Friday, 31 May 2019

Rupa-rupa Aktivitas Mengisi Waktu Selama Ramadhan 1440 H


Saya menuliskan ini sebagai catatan perjalanan selama Ramadhan 1440 H. Bagaimana kami sekeluarga mengisi waktu selama Ramadhan di tahun ini. Saat keempat anak kami masih kecil, saat segala kerempongan sering terjadi. Hehe.

Thursday, 30 May 2019

Inilah Tradisi Lebaran yang Membuat Idul Fitri Jadi Semarak


Lebaran sebentar lagi.. lebaran sebentar lagi.. *nyanyi 😊
Apa yang teman-teman pikirkan tentang lebaran? Mungkin banyak sekali yang terlintas di pikiran, ya, saat muncul kata lebaran. Mulai dari shalat Idul Fitri, mudik, aneka jajanan, baju lebaran, dan lain-lain hingga tradisi lebaran yang bermacam-macam.

Wednesday, 29 May 2019

Mengapa Berburu Baju Lebaran?


Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah insya Allah tinggal beberapa hari lagi. Hari besar yang sangat istimewa bagi umat Islam di dunia ini sudah pasti sangat dinantikan. Tak terkecuali muslim Indonesia, selalu gembira jika lebaran tiba. Banyak hal biasanya dipersiapkan untuk merayakannya. Mulai persiapan hidangan di hari raya, hingga berburu baju lebaran pun kerap dilakukan.

Tuesday, 28 May 2019

Mengoptimalkan Manfaat Berbuka Puasa Bersama Keluarga atau Teman


Hingga hari ke-23 Ramadhan tahun ini, ada berapa kali undangan buka puasa bersama yang diterima teman-teman? Saya, dong, enggak ada satu pun! Hahaha. Iya, saya buka puasa bersama keluarga saja setiap harinya. Tapi, boleh, dong, kalau kali ini saya menulis tentang bagaimana mengoptimalkan manfaat berbuka puasa bersama keluarga atau teman? Hehehe. Boleh, lah, ya. Blog saya sendiri juga 😅.

Monday, 27 May 2019

Seberapa Penting Make Up Saat Lebaran?


Lebaran atau lebih tepatnya Hari Raya Idul Fitri merupakan hari yang sangat istimewa untuk umat Islam. Karena begitu istimewanya, kaum muslim menyambut dan merayakannya dengan suka cita, dengan apa-apa yang terbaik yang mereka punya. Termasuk untuk urusan penampilan, dari pakaian yang dikenakan hingga tampilan wajah atau make up wajah. Tapi sebenarnya, seberapa penting make up saat lebaran, ya?

Sunday, 26 May 2019

Tips Berpuasa untuk Anak Kecil Usia TK


Alhamdulillah tahun ini si nomor dua, Fahima, sudah ikut berpuasa Ramadhan. Tapi dia masih puasa setengah hari, sih, belum full sampai Maghrib. Mungkin "prestasi"nya termasuk belum bagus, ya, untuk anak seusianya. Tapi enggak apa-apa, kali ini emaknya mau nulis tentang tips berpuasa untuk anak kecil usia TK. Hehe.

Saturday, 25 May 2019

Aplikasi yang Digunakan Selama Ramadhan, Penting Enggak, Sih?


Halo, temans. Selama Ramadhan, bagaimana aktivitas kalian? Apakah terjadwal dengan baik? Apakah teman-teman punya aplikasi-aplikasi khusus untuk bulan Ramadhan ini? Hemm... Sebenarnya, aplikasi yang digunakan selama Ramadhan, penting enggak, sih?

Friday, 24 May 2019

Cara Membiasakan Berbagai Amalan Puasa pada Anak


Mengajak anak-anak berpuasa di bulan Ramadhan itu, gampang-gampang susah. Kadang gampang, seringnya susah. Hehe. Padahal, banyak amalan puasa yang harus diketahui anak dan menjadi kebiasaannya, agar pahala di bulan Ramadhan berlimpah. Saya mencoba belajar mendidik anak-anak, tentang bagaimana cara membiasakan berbagai amalan puasa pada anak-anak.

Thursday, 23 May 2019

Memorabilia Cerita Mudik: Dari "Boyongan" Hingga "Kruntelan"


Saya mulai bersentuhan akrab dengan istilah mudik setelah menikah, sepuluh tahun yang lalu. Sebelumnya saya hanya mendengar cerita teman-teman atau saudara-saudara yang mudik. Lalu, dari pertama mudik hingga sekarang, ada beragam cerita mudik yang selalu terkenang. Dari cerita "boyongan" hingga mudik dengan model "kruntelan". Hahaha.

Wednesday, 22 May 2019

Ramadhan Saat Masa Kecil: Semaraknya Masjid


Jika mengenang Ramadhan saat masa kecil, mungkin saya harus berusaha keras membuka kenangan. Dan kenangan itu, seumpama tulisan-tulisan yang telah sangat buram. Sulit dibaca. Sulit diingat. Hanya sebagian yang terbaca. Dan sebagian itu, adalah tentang semaraknya masjid.

Tuesday, 21 May 2019

Cara Mudah Memahamkan Anak tentang Zakat, Infaq dan Shadaqah


Di awal Ramadhan kemarin si sulung dan adiknya mendapat surat edaran dari sekolah. Pengumuman itu berkaitan dengan pembelajaran di bulan puasa. Diantara isinya yaitu tentang pembayaran zakat yang bisa dilakukan di sekolah. Nah, kali ini saya ingin sharing tentang cara mudah memahamkan anak tentang zakat, infaq, dan shadaqah.

Monday, 20 May 2019

Beberapa Objek Wisata Keluarga yang Ramah Anak di Solo


Solo, kota seribu kenangan. Memang benar demikian arti kota itu buat saya. Lahir dan besar di Solo, lalu sekarang menjalani kehidupan di kota Sidoarjo, menjadikan Solo punya tempat yang sangat spesial di hati saya. Tempat yang selalu dirindukan. Dirindukan untuk dikunjungi, untuk menjelajahi kembali masa lalu yang bertabur kenangan manis. Nah, next time, saya ingin ke sana untuk mengunjungi beberapa objek wisata keluarga yang ramah anak di Solo.

Bedak Wardah, Bedak Favorit yang Menenangkan Hati


Oke, saya memang bukan beauty enthusiast. Bukan perempuan yang tergolong cantik menawan pula. Tapi boleh, dong, sekali-kali saya mengulas tentang produk kecantikan? Hihihi. Prolognya gini amat, yak. Iya, izinkan saya kali ini menulis tentang bedak Wardah, bedak favorit yang menenangkan hati. Bukan review yang komplit gitu, ya. Namun sekadar berbagi pengalaman saja 😊.

Sunday, 19 May 2019

Tentang THR ala Saya: Cara Mendapatkan dan Menghabiskannya



Sudah beberapa tahun terakhir ini saya menggeluti dunia bloger yang menghasilkan. Dibilang profesional dalam arti menjadikan bloger sebagai profesi, sebenarnya enggak juga. Tapi, nyatanya saya memang mendapat penghasilan dari aktivitas menulis di blog (meski belum banyak). Nah, menjelang hari raya Idul Fitri seperti sekarang, enggak ada salahnya saya menulis tentang THR (Tunjangan Hari Raya), ya, berhubungan dengan penghasilan. Kali ini tentang bagaimana cara mendapatkan dan menghabiskannya. Hehe.

Saturday, 18 May 2019

Lebaran dan Gaya Rambut Anak Laki-laki


Semakin besar, si sulung saya semakin mengerti soal gaya. Anak laki-laki kelas dua SD (Sekolah Dasar) itu saat ini semakin memperhatikan gaya berpakaian, gaya memakai sandal dan sepatu, hingga gaya rambut. Hemm... Ternyata begini, ya, perkembangan seorang anak laki-laki 😊.

Friday, 17 May 2019

Memilih Baju Tunik untuk Penampilan Muslimah yang Syar'i


Halo, temans. Adakah yang hendak membeli pakaian untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri? Oh, tidak ada? Saya juga, sih. Hehe. Tapi siapa tahu, ya, tulisan saya berikut ini bermanfaat untuk dibaca kapan saja, termasuk untuk menyambut lebaran. Kali ini, saya ingin sedikit menulis tentang fashion, yaitu tentang memilih baju tunik untuk penampilan muslimah yang syar'i 😊.

Thursday, 16 May 2019

Cara Menggunakan Panci Presto Oxone OX-2004


Dulu saya penasaran banget gimana cara menggunakan panci presto. Sepertinya, kok, ribet dan harus hati-hati banget menggunakannya. Alhamdulillah tahun 2015 kemarin ada rezeki untuk beli panci presto, sehingga saya bisa merasakan langsung pengalaman menggunakan peralatan masak yang banyak manfaatnya itu. Di bulan Ramadhan seperti sekarang, panci presto sering saya gunakan untuk memasak. Yap, panci presto memang bermanfaat sekali untuk urusan dapur 😊.

Wednesday, 15 May 2019

Cara Mencegah dan Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa



Kalau kemarin saya bahas soal sikat gigi saat puasa, sekarang saya mau menulis tentang cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa. Enggak bisa dipungkiri, puasa dan bau mulut memang berhubungan erat, ya. Karena seharian enggak makan dan minum kadang bikin mulut kita berbau kurang sedap.

Tuesday, 14 May 2019

Kapan Waktu yang Tepat untuk Sikat Gigi Saat Puasa?



Di bulan Ramadhan tahun 1440 Hijriyah ini, alhamdulillah semangat saya dalam beribadah puasa masih sama kencengnya dari awal hingga di hari ke-9 saat ini. Diantara semangat itu, saya rajin mandi setelah sahur sekalian sikat gigi. Badan dan mulut jadi bersih dan segar, pikiran pun lebih fresh. Nah, makanya sekarang saya mau menulis sesuatu yang berkaitan dengan hal itu. Yaitu tentang kapan waktu yang tepat untuk sikat gigi saat puasa? 😊

Monday, 13 May 2019

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami



Halo, temans. Tak terasa sebentar lagi insya Allah hari raya Idul Fitri akan tiba, ya. Biasanya, sih, hari raya umat Islam ini menjadi momen berkumpulnya semua saudara. Dan saya jadi inget soal wajah, dong. Hehe. Gimana kalau lagi jerawatan pas hari raya? Enggak pede, kan? So, kali ini saya mau menulis tentang cara menghilangkan jerawat secara alami 🤗.

Sunday, 12 May 2019

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan-bahan Alami


Masalah pada rambut ada bermacam-macam, ya. Dari mulai rambut rontok, berketombe, tidak berkilau, dan lain-lain. Yang paling menyebalkan memang rambut rontok dan rambut berketombe, sih. Karena efeknya terlihat banget. Nah, kali ini saya mau nulis sedikit tentang cara menghilangkan ketombe dengan bahan-bahan alami.

Saturday, 11 May 2019

Ketika Emak Irit Menyikapi Promo Belanja Online


Punya beberapa aplikasi e-commerce di hape (handphone) itu ada enak-enggaknya, ya. Enaknya, kita bisa dengan mudah belanja online. Kapanpun dan di manapun butuh barang, bisa langsung klak-klik dan sukses belanja sesuai kebutuhan. Enggak enaknya, kalau lagi ada promo belanja online, banyak banget notifikasi yang muncul di hape. Huhuhu. Risih!

Friday, 10 May 2019

Nasi Goreng, Menu Penyelamat Sahur Buat Anak-anak


Biasanya, saya dan ibu memasak dua menu sayur di rumah. Satunya pedas, yang lain enggak pedas. Karena memang anak-anak belum doyan masakan pedas. Hari-hari biasa atau Ramadhan sama saja ritmenya, sih. Nah, kemarin itu saya alpa, saya enggak masak sayur buat anak-anak. Hiks! Akhirnya anak-anak berbuka dengan takjil, dan nasi plus lauk saja. Dan saat sahur tadi, saya masak nasi goreng.

Thursday, 9 May 2019

Resep Soto Ayam ala Emak 4F




Alhamdulillah.. Di hari keempat bulan Ramadhan tahun 1440 H ini saya masih semangat beribadah puasa. Termasuk dalam hal masak-memasak yang juga merupakan ibadah, dong, ya 🤗. Nah, kalau kemarin saya menulis resep roti goreng selai kacang, sekarang saya pengin nulis tentang resep soto ayam ala emak 4F alias ala saya 😄.

Wednesday, 8 May 2019

Resep Buka Puasa SKIPPY: Roti Goreng Selai Kacang




Halo, temans. Bagaimana kabar puasa Ramadhan-nya? Alhamdulillah hari ini memasuki hari ketiga, ya. Kalau kemarin saya menulis tentang ngabuburit dan tempat buka puasa, nah, kali ini saya mau share resep buka puasa Skippy: Roti Goreng Selai Kacang. Hemm.. ada yang pernah bikin enggak, ya? 😊

Tuesday, 7 May 2019

Tempat Buka Puasa Favorit di Sidoarjo Selatan


Temans, kalau kemarin saya menulis tentang ngabuburit, kali ini saya mau menulis tentang tempat buka puasa favorit di Sidoarjo Selatan, yaitu daerah tempat tinggal saya. Lho, kemarin bilangnya enggak suka ngabuburit di luar? Berarti enggak suka buka puasa di luar juga, dong? Jadi ngapain posting tentang tempat buka puasa favorit? Hihihi. Kita simak saja, yuk, tulisan berikut ini 🤗.

Monday, 6 May 2019

8 Ide Aktivitas Anak Saat Ngabuburit di Bulan Ramadhan






Alhamdulillah... hari ini adalah hari pertama puasa Ramadhan tahun 1440 Hijriyah atau 2019 Masehi. Bagaimana kabar teman-teman muslim khususnya para ibu atau emak? Sudah siap menu buka puasa buat nanti sore? Atau lagi mikirin aktivitas apa saja yang asyik buat anak saat ngabuburit nanti? Yak, saya lagi mikirin itu juga!

Thursday, 2 May 2019

Pentingnya Korelasi Pendidikan dan Moral untuk Mencetak Generasi yang Beradab




Ngeri.. sungguh ngeri... jika kita melihat fenomena perlakuan siswa terhadap gurunya yang amoral akhir-akhir ini. Peristiwa siswa melawan gurunya, tampaknya sering kita lihat di beberapa tahun terakhir di Indonesia. Di Jawa ataupun luar Jawa, sepertinya kompak telah terjadi degradasi moral pada para peserta didik itu. Sungguh menyedihkan!

Kumpulan Emak Blogger

WARUNG BLOGGER


Blogger Perempuan



Ibu-ibu Doyan Nulis


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 dekamuslim | Powered by Blogger | Template by Enny Law