Saturday, 14 July 2018

Wujudkan Mimpi Menerbitkan Buku Sendiri di AE Publishing



Sebenarnya, hobi menulis sudah saya miliki sejak kecil. Namun kesenangan itu hanya saya lakukan dengan seringnya menulis di buku diary. Lalu, hobi menulis makin menjadi saat saya menemukan media di dunia maya, beberapa tahun yang lalu. Menulis dan menulis, bergabung dengan komunitas menulis di media sosial, atau menulis di blog seperti ini. Dan, kesenangan itu bertambah tatkala tulisan saya bisa diterbitkan dalam sebuah buku!

Ya, di awal kegilaan saya menulis, menerbitkan sebuah buku solo merupakan salah satu obsesi saya. Namun ternyata impian itu tak semudah melambaikan tangan 😄. Jika saya menginginkan hal itu, saya harus membuat tulisan yang benar-benar berkualitas, untuk bersaing dengan penulis-penulis lain agar tulisan saya bisa diterima oleh penerbit (mayor) lalu diterbitkan. Enggak heran ketika pada tahun 2014 lalu tulisan pendek saya masuk dalam sebuah buku antologi  (saja) dan diterbitkan oleh penerbit mayor, hati saya sudah berbunga tak karuan 😄.

Seperti kita ketahui, persaingan untuk dapat menembus penerbit mayor memang ketat, enggak mudah. Trus, gimana, dong, impian saya untuk menerbitkan buku solo? Wah, membayangkan persaingan dengan penulis-penulis hebat maupun senior di penerbit mayor sudah membuat saya mundur duluan. Maka ketika ada seorang teman menawari saya untuk menerbitkan buku di penerbitan self publishing miliknya, saya menyambutnya dengan gembira. Buku solo saya pun jadi dengan mudah. Hasil pikiran saya pun bisa dicetak dan disebarkan kepada pembaca dalam bentuk fisik buku!

Ya, bagi sebagian besar penulis, bisa mempunyai buku sendiri (menerbitkan buku) adalah sebuah impian. Karena karya kita sebagai penulis akan bisa berbentuk fisik, ada bentuk nyata dari tulisan-tulisan kita. Kemudian buku itu akan bisa kita jaga keberadaannya sampai kapan pun, sebagai wujud nyata dari karya tulis kita. Saya pun sebenarnya masih ingin menulis sebuah buku dan diterbitkan. Tapi sayangnya ide tulisan dan energi untuk menulisnya yang belum ada. Hehehe.

Padahal, saat ini ada penerbit self publishing kepunyaan teman (juga) yang recommended. Namanya AE Publishing. Penerbit ini berlokasi kantor di daerah Kepanjen, Malang, Jawa Timur. Teman-teman sudah banyak yang sering mendengar namanya? Hehe, memang penerbit yang didirikan oleh mbak Anisa AE (blogger di anisae.com) ini merupakan penerbit indie yang paling populer di Malang, sih 😉. Saya katakan recommended karena AE Publishing ini sudah berdiri sejak tahun 2012 dan telah menerbitkan ratusan judul buku. Kita bisa melihat keaktifan penerbit ini dalam menelurkan buku-buku penulisnya di semua akun media sosialnya. Artinya, penerbit ini memang tumbuh dan berkembang dengan sehat.



Oh ya, sebentar. Teman-teman sudah tahu belum, ya, apa itu penerbit indie dan bagaimana proses menerbitkan buku di sana? Jadi, di penerbit indie atau self publishing ini kita bebas mau menerbitkan buku sesuai keinginan kita. Tentunya ada beberapa syarat dan ketentuan dari pihak penerbit seperti jumlah halaman minimal atau maksimal berapa, tema tulisan seperti apa, dan sebagainya. Tapi intinya kita bebas menerbitkan karya kita tanpa seleksi seperti proses pada penerbit mayor. Kalau mau tahu contoh syarat kirim naskah di penerbit indie, di AE Publishing juga ada, kok. Silakan meluncur ke website-nya, ya 😊. 

AE Publishing sebagai penerbit indie terbaik saat ini juga menyediakan tiga jenis paket penerbitan yang bisa dipilih oleh penulis. Jadi, kita mau mendapatkan fasilitas seperti apa saja untuk calon buku kita, kita bisa pilih. Atau, menyesuaikan dengan budget kita. Seperti misalnya kita memilih Paket Super, kita sudah mendapat banyak fasilitas di sini. Dari editing yang merupakan kebutuhan dasar sebuah buku hingga fasilitas gambar promosi untuk mempromosikan buku kita di media sosial atau yang lain. 

Selain itu, ada juga fasilitas Terbit Gratis buat kita yang sudah PEDE banget dengan karya novel kita. Jadi kita kirimkan naskah novel lalu ada proses seleksi dulu, seperti pada penerbit mayor. Kalau bagus dan terpilih oleh penerbit, naskah kita bisa diterbitin secara gratis!

Salah satu paket penerbitan yang ditawarkan di AE Publishing.

Nah, teman-teman ada yang punya keinginan menerbitkan buku sendiri? Seperti yang sudah saya tulis di atas, AE Publishing ini recommended. Kalau buat saya sendiri, saya sudah kenal dengan ownernya, Mbak Anisa. Maksudnya, setidaknya, saya sudah tahu seperti apa beliau dan bagaimana kinerjanya. Hehehe. Bagus, kok. Oh ya, keuntungan menerbitkan buku-buku di sana seperti ini, nih:
  • Keuntungan penjualan buku 100% untuk penulis, karena seluruh penjualan ditangani langsung oleh penulis dengan banner promosi adalah kontak penulis. Tapi penerbit juga membantu penyebaran informasinya.
  • Ada sesi konsultasi naskah antara penulis dan editor pada grup khusus agar naskah menjadi lebih bagus dan layak dijual.
  • Buku kita akan mendapatkan ISBN dan diakui secara internasional. Ini cocok digunakan oleh guru yang ingin menambah angka kredit. Jadi enggak salah kalau AE Publishing ini dikatakan sebagai penerbit indie untuk guru 😊. 
  • Setelah buku terbit diterima, penulis bisa mengajukan revisi naskah jika ada penambahan atau pengurangan pada isi dalam jangka waktu 1 (satu) bulan untuk cetakan selanjutnya.

Hemm... banyak, ya, keuntungannya. Karya tulisan kita bisa dinikmati pembaca dengan mudah, kita juga akan mendapatkan keuntungan penjualan yang memuaskan sesuai usaha kita.
Jadi bagaimana? Mau mewujudkan mimpi menerbitkan buku sendiri? Publish your own books with AE Publishing!

***

AE Publishing
Jl. Banurejo 17 Kepanjen, Malang - 65163
HP: 085103414877
WA: 085103414877


Web: www.aepublishing.id
Email: publishing.ae@gmail.com
FP FB: Ae Publishing
IG: @aepublishing
Twitter: @publishingae



2 comments:

  1. Bismillah, semoga suatu hari sayapun bisa menerbitkan buku sendiri. Makasih rekomendasinya mba. Jadi nanti kalau udah ada naskah nggak bingung mesti kemana.

    ReplyDelete
  2. Saya jadi ingat hadiah buku karya mbak diah yang diberikan kepada kayla.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

WARUNG BLOGGER


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Ibu-ibu Doyan Nulis


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law