Monday, 30 April 2018

Mari Cintai Produk Lokal Indonesia Bersama Qlapa.com






Saya selalu suka melihat barang-barang kerajinan tangan alias craft. Pernah dikirimi adik sepupu bros cantik terbuat dari benang wool buatan dia sendiri. Cantik dan unik. Ibu juga pernah dihadiahi hiasan dinding berupa gambar kristikan dari budhe. Unik dan terlihat bernilai sekali. Barang-barang handmade seperti itu bagi saya nilainya terasa lain, terasa istimewa.

Apalagi jika saya sedang jalan-jalan dan menjumpai produk-produk handmade, rasanya mata ini dimanjakan dengan pemandangan yang indah dan tak biasa. Seperti ketika jalan-jalan di sentra pembuatan tas kulit di daerah saya (Sidoarjo), atau ketika pulang kampung ke Solo dan melewati kampung-kampung batik, atau tempat pembuatan blangkon (topi adat khas Solo). Ada rasa bangga sebagai bangsa Indonesia. Karena ternyata negeri ini mempunyai beragam produk lokal yang bagus dan unik dari para pengrajin lokal. 


Mengapa Cinta Produk Lokal?
Kebanggaan saya pada produk-produk lokal tumbuh setelah tahu bahwa bukan hanya di Sidoarjo, Solo, Bali, atau tempat-tempat lain yang pernah saya kunjungi, tapi di seluruh Indonesia ada produk-produk handmade hasil kreativitas para crafter di negeri ini. Ya, produk-produk lokal membuat saya jatuh cinta. Meskipun selama ini hanya produk batik yang paling sering saya beli, tapi saya tahu (melalui teman-teman, saudara, atau melalui internet) bahwa di seluruh Indonesia ada produk-produk lokal yang begitu beraneka ragam. Yang membuat saya jatuh cinta pada produk lokal Indonesia.


Salah satu contoh produk lokal Indonesia.


Lalu, kenapa saya bisa jatuh cinta pada produk lokal Indonesia? Ini beberapa alasannya:

💗 Barang-barangnya unik
Coba bandingkan produk keluaran pabrik dengan produk handmade, pasti beda, kan? Yang jelas unik. Karena produk-produk tersebut dibuat dengan tangan satu persatu. Bahkan biasanya bisa dipesan sesuai permintaan, mau dikreasikan seperti apa, sesuai pesanan calon pembeli. Sehingga nantinya barang itu akan menjadi satu-satunya milik pembeli, enggak ada yang sama dengan milik orang lain. Eksklusif jadinya, ya 😊. 

💗 Kualitasnya lebih baik
Karena dibuat satu persatu, biasanya quality control-nya lebih baik, lebih teliti. Beda dengan produk pabrik yang diproduksi secara massal, kualitasnya belum tentu bisa diteliti satu persatu.

💗 Turut membantu memajukan produk lokal dari para pengrajin beserta Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mereka.
Dengan membeli produk lokal Indonesia, berarti kita ikut membantu memajukan produk-produk tersebut. Dan, kita juga turut memajukan para pengrajinnya juga UKM yang mereka miliki. Dengan semakin majunya produk lokal, UKM-UKM itu bisa semakin melebarkan sayapnya baik di dalam negeri maupun luar negeri.

💗 Cinta Indonesia
Cinta produk lokal berarti cinta Indonesia. Yap, jika produk lokal Indonesia bisa mendunia, nama Indonesia tentu akan harum di mata dunia. Dan jika nama Indonesia harum, kita sebagai warga negaranya tentu akan merasa bangga. Makanya, kalau kita mengaku cinta Indonesia, sudah semestinya kita juga cinta pada produk lokal Indonesia 😊.

Baca juga: Di Balik Pembuatan Tas Ransel Lokal dan Pengaruhnya pada Lingkungan Sekitar.


Pengrajin produk lokal Indonesia.


Cari Produk Handmade dan Kerajinan Unik di Qlapa.com
Sebagai orang yang masih terbilang kurang jalan-jalan, produk lokal yang saya ketahui masih sangat terbatas. Beberapa kali pernah mendapat oleh-oleh atau hadiah produk lokal dari teman atau saudara, yang membuat saya sedikit tahu produk lokal dari kota-kota lain (selain yang pernah saya tinggali) di Indonesia. Nah, tentunya saya juga pengin, dong, memiliki produk lokal dari kota-kota lain yang belum pernah saya miliki.




Kabar baiknya, ada mall online yang khusus menjual produk handmade dan kerajinan unik dari pengrajin terbaik Indonesia, loh. Namanya Qlapa.com. Yap, Qlapa adalah situs jual beli online untuk produk-produk handmade unik. Produk yang dijual di sana ada batik, tenun, tas, sepatu kulit, dompet, hiasan dinding, dan produk buatan tangan lainnya. Mulai dari kerajinan tradisional hingga produk rancangan modern. Kita dapat dengan mudah mencari dan membeli kerajinan tangan dari pengrajin di Jakarta, Jogja, Bandung, Bali, Solo, dan kota-kota lain di seluruh Indonesia. 

Nama Qlapa beserta simbolnya sendiri terinspirasi dari kelapa atau pohon kelapa. Ya, seperti kita ketahui bahwa pohon kelapa sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Seluruh bagian pohon ini bisa dimanfaatkan, seperti untuk membuat alat-alat rumah tangga (sapu lidi, kipas sate, dll), minuman, bumbu masak, dan lain-lain. Sehingga dengan nama dan simbol kelapa tersebut, harapannya Qlapa dapat sepenuhnya bermanfaat seperti kelapa yang bermanfaat dari akarnya hingga tiap helai daunnya.

Halaman depan web Qlapa.com.


Dengan tagline "Beli produk handmade dan kerajinan unik dari pembuatnya di Indonesia" tepat kiranya disebut bahwa Qlapa adalah rumahnya produk handmade Indonesia.
Lalu apa kelebihan dari Qlapa? Ini dia beberapa kelebihannya: 

💖 Produk-produknya unik, eksklusif, dan berkualitas terbaik/premium
Produk-produk yang dijual di Qlapa dibuat secara manual, satu persatu. Kemudian ketika akan masuk di Qlapa akan diseleksi atau melalui proses kurasi yang ketat pada para crafter dengan standar informasi dan kualitas yang baik. Dengan demikian dihasilkan produk dengan kualitas terbaik.

💖 Mendukung produk lokal Indonesia 
Pembeli dapat membeli secara langsung dari para pengrajin lokal Indonesia. Dengan demikian harganya bisa bersaing atau lebih terjangkau. Selain itu, membeli langsung dari pembuatnya akan memudahkan kita untuk mengatur dan memodifikasi produk pesanan.




💖 Transaksi aman dan mudah
Qlapa menjamin uang kita akan kembali jika transaksi batal atau barang rusak. Uang kita baru akan dibayarkan oleh Qlapa kepada pengrajin setelah barang kita terima. Tersedia berbagai macam metode pembayaran dan pengiriman produk ke seluruh Indonesia. Dengan demikian belanja online melalui Qlapa dijamin mudah, nyaman, dan aman. 

Kemudahan berbelanja juga didukung melalui fitur-fitur yang telah teroptimasi. Pada halaman utama website, pengunjung akan lebih mudah mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan. Seperti fitur Pilihan Editor, Produk Favorit, ataupun Produk Terbaru.

💖 Jaminan kualitas premium
Seperti telah ditulis di atas, seleksi ketat dilakukan Qlapa terhadap barang-barang yang akan dijual, untuk menjamin mutu. Qlapa memilih dan menjaga mutu produk handmade dan kerajinan tangan yang dijual melalui proses kurasi. Dapat dipastikan bahwa foto dan deskripsi yang diberikan pada situs Qlapa jelas, detail dan jujur sehingga memudahkan pembeli memilih produk unik yang diinginkan.


So, teman-teman, kalian cinta produk lokal Indonesia nggak, sih? Kalau bukan kita sendiri sebagai warga negara Indonesia yang cinta produk lokal, lalu siapa lagi? Mari kita cintai produk lokal Indonesia bersama Qlapa.com. Melalui Qlapa, kita akan dengan mudah menemukan dan membeli produk handmade unik di Indonesia. Enggak perlu jalan-jalan ke seluruh Indonesia! Yuk, belanja! 😊





Sumber gambar: 
Website qlapa.com dan Instagram @qlapa





38 comments:

  1. ngiler sama perabotan rotannya :D

    ReplyDelete
  2. Unik2 dan lengkap koleksi produknya Qlapa ya mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Uniknya itu lho yang bikin gemes. Hehehe..

      Delete
  3. udah beberapa tahun terakhir ini aku selalu beli produk lokal terutama untuk barang fashion, kulaitasnya nggak kalah dng yg luar. Btw, jadi pengen ngecek Qlapa.com nih, makasih ya infonya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak produk fashionnya keren2 juga kok. Apalagi kalo yg make mb Zata, tambah keren. Hehehe.

      Delete
  4. Enak kalo udah ada mall online yang menjual produk lokal ya mbak, dan beragam produk handmade, dari kategori fashion, makanan, stuff dll,
    Aku juga puas belanja di sini hheee
    TFs ya mbak ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak usah ke mana-mana udah bisa dapetin produk lokal yg berkualitas ya, Mbak :)

      Delete
  5. qlapa memang komplit banget utk mereka yang ingin mencari produk lokal ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komplit dan berkualitas pastinya ya Mbak :)

      Delete
  6. Aku ngiler semua sama produk qlapa. Aku banget soalnya..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti harus kekepin dompet ya Mbak kalo buka Qlapa.com :)

      Delete
  7. Aku belum pernah berbelanja di Qlapa tapi kalau kulihat emang beragam sih corak dan bentuknya, ada motif khas etnik juga. Jadi kalau misal ingin barang khas daerah tertentu bisa pesan juga di sini ya asyiiiik

    ReplyDelete
  8. Qlapa emang perlu didukung nih. Produk berkualitas n banyak hand made lokal yg kualitasnya bagus. Bisa bersaing internasional

    ReplyDelete
  9. Aku selalu cinta dengan produk lokal.
    Ada kebanggaan tersendiri jika mengkonsumsinya.

    Semoga industri lokal semakin inovatif dalam mengembangkan produknya*

    #SalamKreatif

    ReplyDelete
  10. Aku kalau liat qlapa.com takut tergoda. Pernak pernik buat foto banyak ditemukan id sana, bagus2 hahaha.
    Qlapa.com ini mendukung produk lokal Indonesia ya? Keren :D

    ReplyDelete
  11. Berbagai produk lokal memang tak kalah kualitasnya, terlihat dibuat secara handmade menjadi ciri khas dan keunggulan tersendiri. Apalagi bisa berbelanja produk lokal tanpa repot, bisa dari Qlapa saja secara online.

    ReplyDelete
  12. Cantik-cantiknya buatan tangan dan aseli Indonesia...
    Aku dari dulu pingin punya tas model kain Indonesia.
    Beberapa tahun yang lalu lagi tren tuuh..kain rang-rang yaa...yang dari Lombok tea?

    Cantiik yaa...

    ReplyDelete
  13. Ditengah gempuran produk asing, qlapa hadir untuk menelamatkan produk lokal. Aku udah lihat2 di apps nya juga item barangnya keren.

    http://www.sugatangguh.com/2018/04/jatuh-cinta-dengan-produk-handmade*html

    ReplyDelete
  14. Dari dulu pingin banget kain rang-rang.
    Entah itu baju atau tas.

    Coba aku lihat-lihat di Qlapa yaa...
    Mungkin ada yang kece.

    Bisa nabung dulu...hehhe...

    ReplyDelete
  15. Kalau liat produk2 qlapa emang keren2 dan berkualitas. Uniknya ini lokal banget dan berkualitas. Harus didukung utk bersaing internasional nihh

    ReplyDelete
  16. Saya salah satu penggemar situs Qlapa loh mba.. soalnya handmade dan produk² nya keren banget.. dulu pernah beli dompet kulit dan hasilnya maknyusss

    ReplyDelete
  17. ih bener produk dalam negeri tuh uik-unik, tasnya keren-keren ya

    ReplyDelete
  18. Kualitas oke dan juga produk dalam negeri dan gak kalah sama bikinan orang luar. Kita harus dukung UMKM Indonesia nih

    ReplyDelete
  19. Wah menarik ya, udah ada tempatnya utk jualan onlen ya, jd lebih mudah memasarkan ... Produk kerajinan Indonesia emang byk bgt dan cakep2 ya, wkt kemaren ke Inacraft 2018 naksir banyak banget, jd mesti kekepin dompet deh :D

    ReplyDelete
  20. barang lokal, kualitasinternasional dengan harga terjangkau. sungguh membuat hati tak sabar ingin memiliki barangnya. asoyyyyy banget pokoke

    ReplyDelete
  21. saya langsung check TKP memang unik unik,, dan anti mainstream semua produk yang ditawarkan.. masukin wishlist dulu ah,, nunggu Job cair :D

    ReplyDelete
  22. Kalau bukan Kita siapa lagi? Yg mau pakai produk Indonesia dgn perasaan bangga. Eh tapi ya pernah lihat warga Jepang yg setiap Hari pakai batik. Saking cintanya ama wastra Indonesia. Aiiih bagus lah Ada qlapa skrg.. yg suka produk lokal jd lebih mudah mengakses/membeli

    ReplyDelete
  23. Yap... Banyak orang Indo yang rela buang-buang duit demi beli barang "impor" demi merk dan gengsi. Padahal itu produk banyak yang dari Indo uga asalnya, dan dari segi kualitas, overall yang indo mampu bersaing. ckckckkck

    ReplyDelete
  24. Kalo aku jalan2 ke LN biasanya suka bawa oleh2 kerajinan tangan khas indonesia gini utk temen2ku di LN. Biasanya mereka suka banget apalagi kalo barangnya unik gitu dan bercirikhas indonesia banget :) . Next jalan2 lahi, aku mau cari oleh2nya dr qlapa. Com ini

    ReplyDelete
  25. Homemade dan berkualitas...
    Unik... Banyak disukai paraasyarakat luar...

    ReplyDelete
  26. Waktu awal baru launching, sy pernah mau beli outer etnik.tp pas mau liat biaya kirim kota saya ga ada hiks.
    Padahal mupeng.
    Semoga sekarang dah ada

    ReplyDelete
  27. kalau diibaratkan makanan, barang handmade ini memang punya cita rasa yang tinggi ya mbak, saya juga suka tuh.

    udah beberapa kali baca tentang qlapa.com, tapi belum nyoba beli, mau liat-liat dulu ah :)

    ReplyDelete
  28. Waaa ada #gelangkode tasbeh..hahahaha, duh.

    Aku suka perabotan yg dari rotan...piring tempat makan., Lucu ya...

    Ah..ntar coba ke qlapa.com kali ada benda unik lainnya...

    ReplyDelete
  29. Bisa jadi referensi saat ngado teman nikahan nih. Pengen hunting properti foto juga di Qlapa yang unyu unyu.

    ReplyDelete
  30. Aih produknya unik-unik banget ya
    Buat properti foto cakep banget nih
    Mau ah hunting di qlapa.com

    ReplyDelete
  31. Produknya merata dari seluruh Indonesia. Enak nih bisa beli produk lokal tanpa harus datang ke daerahnya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

Ibu-ibu Doyan Nulis


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

HALO BALITA


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law