Tuesday, 16 October 2012

Terima Kasih, Andrea!



Buku yang sangat berkesan bagi saya adalah buku Laskar Pelangi karya Andrea Hirata (dan saya suka semua keempat buku dalam Tetralogi Laskar Pelangi). Buku itu hadir di tengah kepenatan saya memulai pengerjaan skripsi. Mencari permasalahan untuk bahan skripsi, penelitian, waktu, tenaga dan biaya yang harus dikeluarkan membuat saya pusing. Rasa malas juga sering sekali muncul. Di sela-sela kepenatan itu saya membaca buku Laskar Pelangi, dan saya menemukan kesegaran baru dari sana. 

Hingga kemudian di setiap langkah saya menyusuri kampung-kampung padat dan kumuh dengan berjalan kaki untuk keperluan penelitian skripsi, di tengah kesibukan saya mondar-mandir ke rental komputer untuk mengetik naskah skripsi, juga kesibukan-kesibukan di luar skripsi, saya selalu teringat dengan keceriaan Ikal dan kawan-kawan dalam menjalani kesulitan hidup dan keterbatasan pendidikan. Semangat saya bangkit karena teringat kegigihan mereka dalam belajar. Saya tidak merasa lelah dan sangat menikmati proses pengerjaan skripsi saya. Buku itu benar-benar menyuntikkan semangat yang begitu hebat.

Lebih dari itu, buku itu mengubah cara pandang saya dalam hidup. Hidup tak pantas dihadapi dengan keluhan. Sesulit apapun hidup bila kita memandangnya dari sisi positif pasti tak akan terasa sulit. Bahwa sepahit apapun hidup bila kita bisa menyikapinya dengan baik, maka yang pahit pun akan terasa manis (teringat cara Andrea menggambarkan kemiskinan, kepahitan, atau keterbatasan dengan indah, bahkan dengan lucu-lucuan :))

Dan yang membuat saya terharu, tidak saya sangka, karya skripsi saya itu bisa mengantarkan saya pada mimpi saya waktu SMP: naik pesawat terbang! (hahaha... yang ini sangat ‘ndeso bin udik’ :D) gara-gara memenangkan salah satu lomba skripsi. Alhamdulillah...

Ingin saya katakan pada Andrea: “Andrea, tahukah Anda, Anda sangat berjasa untuk saya! Terima kasih, Ikal”
Hehehe.....

1 comment:

  1. He...he saya juga suka...filmnya tiap hari di tonton anak2...tapi sekarang sudah bosan...ada yang baru...he2

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Followers

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law