Sunday, 11 February 2018

Membangun Keunikan Blog Sesuai dengan Nama Domain




Setiap manusia itu berbeda, baik dari segi fisik, penampilan, kesukaan, pemikiran, dan sebagainya. Meski banyak yang mirip antara satu dengan yang lain, tapi pasti ada sesuatu yang membedakannya. Ada sesuatu yang unik pada diri setiap manusia. Karena memang Allah subahanahu wa ta'ala telah menciptakannya sedemikian rupa agar kita bisa saling melengkapi di dunia ini.

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. (QS. Al-Hujurat: 13)

Credit from pixabay.com.


Begitu juga dalam dunia perbloggingan, sebenarnya tiap blogger punya keunikan sendiri-sendiri jika mereka mau dan mampu menggali keunikan itu dan menjadikan ciri khas bagi blognya. Sebagai blogger, kita tentu tahu ada banyak blog beken dengan ciri khas yang kuat, yang membuat blog-blog itu punya tempat tersendiri di hati para pembacanya.

Di kalangan emak-emak blogger atau blogger-blogger perempuan misalnya, gaya menulis antara mbak Carra (www.carolinaratri.com) dan mbak Gesi (www.gracemelia.com) tentu terlihat sangat berbeda. Konten mereka pun punya keunikan tersendiri, yang satu fokus pada dunia tulis-menulis dan blogging, satunya fokus pada parenting dan rumah tangga. Mereka punya ciri khas tersendiri,  dan punya pembaca yang berbeda.

Lalu bagaimana dengan saya dan blog www.dekamuslim.com ini? Sejujurnya saya juga pengin, lah, blog ini punya ciri khas yang beda dari yang lain. Tapi membranding blog ternyata tak semudah yang dibayangkan. Tiap manusia memang punya keunikan. Tapi mengangkat keunikan itu dalam sebuah blog bukanlah hal yang mudah. Terlebih lagi, jika keunikan dalam diri tersebut tidak benar-benar unik. Artinya banyak orang lain yang juga mempunyai keunikan atau kelebihan yang sama.

Ya, begitulah yang terjadi pada saya. Saya tak menemukan (atu mungkin belum? Tapi masa iya udah setua ini belum menemukan keunikan diri? Hihihi..) keunikan yang benar-benar unik dalam diri saya, yang orang lain enggak punya. Sehingga satu-satunya cara untuk membuat blog ini punya ciri khas, adalah dengan mengoptimalkan dan memaksimalkan apa yang saya bisa, apa kelebihan saya, apa yang unik dari saya, meskipun orang lain juga mempunyai hal yang serupa.

So, menurut saya, saya bisa membuat blog ini unik dengan jalan sebagai berikut:

❤ Dari gaya menulis. Setiap orang punya gaya menulis yang berbeda-beda. Saya yang punya sifat introvert ini tampaknya berpengaruh juga terhadap gaya menulis saya menjadi agak lebay, gitu. Hahaha. Mengalir apa adanya tapi seringkali kurang enak dibaca karena kata-katanya kurang luwes. Yah, seperti inilah gaya menulis saya. Saya tidak berusaha mencontoh penulis atau blogger hits yang lain, tapi saya hanya ingin menjadi diri sendiri.

❤ Dari segi konten, saya ingin fokus pada cerita keseharian emak blogger saja. Karena saya hanya menguasai tema-tema seperti itu; apa yang saya alami dalam keseharian (kasihan banget, yah 😐). Jadi apapun yang saya tulis, harus berkaitan dengan kehidupan sehari-hari saya sebagai seorang ibu juga seorang mom blogger. Sehingga kebanyakan konten blog ini berisi tentang family, mom n kids, parenting, dan beberapa tentang blogging.

❤ Lebih detail, saya ingin membuat konten-konten di blog ini dengan tulisan yang selalu menyisipkan pesan dari Al-Qur'an dan Al-Hadits. Ya, sesuai dengan nama domain blog ini, dekamuslim, bahwa saya membawa identitas sebagai seorang muslim. Maka saya sangat ingin membuat setiap postingan di blog ini dengan menyisipkan minimal satu ayat Al-Qur'an atau Al-Hadits. Ini bukan bertujuan untuk mengajari pembaca, sok tahu, dan semacamnya, tapi lebih sebagai pengingat diri sendiri.

Sebenarnya hal ini sudah saya lakukan sejak lama, tapi sayangnya saya kurang konsisten. Kadang iya kadang enggak (dan banyak enggaknya kayaknya, huhuhu..). Seperti yang saya sebutkan di atas, selain menyesuaikan dengan nama domain, saya juga ingin sekaligus belajar dan selalu mengingatkan diri sendiri agar menjadi lebih baik dari hari ke hari. Dan saya yakin, setiap yang saya tulis pasti ada ayat Al-Qur'an atau Hadits yang terkait, karena setiap apapun di muka bumi ini tak lepas dari perhatian Allah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Misalnya tulisan tentang ciri khas blog seperti ini, pasti ada ayat-ayat-Nya yang bisa dijadikan rujukan dalam menulis. Masya Allah.


Seperti itulah keinginan saya mengenai upaya membangun blog ini menjadi blog yang punya ciri khas. Saya memang bukan siapa-siapa, hanya blogger biasa yang pembaca blognya masih sedikit sekali. Tapi saya juga enggak pengen hanya menjadi pengekor atas blogger-blogger lain. Karena saya yakin saya berbeda, saya punya kelebihan dan keunikan tersendiri. Hanya saja, perlu effort lebih gigih untuk mewujudkan keinginan itu. Semoga saya bisa. Aamiin.

Apakah manusia mengira, bahwa Kami tidak akan mengumpulkan (kembali) tulang belulangnya? Bukan demikian, sebenarnya Kami kuasa menyusun (kembali) jari jemarinya dengan sempurna. (QS. Al-Qiyamah:3-4).
>>> Allah subhanahu wa ta'ala menciptakan makhluk-Nya hingga sedetail itu, bahkan jari-jemari manusia berbeda antara satu dengan yang lain. Allahu Akbar! 



3 comments:

  1. ma kasih ya Mba, tipsnya juga sangat bermanfaat dan membuat saya ingat kembali tujuan ngeblog apa

    ReplyDelete
  2. harus enjoy ya Mba jadi emak2 blogger dan fokus

    ReplyDelete
  3. Sama Mbak, sayapun menulis keseharian saya sebagai emak blogger. Emak emak yang gak jauh dari urusan cuci mencuci, dapur, dan pengalaman bersama anak-anak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

Ibu-ibu Doyan Nulis


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

WARUNG BLOGGER


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law