Tuesday, 12 June 2018

Dino Mie-ni Park, Menu Buka Puasa Seru untuk Anak-anak




Alhamdulillah, kita masih diberi kesempatan menikmati indahnya bulan Ramadan di tahun ini. Tak terasa kita sudah berada di penghujung bulan penuh berkah ini, ya. Berbagai cerita telah tercipta. Diantaranya tentang rempongnya menyiapkan menu buka puasa hingga serunya berbuka puasa bareng anak-anak. Yap, buka puasa berenam di rumah itu sungguh seru! Hehe.


Selama Ramadan tahun ini, kami memang selalu berbuka puasa di rumah. Pasalnya dengan empat orang anak yang masih kecil-kecil bahkan si bungsu baru berusia 2 bulan, saya membayangkan betapa ribetnya jika berbuka puasa di luar (restoran/warung makan). Maka saya pun rela bersibuk-sibuk ria menyiapkan menu buka puasa di rumah.

Sebagai ibu rumah tangga dengan anak-anak usia balita dan batita, sehari-hari aktivitas utama saya, ya, mengurusi anak-anak manis tersebut 😍. Kebutuhan mereka itu enggak bisa ditebak, sewaktu-waktu bisa minta apapun. Ada yang minta makan, minta dimandikan, minta ditemani bermain, minta disusui, dan lain-lain yang enggak pandang situasi. Maka dengan kondisi seperti itu, acara memasak saya pun biasanya sudah berlangsung sejak pagi. Ya, sejak pagi saya sudah mencicil memasak agar semua menu bisa tersaji saat azan Maghrib berkumandang. Rempong, ya? Rempong tapi puas. Hihi. Alhamdulillah.

Baca juga: Rupa-rupa Menu Buka Puasa Ramadan ala Emak Rempong.

Saya pun biasanya memasak menu yang simpel-simpel saja. Tak lain dan tak bukan agar acara memasak cepat selesai, karena anak-anak sudah menunggu untuk diperhatikan dan diurusi. Kadang saya juga memasak makanan yang bisa diawetkan, seperti olahan frozen. Naget ayam, naget tempe, naget sayur, atau kroket ayam saya buat cukup banyak sehingga bisa untuk menu sehari hingga seminggu.

Tapi kadang saya juga bosan masak yang itu-itu saja. Pengin menu lain tapi sekaligus praktis masaknya. Nah, untung ada So Good, nih. Anak-anak paling suka jika disuguhi menu naget, sosis, atau bakso dari So Good. Rasanya enak, dagingnya kerasa banget dan gurihnya pas. Masaknya juga praktis dan cepet. Jadi, anak suka emak juga senang. Hihihi.




Biasanya olahan mi saya sajikan seperti foto di atas. Mi goreng dari mi kering saya campur dengan beberapa macam sayuran dan telur. Kadang juga saya kasih suwiran ayam, atau saya padukan dengan naget ayam dari So Good. Kami sekeluarga suka dengan mi goreng sederhana seperti itu. Biasanya saya memasak mi goreng disamping memasak sayur berkuah.

Tapi kalau tampilannya biasa seperti itu, kadang anak-anak bosan. Nah, kemarin saya bikin olahan mi yang mirip, tapi bentuknya sangat berbeda. Jadi saya namakan menu itu sebagai "Dino Mie-ni Park". Karena saya menggunakan So Good Chicken Nugget Dinobites Original dan bentuknya menyerupai taman kecil. Hihi. Seperti apa bentuknya? Yap, seperti gambar paling atas di tulisan ini. Nah, berikut ini bahan-bahan dan cara membuatnya.



Bahan-bahan
6 pcs So Good Chicken Nugget Dinobites Original
2 keping mi kering
2 butir telur ayam (diambil putihnya saja)
1 buah wortel (iris-iris tipis)
1 bonggol kecil brokoli (potong kecil-kecil)
2 siung bawang putih
2 siung bawang merah
2 butir kemiri
sedikit merica
secukupnya gula dan garam
secukupnya margarin
secukupnya minyak goreng




Cara Membuat
  1. Goreng So Good Chicken Nugget Dinobites Original hingga berwarna kuning keemasan. Tiriskan.
  2. Rebus mi kering, tiriskan. Aduk-aduk dengan sedikit minyak goreng agar tidak lengket/menggumpal.
  3. Haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri, dan merica.
  4. Tumis semua bumbu hingga harum lalu masukkan sebagian wortel dan brokoli.
  5. Setelah tumisan agak dingin, campurkan ke dalam mi. Tambahkan putih telur lalu aduk rata.
  6. Cetak mi ke dalam cetakan kecil-kecil yang telah diolesi margarin (saya pakai cetakan yang biasa dipakai untuk bikin puding/agar-agar/jelly 😄).
  7. Letakkan So Good Chicken Nugget Dinobites Original di atasnya beserta brokoli dan wortel sebagai hiasan.
  8. Tata ke dalam dandang lalu kukus selama 15 menit. Angkat.
  9. Lepaskan Dino Mie-ni Park dari cetakannya, lalu tata di atas piring.
  10. Sajikan bersama saus tomat atau saus sambal.  



Alhamdulillah anak-anak suka dengan Dino Mie-ni Park ini. Pertama karena bentuknya lucu, dan kedua karena rasanya enak dengan tambahan naget ayam dari So Good. Sebagai "taman"-nya saya gunakan wortel dan brokoli karena itulah sayuran yang paling disukai si sulung dan si nomer dua 😊. 

Sejak menu ini matang dan saya tata di atas piring, anak-anak sudah tak sabar ingin mencicipinya. Tapi saya bilang, kita harus sabar dulu menunggu azan Maghrib berkumandang. Dan nantinya, akan sangat nikmat ketika menyantap menu tersebut dalam keadaan lapar. Hihihi. Momen berbuka puasa jadi seruuu dengan adanya Dino Mie-ni Park ini 😊.

Baca juga: Kreasi Menu Piring Gizi Seimbang dengan "Volcanic Eruption With So Good Chicken Nugget Animal".




Bagaimanapun, menu buka puasa yang menarik akan membuat anak-anak semangat berbuka puasa. Dan efeknya, besok-besok mereka juga akan semangat berpuasa dengan menanti menu berbuka lain yang juga menarik. Hehe. Saya juga ingin memberikan kesan yang menarik tentang Ramadan termasuk soal menu buka puasa, agar kenangan mereka tentang puasa Ramadan di masa kecil menjadi indah. Meski menu-menu masakan tersebut berbahan dasar seadanya, tapi saya berusaha menyajikannya semenarik mungkin agar anak-anak senang.

Meskipun si sulung baru bisa berpuasa setengah hari dan si nomer dua baru sebatas menemani kakaknya berpuasa, tetapi mereka selalu excited ketika menanti azan Maghrib berkumandang. Bagi saya itu tak mengapa, karena semua butuh proses dan tiap anak memang berbeda. Bagi saya yang penting anak-anak suka dulu dengan suasana puasa Ramadan. Semoga tahun depan si sulung sudah bisa puasa penuh dan si nomer dua juga bisa ikut berpuasa. Dengan menu-menu berbuka yang menarik semoga menjadi salah satu hal yang berkesan bagi mereka tentang puasa Ramadan.

Baca juga: Mengenalkan Bulan Ramadan pada Anak, Hindari Cara Negatif.

Saya sangat terbantu dengan adanya produk-produk So Good untuk urusan masak-memasak. Baik produk ayam siap masak ataupun ayam potong sama-sama praktisnya untuk dimasak. Kebutuhan protein hewani keluarga kami pun bisa tercukupi dari So Good. Terima kasih, SO GOOD ❤




1 comment:

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

WARUNG BLOGGER


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Ibu-ibu Doyan Nulis


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law