Friday, 12 January 2018

Belajar untuk Beribadah dan Refreshing Diri


Dan katakanlah (wahai Nabi Muhammad) tambahkanlah ilmu kepadaku. (QS. Thaaha: 114)
Setiap muslim memang wajib menuntut ilmu, baik laki-laki maupun perempuan, dari masih dalam buaian sang ibu hingga akhirnya sudah masuk ke liang lahat. Doa agar ditambahkan ilmu pun menjadi kebutuhan. Karena tanpa doa, bisa jadi ilmu yang dipelajari hanya lewat di kepala tanpa memberi manfaat apapun dalam kehidupan.

Pada akhir tahun lalu, saya sudah membuat resolusi yang intinya ingin menjadi pribadi yang lebih baik di tahun 2018 ini. Di antara poin resolusi itu adalah ingin lebih banyak membaca buku dan lebih produktif dalam menulis (dalam hal ini blogging). Ya, itu semua karena saya ingin menjadi pribadi yang lebih baik dari hari kemarin. Lebih banyak membaca dan menulis, adalah aktivitas yang saya harapkan akan membuat saya lebih banyak mendapatkan ilmu. 

Di sisi lain, saya ingin menjaga "kewarasan" saya sendiri. Di sela-sela kesibukan sebagai ibu rumah tangga dengan tiga orang anak (yang seolah tiada henti kerjaannya), saya butuh me time dengan memperkaya hati dan pikiran melalui bacaan-bacaan bermanfaat dan menyalurkan hobi menulis di blog ini. Ya, saya ingin terus belajar, untuk refreshing dan untuk beribadah kepada Allah subhanahu wa ta'ala.


Credit from pexels.com.


Lalu, apa saja yang ingin saya baca, tulis, dan pelajari saat ini? Jujur saja, saya ingin, hanya akan belajar (membaca dan menulis) hal-hal yang berhubungan dengan posisi saya sekarang. Saya akan belajar apa saja yang menuntut peran saya sebagai seorang ibu, seorang istri, seorang blogger, juga seorang muslim. Saya ingin belajar mengikuti kebutuhan. Untuk itu yang ingin saya pelajari khususnya di tahun 2018 ini antara lain adalah sebagai berikut: 

Melanjutkan belajar bahasa Inggris 
Akhir tahun 2017 kemarin saya telah mengikuti kelas online belajar Bahasa Inggris. Kelas telah berakhir, tapi saya merasa masih sedikit sekali yang saya dapatkan dari sana. So, saya ingin melanjutkannya kembali dengan mengambil kelas writing. Ya, saya ingin menambah kualifikasi dalam bahasa itu, khususnya untuk kecakapan menulis dalam Bahasa Inggris.

Tujuan saya mempelajari kembali Bahasa Inggris, selain agar bisa membantu anak-anak dalam mempelajari bahasa internasional itu (seperti yang saya singgung dalam postingan-postingan sebelumnya), saya juga ingin menambah kualifikasi diri sendiri. Biar makin pinter. Hehe.

 Belajar membuat DIY untuk anak-anak 
Saya sering mupeng kalau melihat postingan blog atau foto-foto di Instagram teman-teman yang menampilkan bagaimana mereka membuat mainan-mainan DIY (Do It Yourself) untuk anak-anaknya. Padahal, seharusnya saya juga bisa membuatnya untuk anak-anak, dengan melibatkan mereka juga. Banyak tutorial di YouTube kalau kita memang niat mencarinya. Sementara ini hambatannya, ya... biasa... sok sibuk. Hahaha. Jadi, saya harus berusaha menyingkirkan hambatan itu.

 Belajar memasak yang variatif
Ini juga hampir sama dengan belajar membuat DIY. Karena alasan sok sibuk, biasanya saya masak yang simpel-simpel dan itu-itu saja. Pernah sih beberapa kali bereksperimen bikin kue atau masakan baru, tapi jarangggg banget. Nah, di tahun ini saya pengen banget belajar memasak yang lebih variatif. Belajarnya, ya, dari mbah Google. Hehehe. Dia yang paling bisa diandalkan saat ini 😄.

 Belajar bikin infografis
Kalau ini berhubungan dengan tuntutan saya sebagai seorang blogger tentunya. Ini resolusi tahun lalu yang belum terlaksana. Hahaha. Kenapa belum terlaksana? Lagi lagi, enggak sempatttt. Duh, betapa malasnya saya. Doakan ya teman-teman, tahun ini saya bisa sedikit-sedikit belajar bikin infografis. Biar blog ini mulai ada tampilan infografisnya 😊.

 Belajar ilmu nahwu 
Sama dengan di atas, ini juga resolusi tahun lalu. Karena sesuatu hal, saya jadi batal ikutan kelas online belajar ilmu nahwu (ilmu tata bahasa Arab). Setelah dulu sudah pernah belajar ilmu sharaf, kali ini pengen banget melanjutkan mempelajari ilmu nahwu. Semoga terlaksana juga. 


Credit from pexels.com.


Nah, itulah hal-hal yang ingin saya pelajari khususnya di tahun 2018 ini. Kalau dilihat, kebanyakan memang untuk kepentingan anak, sih. Ya gimana, namanya emak-emak yang dipikirin lebih banyak anak-anaknya. Hehehe. Semoga niat saya untuk belajar dengan tujuan ibadah dan sekaligus refreshing diri ini dapat terlaksana dengan baik dan bernilai pahala. Aamiin.

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. (QS. Al-Mujadalah: 11) 


2 comments:

  1. Aamiin. Semoga semua keinginan utk menambah ilmu dimudahkan dan dilancarkan ya mba...

    ReplyDelete
  2. Semua itu bisa dilakukan dan expert dalam waktu setahun Mba, lihat saja. Aamiin :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

WARUNG BLOGGER


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Ibu-ibu Doyan Nulis


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law