Friday, 1 June 2018

Tanpa Gelar, 4 Pekerjaan Ini Bisa Berikan Penghasilan Besar



Halo, teman-teman. Gimana kabar puasa Ramadan-nya? Semoga lancar, ya. Kali ini saya ingin menulis tentang pekerjaan yang tanpa perlu gelar tapi bisa memberikan penghasilan yang besar. Hemm... macam apa, tuh? Hehe. Yap, punya penghasilan besar adalah impian semua orang, tak terkecuali mereka yang tidak mengeyam pendidikan tinggi. Namun sayangnya, impian tersebut kerap dipatahkan oleh paradigma bahwa gelar pendidikan sangat menjamin kesuksesan di dunia kerja. Faktanya, gelar memang bisa membuka banyak pintu pekerjaan, namun tak semua pekerjaan membutuhkan gelar. Nah!

Sebab saat ini, banyak sekali profesi yang menjanjikan penghasilan besar tanpa butuh gelar pendidikan tinggi. Bahkan beberapa profesi tidak membutuhkan ijazah SMA sekalipun. So, apa saja profesi yang tak memandang gelar pendidikan tersebut? Berikut ini 4 daftarnya:




Fotografer
Jika kita punya bakat dan ketertarikan alami dalam mengambil gambar, kita bisa mengasah skill fotografi tersebut dengan mengikuti komunitas fotografi. Apabila kemampuan kita sudah cukup mumpuni, tak ada salahnya untuk menawarkan diri menjadi fotografer lepas untuk acara-acara seperti pre-wedding hingga pernikahan. Biasanya fotografer pemula bisa mengantongi hingga Rp 2 juta untuk foto pre-wedding. Sedangkan untuk pernikahan, jasa fotografer pemula bisa dihargai hingga Rp 5 juta. Kita juga bisa memamerkan portofolio kita di media sosial supaya orang-orang bisa melihat dan menilai hasil karya kita. Tak menutup kemungkinan pelanggan akan berdatangan dari situ!

Bagi kita yang baru mulai merintis karier mungkin akan merasa berat kalau langsung membeli sebuah kamera profesional buat menunjang pekerjaan. Sebagai solusi, kita bisa membeli smartphone dengan spesifikasi kamera yang mumpuni. Toh saat ini sudah sangat banyak fotografer yang mengandalkan kamera smartphone untuk menunjang pekerjaan profesionalnya. Kita bisa manfaatkan fasilitas kredit handphone tanpa DP (down payment/uang muka) dari https://www.kredivo.com/. Pilihan tenornya beragam, mulai dari 3, 6, dan 12 bulan. Bunganya juga paling rendah dibandingkan perusahaan sejenis, cuma 2,95% per bulan. Menarik, kan?


Credit from: pexels.com.


Aktor
Teman-teman merasa punya bakat akting? Tentunya kita tidak wajib mengantongi gelar sarjana untuk menjadi seorang aktor. Kembangkan bakat tersebut melalui kursus atau pelatihan di sanggar seni. Lalu ikuti berbagai casting untuk mendapatkan peran. Tak perlu minder kalau kita hanya mendapat peran kecil di awal karier. Nyatanya kebanyakan aktor kawakan juga memulai karier aktingnya dari dasar. Setelah memiliki nama besar nanti, penghasilan yang didapatkan bisa mencapai miliaran rupiah! Tak percaya? Lihat saja Reza Rahadian, setiap main film, ia diberi honor hingga Rp 3,4 miliar! Angka yang fantastis bukan?



Pebisnis

Sudah banyak pengusaha di Indonesia yang membuktikan bahwa kesuksesannya dalam berbisnis tidak bergantung pada gelar. Sebut saja Susi Pudjiastuti, Menteri Perikanan dan Kelautan Indonesia yang mempunyai bisnis maskapai dan pabrik pengolahan ikan. Jangankan gelar sarjana, bahkan beliau tidak menyelesaikan pendidikan SMA-nya. Begitu juga Eka Tjipta Wijaya, bos Sinar Mas yang memiliki kekayaan hingga Rp 122 triliun dan berhasil menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia. Ia lahir dari keluarga miskin dan tidak memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan SMP karena harus membantu orang tuanya. Di sini kita bisa melihat bahwa untuk penjadi pebisnis sukses, eksekusi adalah kunci!

Jadi jika kita mau menjadi pebisnis, di tengah era teknologi saat ini, memasarkan produk lewat internet akan membuat penjualan lebih efektif. Supaya lancar, kita bisa gunakan smartphone lain di luar smartphone pribadi. Tentu agar tak mengganggu cash flow bisnis kita, kita bisa menggunakan kredit handphone tanpa DP saat membelinya. Tinggal download aplikasinya di Google Play Store atau App Store, ikuti instruksi pendaftarannya, dan pengajuan kita bisa langsung disetujui dalam 1 x 24 jam. Setelah di-approve, kita bisa langsung kredit handphone tanpa DP di toko online rekanan Kredivo seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, JD.id, Shopee, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Make Up Artist
Profesi make up artist (MUA) memang sedang naik daun. Penghasilannya pun termasuk menjanjikan. Meski banyak sekolah formal khusus make up, kita tak melulu harus menempuh ilmu di sekolah untuk jadi seorang profesional. Cukup jalani dan kejar passion dengan sepenuh hati, kesuksesan pun bisa mengikuti kita. Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa make up artist profesional seperti Adi Adrian. Sebelum bergelut di dunia make up, ia bekerja sebagai pegawai bank dan hanya menjadikan make up sebagai hobi semata. Berawal dari keisengan untuk berganti profesi, Adi akhirnya terjun ke dunia make up hingga berhasil menyabet penghargaan Makeup Artist of the Year dari Beauty Fest Asia 2017. Penghasilan yang didapatkannya pun enggak main-main, ia memasang tarif hingga Rp 38,5 juta sekali merias pengantin!

Seorang MUA profesional tentu harus mempunyai peralatan make up yang lengkap. Buat kita yang baru merintis karier, enggak perlu keluar modal besar dalam satu waktu kalau kita cicil peralatan make up pakai Kredivo. Pendaftarannya jauh dari kata ribet. Cukup unggah KTP, sambungkan akun e-commerce yang memiliki riwayat transaksi, hubungkan akun internet banking, dan kita bisa langsung membeli peralatan make up untuk menunjang pekerjaan kita.


Nah, dari daftar di atas, bisa disimpulkan bahwa kita tidak selalu membutuhkan ijazah atau gelar sarjana untuk mendapatkan profesi dengan gaji tinggi sesuai harapan kita. Nyatanya, masih banyak orang yang masih kesulitan mendapatkan pekerjaan meski sudah bergelar sarjana. Pendidikan memang penting, namun ketekunan kita dalam mengejar passion adalah hal yang paling utama untuk mempunyai karier cemerlang. Maka dari itu, jangan kecil hati jika kita tidak mengenyam pendidikan tinggi, karena siapapun punya kesempatan untuk sukses di masa depan.

Setuju? Happy fasting buat teman-teman muslim! 😊



1 comment:

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

Ibu-ibu Doyan Nulis


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

WARUNG BLOGGER


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law