Thursday, 1 November 2018

Seribu Jalan Mengatasi Kebingungan Update Blog


Kebanyakan manusia akan bahagia jika merasa dihargai atau diperhatikan, ya. Begitupun yang terjadi pada saya. Ketika cuitan di Twitter tentang kebingungan update blog ditanggapi oleh teman blogger, rasanya bahagia. Iya, bahagia saya sereceh itu, sih 😄

Ya, setelah sebelum ini saya menulis tentang bloger di masa depan, lalu saya bingung mau nulis soal apa lagi. Sebenarnya banyak sekali ide di kepala, tapi saya merasa enggak layak menayangkan ide-ide yang terlalu ringan tersebut di blog. Saya merasa bahannya kurang banyak, kurang lengkap, kurang dalam, dan "kurang kurang" yang lain.

Lalu ketika mas Rudi "Belalang Cerewet" pemilik Blog Belalang Cerewet menanggapi tweet saya dengan: "Ya nulis tentang kebingungan apa yang mau ditulis, Mbak. ..." Wah, jujur saya senang sekali. Pertama karena ada teman blogger yang mau menanggapi, dan yang kedua saya mendapat ide dan semangat baru untuk menulis. Kebetulan ide dari mas Rudi datang di saat yang tepat: saat saya benar-benar bingung. Hehehe.



Kadang-kadang juga pernah, sih, beberapa teman blogger menyinggung soal ide-ide tulisan. Tapi kalau obrolan itu datang saat saya sedang asyik menulis, jadinya hanya seperti angin lalu saja. Itu pernah terjadi saat mas Aldy pemilik blog aldyputra.net nanya-nanya di WAG soal gimana cara mendapatkan ide-ide untuk update blog. Banyak sharing dari teman-teman lain, tapi sekali lagi karena saat itu ide di kepala saya sendiri mengalir lancar, ya sudah sharing dari teman-teman cukup berhenti sebagai bacaan saja 😊.

Nah, balik lagi ke tanggapan dari mas Rudi. Setelah mendapat masukan atau lebih tepatnya ide dari mas Rudi itu, saya langsung mikir, dong, mau bikin tulisan seperti apa ya? Trus saya jadi kepikiran untuk mengumpulkan ide atau cara-cara yang bisa didapatkan untuk mengatasi kebingungan update blog. Yey! Jadi sekalian buat arsip pribadi, jika sewaktu-waktu mengalami hal serupa lagi, catatan kecil ini bisa saya buka kembali.

Jadi, berikut ini list cara yang bisa digunakan saat kita kebingungan mau update blog:
  • Baca buku. Ini sudah umum sekali, ya. Banyak ide menulis yang bisa didapatkan dari buku-buku.
  • Baca berita di internet. Dari sana, bisa banget dapat bahan tulisan.
  • Baca timeline media sosial (medsos). Terkadang membaca status atau komentar-komentar di medsos itu juga ada manfaatnya 😂.
  • Minta pendapat (atau curhat 😄) di medsos. Seperti yang saya lakukan di Twitter itu. Ya siapa tahu ada yang kasih tanggapan sekaligus ide menulis.
  • Menyimak obrolan di WAG. Ada banyak obrolan bermanfaat di WAG jika kita jeli menangkapnya.
  • Buka album foto. Foto-foto pasti punya beragam cerita yang bisa dituliskan.
  • Lihat draft artikel. Coba lihat draft artikel di dashboard blog. Mungkin bisa diselesaikan?
  • Lihat dokumen tulisan. Siapa tahu dokumen tulisan di laptop/PC bisa dikembangkan menjadi tulisan baru.
  • Menanggapi situasi/peristiwa terkini. Seperti jatuhnya pesawat Lion Air beberapa hari yang lalu. Bisa diulas dari berbagai segi, kan?
  • Melihat kejadian di sekitar. Seperti tumbuh kembang anak, sekolah anak, kehidupan rumah tangga, dan masih banyak lagi.
  • Melihat blog sendiri. Mungkin perlu mengevaluasi blog sendiri? Atau memperbaiki blog lalu menuliskan cara-cara yang ditempuh?
  • Blogwalking. Mencari ide bisa banget dengan berkunjung ke blog teman-teman.
  • Ikut lomba blog. Tema lomba blog yang kita kuasai, bisa banget dieksekusi sekaligus buat update blog. Hehe.
  • Dll.

Pastinya, masih banyak lagi cara yang bisa ditempuh. Saya yakin ada seribu jalan untuk mengatasi kebingungan update blog. Itu satu poin saja bisa bercabang menjadi ide-ide yang banyak sekali. Hehe. Nanti kalau saya menemukan lagi dan inget insya Allah akan saya tambahkan, deh. 

Oiya, sebaiknya jika kita sudah mendapatkan ide, langsung ditulis saja. Kalau sedang sibuk banget, setidaknya simpan dulu poin-poin tulisannya dalam notes handphone atau ditulis di buku khusus coret-coret. Karena seperti yang dibilang oleh salah satu blogger yang juga Kompasianer (tapi maaf saya lupa siapa, hiks 😶) bahwa biasanya "ide itu easy come easy go". Poin-poin dan bahkan feel-nya akan dengan mudah menguap dan jadi beda kalau enggak segera "ditangkap dan dieksekusi". 

Seperti yang terjadi pada saya juga, saya nulis ini feel-nya sudah beda dengan saat saya menemukan ide menulis ini pertama kalinya. Karena kemarin saya belum ada kesempatan untuk menuliskannya.

Setelah kita memilih cara untuk mengatasi kebingungan update blog, kemudian sudah menemukan ide untuk menulis, yang perlu dilakukan kemudian adalah:
  • Kita harus punya niat yang kuat untuk menuliskannya! Hehehe. Karena tanpa niat yang kuat, percayalah, godaan malas itu selalu saja menanti 😄.
  • Segera action, menulislah! Sayang banget kalau sudah ada ide bagus di kepala tapi tidak dieksekusi. Kasihan otaknya yang sudah terlanjur mikir 😎.
Tapi masalah lain kadang muncul: kita ingin  menulis konten yang berkualitas! Ide, sih, sudah ada. Tapi kalau ingin memberikan manfaat pada pembaca, harus yang berkualitas, dong. Nah, teman-teman pasti sudah tahu jawabannya, deh. Iyap, kita harus mencari referensi yang cukup.

Satu lagi masalah bagi emak rempong,  yaitu seringkali harus mencuri-curi waktu untuk menuliskan ide-ide itu! Sudah ada niat, referensi sudah cukup, ingin segera action, eh, kapan nulisnyaaaa sementara seperti tak ada jeda urusan rumah tangga. Hiks! Kalau yang ini, sih, kuncinya harus sabar. Dan terkadang memang harus benar-benar mencuri waktu demi "kemerdekaan" menulis. Hihihi.

Nah, demikianlah ide yang bisa saya tuliskan kali ini. Mungkin tulisan ini enggak berkualitas, karena sekadar curhat yang ditempeli sedikit cara mengatasi kebingungan update blog yang notabene adalah masalah saya sendiri. Hihihi. Ternyata kalau kita mau sedikit berpikir, berusaha, enggak akan ada lagi kebingungan itu. Dan semoga, tulisan remeh temeh inu ada manfaatnya buat sebagian teman-teman yang senasib dengan saya, ya 🤗.

Ada kesimpulan dari tulisan curhat ini? Ada, dong...
Jangan pernah berat untuk menanggapi kegalauan teman kalian, karena bisa jadi itu akan sangat bermanfaat baginya. Mungkin kita tak pernah tahu, sebesar apa pengaruh positif yang dihasilkan dari komentar baik kita. Kebaikan yang menular, insya Allah akan menjadi catatan manis dalam "buku"-Nya 😊

Happy blogging, temans 😍


*gambar-gambar dari pixabay.com


38 comments:

  1. Nah, bagus ini. Ternyata Mbak nemu 13 sumber inspirasi buat nulis di blog ya. Khas banget nih tema-tema bloger jadul. Saya jadi ingat ada beberapa draft yang belum selesai. Makasih sudah diingatkan. Blogwalking nih masih PR banget buat saya.

    ReplyDelete
  2. Buka koleksi fotooo, itu ampuh banget buat aku dpt ide nulis. Hihi. Lbh ampuh lagi, traveling deeh. Haha

    ReplyDelete
  3. Dari kebingungan update blog malah jadi artikel blog yang menarik dan jadi solusi bagi blogger kayak saya yang sering mentok dan bingung mau nulis apa, makasih sharing-nya, mba

    ReplyDelete
  4. kalau saya malah seneng ikutan lomba blog yang tema nya masih asing, sehingga saya terpaksa harus belajar dan riset. minimal kalau kalah, saya dapat ilmu dan wawasan baru. hhehe

    ReplyDelete
  5. Mbak, bahagiaku juga sereceh dirimu lho. Soalnya kalau ngetwit ttg blog dan direply sama sesama blogger itu aku bahagia syekali. Entah lagi sama-sama buntu, malas nulis atau ngobrol sana-sini yang berujung dapat ide blogpost.

    Terus biasanya ide kan datangnya kalau udah merem melek tuh, aku kadang sampe batal tidur dan draft cepat di notes dulu biar besok2 bisa di eksekusi. Heheh

    ReplyDelete
  6. Yaah...aku gagal doonk ikut tema kata kunci kali ini.
    Padahal uda di pikirin jauh-jauh hari.

    Ternyata,
    Dipikirin aja ga cukup, cyiin...

    Perlu dituangkan ke blog dengan cara diketik.

    Cusss...

    ReplyDelete
  7. Bisa disimpulin memulai pancingan dari banyak membaca yah melatih kritis berpikir juga sih soalnya kudu dipilah2. Ohiya baca2 di Quora juga bisa kak :3

    ReplyDelete
  8. Naaah, itu Mbak, saya juga gitu klo lagi bingung mau update apa biasanya coba hunting GA, yg ringan2, atau blogwalking kali bisa terinspirasi juga dari situ buat nulis sesuatu. Emang yaaa, klo udah ada ide tuh harus langsung action buat nulisnya, klo gak ya itu ide easy to come but easy to go juga deh, xoxooxx.

    ReplyDelete
  9. 2 point terakhir aku banget hahahhaa, kalo gak blog walking buat cari inspirasi yah Iseng2 ikut lomba blog siapa tau beruntung

    ReplyDelete
  10. Seringnya udah nulis draft tulisan din dash board. Berharap ntr dilanjutkan lg lama2 berhenti jg sampe di dratf ^sedih. Mungkin balik lagi ya ke draft2 tulisan di dashboard buat di lanjutkan atau di rework lg. Krn blom sempet dipublish.
    Kl ide biasanya dtg suka tiba2 dan harus di tulis dl rough nya di catatan kl ndak bs ilang aja.😁

    ReplyDelete
  11. Wuah kalo aku banyak stok ide mbak, jadi ya santai2 aja sih, gak pernah kehabisan stok

    Foto2 lama bisa diunggah

    Aku kalo lagi malas ya bikin listicle yang kuambil dari catatan perjalanan pas ke wisata. Jadi sekreatif kita lah buat update blog

    ReplyDelete
  12. Kalau aku kebanyakan ide mbak diah, tapi minim dieksekusi. Gimana nih solusinya?

    ReplyDelete
  13. Bener banget mb.. aku Aja yg baru 6 Hari mudik bingung mau nulis apaan. Padahal sebenarnya secara teori banyak yg bisa kutulis ya .Wwkwkwkwk dasar emang malas.. duh Kira Kira type kayak aku bertahan ga nih di Masa depan. Huhuhu

    ReplyDelete
  14. Ini post yg bermanfaat lho mba...seperti saya yg sangat terbantu karena sering juga bingung mau nulis apa..hehe.. Ikut nyatet tips2 nya ya...

    ReplyDelete
  15. Aku pun setuju dengan semua poin di atas. Aku juga akhir-akhir ini sedang rajin blogwalking dan ikut lomba blog. Biar melatih diri sendiri untuk menulis sih sebenarnya. Hehehe.

    ReplyDelete
  16. Wahh makasih kak tipsnya kalau aku sih ya. Untuk stok ide sih banyak cuma malesnya itu lho duhh jadj ga ketuang tuang deh hhehe.

    ReplyDelete
  17. Hanya butuh latihan yang banyak, sesuai slogan Nike, just do it. Kalau sudah terbiasa, maka jari akan bergerak sendiri sesuai dengan irama isi kepala.

    ReplyDelete
  18. Nulis di blog aslinya mah gampang, ide bisa dari mana-mana. Cuma kadang kitanya malas, hehehe. Yuk semangat isi blog!

    ReplyDelete
  19. Nah yang penting sih niat yang kuat. Karena ide sebenarnya gampang ditemukan. Yang susah kalo udah ketemu malas, ngantuk, pengen bobok ciang, hahahhaa... *blogger apah akuuh

    ReplyDelete
  20. Kalau aku pikir sih komitmen dan semangat yang musti dijaga ya..kalau inspirasi asliii ada di mana-mana yaa

    ReplyDelete
  21. kalau aku sukanya curhat, apapun itu pasti diselipin curhat :D

    ReplyDelete
  22. Banyak cara mencari menulis di blog. Yang perlu untuk saya adalah mencari cara supaya penyakit M itu menjauh seterusnya

    ReplyDelete
  23. Saya kalau kehabisan ide buat bahan tulisan, biasanya melihat pada apa yang ada di sekitar saya Mba, biasanya banyak peristiwa yang bisa dijadikan bahan :)

    ReplyDelete
  24. Kalau aku iasanay nonton film aja dari situ suka muncul ide-ide buat nulis

    ReplyDelete
  25. Ide nulis bisa datang dari mana saja sih menurut aku..justru saking kebanyakan ide masih banyak yang berupa draft :)

    ReplyDelete
  26. Banyak hal yang bisa kita tulis karena mentok atau nggak tau mau nulis apa ya mba, yang ada dekat di sekitar yang ambil aja hehehe

    ReplyDelete
  27. Saya pernah baca pendapat seorang blogger, beliau bilang kalau memiliki nniche juga membuat bloger lebih mudah mencari ide lo.... tampak bertentangan ya :)

    ReplyDelete
  28. Jangan gtu ah, tidak ada tulisan yg tidak berkualitas keleeess :D
    Yg penting semangat nulisnya.
    Btw mbak aku malah kangen sama tulisan curhat2an gtu lho hehe.
    Dulu aku fans berat tulisan curcolan, sayang blog2 yang suka kubaca udah gk update lg hiks

    ReplyDelete
  29. Ide itu bisa datang dari mana saja yaa, Mba. Seperti saya, setelah nonton drama Korea atau film india, biasanya langsung dapat ide nulis, tapi sayang kadang (atau boleh dikatakan lebih sering) malas melanda, akibatnya yaa gitu deh gak jadi dieksekusi idenya 😪

    ReplyDelete
  30. Haha yuk kita cari orang yang mau curhat supaya bisa update blog terus.

    ReplyDelete
  31. Kalau ngintip draft di blog, kadang sampe heran sendiri aku Mba. Oh, ternyata aku pernah nulis ini ya. Hahaha
    Kalau feelnya masih dapet sih enak buat ngelanjutin. Yang sering terjadi, feelnya udah beda. Huhuu. Memang bener ya, ide kalau nggak segera dituntaskan jadinya kentang. Kena Tanggung :D

    ReplyDelete
  32. Udah ada ide, nggak sempet mencatatnya. Eh, lupa dan hilang gtu aja. Sedihhh..

    ReplyDelete
  33. Wahh keren. Banyak banget ya sumber ide nulis jadi cm 1 deh alasan gak update blog "lagi males" hehehe

    ReplyDelete
  34. Setali tiga uang sama Noe Blogger.
    Melihat galeri foto adalah salah satu suntikan ide buat nge-blog.

    ReplyDelete
  35. Replies
    1. Maksudnya gimana, nih? Kalau misal mau gabung grup blogger, yang di FB aja dulu. Misal di Warung Blogger. Coba cari di FB "grup Warung Blogger", trus gabung deh 😊

      Delete
  36. sebenarnya cara-cara yang disebutin di atas sudah aku lakuin semua mba, tapi kadang yang kendala itu pas waktu nulis, maju mundur cantik, idenya udah dapet, tapi waktunya enggak dapet, giliran waktunya ada buat nulis tapi rasa malas tiba-tiba dateng, malah asyik buka aplikasi marketplace wkwk

    ReplyDelete
  37. hmm ide emng datang dr mana saja. banyak sebenernya ide ide yg bermunculan dlm sehari - hari. tapi kendalanya mengeksekusi ide itu sendiri. susah. hehe. hrs bagi waktu, nunggu mood yg tepat hehe, dan sebagainya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

WARUNG BLOGGER


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Ibu-ibu Doyan Nulis


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law