Saturday, 7 April 2018

Sudah Benarkah Cara Bunda Mencuci Botol Susu Si Kecil? Yuk, Simak!






Halo, teman-teman yang punya anak batita atau masih bayi, adakah yang anaknya menggunakan botol susu bayi untuk minum susu sehari-hari? Botol susu bayi harus selalu dalam kondisi yang bersih dan steril saat akan diberikan kepada buah hati kita, lho. Sehingga botol susu harus dirawat dengan baik, karena botol susu bersinggungan langsung dengan anak dan tentunya untuk menjaga nutrisi susu yang dikonsumsi oleh anak kita. Betul, bukan?

Saya punya pengalaman merawat botol susu bayi saat membersamai tumbuh kembang anak pertama. Saat itu anak saya memang mengonsumsi susu formula, maka setiap hari dia harus menggunakan botol susu untuk minum susu. Merawat botol susu bayi mencakup cara mencucinya hingga menyimpannya agar selalu bersih, steril, dan relatif lebih awet.

Seperti kita ketahui, pola konsumsi susu oleh bayi masih sangatlah tinggi, yang terkadang membuat kita - para Bunda - sampai harus terburu-buru membersihkan botol susu untuk segera digunakan kembali. Dulu saya pun enggak jarang mengalami hal seperti itu. Padahal, proses mencuci botol yang tidak optimal akan menyebabkan botol susu menjadi tempat favorit tumbuhnya bakteri. Nah, oleh karena itu, saya mau share sedikit tips merawat botol susu bayi khususnya dalam hal mencucinya. Yuk, simak cara mencuci botol berikut ini 😊.

👉 Lepaskan Semua Bagian Botol
Sebelum dicuci, lepaskan semua bagian botol susu kemudian aliri dengan air bersih. Rendam botol dengan sabun khusus pencuci botol susu bayi.


👉 Gunakan Sabun yang Aman untuk Bayi
Pastikan sabun pencuci botolnya adalah sabun yang aman dan diformulasikan khusus untuk mencuci botol bayi. Bunda bisa menggunakan Sleek Baby Bottle, Nipple, and Accessories Cleanser untuk mencuci botol susu si kecil. Sleek Baby Bottle, Nipple, and Accessories Cleanser aman digunakan karena 100% food grade, bebas paraben, dan tidak menimbulkan iritasi. Dengan natural anti bacterial, Sleek Baby efektif membunuh kuman dan bakteri pada botol susu bayi dan dapat juga digunakan untuk mencuci sayur dan buah-buahan. Bunda bisa mendapatkan Sleek Baby Bottle, Nipple, and Accessories Cleanser di Superindo terdekat dengan harga spesial pada Promo Superindo.


👉 Bersihkan Bagian Bawah Botol
Gunakan sikat pencuci botol susu untuk membersihkan bagian dasar botol. Gerakkan dengan lembut naik dan turun serta pastikan tidak ada endapan susu yang tersisa. Jangan lupa bersihkan juga bagian luar botol dan juga bagian bibir botol. Bunda bisa menggunakan sikat yang lebih kecil agar dapat bersih maksimal.





👉 Bersihkan Bagian Dot
Gunakan sikat kecil untuk membersihkan dot sehingga dapat menjangkau bagian ujung dot. Pastikan tidak ada bekas susu yang tertinggal, ya, Bunda.


👉 Bersihkan Bagian Tutup Botol
Untuk membersihkan bagian tutup botol, Bunda dapat menggunakan spon yang lembut. Gosok dengan lembut sehingga tidak ada bekas susu yang menempel.

👉 Bilas dengan Air Mengalir
Bersihkan dengan cara membilas dengan air mengalir. Bilas sampai bersih hingga tidak ada busa sabun yang menempel.

👉 Sterilkan
Tahapan terakhir dan yang tidak boleh terlupakan adalah sterilkan botol susu si kecil. Bunda bisa mensterilkan botol susu dengan alat steril uap maupun sinar UV atau juga steril manual dengan cara merebus botol susu.


Nah, jadi, sudah benarkah cara mencuci botol yang Bunda lakukan? Oh iya, jangan lupa setelah disterilkan, botol harus dikeringkan sebelum digunakan. Oke, semoga informasi yang saya berikan bisa menambah wawasan para Bunda (khususnya Bunda baru) 😊.




19 comments:

  1. Memang agak repot, tapi demi si kecil hrs dilakuin :). Anakku jg semuanya pake botol. Dari lahir, asi cm sebentar trus lgs sufor dari botol. Pas asi juga pakenya botol. Makanya aku dulu lengkapin bgt peralatan bersih2 botolnya supaya ttp sterik dan bersih sebelum dipake anak

    ReplyDelete
  2. Thanks tipsnya mba, kadang karna terburu2 sering lupa cara membersihkan botol susu yg baik gmn. Duh ngeri kalo btol susu jdi sarang kuman, adek bayi bisa ceoat sakit.

    ReplyDelete
  3. Biasanya liat rutinitas ini d saudara yang punya anak kecil.. membersihkan botol susu sangat penting sekali buat kesehatan d kecil..

    ReplyDelete
  4. Waaah, bermanfaat neh, sayang udah nggak punya baby lagi. Pi masih banyak ponakan yang baru punya baby, jadi bisa diinformasikan artikelnya.

    ReplyDelete
  5. Info bagus nih untuk aku mbak, jujur belum ngerti masalah perbotolan susu hehe...maklum baru hamil anak pertama mbak

    ReplyDelete
  6. Aku salut banget dg Ibu yang menggunakan botol susu untuk bayi, telaten banget dengan printilan-printilan itu. Sekaligus bersyukur karena si K ASInya cukup sehinggak Emak yang malas ini enggak rempong dg botol susu. 😂

    ReplyDelete
  7. banyak org yg belom tau gimana caranya mencuci botol yg baik dan benar untuk bayi. apalagi masalah sabun cucinya harus yg bener bener khusus bayi supaya steril gitu.

    ReplyDelete
  8. Setuju sama mba Widi, aku pernah nyobain pakai botol susu. Alhasil, anaknya nangis makin kejer, uda males mimi lewat botol...

    Harusnya memang sedia yang sudah steril beberapa botol yaa...jadi gak remfong pas anak nangis.

    ReplyDelete
  9. Perlu kehati-hatian dalam menjaga kebersihan alat yang akan digunakan oleh bayi ya...karena mereka masih rentan.
    Apalagi sabun untuk membersihkannya, harus yang benar-benar cocok untuk bayi.

    ReplyDelete
  10. Dulu waktu adikku kecil, mama ku telaten banget nyuci botol susu adikku, tekadang bisa sampai 10 menit. akunya heran sih kenapa lama banget. ternyata step nya banyak supaya aman dan bebas dari penyakit

    ReplyDelete
  11. Hal yang penting banget ini sih. Sayangnya di tempatku jarang banget ibu yang tau dan mau beraktifitas lebih untuk memberikan yang terbaik untuk si baby.

    ReplyDelete
  12. Selama ini suka banyak yang keliru kalau merebus botol tu botolnya bener2 direbus. Pdhl sebenernya tu yg bener didihkan air, kalau dah mendidih matikan kompor, masukin botol, tutup panci. Biarkan 10 menitan :D

    ReplyDelete
  13. kalau menggunakan Sleek Baby saya udah sering pakai untuk cuci botol bayi kakak saya, tapi sepertinya setelah baca tutorial disini masih banyak yg perlu saya perbaiki mba.. saya biasanya asal cuci aja hahaha... makasih informasinya ya mba

    ReplyDelete
  14. Waktu punya baby uruaan botol mmg nomor satu.
    Saya punya stok 10 botol. Dicuci, direbus dan dikeringkan dlm wadah khusus.
    Jd klu malam malam anak mimik susu ga perlu repot, botolnya yg bersih tersedia semua

    ReplyDelete
  15. Punya baby tuh mesti resik ya mbak, gak boleh cuma asal bersih. Salah² malah sakit perut. Thank for sharing

    ReplyDelete
  16. Baru tahu nih kalau ada proses merebus saat membersihkan botol susu. Kukira selama ini yang cukup direbus itu ya mie instan saja wahaha. Tips ini bermanfaat sekali bagi khalayak yang lagi punya bayi. Kalau boleh kasih saran, memaparkan dampak negatif dari cara mencuci yang tidak benar itu apa saja ya? Soalnya kayak banyak diremehkan nih perihal cara mencuci yang betul.

    ReplyDelete
  17. Nah iya.., dot dibuka sekalian tutupnya..biar bersih..kadang bekas susu nyangkut disana..., Kalo gak bersih jatuh tempat ternyaman untuk bakteri berkembang biak ...ujung2 ya anak sakit...diare dll, duh.

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah aku Udah bener nyuci botolnya. Hehe. Daunnya sih yg rada milih kalo aku dulu. Kl botol terserah anak

    ReplyDelete
  19. Agak ribet yaaah, dulu pas anak pertama akupun gt krn masih smbung sufor. Lama2 aku jadi malas pakai botol, kalo mau minum pakai gelas aja 😂😂

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

Ibu-ibu Doyan Nulis


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

WARUNG BLOGGER


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law