Monday, 16 January 2017

Trik Mendapat Harga Murah Saat Booking Hotel


http://www.dekamuslim.com/2017/01/trik-mendapat-harga-murah-saat-booking.html



Trik Mendapat Harga Murah Saat Booking Hotel.
Sebenarnya, liburan dilakukan dengan tujuan untuk bersenang-senang. Tapi, bukan berarti kita harus menghamburkan uang, lho. Apalagi, kalau kondisi keuangan sedang kurang bagus dan kita sampai memaksakan diri, hemm... betapa sayangnya :). 

Oleh karena itu, dibutuhkan rencana dan persiapan yang matang sebelum berangkat. Jika bujet terbatas, kita harus memutar otak untuk menentukan pengalokasian dana secara tepat. Itu juga, sih, yang sering kami (saya sekeluarga) lakukan kalau mau berwisata sambil mudik ke kota Solo.

Ada beberapa cara untuk menghemat bujet perjalanan, seperti memilih akomodasi yang murah, menekan bujet belanja, dan sebagainya. Salah satu cara menekan bujet liburan adalah dengan memilih kamar hotel yang murah. Booking hotel dengan harga termurah bisa dilakukan dengan beberapa trik berikut ini. 
Simak, ya :). 

1. Membandingkan Harga Kamar 

Source: 401(K) 2012 - flickr.com


Harga sewa kamar dari satu situs travel bisa berbeda dengan situs lainnya. Kita harus jeli mencermatinya. Masing-masing situs travel memiliki jaringan hotel yang tidak sama, jadi pantas saja jika pada beberapa kondisi terjadi perbedaan harga. Untuk itu kita harus jeli mencermatinya. Meluangkan sedikit waktu untuk browsing hotel dari berbagai situs travel online akan sangat berguna. Coba bandingkan harga-harga yang ditawarkan, lalu booking hotel yang harganya sesuai dengan kemampuan kantong kita. 


2. Memilih Waktu Liburan 

Source: Nick Webb - flickr.com


Musim liburan paling ramai adalah antara Juni hingga Agustus. Pada bulan-bulan tersebut, harga kamar maupun tiket perjalanan akan melonjak dan para pengusaha travel akan berlomba-lomba mencari keuntungan. Selain itu, momen-momen spesial, seperti liburan sekolah, hari raya, atau long weekend, biasanya juga membuat harga tiket pesawat dan sewa kamar menjadi tinggi karena pada waktu-waktu tersebut, banyak orang yang merencanakan untuk berwisata. 

Jika kita telah merencanakan liburan sejak lama dan punya anggaran terbatas, sebaiknya kita menghindari momen seperti ini. Berusahalah fleksibel dengan waktu, sehingga kemungkinan mendapat harga murah akan semakin lebar. 

Kalau saya, kalau lagi musim liburan malah lebih memilih jalan-jalan di dalam kota saja yang notabene lebih sepi, karena untuk menghindari macet dan berjubel-ria dengan wisatawan lain. Hehe. Liburan tipis-tipis di Sidoarjo dan sekitarnya sudah lumayan buat refreshing, sih :D.


3. Rajin Mengecek Travel Online 

Source: Traveloka


Beberapa hotel memasang tarif yang berubah-ubah, menyesuaikan kondisi tertentu. Pada bulan ini misalnya, harga sewa kamar hotel A yang tercantum di salah satu situs travel sebesar Rp.167.000,00. Satu bulan ke depan, harga tersebut belum tentu sama. Bisa jadi lebih murah atau naik. 

Rajin mengunjungi situs travel online, seperti Traveloka akan membantu kita mencari harga sewa kamar termurah. Apalagi jika kita sudah memiliki akun di situs tersebut. Menjadi member bermanfaat untuk memudahkan kita menelusuri kembali hotel-hotel yang pernah dikunjungi sebelumnya. 

Jika kita belum pernah membuat akun di situs travel online, sebaiknya segeralah mendaftar. Banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan, misalnya promo potongan harga, voucer menginap, kontes berhadiah, dan lain-lain. Pastikan kita berlangganan berita-berita dari situs tersebut di email agar kita tidak ketinggalan informasi. 


4. Booking Jauh-Jauh Hari 

Source: Traveloka


Merencanakan sesuatu dengan matang biasanya akan membuahkan hasil positif, tidak terkecuali saat melakukan booking hotel. 
Kesimpulan itu dibuat berdasarkan analisis yang dilakukan oleh Expedia. Menurut Expedia, pada 21 sampai 28 hari sebelum hari H, rata-rata harga kamar hotel adalah yang paling rendah di antara rentang waktu lainnya. Mereka juga menyampaikan bahwa Minggu merupakan hari terbaik untuk memesan kamar. 

Ada juga yang menyatakan bahwa tamu bisa mendapatkan harga terbaik saat melakukan pemesanan last minute atau semakin mepet semakin baik. Ini sepertinya akan merugikan jika kita memiliki bujet terbatas. Selain itu, risiko kehabisan kamar hotel juga semakin besar. 


5. Memilih Hotel di Pinggiran 

Source: Traveloka


Trik lain yang bisa dicoba adalah mencari hotel di wilayah pinggiran kota. Misalnya jika berencana pergi ke Denpasar, kita bisa mem-booking hotel di daerah Tabanan atau Gianyar. Tarif menginap di daerah tersebut tentunya berbeda dengan di Denpasar. Lokasinya juga cukup jauh dari objek-objek wisata populer di Denpasar, pantas saja harga rata-rata sewa kamar menjadi lebih rendah. Jadi, kita akan membutuhkan waktu perjalanan yang lebih lama jika ingin mengunjungi lokasi wisata populer. 


6. Nego Harga 

Source: Traveloka


Tidak banyak orang tahu jika tarif sewa kamar hotel juga bisa ditawar. Ada istilah untuk menyebut harga kamar yang telah dipotong diskon, yaitu corporate rate. Sebenarnya potongan harga kamar diberikan kepada perusahaan tertentu yang telah menjalin kerja sama dengan hotel. 

Namun, biasanya ada hotel yang bersedia memberi potongan khusus. Untuk mendapatkannya, kita harus pintar-pintar bernegosiasi. Menghubungi hotel lewat telepon adalah cara yang paling tepat karena kita bisa berbincang langsung dengan pengelola hotel. 


7. Mencari Paket Wisata 

Source: Traveloka


Banyak agen travel online yang menawarkan harga paket wisata dengan beraneka ragam fasilitas yang ditawarkan. Biaya yang akan kita keluarkan relatif lebih murah daripada membeli tiket dan booking hotel sendiri-sendiri. Selain itu juga lebih cepat dan praktis karena semua kebutuhan traveling bisa diselesaikan dalam satu waktu. 


Selain daftar di atas, mungkin ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan sebagai Trik Mendapat Harga Murah Saat Booking Hotel, atau bisa juga mendapatkan harga penginapan termurah secara offline. Kita bisa mulai mencari info hotel lain yang tidak ada di internet atau hotel-hotel baru di destinasi liburan. Biasanya, hotel baru akan mencoba menarik minat tamu dengan menggencarkan promosi. 

So, bagaimana? Apakah teman-teman berminat mencobanya? Semoga beruntung! :)



8 comments:

  1. aku juga booking via traveloka. gampang n memuaskan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeyyy.. yg sudah pengalaman nih Mak Inna :)

      Delete
  2. belum pernah booking di traveloka mba xixixi biasa di bantu sekretaris kantor ya iayalah orang aku jarang liburan bareng keluarga ahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak ya Mbak kalo di kantor, ada yg bantuin booking :)

      Delete
  3. Terimakasih bund reviewnya, Traveloka memang good deh ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Bunda. Terima kasih kembali :)

      Delete
  4. jadi pengen nyobain traveloka :)..recommended banget ya mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Indah, banyak yg merekomendasikan juga :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Followers

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law