia menulis:

1. Susah fokus

Saya orangnya tipe yang mau dan berusaha bisa menulis dalam bidang apa saja. Mulai cerita inspiratif, review atau resensi buku, opini, reportase, dan lain-lain. Saya suka kirim-kirim tulisan ke media massa juga suka ngeblog. Beberapa tulisan di blog ini bahkan ada yang memenangkan lomba blog dengan tema yang beragam. Pemenang review buku remaja, tulisan tema islami, tulisan semi reportase, bahkan pernah juga memenangkan lomba cerita anak. Hahaha.

Baca juga: Tentang Saya.

Beberapa tulisan saya yang dimuat di media massa dan menang lomba blog atau menang kuis 😄.

Beberapa kali menang lomba blog atau lomba menulis secara umum maupun sukses kirim tulisan ke media massa ternyata bikin nagih. Saya pun terus-menerus enggak bisa fokus di satu bidang tulisan. Hal ini juga yang membuat blog ini akhirnya isinya "gado-gado". Saya kesulitan menentukan niche blog.

Memang ada untungnya juga, sih, gaya enggak fokus gini. Peluang menerima job menulis jadi lebih besar. Tapi seperti yang dibilang banyak orang, kalau enggak fokus di satu bidang, malah enggak bagus hasilnya. Ya, begitulah 😊.


2. Kurang telaten

Saya pernah lolos seleksi pada sebuah proyek buku antologi yang diterbitkan oleh penerbit mayor (Gramedia Pustaka Utama). Seharusnya, itulah langkah awal saya untuk menerbitkan buku-buku selanjutnya. Tapi nyatanya saya enggak telaten. Kurang fokus membuat saya loncat sana loncat sini, hingga akhirnya sampai detik ini baru bisa menerbitkan satu buku solo secara self publishing disamping buku antologi tersebut.

Baca juga: [REVIEW] Storycake for Your Life: Nikmatnya Syukur.

3. Pembelajar yang lambat

Baik di dunia menulis secara umum (buku dan penerbitan) maupun dunia blogging, ternyata saya adalah pembelajar yang lambat. Lagi-lagi mungkin akibat kurang fokus. Ilmu blogging yang enggak bertambah banyak sejak mulai ngeblog di akhir tahun 2012 hingga sekarang, ilmu tentang menerbitkan buku juga apalagi. Payah! Hehe.

4. Monoton

Saya tipe orang yang entah setia atau enggak mudah berubah. Seperti kasus ganti template blog, setelah 4 tahun saya baru ganti template! Begitu juga soal konten blog, isinya begitu-begitu saja. Ya, saya susah keluar dari zona nyaman, dan menikmati kehidupan ngeblog yang mungkin bagi orang lain sangat monoton (tapi sebenarnya bagi saya sendiri enggak begitu monoton, sih, hehehe..).

5. Tak mudah menyerah

Fakta yang kelima ini saya syukuri adanya. Karena saya orangnya enggak mudah atau bahkan pantang menyerah. Berkali-kali kalah dalam lomba blog tak membuat saya berhenti untuk terus mencoba. Pageview blog yang tak beranjak naik sejak dulu tak membuat saya patah semangat dalam ngeblog. Saya orangnya cuek, tapi tak mudah menyerah. Karena menulis dan blogging adalah passion saya, maka tak pernah ada kata menyerah dalam berkarya. Insya Allah sampai kapanpun saya tetap akan menulis hingga Yang Maha Kuasa yang menghentikannya 😊. 

Itulah 5 fakta tentang saya di dunia menulis. Ada sisi negatif juga positifnya. Buat saya yang merupakan tipe orang cuek, santai, enggak mau ngoyo, sih, yang penting saya bahagia dengan aktivitas menulis/blogging. Karena memang itulah tujuan saya menulis: biar bahagia! 😍

Oke, happy blogging, temans!



No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

WARUNG BLOGGER


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Ibu-ibu Doyan Nulis


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law