Thursday, 6 September 2018

Kenali Apa Itu Aplikasi HRIS - Aplikasi HR Zaman Now



Nama Aplikasi HRIS mungkin belum terdengar familiar di kalangan masyarakat terutama karyawan. Karena pada dasarnya orang-orang yang awam dengan hal ini adalah orang-orang yang bekerja di bidang Human Resouce pada suatu perusahaan. Dalam suatu perusahaan terdapat sebuah divisi yang bertugas untuk mengurus masalah sumber daya manusia yang hendak masuk maupun yang ada di dalam suatu perusahaan. Di zaman yang telah modern seperti saat ini, hal-hal seperti mengelola manusia dalam perusahaan pun bisa diselesaikan dengan Aplikasi HRIS.

HRIS merupakan singkatan dari Human Resource Information System yaitu suatu cara untuk menyelesaikan beragam aktifitas yang berkaitan dengan pengelolaan SDM, Payroll, hingga rekruitmen melalui software atau perangkat lunak. Dengan keberadaan Aplikasi HRIS memungkinkan HRD untuk menyederhanakan proses administrasi secara digital dan terintegrasi. Idealnya Aplikasi HRIS yang benar mampu mempermudah pengurusan berbagai administrasi, terintegrasi dengan banyak perangkat, dan menganalisis hingga membuat laporan secara cepat dan akurat. 


Solusi yang ditawarkan oleh Aplikasi HRIS
Aplikasi HRIS ada bukan hanya untuk dibiarkan tanpa digunakan. Justru itulah kesempatan bagi perusahaan untuk menggunakan bantuan dalam mengurus administrasi sumber daya manusianya. Ada beragam solusi yang ditawarkan oleh aplikasi HRIS guna mempermudah pengurusan data perusahaan. Apa sajakah solusi itu?
  • Mengenai absensi. Absensi lebih mudah karena dilakukan secara otomatis beserta perhitungan yang akurat dengan jatah absen. 
  • Manajemen cuti atau izin yang lebih mudah dilakukan dengan komputer. 
  • Pendataan karyawan otomatis.
  • Mempermudah urusan gaji-menggaji.

Dengan adanya solusi yang sangat membantu, para Human Resouce Development (HRD) dapat lebih fokus dalam menjalankan tugasnya di bagian rekruitmen. 



Dampak positif penggunaan aplikasi HRIS 
Menggunakan aplikasi HRIS dalam pengelolaan data karyawan memiliki beragam dampak positif yang bisa didapatkan. Sebuah perusahaan akan menjadi lebih efisien dalam pembagian tugas. HRD tidak perlu lagi melakukan bagian yang seharusnya dilakukan oleh admin/personalia. HRD jadi lebih bisa produktif di bagian yang seharusnya dia lakukan yaitu pengambilan keputusan dan rekruitmen. 

Selain itu, efisiensi waktu dan biaya menjadi dampak positif yang bisa didapatkan oleh suatu perusahaan yang menggunakan aplikasi HRIS. Perusahaan tidak perlu lagi repot-repot membayar admin dan mengeluarkan biaya untuk kertas-kertas karena semuanya bisa terintegrasi dan jadi satu dalam software komputer. Jika ada kehilangan data pun masih bisa didapat kembali dari backup-nya. 

Meskipun memiliki dampak positif yang cukup banyak, Aplikasi HRIS tidak bisa menjamin kesuksesan perusahaan. Percuma saja suatu perusahaan menggunakan aplikasi HRIS dalam pengelolaan datanya namun dalam hal lain perusahaan tersebut tidak bisa melakukan manajemen yang baik. Diperlukan balance dan pengaturan yang tepat. 

Salah satu aplikasi HRIS yang bisa kita gunakan adalah LinovHR. Aplikasi ini telah berbasis cloud dan memiliki banyak fitur yang dapat membantu perusahaan seperti Payroll, pengelolaan data, hingga rekruitmen. Tak perlu ragu lagi menggunakan LinovHR! Oke, semoga artikel ini bermanfaat, ya 😍.




No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

Ibu-ibu Doyan Nulis


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

HALO BALITA


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law