Saturday, 1 December 2018

5 Tips Hidup Sehat Fisik dan Psikis




Teman-teman pernah enggak mengalami, orang serumah sakit bergantian? Dari anak-anak hingga kita sendiri sebagai orangtua juga sakit. Berputar terus sakitnya, bak putaran setan. Hehe. Apa yang teman-teman rasakan? Pasti salah satunya adalah merasa, bahwa betapa berharganya kesehatan. Lalu berjanji, akan menjaga kesehatan sebaik mungkin, lebih baik dari sebelumnya.


Seperti itu pula yang terjadi pada saya dan keluarga akhir-akhir ini. Bahkan saat ini, si bungsu juga masih sakit. Batuk-pilek. Penyakit yang terlihat sepele, tapi cukup menguras tenaga, waktu, pikiran, dan biaya. Ngurus anak-anak yang sakit dalam jangka waktu yang enggak cukup seminggu dua minggu, bolak-balik ke dokter/rumah sakit, yah... Begitulah.


Tapi meski masih ada anggota keluarga yang sakit, penerapan pola hidup sehat terus kami upayakan. Ngurus anak-anak sakit bukan berarti perhatian terhadap kesehatan jadi kendor karena kecapekan dan sebagainya. Nanti diri sendiri malah ikut sakit, dong

Kami mencoba belajar dari sekitar, juga dari anggota keluarga yang jarang sakit. Kira-kira apa yang perlu dibenahi. Nah, dari sedikit pengamatan tersebut, setidaknya ada 5 tips hidup sehat yang bisa saya terapkan. Sehat di sini sehat fisik dan psikis, ya. Berikut kelima tips tersebut:

1. Istirahat yang Cukup.

Ini sebenarnya mutlak diperlukan. Setidaknya 7 jam dalam sehari disisihkan untuk tidur. Tapi bagi saya itu perjuangan banget. Enggak siang enggak malam anak-anak bangunnya gantian. Jadi emaknya juga sering enggak bisa tidur nyenyak. Istirahat jadi terputus-putus dan enggak berkualitas sama sekali.

Sehingga kadang saya bergantian waktu tidurnya dengan suami. Demi istirahat yang cukup! Hehe. Karena kalau mau hidup sehat istirahatnya harus cukup, dong.

2. Makan Minum yang Sehat dan Teratur.
Makan dan minum juga harus sangat diperhatikan, ya, kalau mau sehat. Makan dengan porsi menu piring gizi seimbang yang terdiri dari setidaknya karbohidrat, protein, sayur dan buah plus mineral. Kemudian makannya yang teratur. Sarapan jangan sampai lupa, makan siang dan malam juga jangan dilewatkan. Untuk minum, mimimal 2 liter atau 8 gelas sehari.

Alhamdulillah kalau untuk urusan makan dan minum saya masih bisa mengusahakan dengan cukup baik. Meski sedang rempong ngurus anak, makan minum enggak boleh disepelekan. Hehe.

3. Jaga Kebersihan.
Menjaga kebersihan ini kita enggak bisa sendirian mengerjakannya, ya. Dalam arti, percuma kalau kita jaga kebersihan tapi anak-anak atau pasangan enggak aware terhadap hal itu. Lingkungan kita jadi tak terjamin kebersihannya gara-gara "ulah" mereka. Jadi saya kudu cerewet sama anak-anak soal ini. Misal urusan gosok gigi, bersihin tempat main yang ada kotorannya, ganti baju secara teratur, dan lain-lain.

4. Olahraga atau Banyak Bergerak.
Jujur untuk saat ini saya enggak bisa melakukan olahraga yang bener-bener olahraga seperti senam, lari pagi, yoga, atau apalah. Jadi saat ini olahraga saya, ya, dengan banyak bergerak saja. Hehe. Mengerjakan rutinitas pekerjaan rumah tangga sudah bisa bikin kalori terbakar. Melayani kebutuhan anak-anak yang seperti tak pernah berhenti, juga bikin saya enggak pernah diam. Bagi saya itu pengganti olahraga.

Saya bisa melihat bapak saya yang masih energik di usianya yang 76 tahun. Kalau saya perhatikan, beliau itu enggak mau diam. Enggak mau nganggur meski sudah tidak bekerja lagi. Ada saja yang dikerjakannya. Dan itu bikin badan beliau enggak mudah sakit. Bagi saya itu contoh yang nyata. Jadi kalau tidak bisa berolahraga secara teratur, banyak bergerak bisa jadi penggantinya 😊.

5. Positive Thinking.
Nah, tips hidup sehat yang kelima yaitu positive thinking. Berpikir positif! Yap, ini gampang-gampang susah, ya. Kadang kalau hati lagi lapang, gampang banget berpikir positif. Tapi kalau lagi sebel banget, misal sama seseorang, susah banget mengubah pikiran negatif kita. Padahal positive thinking berpengaruh banget buat kesehatan kita. Seringkali proses penyembuhan juga dipengaruhi oleh pikiran positif kita, kan?

Tapi meski kadang susah untuk berpikir positif, dengan mulai membiasakan berprasangka baik, bersikap sabar, bersyukur, maka insya Allah hidup yang lebih sehat akan kita capai. Sehat secara fisik saja belum cukup, maka psikis juga harus sehat. Diantaranya yang paling penting adalah berpikir positif, kepada diri sendiri, orang lain, dan tentu saja kepada Allah Sang Maha Pencipta 😍.


Oke temans, itu dia 5 tips hidup sehat fisik dan psikis versi saya. Tulisan ini adalah tema keduabelas dari #BPN30dayChallenge2018 yang diadakan oleh Blogger Perempuan Network. Besok, bahas apa lagi, ya? Hehe. Oiya, share juga dong tips hidup sehat versi teman-teman 😊.


2 comments:

  1. Istirahat? kurang kayaknya. Makan dan minum sehat? Berantakan. Olahraga dan gerak? Geraknya sih iya, olaharaganya ga pernah hahaha... Duh pr banget sih buatku, padahal umur makin nambah. Huhuhu

    ReplyDelete
  2. Kalau aku sih tips hidup sehat : makan yang sehat (kurangi junk food) lebih baik juga makan masakan rumah, istirahat cukup, olahraga, jauhi teman toxic hehehhe dan berpikir positif.

    Nah, olahraga tuh yang agak syulit dibikin konsisten padahal penting bangeeet :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

WARUNG BLOGGER


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Ibu-ibu Doyan Nulis


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law