Thursday, 7 June 2018

Wakaf Al-Quran untuk Negeri Bantu Muslim Indonesia Mencintai Kitab Sucinya



Beberapa hari sebelum Ramadan kemarin alhamdulillah saya memenangkan sebuah lomba menulis dan mendapat hadiah berupa uang tunai dan dua buah kitab. Salah satu kitab itu ialah Al-Quran. Si sulung saya yang kelas 1 SD senang sekali demi melihat hadiah Al-Quran tersebut. Dia langsung membacanya sesampainya di rumah. Dan berlanjut hingga hari-hari berikutnya. Katanya, Al-Quran itu untuknya saja! Hehehe. Alhamdulillah, saya senang karena kehadiran Al-Quran baru itu membuat anak saya senang dan lebih semangat mengaji.

Begitulah, Al-Quran sangat dinantikan oleh orang-orang yang membutuhkannya. Anak saya hanya satu contoh orang yang merasa bahagia mendapatkan hadiah Al-Quran. Di luar sana, ada banyak pihak yang lebih membutuhkan. Masyarakat muslim di pelosok desa, lembaga-lembaga pendidikan Islam, pondok pesantren, dan sebagainya. Mereka butuh untuk membaca, mempelajari, memahami, dan mengamalkan Al-Quran. Apalagi di bulan suci Ramadan seperti sekarang, semangat mengkaji Al-Quran tentu meningkat. Dan setiap tahun, selalu ada kebutuhan akan Al-Quran tersebut.

Beruntungnya, di negeri ini ada pihak-pihak yang berbaik hati untuk mewakafkan Al-Quran bagi mereka yang membutuhkan. Seperti misalnya yang telah dilakukan oleh Sinar Mas, sebuah brand besar industri nasional. Sinar Mas mempunyai salah satu program CSR (Corporate Social Responsibility) yang dinamakan Wakaf 
Al-Quran untuk Negeri. Program ini telah berlangsung sejak tahun 2008 dan menjangkau berbagai wilayah di Indonesia.


Video Wakaf Al-Quran untuk Negeri.



Sejak tahun 2008 hingga sekarang, program yang didukung oleh Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas tersebut telah menyalurkan lebih dari 800.000 mushaf Al-Quran, 50.000 buku panduan membaca Al-Quran dan Juz Amma, dan 300 set Al-Quran Braille bagi tuna netra. Penyaluran ini dilakukan melalui mitra maupun pilar bisnis Sinar Mas di wilayah-wilayah Indonesia.


Di awal Ramadan tahun 1439 H ini, wakaf Al-Quran antara lain diserahkan di Masjid Istiqlal, kepada Pemkot Tangerang Selatan, ke pondok pesantren Bahrul Ulum di Jombang, pada kajian PP Muhammadiyah, dan lain-lain.

Dalam kesempatan pendonasian wakaf Al-Quran di Masjid Istiqlal yang diterima secara simbolis oleh imam besar masjid akbar tersebut, yaitu Prof. KH. Nasaruddin Umar, dan juga didampingi para tokoh ulama dan para jamaah shalat tarawih, Saleh Husin selaku Managing Director Sinar Mas mengatakan, 
"Kami berharap keutamaan membaca dan mengkhatamkan Al-Quran di bulan Ramadan dapat berlangsung semakin kuat dengan adanya inisiatif ini. Selain itu, wakaf Al-Quran memang menjadi komitmen kami mendukung langkah pemerintah memperluas ketersediaan Al-Quran di masyarakat."

Wakaf Al-Quran di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Di lain kesempatan, yaitu pada saat penyerahan wakaf Al-Quran di Main Office Indah Kiat Tangerang, Direktur Sinar Mas Yan Partawidjaja mengatakan,
"Program wakaf Al-Quran merupakan upaya kami guna mengamalkan nilai-nilai kebaikan, kepedulian, serta semangat saling berbagi dan silaturahim dengan sesama. Hal ini juga merupakan komitmen kami untuk mendukung pemerintah dalam upaya pemenuhan kebutuhan Al-Quran di tanah air."


Karena Al-Quran adalah kitab suci, maka proses pencetakan seluruh Al-Quran yang diwakafkan ini pun dilakukan secara eksklusif, dengan sangat hati-hati dan teliti. Ratusan ribu Al-Quran tersebut dicetak di atas kertas kualitas premium Sinar Tech atau lebih dikenal sebagai Quran Paper (QPP) yang dikembangkan oleh Indah Kiat Pulp & Paper Tangerang bagi percetakan kitab suci dan buku agama. QPP ini telah memenuhi sertifikat halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia). Karena bahan baku dan proses produksinya telah mengantongi sertifikat Halal MUI, enggak heran kalau hingga 90% produksinya telah diekspor ke berbagai negara Asia dan Afrika. 

Sertifikat Halal MUI diberikan pada QPP karena jenis kertas ini dikembangkan dengan mengedepankan aspek halalan toyyiban atau produk yang halal dan baik. Proses pencetakan yang panjang dari mulai pemilihan bahan baku, proses pembuatan dan peralatan yang dipakai hingga proses penyimpanannya semuanya halal. Mesin yang dipakai juga terbebas dari najis. Sekali lagi hal ini karena proses pencetakan kitab suci Al-Quran yang berisikan kalam atau firman Allah subhanahu wa ta'ala.

Selain telah jelas kehalalannya, QPP Sinar Tech yang diproduksi PT. Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP) Tangerang Mill ini punya beberapa kelebihan, yaitu:
  • Kertasnya berwarna dengan tekstur halus dengan daya serap tinta yang baik serta tingkat pencerahan warna yang maksimal.
  • Didesain khusus untuk bahan dasar kitab suci Al-Qur’an. Yaitu memiliki spesifikasi High Smoothness (tingkat kehalusan sangat tinggi), High Opacity (menjadikannya tidak berbayang meski dicetak bolak-balik), dan High Average (pori-pori kertas menyebar secara merata yang menjadikan setiap titik dan huruf Al-Qur’an dapat tercetak maksimal di setiap bagiannya).
  • QPP sanggup mendukung percetakan hingga 15.000 lembar per jam dengan ketahanan dan warna kertas yang mampu bertahan hingga 100 tahun dalam pemakaian normal, meski kertasnya sangat halus.
Dengan status kehalalan dan berbagai kelebihannya yang terjamin tersebut, maka sertifikasi Halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan ISO 9706 telah dilabelkan kepada produk QPP Sinar Tech.

Wakaf Al Quran pada kajian di PP Muhammadiyah, Jakarta Timur.
Wakaf Al-Quran di pondok pesantren Bahrul Ulum, Jombang.

Program wakaf Al-Quran untuk Negeri ini meskipun telah berlangsung selama satu dekade, namun akan terus dilakukan pada tahun-tahun mendatang. Insya Allah. Oh ya, wakaf Al-Quran ini enggak pandang golongan Islam di Indonesia, lho. Nyatanya pendonasian juga diserahkan pada dua ormas Islam terbesar di Indonesia, yaitu Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama. 

Wah, bagus banget ya yang dilakukan oleh Sinar Mas ini. Apa yang dilakukan telah turut membantu muslim Indonesia untuk mencintai kitab sucinya. Semoga kita semua bisa termotivasi dan tertular semangat berbagi ataupun bersedekah dari melihat aksi brand besar industri nasional Indonesia ini, ya. Membahagiakan orang lain lewat sedekah kita, betapa indahnya ❤.


Bambang, salah satu penerima wakaf Al-Quran untuk Negeri dari Sinar Mas.



Jika teman-teman ingin tahu lebih banyak mengenai Wakaf Al-Quran untuk Negeri, bisa intip di website dan kanal media sosial Sinar Mas:
  • http://www.sinarmas.com
  • https://www.facebook.com/SinarMasID/
  • https://twitter.com/sinar_masid
  • http://instagram.com/sinar_masid
  • https://www.youtube.com/user/SinarmasNet/




18 comments:

  1. Sudah sering lihat info tentang Wakaf alquran tapi ga ngeh kalo dari sinar mas. Semoga berkah

    ReplyDelete
  2. wah sudah satu dekade ya... semoga kedepannya semakin banyak mushaf yang diwakafkan dan semakin banyak orang membutuhkan yang menerimanya...

    ReplyDelete
  3. karena produsen kertas jug makanya Al Quran-nya dibuat dari kertas berkualitas ya mbak. Bagus nih program CSR Sinar Mas. Tiap tahun selalu ada ya :D

    ReplyDelete
  4. Sebuab kegiatan baik di bulan baik. Apalagi itu al quran juga dibuat dengan bahan terbaik.

    ReplyDelete
  5. Turut senang membacanya, dan nggak asal printed tapi berkualitas juga dong hihihi keren, semoga bermanfaat seterusnya

    ReplyDelete
  6. Sinarmas khususnya APP ini emang top company. Qurannya ini bener-bener dipersiapkan dengan baik banget. Saya suka. Kalau bisa dibeli, saya ingin satu!

    ReplyDelete
  7. Wah bagus juga ya untuk memberikan Alquran ke anak anak negeri kita. Perlu didukung nih, terutama kertasnya printed yang kualitas tinggi dan prosea pembuatannya diakui secara halal. Keren!

    ReplyDelete
  8. mumpung ramadhan kan? pahala nya dilipat gandakan.. :)

    ReplyDelete
  9. Semoga dg wakaf ini banyak yg mau ngaji. Habisnya kadang ada tuh Alquran byk, rapi2 tp gak dibuat ngaji. Aku sendiri pake sampai bner2 jelek. Kalau msh oke ya dibaca

    ReplyDelete
  10. Semoga bisa tersebar ke seluruh pelosok Indonesia.
    Pentingnya membumikan Al-Qur'an...agar sejak kecil anak-anak terbiasa membaca kalamullah.

    ReplyDelete
  11. Wah dapat hadiah Al Qur'an Alhamdulillah banget Mbak. Iya wakaf Al Qur'an itu penting ya karena Al Qur'an sebagai pedoman hidup. Salut deh dengan programnya

    ReplyDelete
  12. Pernah baca tentang wakaf Al Quran untuk negeri. Program yang bagus sekali, ya. Apalagi jika dilakukan selama 1 dekade. Semoa istiqomah ya

    ReplyDelete
  13. Di kabupatenku ada sebuah pondok pesantren yg terletak di pegunungan Meratus dan masih jarang terjamah donasi. Semoga wakaf alquran dari sinar mas bisa sampai ke sini.

    ReplyDelete
  14. Semoga dengan terselenggaranya program Wakaf Al-Qur'an, semakin banyak masyarakat yang lebih mencintai Al-Qur.an

    ReplyDelete
  15. Sinarmas sangat bagus nih programnya. Bisa dicontoh oleh perusagaan lain. Apalagi mereka gak sekedar bikin al Qur'an abal abal tapi kualitas nomor 1

    ReplyDelete
  16. Wah keren banget ya Sinarmas, produksinya pun memerhatikan banyak aspek ya, mulai dari kehalalannya serta kualitas kertasnya :)

    ReplyDelete
  17. Keren sinarmas. Semoga bisa menyentuh banyak ponpes dan sekolah sekolah islam yang berada di pelosok juga. Apalagi kalau kualitas kertasnya bisa sampai 100 tahun gitu ya

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah ya, sekarang banyak sekali yang berminat wakaf kuran, jadi umat muslim tetap bisa baca kuran

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

Ibu-ibu Doyan Nulis


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

WARUNG BLOGGER


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law