Wednesday, 28 November 2018

5 Blogger Favoritku di Tahun 2018



Kadang, seseorang butuh sosok-sosok inspiratif dalam hidupnya. Karena di waktu-waktu tertentu, inspirasi itu bisa menjelma kekuatan. Mereka yang menginspirasi akan jadi bahan motivasi dan semangat dalam berkarya. Pun demikian halnya dengan saya sebagai seorang blogger. Ada beberapa blogger yang menjadi inspirasi saya, dan saya favoritkan. Kebetulan, tantangan ngeblog #BPN30dayChallenge2018 hari ke sembilan ini temanya adalah "
5 blogger favorit dan kenapa". Maka kali ini saya akan menulis tentang hal tersebut.

Saya kerapkali harus melihat pada sosok-sosok itu untuk mencari semangat baru. Bagi saya, blogger favorit itu yang bisa menginspirasi saya, bisa bikin saya semangat ngeblog, bisa bikin saya terpacu buat berkarya lebih baik lagi.

Dalam kesempatan ini, saya memilih 5 blogger favorit yang interaksinya lumayan sering dengan saya. Jadi ini subyektif banget, ya (ya iyalah, namanya juga favorit saya 😂). Dalam artian saya mengikuti "sepak terjang" para blogger ini, baik sering chat ataupun tidak. Oke, langsung saja, nih. Ini dia 5 blogger favoritku di tahun 2018:

1. Carolina Ratri

Siapa yang enggak kenal sama mbak Carolina Ratri ini, coba? Beliau ini sangat aktif sebagai penulis, content writer, ataupun blogger. Beliau sering menjadi penulis tamu di beberapa komunitas blogger. Blognya yang beralamat di https://www.carolinaratri.com berisi tulisan-tulisannya tentang blogging, penulisan, sosial media, freelancer, internet, dan seputarnya. FYI, semua tulisannya (yang sudah banyak sekali itu) adalah tulisan-tulisan yang bergizi! Kalau mau pinter ngeblog, bisa baca tulisan-tulisannya, deh. Kalau belum pernah baca (kebangetan, sih, haha.. ), coba, deh, meluncur ke blognya.

Saya mengenal mbak Carra saat dulu pertama kali gabung di grup Facebook Kumpulan Emak Blogger (KEB) pada tahun 2013. Kemudian di MFF (Monday Flash Fiction), lalu di Rocking Mama, dan di manapun.. Iya, saya mengikuti ke manapun mbak Carra jalan. Hahaha. Sejak dulu hingga sekarang beliau enggak berubah. Selalu semangat berkarya, produktif, kreatif, inovatif.



Kayaknya mbak Carra yang berdomisili di Yogyakarta ini orangnya enggak pernah capek, deh. Hampir setiap hari menelurkan tulisan-tulisan baru yang semuanya berkualitas. Mengurus blognya sendiri, menulis untuk beberapa website, menulis cerpen/fiksi, menulis buku, jadi admin medsos yang sangat aktif, aktif membuat gambar-gambar sketch, dan entah apa lagi. Duh, saya sering mikir, ini orang enggak ada capeknya, sih?

Multitasking-nya itu yang bikin saya terinspirasi. Bikin saya semangat buat ngeblog. Masa iya saya enggak bisa berkarya sedikittt saja, ibaratnya seujung jari dari karya-karyanya mbak Carra? Malu, lah, kalau cuma mengeluh terus tanpa karya. Malu, lah, kalau saya enggak mau belajar sedikittt saja dari segudang ilmu yang sering dibagikan oleh mbak Carra. 

Yap, meski saya pernah dengar kalau mbak Carra lebih suka dilabeli sebagai author, tapi bagi saya, beliau adalah salah satu blogger favorit saya di tahun ini 😊.


2. Nurul Rahmawati
Satu kata yang bisa saya ucapkan untuk mendeskripsikan bagaimana sosok mbak Nurul ini: semangat! Yap, pemilik blog di https://bukanbocahbiasa.com ini adalah mom blogger yang bener-bener punya semangat ngeblog yang luar biasa. Aktivitas bloggingya baik yang online maupun offline bagitu padat. Bisa dikatakan mbak Nurul ini adalah blogger event. Hehe. Gimana enggak, beliau ini rajin banget ikut event-event blogger di Surabaya dan sekitarnya. Hmm, semangatnya luar biasa, deh, pokoknya.


Ada yang spesial tentunya dari sosok mbak Nurul ini. Saya pertama kali mengenalnya ketika beliau menulis opini untuk koran Jawa Pos. Opini yang menuai banyak kekaguman saat itu membuat saya tahu lebih jauh tentang mbak Nurul. Bundanya Sidqi ini ternyata mantan wartawan/jurnalis. Maka enggak heran kalau beliau ini kritis banget pemikirannya. Ini terlihat banget dari tulisan-tulisan di blognya. Dengan gaya menulis khas mbak Nurul, selalu saja ada energi yang meletup-letup di tiap tulisannya.

Sudah jelas, saya terinspirasi oleh semangat ngeblognya itu. Tapi kadang saya mikir, mbak Nurul ini enggak jarang juga ambisius banget. Beliau suka berusaha TOTAL kalau sedang nulis, ikut lomba blog, jadi influencer, atau apapun. Bahkan pernah beberapa kali kejadian, syarat ikut suatu event adalah punya anak balita. Sedangkan putra beliau sudah enggak balita lagi. Eh, beliau nawar, bisa pinjem ponakan gak? Huahahahaha. Ngakak! Tapi saya ambil sisi positifnya saja, semangat berkaryanya itu, lho, enggak kenal capek dan menyerah! Favorit, deh!


3. Belalang Cerewet

Mas Belalang Cerewet atau nama lainnya Rudi G. Aswan atau nama aslinya Isnaini Khomarudin (haha.. luar biasa, ya, deretan namanya) ini, pertama kali saya kenal lebih dekat (sebelumnya hanya tahu namanya di FB) saat saya membaca buku "Buka-bukaan Ala Blogger Kondang(an)". Sebuah buku antologi dari para blogger kondang Indonesia. Di buku ini mas Rudi memberikan endorsment (dan tampaknya juga sebagai penerbit bukunya). Saya tertarik pada kalimat-kalimatnya yang rapi dan enak dibaca.


Kemudian setelah mengenal blognya di https://belalangcerewet.com lebih dekat, memang saya menemukan hal yang serupa. Tulisan-tulisannya bagus, enak dibaca, dan nyaris tanpa cela secara EYD. Belakangan saya ketahui beliau memang juga seorang editor lepas (oh, ya pantas..). Selain itu pemilihan diksi juga sangat beliau perhatikan tampaknya. Sehingga kalimat demi kalimat dapat terjalin dengan harmonis dan penuh makna. Karena tulisan-tulisannya yang berkualitas itulah, maka enggak heran jika beliau sering memenangkan lomba blog.

Fix, saya memfavoritkan mas Rudi yang kini berdomisili di Lamongan ini sebagai blogger karena inspirasi dari tulisan-tulisannya yang berkualitas. Oh ya, dan satu lagi, beliau ini rajin banget ngeblognya, lho. Keren, ya. Bisa jadi teladan 👍.

Baca juga: [REVIEW] Buka-bukaan Ala Blogger Kondang(an).


4. April Hamsa
Blogger asli Surabaya yang kini berdomisili di Cilebut ini (termasuk Bogor, ya, kalau enggak salah *lirik mbak April 😉) sungguh luar biasa. Hampir sama dengan mbak Nurul, mbak April ini termasuk blogger event juga. Hehe. Meski beliau bilang termasuk jarang ikut event, tapi saya sering lihat event-event yang dihadirinya lewat akun Instagramnya, kok. Mungkin kategori sering menurutnya adalah sehari hadir di 5 atau lebih event blogger, ya. Hahaha. Kalau buat saya, seminggu ikut 2-3 event itu sudah termasuk sering.


Yang bikin saya kagum, beliau ini sering ikut event blogger (yang tempatnya jauh-jauh dari rumahnya) tapi blognya selalu update dengan konten-konten yang berkualitas. Bahkan sering memenangkan lomba blog. Saya mikir, kok bisa sih? Apa enggak capek sering ikut event trus nulisnya juga enggak pernah absen? Fisik dan psikisnya kok kuat banget, ya? Biasanya kalau orang capek, susah mikirnya. Lha ini, malah sering menang lomba blog. Ckckck, luar biasa!

Sudah jelas saya kagum banget sama pemilik blog Keluarga Hamsa yang beralamat di https://keluargahamsa.com/ ini. Favorit banget, deh. Semangatnya dan kecerdasan berpikirnya itu menginspirasi saya buat selalu mau belajar. Juga merasa malu kalau sedikit-sedikit suka mengeluh capek ini-itu.


5. Lidha Maul
Pemilik blog di https://www.bulirjeruk.com/ ini sudah menjadi blogger favorit saya sejak tahun 2016 lalu. Dan sampai hari ini pun, saya masih mengaguminya. Tulisan-tulisannya yang enak dibaca dan "dalam" membuat saya jatuh cinta.

Blogger Balikpapan ini memang booklovers. Jadi enggak heran jika kalimat-kalimat dalam tulisan-tulisannya tersusun rapi dengan pemilihan diksi yang pas. Cerita-cerita mengalir dengan harmonis, bikin betah baca. 



Oh ya, mbak Lidha ini juga pinter nggambar, lho. Handlettering dan sketch-nya pernah saya lihat beberapa kali. Bagus. Jiwa seninya berpadu dengan skill menulis yang bagus (biarin ya kalau saya sok tahu 😄). Favorit banget, deh!

Jadi, kalau ditanya alasannya apa memfavoritkan mbak Lidha, emm... mungkin karena saya begitu terpesona dengan perpaduan dari keindahan tulisan-tulisan dan gambar-gambarnya, ya. Tapi sayangnya akhir-akhir ini saya jarang main ke blognya. Karena apa? Saya takut cemburu pada karya-karyanya. Huwaaaa... Ini gimana coba 😑😄.

Baca juga: Selamat Hari Blogger Nasional 2016! Ini Dia 5 Blogger Favoritku di Tahun Ini.

Yap, itulah 5 blogger favoritku di tahun 2018 ini. Semuanya sangat menginspirasi. Kalau teman-teman, siapa saja nih blogger favoritnya? Share juga, dong 😊.



9 comments:

  1. Ampuuun dijeeee!
    Thanks ya mbaaa, udah memajang blogku di list ini :D
    Kirain dikau inspired bakal ikutan cuss ke acara Google di Amrik hihihi :D

    ReplyDelete
  2. semuanya blogger keren, top langganan juara pula beberapa .. inspiring nih.

    ReplyDelete
  3. Semuanya punya ciri khas di tiap Tulisan blognya. Mantull 👍

    ReplyDelete
  4. Aku memfavoritkan semua nama-nama tersebut mbak, khususnya mbak Nurul, Mbak April, Mbak Lidhaa di tahun 2018 heheeee
    Tapi kesmuanya kasih inpirasi dengan cara mereka masing2 yah mbk
    Aku juga bnyak trinspirasi sama semangat mbak Nurul
    Jadi ingat waktu ke Surabaya, ketemu Mbak Nurul, beneran dapet suntikan semangat nulis seperti dia, heheeee
    TFS Mbak Diah hehhee

    ReplyDelete
  5. belalang cerewet langganan menang lomba kayaknya tuh. mba april hamsa jugaa.. hehe

    ReplyDelete
  6. Duh (tutup muka)
    No.1-4 itu memang top mba, no.5 cabut aja :D
    Aktivitas ngeblog saya udah jauh berbeda dari yg dulu, rada merosot.
    Nggak usah bewe gak papa kok mba hahaha. Curcolan udah nggak seramai dulu :D

    ReplyDelete
  7. Wah dipajang di antara emak bloger keren, semoga ada manfaat dari blog saya ya Mbak DK. Saya kenal empat nama lainnya, terutama Mbak Carra dan Mbak Nurul yang sudah teruji sebagai bloger. April juga gitu meskipun belum pernah kopdar padahal dulu pernah tinggal sekota. Maklum Bogor macet mulu, hehe. Bulir jeruk juga masuk daftar BW-ku. Mbak DK juga keren karena masih aktif nulis sampai sekarang!

    ReplyDelete
  8. Ya ampun.
    (((ga pernah capek)))

    Capek terus malahan, Mbak. Cuma ga pernah kesebut aja 😂😂😂
    Makasih ya, Mbak DeKa. Jadi bikin saya yakin, kalau tulisan saya bisa bermanfaat. Seneng deh.
    Salam tabik untuk 4 bloger yang lain *menjura*

    ReplyDelete
  9. Wkwkwkw beneran lho aku jarang ke event mbak. Soale ono sing ke event tiap hari kyk kerjo kantoran :P
    Makasih banyak Mbak namaku ditulis di blogpostmu, sungguh aku terhuraa ikiiii. Btw aku iki pemalas mbak, makane jarang melu lomba blog, jd yo jarang menang sisan hahaha :P

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

WARUNG BLOGGER


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Ibu-ibu Doyan Nulis


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law