Thursday, 27 September 2018

Tampil Syar'i dan Anggun Sebagai Muslimah dengan IndBlack


Bicara mengenai busana muslimah, ada sebuah kenangan yang kadang masih muncul dalam ingatan dan membuat saya tersenyum kecil. Saya ingat sekali, dulu, saat masih kuliah pernah terjadi sesuatu yang bikin saya sedikit malu. Hehe. Jadi ceritanya begini...

Waktu itu, saya sedang mengerjakan soal ujian akhir semester. Soal-soalnya, sih, enggak begitu sulit. Saya bisa mengatasinya. Tapi masalahnya, tangan saya yang enggak bisa menulis dengan tenang. Apa sebab? Sebabnya adalah lengan baju baru (perlu ditulis jelas, karena... :D) saya ternyata enggak bisa menutup sempurna hingga ke pergelangan tangan. Alhasil kedua tangan saya sibuk sekali membetulkan (atau lebih tepatnya menarik-narik) ujung lengan baju itu agar bisa lebih menutupi hingga pergelangan tangan.

Desain lengan baju muslimah itu berbentuk sedikit melebar di ujungnya, lalu ada belahan kurang lebih 10 cm dan diberi semacam pita di ujung belahan itu. Terlihat lucu memang. Kalau sedang berjalan atau lengan terjuntai ke bawah gitu, sih, enggak begitu masalah karena mampu menutup hingga pergelangan tangan. Tapi kalau lengan dalam posisi tertekuk seperti saat sedang menulis, belahan itu lari sendiri-sendiri (hahaha...) hingga akhirnya ujung lengan terbuka dan lengan terlihat hampir sampai siku. Saya yang belum pernah memakai model lengan baju seperti itu sebelumnya, baru tersadar setelah memakainya.

Rasa malu muncul karena ternyata bapak dosen yang bertugas mengawasi ujian melihat gerak-gerik saya. Pandangan sebagian teman lelaki juga bikin saya pengin menghilang saja saat itu juga. Hahaha. Mau gaya pakai baju baru, eh, kok malah sibuk narik-narik ujung lengan. Hemm.. Saat itu juga saya berjanji dalam hati, enggak mau pakai baju itu lagi! Atau, saya harus beli manset (kaos lengan) yang agak panjang agar lengan saya bisa tertutup sempurna dan aurat saya terjaga.




Tampil Syar'i
Teman-teman muslimah pastinya sudah tahu, ya, kalau pakaian muslimah yang syar'i itu seharusnya menutup seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan. Seperti yang difirmankan Allah subhanahu wa ta'ala dalam Qur'an Surat Al-Ahzab ayat 59, yang artinya:
Wahai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin, hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
Dan sebuah hadits shahih:
Wahai Asma! Sesungguhnya wanita jika sudah baligh maka tidak boleh nampak dari anggota badannya kecuali ini dan ini (beliau mengisyaratkan ke muka dan telapak tangan). [HR. Abu Dâwud, no. 4104 dan al-Baihaqi, no. 3218. Hadist ini dishahihkan oleh syaikh al-Albâni rahimahullah]
Begitulah bunyi dalilnya. Tapi kembali lagi, ini soal pemahaman dan ada khilafiyah (perbedaan pendapat) juga, sih, di kalangan para ulama. Tapi yang jelas, sependek pengetahuan saya, muka dan telapak tangan boleh terlihat lawan jenis.

Kembali pada cerita saya di atas, mungkin bagi sebagian muslimah nyaman-nyaman saja, ya, memakai busana muslim berlengan seperti yang saya sebutkan dalam cerita saya itu. Kelihatan tangannya hampir sampai siku atau potongan lengannya memang model 3/4 atau 7/8. Mungkin sudah biasa dan mungkin memang belum paham seutuhnya tentang aurat perempuan. Tapi bagi yang sudah paham, rasanya risih sekali jika lengannya kelihatan.

Ini juga sama kasusnya dengan kaus kaki. Soal tahu dan tidak tahu, terbiasa atau enggak. Tapi saya tidak akan membahas hal itu di sini, ya. Hehe. Hanya berharap, semoga saja akan semakin banyak muslimah yang paham secara kaffah tentang kewajiban menutup aurat ini. Selalu tampil syar'i (sesuai syariat Islam) dalam segala kesempatan.




Tampil Syar'i Sekaligus Anggun
Saat ini bisa dibilang sangat mudah untuk mencari pakaian muslimah. Beda dengan dulu. Kalau dulu saya cari rok yang cukup lebar terbilang sulit, sekarang hampir di setiap toko pakaian mudah dijumpai rok yang dimaksud. Begitu juga dengan gamis, kerudung, hingga asesoris berhijab lainnya. Mudah sekali kita dapatkan, baik secara offline maupun online. Dengan berbagai pilihan model dan harga, baik yang syar'i maupun kurang syar'i. Hehe.

Alhamdulillah sekarang juga ada produk manset atau handsock yang bisa mengakomodir kebutuhan para muslimah untuk menutupi tangan sebagai salah satu aurat perempuan, dengan baik. Seperti handsock dari IndBlack pada gambar di atas. Handsock tersebut bahkan bisa menutupi setengah punggung telapak tangan. Dengan hiasan dari mute atau yang lain, handsock Indblack tampil lebih anggun.


Dengan memakai handsock seperti itu, meski model lengan baju  3/4 atau 7/8, atau ada belahannya hingga hampir mencapai siku, atau model seperti terompet, insya Allah lengan masih tertutup sempurna. Motif hiasannya pun bermacam-macam dan bagus-bagus, menjadikannya terlihat anggun. Pemakainya pun akan terlihat tampil anggun, dong :).

Panjangnya 32 cm.

Oiya, selain handsock, Indblack yang pemiliknya adalah teh Indari Mastuti ini juga memproduksi putsing, lho. Itu, lho, ciput kesan langsing. Hihihi. Iya, daleman kerudung itu, lho. Teman-teman pastinya juga tahu, kan, apa fungsi ciput? Yap, biar rambut kita enggak gampang keluar dari kerudung dan terlihat oleh orang lain. Selain itu biar tampilan kerudung kita juga rapi. Sama seperti handsock, tampilan putsing juga dipercantik dengan bermacam-macam asesoris dari mute, renda, dan lain-lain.


Handsock dan putsing IndBlack.
Putsing.

Menurut saya kualitas dari produk-produk IndBlack ini bagus. Bahan handsock-nya adem, jadi kita nyaman meski memakainya dalam waktu yang lama. Bahan dari putsing-nya juga sama, nyaman dipakai. Tapi jangan salah, meski kualitaa oke, tapi harganya enggak mahal banget, kok. Harga sebuah handsock sekitar 60 ribu hingga 100 ribu rupiah, sedangkan harga sebuah putsing sekitar 25 ribu rupiah.


Packagingnya manis :)

Oiya, teman-teman sudah tahu teh Iin (panggilan akrab teh Indari Mastuti), kan? Saya tahu beliau sejak saya bergabung dalam grup Facebook IIDN (Ibu-ibu Doyan Nulis) pada tahun 2012. Beliau ini memang inovatif sekali. Progressnya sebagai penulis, agency penulis, dan usaha-usaha lainnya hingga bisnis IndBlack ini berkembang relatif cepat dan bagus. Dan setahu saya, beliau selalu fokus pada satu hal: pemberdayaan perempuan.

Nah, bisnis IndBlack ini juga bukan sekadar bisnis belaka, lho. Teh Iin juga berupaya membantu para perempuan lain yang membutuhkan bantuan pembebasan utang dan modal usaha melalui bisnis tersebut. Bagaimana caranya? Silakan kepoin website IndBlack dan akun-akun medsosnya, ya :).

Yap, demikian sedikit cerita saya dan review tipis-tipis tentang IndBlack. Senang, menyadari semakin banyak produk yang bisa mengakomodir kebutuhan para muslimah agar bisa tampil syar'i sekaligus juga cantik dan anggun :).


16 comments:

  1. Mbak Diah jadi makin cantik nih.
    Emang iya ya, zaman sekarang kebanyakan model baju berlengan 7/8.
    Bikin sedih deh, karena kalau di saya jadi sampe di siku hahaha

    ReplyDelete
  2. pake handsock ini bisa pake baju lengan 7/8 lagi deh 😊

    ReplyDelete
  3. Naksir banget! Aku baru punya handsock satu biji aja. Pengen beli tp blm tahu tempatnya. Nemu deh

    ReplyDelete
  4. aiih yang ini modelnya cantik, simpel tapi terkesan mewah...
    kalau aku pakai Handsock IndBlack bisa sampai atas siku, maklum aku kan (agak) mini ...

    ReplyDelete
  5. bagus memang yah, kesannya elegan. Aku mau juga punya kalau gini produknya. Tapi kayaknya ciput dulu, aku belum pernah pake handsock

    ReplyDelete
  6. Cantik banget. Jadi ga monoton cuma hitam aja karena ada manik-maniknya.

    ReplyDelete
  7. Mama Ivon juga pernah pakai ini dan aku suka liatnya karena makin tambah anggun namun tetep syar'i.

    ReplyDelete
  8. Handsock nya cakep bener ya. Elegan gitu. Ini sih meski bajunya bukan 7/8 saya juga mau. Enak kayanya buat naik motor, ketutup semua punggung tangga

    ReplyDelete
  9. Cakep banget Mbak handsocknya.elegan. cocok buat acara resmi

    ReplyDelete
  10. Wuah handsocknya lucu
    Ada emas2nya

    Selama ini aku belum pake handsock sih
    Soalnya terasa nempel ketat gitu di tangan. Padahal kan memang diketatin biar gak keliatan aurotnya
    Hehe

    ReplyDelete
  11. Elegan banget ya mb.. dari isi maupun packagingnya.. selain bisa dipakai sendiri.. buat memberi hadiah teman jg bagus nih

    ReplyDelete
  12. Manis handstocknya.
    Jd pengen ngepoin website dan medsosnya mbak. Nyari2 model dan warna lain hehe.

    ReplyDelete
  13. Sekarang model baju makin variatif walau buat hijaber. Banyak model lengan juga yang riskan terbuka ya Mbak. Jadi handsock ini bisa ngebantu.

    ReplyDelete
  14. Saya suka warna hitamnya Mba. Soalnya kalau kotor jadi nggak terlalu keliatan ya hihihi

    ReplyDelete
  15. Betul banget, mbak jaman saya kuliah dulu gamis kayaknya nggak ada yang oke bentuknya. Kurang lebar jadi susah kalau mau naik motor. Trus aksesoris kayak ciput dan manset juga biasa banget. Sekarang semua kayaknya serba modis ya jadinya bagi mereka yang doyan fashion nggak perlu takut kelihatan kurang gaya. He

    ReplyDelete
  16. cakeeep handsock sama ciputnya. jadi pengen punya deh.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

WARUNG BLOGGER


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Ibu-ibu Doyan Nulis


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law