Monday, 27 August 2018

Lagi Cari Kerja? Ini Dia 4 Cara yang Bisa Dicoba!




Halo, teman-teman. Kemarin adik saya dan seorang temannya mampir ke rumah. Mereka ini berprofesi sebagai guru SD. Ketika ngobrol, saya jadi tahu bahwa temannya adik itu baru beberapa bulan mengajar. Fresh graduate yang langsung dapet kerja ceritanya. Hehe. Keren, ya. Trus saya jadi flashback sendiri. Dulu, saya gampang-gampang susah juga saat cari kerja. Pernah yang sekali lamar langsung diterima, tapi pernah juga ditolak. Hemm… jadi pengin sharing, nih. Teman-teman ada yang lagi cari kerja? Ini dia 4 cara yang bisa dicoba! (menurut pengalaman dan pengetahuan saya, ya 😊).

1. Bertanya ke teman-teman atau saudara. 
Jika kita sedang mencari pekerjaan baru, enggak ada salahnya kita mengobrol dengan teman-teman atau saudara. Sharing tentang pekerjaan yang kita inginkan, sekaligus bertanya barangkali mereka tahu adanya lowongan pekerjaan di tempat mereka bekerja atau berbagi wawasan yang lain. Enggak jarang juga, kan, sebuah perusahaan sebenarnya sedang membutuhkan karyawan baru tapi kabar itu baru beredar di intern perusahaan? Nah, siapa tahu jenis pekerjaan yang kita inginkan sesuai dengan kebutuhan mereka. Saya pernah melakukan cara ini. Adik saya pun menemukan pekerjaannya yang sekarang juga dengan cara ini. 


2. Menghadiri Bursa Lowongan Kerja (Job Fair). 
Sekarang ini sering digelar bursa lowongan kerja (Job Fair) di tempat-tempat strategis seperti kampus-kampus universitas atau di gedung-gedung yang biasa menggelar berbagai event. Coba saja datangi bursa lowongan kerja seperti itu. Kita bisa memilih lowongan kerja yang cocok dengan skill dan keinginan kita. Tapi untuk masuk ke event seperti ini biasanya kita harus membayar, ya. Meski ada juga yang gratis. Saya juga pernah mencari pekerjaan dengan cara ini, tapi belum pernah ada yang cocok. Hehe. 


3. Cari di iklan koran/media massa. 
Ada banyak info lowongan kerja di koran, majalah, atau mungkin di radio yang sering kita dengarkan. Iklan lowongan kerja di koran biasanya dikelompokkan per kategori jenis pekerjaan. Cari yang sesuai dengan skill kita, posisi yang kita inginkan, atau apapun jenis pekerjaan yang kita inginkan. Kita bisa menyurvei lokasi tempat kerja terlebih dahulu sesuai alamat yang tetera, bisa langsung melamar, atau mungkin bisa bertanya-tanya dahulu via telepon jika ada nomer telepon yang bisa dihubungi. Saya dulu pernah dua kali bekerja hasil dari cari iklan di koran seperti ini. 


4. Cari di situs online. 
Hidup di zaman digital, apapun ada versi digitalnya. Bener, kan? Hehehe. Lowongan pekerjaan pun demikian halnya. Kita bisa mencari mencari pekerjaan melalui situs-situs online. Keuntungan mencari pekerjaan di situs online adalah lebih praktis. Kita bisa mencarinya hanya dengan duduk santai di rumah atau di manapun, kapanpun, dapat memilih banyak jenis pekerjaan yang diinginkan dengan mudah, lalu mengajukan lamaran tanpa perlu uang transport, dan seterusnya. Intinya hemat waktu, biaya, dan tenaga.




Saya kasih contoh situs yang dimaksud adalah JobStreet.com yang beralamat di www.jobstreet.co.id. JobStreet ini adalah salah satu perusahaan penyedia informasi lowongan pekerjaan terkemuka di Asia (Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, dan Indonesia). Jadi dia berperan sebagai fasilitator yang akan mencocokkan dan mengomunikasikan lapangan kerja antara pencari kerja dan perusahaan. 

Perusahaan yang didirikan di Malaysia pada tahun 1997 ini dapat kita andalkan untuk mencari kerja secara lebih gampang, praktis, dan aman. Mengapa demikian? Coba kita simak keunggulannya, ya: 
  • Proses cari kerja tidak menghabiskan banyak waktu, karena sistemnya mudah dipahami. Kita bisa mengajukan lamaran kerja dengan mudah dari depan komputer/laptop atau smartphone, lalu tinggal menunggu proses selanjutnya (wawancara atau yang lain). 
  • Banyak lowongan berkualitas di JobStreet ini. Kita bisa mencarinya sesuai keinginan dan kapabilitas kita. Banyak perusahaan berkualitas yang bekerjasama dengan JobStreet, seperti Bank BCA, Bank Mandiri, PT. Mayora, PT. MNC, dan masih banyakkk lagi yang lain. Hehe. 
  • Sebagai calon pelamar kerja kita akan mendapatkan informasi perusahaan yang lengkap dan detail melalui halaman perusahaan yang ditampilkan di JobStreet, sehingga akan membantu kita dalam proses review lanjutan. 
  • Desain baru JobStreet menampilkan suasana kerja perusahaan yang akan kita lamar, benefit untuk karyawan, juga peta lokasi yang akan memudahkan kita mencari lokasi perusahaan. 
  • Ada panduan dan tips mencari kerja online secara aman, untuk menghindari penipuan, phising, dan semacamnya. 
  • Tampilan JobStreet yang elegan, tidak membuat jenuh para pencari kerja. 

Apalagi, JobStreet ini juga ada aplikasinya untuk kita unduh di smartphone. Kita bisa mengunduhnya di App Store, Play Store, BlackBerry World, atau di Windows Store (sesuaikan dengan gadget kita). Dengan aplikasi ini, kita bisa menemukan pekerjaan impian kita kapanpun dan di manapun, berdasarkan kisaran gaji dan lokasi. Keuntungan lebih dengan memasang aplikasi ini di smartphone kita adalah kita bisa mendapatkan job alert setiap hari melalui handphone kita, bisa memperbaharui resume di manapun kapanpun, dan tentu saja lebih praktis. 

Lalu, bagaimana caranya untuk mencari dan kemudian menemukan pekerjaan impian kita melalui JobStreet? Begini urutan langkah-langkahnya, ya: 
  1. Mendaftar 
  2. Memvalidasi email 
  3. Pekerjaan yang cocok dan pemberitahuan pekerjaan LiNa. LiNa adalah sistem pencocokan pekerjaan secara online di JobStreet.com. Sistem ini yang akan menunjukkan pekerjaan apa saja yang cocok untuk kita berdasarkan profil yang kita buat untuk email. 
  4. Membuat profil JobStreet.com 
  5. Mencari pekerjaan 
  6. Melamar pekerjaan 
  7. Periksa status lamaran 
  8. Permintaan wawancara 
  9. Melamar pekerjaan di mana saja. 

Untuk lebih jelasnya, teman-teman bisa langsung kunjungi website-nya, ya. Dijamin gampang, kok, kalau mau cari kerja dari JobStreet ini. Sebagai situs yang mengusung tagline “Situs Lowongan Kerja dan Karier No.1 di Indonesia”, JobStreet paling terpercaya untuk urusan membantu menemukan pekerjaan impian kita 😊

Demikianlah sharing saya kali ini. Semoga artikel yang berjudul Lagi cari kerja? Ini dia 4 cara yang bisa dicoba! ini bermanfaat untuk yang sedang mencari pekerjaan, ya. Oh ya, selain berusaha seperti cara-cara di atas, hal penting lainnya adalah do’a, ya, temans. Jangan lupakan berdo’a! Oke, barangkali teman-teman punya cara lain dalam mencari pekerjaan selain dengan cara-cara di atas, sharing juga, dong 😊.



17 comments:

  1. yang nomor 4 ini bakalan rame mbak. :)
    ehmm tapi kadang pelamar kurang yakin dengan skillnya biasanya milih nomor 1 wkwkwk
    ingin lebih PD main keroyokan ke bursa kerja.

    ReplyDelete
  2. Dulu saya gak pede nyari2 kerjaan. Jadi pilih jalur sekolah yg bisa langsung kerja

    ReplyDelete
  3. temenku dulu rutin beli koran yang khusus mencari lowongan kerja,tapi mungkin paling manjur sih ikutan bursa kerja ya

    ReplyDelete
  4. Ya ampun mbaaaak
    Aku salah baca. Menghadiri job fair kubaca menghindari job fair. Maka kubertanya-tanya sampai kubaca dua kali. Duh lah sedih

    Pernah Kurekomendasikan jobstreet ke temen2ku. Ada banyak jalan untuk mendapatkan pekerjaan

    ReplyDelete
  5. Makasih tipsnya, mungkin nanti kalau mau kerja lagi, intip lagi tipsnya

    ReplyDelete
  6. Jobstreet ini memang oke punya. Aku udah langganan sejak dulu, zaman masih fresh graduate, dan sekarang notifnya masih masuk terus lho di email:)

    ReplyDelete
  7. Iyess janhan lupa bikin akun di jobstreet dah belasan taun perasaan jobstreet jd sdh tepercaua banget n banyak yg dpt kerjaan dr loker disana

    ReplyDelete
  8. Aku dapat kerjaan karena waktu itu teman bawa potongan koran loker, kami sama-smaa melamar, ternyata hanya aku yang diterima. Hmm,Jobstreet bagus juga, kadang aku suka lihat di email kantor kalau lagi buka loker, banyak banget dari jobstreet yang ngelamar.

    ReplyDelete
  9. Aku dulu udah nglakuin 4 hal itu dan ikut JobStreet juga. Buanyak banget loker, tapi ya luar kota gitu. Dulu kan mikir2 kalau harus ke luar, hahaha

    ReplyDelete
  10. kalo biasanya sih aku cari2 lowongan kerja di jobstreet dan sudah beberapa kali berhasil.. jobstreet memang kebukti membantu para job hunter kok

    ReplyDelete
  11. Kyknya dah lama banget gak buka akun jobstreetku hehe. Dulu pas kuliah sering. Kira2 ada lowongan buat mamak2 usia cantik gak yaaaa :D

    ReplyDelete
  12. saya dulu 2x dapat kerja juga dari Jobstreet mba ... enak dan mudah juga pake jobstreet karena kita tinggal daftar, lengkapi profil trus bisa apply ke lowongan yang ingin kita lamar...

    ReplyDelete
  13. kalau aku lagi nyari hal2 yang harus dipersiapkan sebelum resign nih mbak

    ReplyDelete
  14. Ini seru banget, jaman-jaman nyari kerjaan.
    Jobless itu memang ga enak.

    Semoga dengan tulisan mba Deka, banyak yang mendapat rejeki dapat kerja.

    ^^

    ReplyDelete
  15. Nah bagusnya kalo ada yang yg kerja dikantor/perusahaan..yang dituju., Jadi kelas info dan cara kerjanya .


    Jobstreet keren, pasti cari kerja merasa lebih berkurang bebannya..baban,disini nggak akan adaaacara dibohon...atau ngerasa job tupu2an...

    ReplyDelete
  16. Untuk sekarang memang yang terbaik memang via online, tetapi masih saja ada yng percaya lowonagn kerja palsu, malah kita yang dimintain duit. Untuk kota kecil mulut ke mlut masih jadi cara tercepat mbak,,

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

WARUNG BLOGGER


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Ibu-ibu Doyan Nulis


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law