Sunday, 10 August 2014

[REVIEW] Storycake for Your Life: Nikmatnya Syukur






Sesungguhnya, bahagia tidak didapat dari banyaknya nikmat yang ada, tapi banyaknya syukur atas nikmat itulah yang bisa menghadirkan kebahagiaan. 



Masya Allah.... kenapa saya bisa lupa belum menuliskan review buku ini, ya? Padahal, buku ini merupakan buku yang spesial buat saya. Ehm, gara-garanya, buku ini saya terima pada saat-saat saya akan melahirkan anak ke-2 (akhir bulan April lalu). Dan setelah itu saya melahirkan, kemudian sibuk mengurus bayi, trus jadi lupa, deh, sampai sekarang (berarti sudah sekitar 4 bulan). Hihihi... alesaaaannn :D 

Eh, tapi, kenapa spesial? Tentu dong, soalnya di dalam buku ini ada tulisan saya! Yeay.... :D *norak* 
Oke, begini. Jadi, buku yang berjudul “Storycake for Your Life: Nikmatnya Syukur” ini merupakan buku antologi pertama saya (maksudnya yang pertama kali saya ikuti dan kemudian lolos seleksi). Buku ini merupakan buku seri Storycake yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama. Jadi karena termasuk seri Storycake, isinya merupakan kisah-kisah inspiratif dari para penulisnya. Buku yang kelahirannya dibidani oleh mbak Ayesha El Himah ini memuat 35 tulisan dari 33 penulis. Para penulis kebanyakan adalah anggota IIDN (Ibu-ibu Doyan Nulis) yang menuliskan kisah-kisah true story mereka tentang syukur. 


“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim: 7). 

Syukur atau bersyukur memang terdengar sepele, dan seringkali kita lupakan. Padahal syukur sangat penting bagi kebahagiaan hidup kita. Kadang kita terlalu memandang ke atas, terlalu ingin yang muluk-muluk, lalu lupa bahwa kita telah dikaruniai banyak hal oleh Allah. Kita lupa bersyukur, sehingga hati tak bahagia. Padahal, kunci bahagia itu bukan hanya dari banyaknya nikmat atau kemudahan yang didapat, tapi juga pandainya kita mensyukuri karunia dan nikmat-Nya. 

Kisah-kisah yang tertuang dalam buku ini sangat inspiratif dan menggugah jiwa. Meski diangkat dari kisah-kisah yang kadang sangat sederhana, namun sarat akan hikmah di dalamnya. Seperti misalnya kisah yang ditulis oleh mbak Liza P. Arjanto yang berjudul “Telepon dari Mama”. Kisahnya sangat sederhana, tetapi beliau bisa mengungkap hikmah-hikmah dari setiap aktivitas telepon dari mamanya tersebut. 

Ada pula kisah yang mengharukan dan membuat kita menangis, sekaligus mengingatkan kita bahwa masih banyak orang yang hidupnya lebih susah daripada kita. Atau kisah-kisah tentang hikmah di balik sakitnya seseorang, episode cobaan hidup, dan masih banyak lagi. Atau... kisah saya *ehm* di urutan kedua di buku ini, yang bercerita tentang muhasabah diri atas keadaan yang tak sesuai dengan impian *halah :D*. 
Karena ini buku inspirasional, maka di dalamnya pun bertebaran kalimat-kalimat indah, menginspirasi, dan penuh hikmah. Seperti: 

“Karena ternyata, syukur memang membuat bahagia. Karena ternyata, syukur itu harus datang beriringan dengan kesabaran.” 
“Karena di tengah kesulitan sebesar apapun, tetap ada berkah yang bisa dinikmati dan disyukuri.” 
“Jangan dilepaskan dari tangan barang yang telah ada, karena mengharapkan barang yang jauh. Seorang mukmin mensyukuri nikmat yang telah ada dalam tangannya dan menerima dengan mensyukuri bilamana mendapatkan tambahan lagi.” (Buya Hamka). 

Meski buku ini lumayan tebal, tapi tetap enak dibaca sampai akhir, karena terdiri dari kisah-kisah yang berbeda. Dan dari setiap kisah itu, kita akan menemukan hikmah-hikmah di dalamnya. Tapi untuk buku Storycake yang mengadopsi gaya Chicken Soup, ada beberapa kisah yang menurut saya terlalu berpanjang lebar, jadi agak terasa berat dan kurang fokus. Namun sebagian besar yang lainnya, sudah merupakan cerita-cerita renyah nan penuh hikmah :) 

So, buku ini emang bagus. Eh tapi, penilaian ini bukan karena ada tulisan saya di dalamnya, lho :D 


Tentang Buku:
Judul Buku : Storycake for Your Life: Nikmatnya Syukur 
Penulis : Ayesha El Himah, dkk. 
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama 
Cetakan : Pertama, April 2014 
Tebal : 252 halaman 
ISBN : 978-602-03-0305-5 
Harga : Rp.63.000,00.





2 comments:

  1. Alhamdulillah yang namanya syukur, sabar dan ikhlas sudah jadi password hidup saja. Selamat ya mba untuk buku antaloginya..terus berkarya.. sun sayang buat sikecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah.. kalau sudah begitu, hidup jadi lebih tenang, adem ayem ya, Bu :)
      terima kasih, Bu Astuti, salam karya kembali buat njenengan. Salam buat keluarga juga :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Followers

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law