Tuesday, 25 September 2018

Mau Liburan Murah Tapi Serasa di Lombok? Coba ke 3 Gili di Madura Ini


Siapa yang tak tahu Madura? Sebagai orang Indonesia mestinya kita sudah pernah mendengar nama pulau yang satu ini, ya. Pulau Madura yang terletak di ujung timur wilayah Jawa Timur itu dikenal sebagai Pulau Garam, karena merupakan salah satu daerah penghasil garam terbesar di Indonesia. Madura juga sangat terkenal dengan sate-nya, bahasa daerah plus dialeknya yang khas, dan... Apa lagi, ya?

Sumber gambar: www.liputan6.com

Hemm... jangan salah, obyek wisata di Pulau Madura ternyata juga enggak kalah indahnya dengan daerah-daerah lain di Indonesia, lho. Bahkan ada yang bilang enggak kalah indah dengan yang di Lombok atau Bali. Sebut saja pulau-pulau kecil beserta pantai-pantainya di sana. Yap, ada beberapa gili (daratan kecil atau pulau kecil yang dikelilingi lautan) di Madura yang sangat indah pantai-pantainya. Sebagian pesisir pantai di pulau ini memang masih tersembunyi, jadi belum tersentuh manusia dan terhitung masih "perawan". Dan konon, gili-gili di sini memiliki udara paling bersih di Indonesia! Wih... Seperti apa, ya, keistimewaan dan keindahannya? Simak, yuk, 3 gili yang mempesona di Madura berikut ini!

Gili Iyang 
Gili Iyang atau yang biasa diucapkan Giliyang ini, berada di sisi timur pulau Madura. Gili yang satu ini awalnya terkenal karena sebagian besar warga maupun wisatawan yang pernah berkunjung ke sana berpendapat, bahwa kadar oksigen di gili tersebut menjadi yang terbaik kedua di dunia. Kemungkinan penyebabnya adalah jarangnya asap kendaraan bermotor di sana dan banyaknya pohon yang terus menghasilkan oksigen. Jika dihirup pasti akan terasa segar dan tentunya menyehatkan. 

Untuk bisa mencapai pulau yang berada di Kecamatan Dungkek ini, kita harus sedikit berpanas-panasan. Hehe. Karena kita harus menyeberangi laut dengan perahu kayu selama kurang lebih satu jam dari Pelabuhan Dungkek menuju Gili Iyang. Atau bisa juga berlayar dengan perahu selama setengah jam dengan biaya sewa 200 ribu per 10 orang. Lumayan lama dan panas memang. Tapi setelah sampai di sana, kita bisa menemukan pemandangan yang sangat indah. Dan tentunya bisa berfoto ria sepuasnya :).


Sumber gambar: www.pulaumadura.com

Gili Genting 
Gili Genting ini berada di ujung selatan kabupaten Sumenep. Di sana juga ada pantai cantik dengan berbagai fasilitas spot foto apik yang memang sudah dikembangkan oleh pemerintah setempat, Pantai Sembilan. Teman-teman yang sering baca artikel traveling atau lihat-lihat foto traveling di Instagram pasti sudah pernah lihat, ya, kalau Gili Genting ini memiliki pasir putih hingga terlihat seperti Hawai-nya Madura! Hehe.

Nah, jika kita ingin ke sana, kita bisa menyewa sebuah perahu kayu motor yang sudah disediakan di sana dari pelabuhan Pagar Batu atau Pelabuhan Tanjung. Biaya sewanya sebesar 10 ribu rupiah saja per orang tanpa membawa sepeda motor. Dan jika sepeda motornya ikut dibawa, cukup menambah 10 ribu saja per motor. Cukup murah, ya? Jarak tempuhnya juga hanya sekitar 30 menit saja :).

Gili Labak 
Keeksotisan Gili Labak ini rasanya yang paling terkenal di antara gili-gili yang lain di Madura, bahkan hingga ke wisatawan mancanegara. Letak dari pulau ini sedikit tersembunyi, berada di tengah-tengah laut lepas dengan bentangan pasir putih dan hamparan birunya laut. Wah, sangat bisa memanjakan mata, ya. Bisa bikin pikiran fresh dan rileks pastinya.

Gili Labak memang menjadi salah satu tempat wisata  snorkeling yang favorit karena airnya yang bersih dan jernih. Saking jernihnya kita bahkan bisa melihat ikan-ikan yang ada di bawah laut hanya dengan mata telanjang. Untuk bisa sampai di Gili Labak kita harus membayar biaya sebesar 80 ribu rupiah per orang. Biaya itu untuk menyewa perahu motor dan kelengkapannya, yaitu alat-alat keselamatan penumpang seperti 20 set pelampung. Itu semua diperlukan untuk memenuhi standart keselamatan yang harus dipatuhi. 

Di Gili Labak berbagai fasilitas akan kita dapatkan, seperti kamar mandi umum serta persewaan alat menyelam (snorkeling dan diving). Oiya, sebaiknya kita menggunakan jasa perjalanan saja jika mau ke sana, karena lebih murah dan aman. Semua sudah diatur, jadi kita enggak perlu repot-repot cari info sana-sini atau pesan ini-itu, semua tinggal jadi beres.

Nah, itu dia 3 gili di Madura yang keindahannya serasa di Lombok. Terakhir, ada beberapa tips, nih, untuk kita ketahui jika ingin traveling ke sana. Simak, nih.
  • Jika kita belum terbiasa naik perahu/berlayar atau sudah pernah mabuk laut, jangan lupa minum obat anti mabuk laut sebelum berangkat, ya.
  • Siapkan sunblock untuk wajah dan kulit kita, karena di atas laut, tuh, panas banget pastinya.
  • Bawa juga kacamata hitam untuk melindungi mata kita dari silaunya dan panasnya sinar matahari secara langsung.
  • Lebih baik bawa camilan dan minuman sendiri dari rumah untuk menghemat biaya makan. 
  • Lebih baik membawa banyak uang pecahan saja, seperti 10 ribuan dan 20 ribuan, karena biaya-biaya di sana sekitar itu. Jadi biar lebih gampang jika mau bayar-bayar.
  • Jangan lupa untuk membuang sampah di tempatnya, ya. Mari jaga alam indah Indonesia agar tetap bersih.
Oke, temans. Semoga artikel di atas bermanfaat, ya. Happy traveling!


15 comments:

  1. kirain yg namanya gili cuma punya Lombok, ternyata Madura juga punya ya... hehe

    ReplyDelete
  2. Kudu di coba ini! Aku ke Sumenepnya cuma sebentar, gak sempat ke Gilinya

    ReplyDelete
  3. mau mau mau
    mungkin anti bisa ke sana saat Ichi sudah besaran, foto-foto di sana pasti keren deh

    ReplyDelete
  4. Kenapa yah kalo liat pantai dengan pasir putih kemudian mengarahakan pandangan ke laut lepas, bebas terasa lepas. hehe

    ReplyDelete
  5. Ingin sih jalan-jalan ke sana sendirian gitu, tapi ya entahlah kapan aku bisanya. Meski, ga begitu suka dengan pemandangan pantai, terutama di Jogja yah yang tidak menyerupai Gili. Kayaknya di Madura ini layak juga dicari infonya.

    ReplyDelete
  6. Kupikir asal namanya Gili itu di NTT.
    Hiihii...dan Madura ini luar byasaaa...panas.

    Hihii...karena masku tinggal di Bangkalan.

    ReplyDelete
  7. Madura juga punya Gili? Ya Allah aku kemana aja ya. Soal fasilitas gimana?

    ReplyDelete
  8. Madura seindah itu ya? *manggut2. Tambahkan Madura sbg destinasi buat traveling ah. Aku baru tahu pengertian kata Gili tuh ini, kukira cuma nama tempat di Lombok.

    ReplyDelete
  9. Baru tahu kalau di Madura juga ada "Gili". Aku tu seumur hidup paling yang bener2 ke Madura cuma sekali, sisanya cuma nyebrang dan muter Suramadu aja haha. Jd pengen jg kapan2 eksplor Madura mbak :D

    ReplyDelete
  10. Oh arti gili itu pantai kah? Aku blm pernah sih ke madura ataupun lombok.. boleh nih kalau emang lebih hemat ke madura ya nanti ke madura dulu. Sekalian nyari masakan bebek yg enak

    ReplyDelete
  11. Aku sampe bolak balik baca judulnya. Ini beneran Madura apa aku salah baca ya? Dan ternyata beneran madura. Hehe

    ReplyDelete
  12. Wah baru tahu arti gili, selama ini padahal sering denger nyahaha. Nggak ada gambar pelengkap gili genting sama labak tah kak? Indah2 pastinya yah, aku kalo kesitu pasti bahagia banget sampe lupa pake sunblock karena sukanua lari2an dong :3

    ReplyDelete
  13. saya sudah memasukkan wishlist untuk liburan ke Madura mba soalnya kata anak-anak Plat M pantainya bagus dan memang tidak kalah sama pantai di Lombok.. Saya semakin yakin untuk jalan2 ke Madura nih setelah lihat artikel mba deka ini

    ReplyDelete
  14. Kayak konsep liburan serba hemat gitu yq,hahaha. Boleh juga, lombok jauh sangad sih. Boleh lah alternatif madura :D

    ReplyDelete
  15. waaah baru tau ada GILI yang lain dan di Madura! Thanks!!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

Ibu-ibu Doyan Nulis


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

WARUNG BLOGGER


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law