Tuesday, 16 January 2018

Wisata Edukasi di Malang yang Ingin Kami Kunjungi Tahun Ini





Wisata Edukasi di Malang yang Ingin Kami Kunjungi Tahun Ini
Merencanakan sesuatu memang lebih baik daripada tidak ada rencana sama sekali. Membuat persiapan yang matang sekaligus memperhitungkan segala hambatan yang mungkin ada, akan mensugesti diri kita untuk berusaha mewujudkan rencana-rencana tersebut beserta langkah-langkah antisipatifnya. Apalagi di awal tahun seperti ini, membuat rencana-rencana untuk setahun ke depan sungguh akan memberikan semangat tersendiri. Saya sendiri, telah membuat beberapa rencana tersebut, termasuk untuk urusan traveling.


Meski keluarga saya termasuk keluarga yang jarang traveling, tapi enggak ada salahnya jika saya punya keiginan sekaligus rencana untuk hal itu. Apalagi, beberapa waktu terakhir ini saya dan suami mulai suka jalan-jalan meski hanya di dekat-dekat rumah saja. Dan seperti yang telah saya tulis beberapa hari yang lalu di blog ini, kami juga punya pikiran yang sama untuk mengajak orangtua (yang tinggal serumah dengan kami) untuk melakukan traveling ke tempat-tempat wisata yang tidak telalu jauh namun belum pernah kami kunjungi. Kota wisata yang kami jadikan incaran adalah Malang. 

Kota Malang tidak terlalu jauh letaknya dari tempat tinggal kami yaitu Sidoarjo. Perjalanan yang kami butuhkan sekitar dua hingga tiga jam dengan menggunakan mobil. Kemudian, lebih spesifik kami akan memilih tempat wisata yang lebih sesuai dengan kebutuhan anak-anak dan tidak merepotkan orangtua. Memilih jalan tengah istilahnya. Hehehe. Dan menurut kami, pilihan yang tepat adalah kami akan mengunjungi tempat-tempat wisata edukasi di Malang. 

Alasan kami akan memilih tempat wisata edukasi di Malang sebagai destinasi wisata diantaranya adalah, pertama, karena kami tak ingin orangtua kecapekan di jalan akibat waktu perjalanan yang terlalu lama. Kedua, anak-anak kami masih kecil sehingga wisata edukasi merupakan pilihan yang tepat sebagai tempat piknik sekaligus belajar bagi mereka. Ketiga, insya Allah orangtua enggak keberatan dengan wisata seperti ini dibanding jika kami traveling ke gunung atau tempat-tempat lain yang lebih bikin capek fisik. Keempat, kota Malang berhawa sejuk dengan pemandangan pegunungan yang indah, sehingga insya Allah akan membuat kami betah berlama-lama di sana.

Baca juga: Traveling Bersama Orangtua.

Lalu, wisata edukasi apa saja yang ingin kami kunjungi di Malang? Dari hasil membaca referensi di internet dan dari cerita teman-teman ataupun saudara, beberapa obyek wisata yang kami pilih ternyata hampir semuanya ada dalam grup yang sama, yaitu di Jawa Timur Park (Jatim Park) Group. Saya, suami, bapak dan ibu sudah pernah ke Jatim Park 1, tapi anak-anak belum pernah sama sekali ke salah satu obyek wisata Jatim Park ini. Jatim Park terletak di Kota Batu, Malang. Ada 3 macam Jatim Park yaitu Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan yang terbaru adalah Jatim Park 3. Ketiganya berbeda lokasi dan dengan tema wisata yang berbeda-beda pula. 


Jatim Park 1 
Di Jatim Park 1, kita bisa berekreasi dalam hawa yang sejuk dan pemandangan yang indah. Ada banyak sekali wahana hiburan yang bisa kita nikmati. Total ada lebih dari 50 wahana yang bisa kita jelajahi di Jatim Park 1 ini. Seperti Funtastic Swimming Pool, Agro Park, Ethnic Gallery, Flower Gallery, History Park, 360' Pendulum, hingga Chemical & Biology Science, Learning Gallery, dan lain-lain.


Salah satu atraksi di Jatim Park 1: 360' Pendulum.


Disamping itu (dan yang utama bagi kami) kita juga bisa mengajak anak-anak belajar di sana, karena di Jatim Park 1 ini dilengkapi dengan wahana Galeri Belajar bernama Science Center. Dalam wahana ini ada berbagai alat peraga ilmu terapan baik untuk indoor maupun outdoor. Banyak ilmu science yang bisa dipelajari dengan fun di sana. Belajar ilmu biologi, fisika, dan kimia menjadi lebih menyenangkan karena kita bisa praktik langsung dengan alat peraga dan ada informasi tentang apa yang kita pelajari.


Science Centre.


Jatim Park 2 
Berbeda dengan Jatim Park 1, di Jatim Park 2 ini lebih mengedepankan kombinasi sebagai tempat belajar dan bermain. Kita bisa mengajak anak-anak belajar dan bermain ilmu alam, biologi, dan berbagai satwa. Jatim Park 2 ini terbagi menjadi 3 area utama, yaitu Museum Satwa, Batu Secret Zoo, dan Eco Green Park. Nah, saya tertarik banget nih untuk mengunjungi ketiga area itu, terutama di Eco Green Park. Ketiganya memiliki koleksi satwa, tapi tentu berbeda-beda wahana yang ditawarkan.


Wahana Baby Zoo di Batu Secret Zoo.


Di Batu Secret Zoo, kita akan bisa menyaksikan ragam satwa mulai dari satwa lucu-lucu, satwa yang masih muda, hingga satwa liar yang habitat aslinya di Afrika. Kita juga bisa menikmati berbagai wahana seperti Safari Farm, Willy Laro Show, Savannah, Nocturnal House, dan sebagainya.

Sedangkan di Museum Satwa kita bisa melihat berbagai hewan kecil hingga besar dalam diorama. Bermacam hewan tersebut mulai hewan yang masih banyak hidup saat ini hingga hewan-hewan yang sudah punah. Selain itu kita bisa menikmati wahana-wahana seperti Khazanah Pengetahuan Fauna, Polar Bear, Gajah Warna-warni, Galeri Fosil, dan lain-lain.

Pintu masuk Eco Green Park.


Di Eco Green Park, kita bisa belajar bagaimana menjaga lingkungan dan melihat berbagai satwa burung yang eksotis. Di sana diusung konsep Green Earth. Kita bisa mengajak anak belajar ilmu-ilmu pengetahuan alam seperti fisika dan biologi dengan cara yang fun. Wahana yang ada di sini juga banyak sekali, lebih dari 50 wahana. Seperti ada Eco Journey, Recycle, Jungle Adventure, Insectarium, Walking Bird, Taman Biogas, Pembangkit Listrik Tenaga Surya, dan lain-lain. Eco Green Park ini luas sekali. Tapi jangan takut, ada e-bike (semacam sepeda motor mini ramah lingkungan) yang bisa disewa untuk berkeliling area Eco Green Park tersebut. Ini terutama buat yang punya anak kecil atau lansia, ya, biar enggak kecapekan jalan-jalan di sana. 


Jatim Park 3 
Jatim Park 3 ini baru dibuka akhir tahun 2017 lalu. Tempat wisata ini mengusung tema masa prasejarah. Dan yang menjadi wahana andalan adalah Dino Park, yaitu wahana di mana kita bisa melihat berbagai replika dinosaurus dan belajar segala hal tentang dinosaurus. Kita diajak untuk merasakan hidup bersama makhluk-makhluk raksasa itu. Seperti di wahana Jelajah 5 Zaman, kita diajak ikut merasakan hidup di 5 zaman kehidupan dinosaurus yaitu zaman Permian, Triassic, Jurassic, Cretaceous, dan Ice Age.


Museum Dino.
Wahana Jelajah 5 Zaman.


Selain Dino Park, ada wahana-wahana lain yang enggak kalah menarik di Jatim Park 3, yaitu Galeri Musik Dunia, Dino Mall, Fun Tech Plaza, dan Infinite World. Tapi untuk sementara kami hanya ingin mengunjungi Dino Park dulu, karena di wahana ini saya pikir yang lebih banyak wisata edukasinya.


Itulah beberapa destinasi wisata edukasi di Malang yang ingin kami kunjungi tahun ini. Sebenarnya masih banyak sekali obyek wisata yang menarik di Malang dan sekitarnya. Apalagi saat ini semakin banyak pula obyek wisata baru yang dibuka di sana. Tapi, kami tahu diri, kami harus realistis dalam membuat rencana. Semua obyek wisata itu mustahil bisa kami kunjungi semua di tahun ini. Beberapa list yang saya buat di atas saja menurut kami yang jarang traveling ini sudah cukup banyak jumlahnya. Mungkin akan ada yang harus dieliminasi sebagian. Hehehe. Oiya, mengenai informasi tentang beberapa obyek wisata yang lain di Malang yang pastinya menarik bisa teman-teman baca di blog Traveloka

Nah, ingat Traveloka jadi ingat serba-serbi traveling, nih. Hehehe. Rencananya, beberapa obyek wisata di atas akan kami kunjungi dalam beberapa waktu yang berbeda. Tentu mustahil mengunjungi semuanya dalam waktu sehari. Jadi, kami harus merencanakan beberapa hari yang berbeda untuk berkunjung ke Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3. 

Tapi saya juga kepikiran, kalau ada waktu liburan yang cukup lama barang dua hingga tiga hari atau lebih, sepertinya kami akan memilih mencari penginapan di Malang, deh. Agar lebih efektif dan efisien waktu, jadi enggak harus mengambil waktu libur yang banyak (terpisah-pisah). Sekarang, kan, banyak penginapan atau hotel yang dibangun dan ditawarkan dengan harga yang bersaing. Booking-nya pun gampang. Bisa lewat Traveloka tentunya. 

Oiya, sekarang di Traveloka ada layanan baru, lho, yaitu paket tiket pesawat dan juga hotel dalam satu paket. Jadi buat teman-teman yang mau traveling dan butuh pesawat dan hotel, bisa banget ya pakai layanan ini. Keuntungannya banyak, sih. Bisa menyingkat waktu saat pesan, lebih hemat dibanding jika pesan terpisah, banyak pilihan paket wisata, dan mudah cara pembayarannya. Trus… kalau kita “pesan paket pesawat+hotel” secara bersamaan seperti itu, hematnya bisa sampai 20% tanpa kode promo apapun. Wow! Okay… happy traveling, teman-teman 😊. 



Sumber gambar dan beberapa informasi wisata: https://jtp.id



8 comments:

  1. aku juga udah lama banget pengen ke Malang... semoga bisa cepet kesampean :)

    ReplyDelete
  2. Sebagai warga Malang, saya sendiri jarang main ke tempat-tempat tadi. Yaa, beberapa kali aja sih soalnya lebih suka ke alam. Tapi memang Malang wajib kunjung, soalnya asyik banget!

    ReplyDelete
  3. dulu pernah ke jatim park 2. luas banget ya, seharian baru habis dikelilingi itu tempatnya. heu

    ReplyDelete
  4. Baru kemarin ke Malang mbak, 2 hari ke bromo. keren mau kesana lagi

    ReplyDelete
  5. Akhir2 ini rejeki liburan saya di Malang terus...padahal pinginnya ke luar pulau gitu... luar negeri masih jadi mimpi hehehe

    ReplyDelete
  6. Saya orang jawa timur asli tapi belum pernah sekalipun pergj ke salah satunya. Berasa durhaka banget

    ReplyDelete
  7. Pengen bgt ih liburan ke malang, ga cukup sebentar ya

    ReplyDelete
  8. Huhuhuhu setiap dengan kata Malang, langsung sedih jadinya. Soale blm jadi utk trip ke sana padahal kmrn sdh ready semuanya eh mlm pas mo berangkat ke Malang eh aku sakit hiks

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

WARUNG BLOGGER


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Ibu-ibu Doyan Nulis


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law