Saturday, 27 October 2018

Selamat Hari Blogger Nasional! Yuk, Ngobrolin Soal Blogger di Masa Depan!


Beberapa hari yang lalu saya membaca sebuah komentar di thread status Facebook seorang blogger. Komentar yang dilontarkan oleh  salah satu blogger senior tersebut kurang lebih begini isinya: "Bikin plan apa gitu, yuk. Masa depan blogger masih cerah, nih." Ehm, jadi kayaknya asyik juga, nih, kalau ngobrolin soal blogger di masa depan di Hari Blogger Nasional sekarang ini 😍.

Eits, tunggu dulu. Ada yang belum tahu kalau hari ini adalah hari spesial buat para blogger? Atau baru inget? Hihi. Iya, hari ini tanggal 27 Oktober adalah Hari Blogger Nasional. Hari besarnya para blogger di Indonesia! Yeyy... Mari merayakan hari kita semua, bloggers!

Baca juga: Selamat Hari Blogger Nasional 2016!


Oke, kembali lagi ke komentar salah satu blogger tersebut; masa depan blogger masih cerah? Benarkah? Pas emak blogger admin dekamuslim.com ini lagi mikirin komentar tersebut, eh, pas banget Warung Blogger (WB) ngadain semacam nulis bareng gitu dengan tema bloger di masa depan ("bloger" dengan satu "g" ya, karena admin WB sudah menggunakan kata yang sesuai KBBI 👌👍 tapi karena saya sendiri belum familiar, jadi maafkan jika masih menulis bloger ataupun blogger. Hehe.). 
Trus trus... Ih, nyambung banget, kan, antara pikiran saya dan ide WB? So, yukkk dibahas 🤗.

Sebagai emak blogger yang keberadaannya (mungkin) sangat tidak tampak di permukaan jagat blogosphere di Indonesia, saya ikut mikirin soal bloger di masa depan enggak dinyinyirin, kan? Hahaha.
Ya iyalah, corat-coret juga di blog saya sendiri, kok *songong* 😂.
Eh tapi, siapa juga yang baca tulisan ini?
Oh, ya udahlah apapun yang terjadi saya tetep nulis. Huhu. Coz it's my passion! *keminggris* 🤣

Oke, dengan melihat segala aktivitas blogging saat ini, kira-kira gimana, ya, wajah blogger di masa depan?

Hemm.. saya mau sedikit menggunakan metode SWOT ala ala aja, deh, biar lebih gampang mikirnya. Jadi gimana, nih, Strength, Weakness, Opportunity, dan Threats-nya?


Saya belum bisa menjadi blogger penuh waktu ataupun blogger profesional, sih. Tapi saya bisa sedikit melihat perkembangan bloger saat ini. Teman-teman juga pasti sudah tahu, kan, bahwa saat ini tuh bloger sudah dibutuhkan oleh banyak pihak. Coba lihat, event-event yang digelar untuk masyarakat umum saat ini sudah banyak yang melibatkan blogger. Dari mulai event launching resto, pengenalan produk baru dari perusahaan, event pariwisata, hingga sosialisasi kebijakan pemerintah yang baru, dan lain-lain.

Itu semua menjadi strength baru bagi blogger. Blogger menjadi salah satu bagian dari digital marketing untuk banyak pihak. Ikut menyebarkan berbagai informasi kepada khalayak luas, mempromosikan suatu produk, juga mempengaruhi masyarakat untuk bertindak atau mengambil keputusan. Bukan hanya e-commerce atau marketplace saja yang sering menggunakan blog sebagai media promosi, tapi sekarang ini pemerintah sudah sering menggandeng blogger untuk tujuan-tujuan share kebijakan baru. 

Menurut saya, sih, kekuatan tersebut kemungkinan masih akan ada setidaknya untuk beberapa tahun ke depan. Mengapa? Karena peluang itu masih ada. Eh, gimana?


Iya, jika saat ini belum semua orang tahu dan paham apa dan bagaimana blogger itu (ini jadi salah satu weakness, ya), tapi saya lihat semakin hari semakin banyak orang yang tahu. Tentu saja ini sebagai efek dari meluasnya penggunaan internet di masyarakat. Yap, jumlah warganet di Indonesia semakin tinggi dari hari ke hari. Sepanjang tahun 2107 tercatat lebih dari 50% penduduk Indonesia atau sekitar 143 juta orang terhubung dengan internet. Jumlah itu tentu saja meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: Terjajah Medsos.

Dengan semakin banyaknya warganet di Indonesia, memperkenalkan produk atau jasa lewat internet jadi lebih prospektif. Dan, blogger sebagai bagian dari digital marketing akan mempunyai peluang lebih besar untuk ambil bagian di dalamnya. Apalagi, blogger bisa "dipakai" untuk segala bidang. Dari food and beverage, kesehatan, olahraga, beauty, dan masih banyak lagi. Peluang banget, kan? Opportunity-nya besar.

Oh ya, jangan lupa, saat ini kita sedang menyongsong Revolusi Industri 4.0. Bersama negara-negara lain di dunia, Indonesia juga enggak mau ketinggalan apalagi terjatuh dalam dunia industri. Blogger, sebagai bagian dari industri kreatif tentu harus memanfaatkan peluang ini dengan baik. Caranya? Salah satunya dengan memperluas networking biar bisa turut serta memajukan perindustrian di Indonesia. Berkolaborasi yang apik gitu lah dengan para stakeholder 😊.


Eh... Saya kok seperti muluk-muluk banget, ya, nulisnya? Yah, sekadar mencari peluang boleh, kan? Dan saya juga tahu, kok, bahwa tantangan (threats) blogger di masa depan juga enggak sedikit. Seperti dalam image di atas, persaingan antar bloger makin ketat. Maksud persaingan di sini dalam hal yang positif, ya. Bagaimana kita musti bisa menyajikan tulisan yang bermanfaat untuk pembaca. Pastinya pembaca akan memilih blog yang informatif dan bermanfaat, lah. Nah, ini pe-er banget buat saya yang keseringan nulis curhat. Huhu. 

Selain itu kita juga harus bersaing dengan YouTube (dan Instagram, mungkin?). Bagaimana supaya konten tulisan tetap dilirik oleh warganet. Karena kita tahu, konten audio visual biasanya lebih gampang menarik perhatian daripada tulisan. So, melengkapi blogpost dengan gambar-gambar yang menarik, infografis, video, dan sebagainya sepertinya merupakan tantangan yang harus ditaklukkan blogger di masa depan. Hehe.

Ada lagi, kejujuran tulisan dan independensi blogger juga menjadi tantangan tersendiri. Bagaimana agar pembaca mendapatkan informasi yang benar, tidak menyesatkan, tidak dibohongi dikarenakan tujuan-tujuan tertentu. Hemm.. tantangan banget gak, sih? Hehe.

Baca juga: Ketika Hobi Ngeblogmu Dibayar Sekadarnya, Kamu Rela?

Dengan melihat peluang dan tantangannya, saya berharap kita semua sebagai blogger dapat mengatasi segala tantangan sekaligus mengisi peluang dengan sebaik-baiknya.

Wah, ternyata sudah panjang aja, ya, saya nulisnya. Tampaknya cukup sekian dulu segala uneg-uneg ataupun pendapat saya tentang bloger di masa depan. Saya berharap, sih, masa depan bloger makin cerah, seperti komentar salah satu blogger senior di atas. Dan jangan lupa untuk selalu menyajikan tulisan-tulisan yang positif saja, yang enggak bikim gerah apalagi hoax 🙄. Yap, selamat menyongsong masa depan dunia blogging dengan senyum optimis 😊🤗😍.

Oh ya, terakhir, nih, ada yang mau nulis bareng Warung Blogger juga seperti saya? Silakan baca infonya dulu di sini, ya:
http://www.warungblogger.org/2018/10/bermain-kata-kunci-1-bloger-di-masa.html
dan selamat bersenang-senang dengan kata-kata 🤩.

Terima kasih banget buat WB yang sudah memulai (lagi) untuk bersenang-senang nulis bareng seperti ini. Semoga ke depannya benar-benar bisa istiqomah, ya 🤩. Jadi enggak sabar nunggu tema selanjutnya setelah bloger di masa depan ini. Hihihi. Buat para admin, lebih "cerewet" lagi, lah, sama membersnya, biar kita-kita enggak sungkan menyampaikan ide-ide atau apapun itu. Sukses selalu buat WB 😍😍♥️

Referensi:
  • https://m.detik.com/finance/industri/d-3952668/apa-itu-revolusi-industri-40
  • https://m.liputan6.com/bisnis/read/3669787/revolusi-industri-40-butuh-sdm-yang-kuasai-teknologi
  • https://www.google.co.id/amp/s/amp.kompas.com/tekno/read/2018/02/22/16453177/berapa-jumlah-pengguna-internet-indonesia

29 comments:

  1. Selamat hari bloger juga.. Maafkan telat mampir sini, Mba😊

    Btw tadi ko fokus banget tentang independensi, hihi. Bisa aja lama-lama bloger jadi makin sesuai pesanan. Semoga sih nggak semuanya ya Mba.
    Dan kalopun bloger ga laku lagi, insyaAllah tetap menulis dengan media apapun 😊

    ReplyDelete
  2. Selamat Hari Blogger! Sekarang Blogger udah jadi profesi yang digemari. Dan untuk membedakan kita dan yang lainnya harus ada ciri dan pastinya tetap jujur

    ReplyDelete
  3. Selamat Hari Blogger Nasional, mbak

    Saat ini banyak banget orang yang tergiur menjadi blogger. Dan banyaknya pengen yg instan2 aja. Pdhl membangun blog itu gampang asal konsisten.

    ReplyDelete
  4. Selamat Hari kita, ehh Selamat Hari Blogger Nasional.
    Semoga semangat ngeblog kita semakin bertambah setiap harinya :)
    Huaaa, kemarin pengen nulis ttg ngeblog juga, tp ide mampet, malamnya juga habis ngejar DL sih. Coba mampir ke WB juga kemarin, mungkin bisa ikutan nulis collab ini juga, huhuhh, ketinggalan.

    Yg dituliskan Mbak Diah ini lengkap banget deeh. Semoga kedepannya Bloger semakin jaya dan punya tempat khusus di mata semua ya Mbak, lah sekarang aja udah gak bisa disepelekan lho keberadaannya. Hikss, tapi sayangnya di daerah masih belum ramai, event2 juga masih minim, semoga sih bisa secepatnya spt daerah lain juga. Jujur, iri lihatnya. Kan kepengen juga tuh ngeliput2 bukan cuma sekedar ngerjain review endorsean doang, heheheh

    ReplyDelete
  5. Selamat Hari Blogger!
    Setuju semua sama ulasannya. Pernah mikir juga bloger di masa depan mau jadi apa tapi melihat perkembangan teknologi sepertinya masih menjanjikan ya, insya Allah.

    ReplyDelete
  6. Saya juga optimistis bloger di masa depan bakal lebih menjanjikan, baik keuntungan ekonomi atau pengembangan diri. Memang banyak PR-nya sebab ngeblog dah ga cuma nulis aja. Selamat Hari Bloger ya Mbak. Semoga WB juga makin ramai dengan berbagai kegiatan.

    ReplyDelete
  7. selamat hari blogger nasional, Mba Diah :)

    Baca tulisan ini membuat saya tersadar nih bahwa selama tiga tahun ngeblog ternyata kualitas tulisan saya masih belum ada peningkatan, masih banyakan curhat unfaedah-nya

    ReplyDelete
  8. SIAP!!!

    kalau diminta tambah cerewet, akan deh. Hehehe.

    ReplyDelete
  9. Selamat Hari Bloger Nasional!

    Aku baru saja menularkan kecintaan menulis di dunia maya kepada adik-adik saat enjadi narasumber 'Blogger Goes to School' beberapa hari lalu.

    Yang aku tekankan 2 fakta :
    1. Membuat Blog itu mudah
    2. Blog sukses tidak mudah

    Perlu dedikasi, agar bisa menjadi bloger sukses!

    ReplyDelete
  10. Selamat Hari Blogger Nasional.

    Dan mari menulis...
    ^^

    ReplyDelete
  11. Selamat Hari Blogger mba...

    Aku masih baru, masih bayi merah diumpamakan masih terus belajar dan meraba-raba akan dibawa ke mana blog saya ini

    ReplyDelete
  12. Selamat Hari Blogger National yaa mba...aku uda lamaa euy ngga ikutan nulis bareng nie mba. Semoga next bisa ikhsan..btw aku barusan follow blogmu niih

    ReplyDelete
  13. Aku takut banget niat pribadiku menulis blog rusak krn godaan materi. Smg ngak ya krn ngeblog adalah salah satu tempat buat kita menulis bebas walau akhirnya ada rezeki yang datang.

    Selamat hari bloger nasional mba

    ReplyDelete
  14. Selamat hari blogger nasional. Semoga tulisan kita semua bermanfaat :)

    ReplyDelete
  15. Duuh apa kabar blog catatansiemak yang isinya kayak etalase ini, hiks. Semangat ngeblog ya.

    ReplyDelete
  16. Selamat hari blogger juga ya mba, gpp ya telat beberapa hari ngucapinnya hehe Blogger masa depan pasti akan semakin banyak blogger ya kontennya kece kece deh. Tapi jujur saya rindu blogger dulu jaman 2008 :D

    ReplyDelete
  17. Kalau suka dan memang enjoy gak dibayarpun kadang aku mau kok. Makanya skr aku buat blog lain juga nih isinya yang bener2 blog cerita pribadi.

    ReplyDelete
  18. Selamat hari blogger Nasional mba Deka.
    Aku bangga jadi Blogger Indonesia.
    Selalu menebar manfaat dan positif ya Mba Deka.
    Sehat terus.

    ReplyDelete
  19. Selamat hari blogger..!!

    Dari (yang ngakunya) blogger tapi nulisnya belum bisa konsisten. Huhuu.
    Semoga abis ini bisa makin semangat, demi menyongsong masa depan blogger yang lebih cerah *aseekk😆😆

    ReplyDelete
  20. Aamiin semoga terus istiqomah ngeblog. Mba Deka termasuk yg istiqomah, karena udah lama banget ngeblognya yaa..

    ReplyDelete
  21. Jadi blogger memang seru, meski pemula, aku sangat antusias, selain karena hoby dan pelarian unek-unek, ternyata blogger gak boleh di pandang sebelah mata. Melihat prospek bagi blogger ke depan sangat menjanjikan

    ReplyDelete
  22. Selamat Hari Blogger Nasional. Sepertinya blogger di masa depan lebih canggih dan mengikuti perkembangan teknoligi dan zaman.

    ReplyDelete
  23. Warung blogger ini yang baru yah kak? Soalnya kalau fi tweet aku pernah gabung di warung blogget tapi setiap kali mention warung blogger gak pernah di balas apa mungkin ada akun barunya yah. Btw semangat terus ng blog nya kak 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. WB udah lama, kok. Nanti aku mention di twitter ya, insya Allah 😀

      Delete
  24. Selamat Hari Blogger Nasional mba,

    salam kenal dari saya yah,

    Mari menulis (Ngajak diri sendiri juga) hahaha

    ReplyDelete
  25. kupun ga familiar klo blogger harusnya g-nya cuman 1 mba hahhaa...
    iya aku juga punya pemikiran skrg malah beralih ke youtube apakah nti blog juga beregser krn konten youtube lebih visual gitu sih mba

    ReplyDelete
  26. Selamat hari Blogger Nasional 2018. Semoga ngeblog makin membawa manfaat untuk semuanya.

    ReplyDelete
  27. Selamat hari Bloger Nasional ya Mbak. Begitu baca postingan ini jadi main termotivasi untuk bisa rajin ngeblog dan terus menelorkan konten yang positif dan berfaedah. Hihihi...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

WARUNG BLOGGER


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Ibu-ibu Doyan Nulis


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law