Thursday, 20 July 2017

Mimpi ke Belitung, Mimpi ke “Rumah” Andrea Hirata




Mimpi ke Belitung, Mimpi ke “Rumah” Andrea Hirata.
Adakah teman-teman yang pernah membaca postingan pertama di blog saya ini? Blogpost pertama tersebut bagi saya merupakan tulisan yang spesial, sebagai awal lahirnya blog ini. Spesial, karena tulisan itu saya rangkai sebagai penyemangat bagi saya untuk memulai membangun blog ini. Untaian kalimat atas inspirasi yang saya dapatkan dari sebuah buku yang telah mempengaruhi saya selama proses skripsi, bahkan hingga sekarang. Ya, tulisan singkat itu berisi tentang buku karya Andrea Hirata: Tetralogi Laskar Pelangi. Juga ungkapan terima kasih saya pada penulis fenomenal asal pulau Belitung tersebut.


Keempat buku dari rangkaian tetralogi Laskar Pelangi itu memang terasa luar biasa buat saya. Selain inspirasi-inspirasi hidup yang saya dapatkan dari sana, bayangan saya akan pulau Belitung juga begitu lekat akibat penulisan Andrea yang begitu filmis. Apalagi setelah melihat dua film yang terlahir dari buku-buku tersebut, yaitu Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi, rasanya Belitung selalu memanggil-manggil saya. Kemudian dalam hati terusik, kapan saya bisa mengunjungi pulau cantik tempat anak-anak penuh semangat hidup itu tinggal dan berjuang? Kapan saya bisa ikut terhanyut menikmati buaian alam Belitung nan indah yang kental dengan nuansa Melayu itu? Ah, kapan…?

Sungguh, saya ingin ke sana. Tapi, untuk saat ini mungkin belum bisa. Alasan utama adalah ketiga anak saya yang masih kecil, bahkan masih ada yang belum bisa berjalan. Saya yang terhitung jarang traveling ini enggak mau kalau traveling jauh dalam kondisi kurang nyaman. Saya enggak ingin, jarang-jarang traveling, eh, sekali traveling sambil gendong anak ke sana ke mari. Enggak asyik. Saya inginnya bisa bebas menikmati pesona alam sendirian (artinya bersama suami juga), sedangkan anak-anak bermain sendiri sepuasnya dan sudah sedikit mampu mengurus dirinya sendiri. Tapi itu kapan? Masih lama, dong? Ya, mungkin masih lumayan lama.

So, yang bisa saya lakukan sekarang adalah bermimpi. Boleh saja, kan? Mempersiapkan segala sesuatu untuk traveling, membuat rencana liburan untuk mengunjungi pulau Belitung nan indah itu. Let’s do it! Hibur dulu diri ini dengan membuat rencana indah :). 
Seperti kalimat yang dituliskan Andrea dalam bukunya: "Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu."
Aamiin.


Rencana Liburan ke Belitung
Sekarang zamannya orang melepaskan penat dengan membuat acara liburan ke tempat wisata. Ya, semakin banyak peminat traveling, baik untuk di dalam negeri maupun ke luar negeri. Traveling menjadi kebutuhan yang semakin jamak di kalangan masyarakat. Bagaimana tidak? Saat ini di berbagai daerah potensi-potensi wisata telah dibenahi. Semakin banyak tempat wisata. Semakin banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi sebagai pelepas kepenatan atas rutinitas sehari-hari. Masyarakat jadi punya pilihan untuk refreshing selain nge-mal atau aktivitas-aktivitas lain. Traveling menjadi pilihan asyik! Saya pun sudah beberapa kali melakukan traveling “ala-ala”, dengan destinasi-destinasi wisata yang dekat dengan rumah saja.

Namun, seperti yang telah saya tulis di atas, Belitung menjadi salah satu destinasi wisata (yang lumayan jauh dari rumah) impian saya. Belitung yang terletak di barat laut Indonesia ini semakin dikenal luas oleh masyarakat Indonesia dan luar negeri sejak buku Laskar Pelangi mendunia. Itu tidak dapat disangkal. Kalau dulu pulau itu hanya dikenal sebagai penghasil timah yang besar, kini pesona alamnya telah menarik perhatian berjuta mata. Baiklah, untuk menyusun rencana liburan ke Belitung, inilah hal-hal yang akan saya tentukan:

A. Menentukan Tujuan Wisata
Ada banyak tempat wisata yang dihadirkan di Belitung. Tapi mungkin tidak semuanya akan langsung kami kunjungi. Bermodal dari membaca di berbagai media, berikut daftar tempat yang ingin saya kunjungi:


Salah satu sudut ruang di Museum Kata Andrea Hirata.
(gambar dari www.museumkataandreahirata.com)

  1. Museum Kata Andrea Hirata. Karena saya ngefans berat dengan Pakcik Andrea, maka tempat ini akan menjadi tujuan utama saya. Karena di museum ini menyimpan karya-karya Andrea yang ditata sedemikian rupa. Ada banyak quotes inspiratif seperti dalam buku-bukunya, hingga foto-foto suasana Pulau Belitung di masa lampau. Pasti saya akan seperti bernostalgia bersama buku-buku Andrea di sini.
  2. Manggar, Kota 1001 Kopi. Manggar memang dikenal sebagai kota 1001 kopi karena banyaknya kedai kopi di sana. Suasana kedai kopi yang sangat banyak di sana seperti penggambaran Andrea ingin saya rasakan langsung. Orang-orang yang nongkrong dan ngobrol di kedai kopi dengan logat Melayu-nya, mungkin akan terlihat sangat berbeda dengan suasana warung kopi di Surabaya-Sidoarjo, tempat tinggal saya.
  3. Jelajah Pulau. Pulau Belitung mempunyai banyak pulau-pulau cantik di sekitarnya. Seperti yang telah saya saksikan di film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi, pulau-pulau dengan pantai yang indah, dihiasi batu-batu besar nan cantik, begitu menggoda untuk didatangi. Pulau Lengkuas, Pulau Basir, Pulau Pelayar, atau Pulau Burong. Tapi ada pula pulau Leebong yang belum begitu dikenal, pulau yang paling berbeda di sana, yang tidak ada bebatuan besar seperti yang lain. Semuanya indah. Dan, saya ingin menyambangi sebagiannya.
  4. Museum Tanjung Pandan. Ini akan menjadi tujuan terakhir saya. Setelah berkeliling pulau, saya ingin kembali mengunjungi museum. Berbeda dengan Museum Kata Andrea Hirata, museum yang terletak di jantung kota Tanjung Pandan ini berisi rekam sejarah dari Belitung. Mulai dari sisa kapal yang pernah karam di sana, pakaian yang pernah dipakai penduduk Belitung, dan peninggalan-peninggalan lain. Ada pula kebun binatang mini di bagian belakang museum.


Pesona alam belitung. (gambar dari www.pixabay.com dan www.shutterstock.com)


B. Siapa Saja yang Akan Ikut?
Seluruh keluarga tentu saja akan ikut, karena ini liburan keluarga. Ada saya, suami, dan 3 orang anak.


C. Menentukan Tanggal
Karena ini liburan keluarga yang melibatkan anak-anak (si sulung usia SD), maka kami akan mengambil waktu liburan sekolah. Mungkin akan ramai pengunjung di Belitung dan membuat kami kurang bebas, tapi mau bagaimana lagi. Atau mungkin next ada waktu lain yang pas, rencana bisa berubah :).


D. Hunting Tiket Pesawat dan Hotel
Untuk rencana liburan seperti itu, otomatis saya juga harus menyiapkan tiket pesawat dan booking hotel untuk stay di sana. Memang agak ribet juga, ya. Kita musti hunting dan memesan tiket pesawat di tempat-tempat penjualan tiket pesawat terbang, bisa secara offline ataupun online, lalu booking hotel di tempat berbeda lagi. Biasanya seperti itu, kan, ya. Lumayan memakan waktu juga, karena kita harus teliti dua kali kalau mau mendapatkan tiket pesawat yang sesuai kebutuhan dan hotel yang sesuai keinginan dan kebutuhan kita juga.

Paket tiket pesawat+hotel dari Traveloka.


Eh tapi, setelah saya coba cek harga tiket dan hotel di sana-sini, ternyata di Traveloka ada produk baru, lho. Yaitu paket tiket pesawat + hotel. Jadi kita bisa pesan tiket pesawat dan Ihotel dalam sekali waktu, di tempat yang sama yaitu Traveloka. Setelah saya coba-coba, ternyata banyak keuntungan yang bisa kita peroleh dengan layanan ini. Ini dia keuntungan pesan paket tiket hotel traveloka:
  1. Menyingkat waktu dengan satu langkah. Yap, dengan memesan tiket pesawat+hotel, otomatis kita tidak perlu lagi kerja dua kali di tempat yang terpisah. Cukup satu langkah di Traveloka. Lebih mudah dan save time.
  2. Lebih hemat. Ternyata, harganya lebih murah jika dibandingkan dengan memesan tiket pesawat dan hotel secara terpisah. Wih! Jadi, sisa uang hemat kita bisa digunakan untuk keperluan lain, misal buat wisata kuliner di tempat tujuan, buat beli oleh-oleh, ditabung, atau yang lain.
  3. Banyak pilihan paket wisata. Paket tiket+hotel ini menawarkan banyak sekali pilihan paket wisata. Jadi kita tinggal pilih dan sesuaikan dengan keinginan (dan kantong) kita :). Asyik, kan?
  4. Mudah cara pembayarannya. Yap, ada banyak cara pembayaran yang bisa dipilih. Lewat transfer ATM, pakai kartu kredit, atau yang lain. Jadi enggak perlu khawatir soal pembayaran.

Pilih Paket Pesawat + Hotel
Banyak pilihan untuk menentukan sesuai keinginan/kebutuhan.
Rincian pesanan kita. Lengkap.
Tuh, kelihatan hematnya sampai berapa :).


Nah, itulah impian dan rencana liburan saya ke Belitung. Kalau teman-teman bagaimana? Punya rencana liburan juga? Bisa banget, tuh, manfaatin produk baru dari Traveloka seperti di atas, pesan tiket pesawat plus booking hotel sekaligus. Yang paket-paketan gini emang lebih hemat, ya :). Oiya, di sana juga sering ada promo-promo, lho. Jadi pantengin aja webnya Traveloka, biar bisa lebih hemat lagi travelingnya.

Oke, selamat traveling, temans :).



Beli Pesawat + Hotel Sekaligus untuk Perjalanan Lebih Bagus


27 comments:

  1. aku pengen ke kota 1001 kopi. pengen nyobain kopi2nya, pasti rasa dan suasananya berbeda :)

    ReplyDelete
  2. iya mak ingat belitung skrg jadi teringat laskar pelangi...makasih infonya yaa

    ReplyDelete
  3. Ih sama banget mbak, impian saya juga ke Belitung. Pengen banget kesana belum kesampean

    ReplyDelete
  4. belitung dan andrea hirata memang ga bisa di pisahkan. untung ada traveloka, bisa mewujudkan impian kemana saja :)

    ReplyDelete
  5. Mungkin, kalau bukan karena Andrea Hirata, aku gak akan pernah tau Belitung nih.

    ReplyDelete
  6. Saya baru weekend kemarin mba ke Belitung .. dan semua wish list mba udah tercapai.. malah bonus pulau Leebong hehehe.. semoga mba deka bisa sampai sana.. Amin..

    Kemarin trip ke Belitung 1.2 mba all ini.. kecuali tiket PP dari tempat asal ya

    ReplyDelete
  7. Ada musium kata gitu? Beehhh...keren yak

    ReplyDelete
  8. samaaa...
    mimpi saya salah satunya adalah ke belitong
    kemarin sempat mau ikut trip bareng blogger tp batal

    ReplyDelete
  9. Waaaahhh aku jadi kangen belitung weekend habis kesana. Cantik banget emang belitung, apalagi ke pulau leebong asli cantekkk. Segera kesana ya mba

    ReplyDelete
  10. Baru minggu lalu pesaan tiket kereta di Traveloka :) untuk ke Sukabumi :)
    tapi gak engeh kalo skrg bisa pesan hotel sekaligus heheh
    asik juga nih kalo bisa mesen sekalian jadinya enggak ribet :)

    ReplyDelete
  11. Mimpiku juga... Suatu saat nanti ingin berkejaran di pantai belitung...ihir..

    ReplyDelete
  12. Saya juga penggemar Traveloka mbak. Bahkan beberapa kali ada masalah, penanganannya pun lancar. Nggak ribet dan cepet banget pembayarannya. Mantap buat partner akomodasi jalan-jalan :D

    ReplyDelete
  13. salah satu tujuan wisata yg emg planning mau kesana. Semoga oneday kesampean kesana ajak anak2 kicik. Pantainya emg bagai surga sih, liat difilm laskar pelangi.

    ReplyDelete
  14. aku juga langganannya traveloka. sampe saat ini masih love sih pakai traveloka. semoga suatu saat bisa kesampean ke belitung ya mbak deka. kujuga ingin kesanaaaaa :(

    ReplyDelete
  15. Wah,Traveloka ada paket wisatanya juga! Mempermudah kegiatan wisata, jadi lebih enak liburannya segala sesuatunya sudah dipersiapkan tinggal jalan saja.

    ReplyDelete
  16. Belitung ini salah satu wisata yg sy targetkan utk di kunjungi meski entah kapan. Dan yeah,, semua berkat laskar pelangi juga jd tahu belitung. Hehehe

    ReplyDelete
  17. aku punya beberapa teman yang asal Belitung mba, dan ada kolega suami jg yang asli sana, beberapa kali dapet kesemaptan di ajak untuk berkunjung ke Belitung tapi sampe sekarang belum kesampean, semoga bisa segera ke sana juga nih.. keren banget pantai2nya yah..

    ReplyDelete
  18. Mari ke Belitung :D
    Pengen juga liat lokasi pembuatan film laskar pelangi di sana
    Wah enak ya kalau pesaat dan hotel bisa order sepaket gtu TFS infonya :D

    ReplyDelete
  19. Karena dulu belitung masih bagian dr provinsi sumsel.. Aku alhamdulillah sering ke sini..

    Cm memang tampaknya lebih asyik kalau penuh dgn perencanaan.. Lebih tertata dan bisa di optimalkan jadwal kunjungannya....

    Bermimpilah.. Maka tuhan akan memeluk mimpimu..

    ReplyDelete
  20. Kalau ke Belitung, mau ke pantai sama musium Andrea Hiratanya. Alamnya asriii

    Memang enak tuh kalau beli tiket sekalian hotel. Gak makan byk waktu deh bs cepet

    ReplyDelete
  21. Saya tahu Belitung dr Laskar Pelangi
    Semoga bs ke sana suatu saat nanti

    ReplyDelete
  22. oh tidak belitung pantainya indah banget dan banyak pesona indah yang bisa kita dapat di belitung. Dan kita udah sangat di mudahkan banget dengan travelloka semua di mudahkan banget

    ReplyDelete
  23. Wohoo.. liburan sekeluarga pasti akan sangat seru ya mba apalagi kalau perginya ke destinasi seru seperti belitung.. amin semoga kesampaian ya..

    ReplyDelete
  24. Traveloka memang mantab btw toss sama2 punya 3 anak

    ReplyDelete
  25. Aah...sama.
    Impian banget bisa berlibur sekeluarga ke pulau yang tenaang...

    Karena selama ini paling jauh liburan ke rumah nenek.

    Hyaa~~

    Dan aku asli orang Surabaya juga loo...hiihhi...salam kenal.

    Semoga impian ke Belitung segera terwujud bersama keluarga.
    Aamiin.

    ReplyDelete
  26. Halo, salam kenal, Deka :)
    Saya juga pengagum karya-karya Pak Cik! Alhamdulillah sudah berkesempatan tour ke Belitung dalam sebuah kompetisi menulis surat, tahun 2014 lalu. Salah satunya ke Museum Kata. Bersyukur banget! Sekarang jadi pengin ke sana lagi... :')

    ReplyDelete
  27. aku juga suka novel2 Bang Andrea dan kata-kata ini juga selalu tergiang "Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu." hihihi
    someday aku juga pengn kesini mudah2an Alloh kasih jalan aamiin

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Priceza


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Followers

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law