Wednesday, 31 January 2018

ASUS X555BP, Notebook Mumpuni dengan Fitur Memukau Tapi Harga Terjangkau





Sudah 2018, gimana mimpi tentang notebook kemarin?

Hah?! Oh iya ya. Kan aku kemarin sempat bermimpi punya notebook itu, ya?

Lhah... masa sudah lupa. Baruuu ditulis bulan Oktober kemarin. Jadi gimana, nih. Masih mau melanjutkan mimpinya?

Tuesday, 23 January 2018

This love is always there, for you...





Dear, Son… 
Terima kasih telah hadir di tengah-tengah kami
Menjadi buah hati Abi dan Umi yang pertama
memberikan warna baru di lembar-lembar selanjutnya dalam hidup kami
menjadi sosok yang lucu, imut dan menggemaskan
cinta baru pula untuk mbah Uti dan mbah Kung

Monday, 22 January 2018

Ngeblog Terus Hingga Sang Maha Kuasa yang Menghentikannya





Berbicara mengenai blogging bagi seorang blogger itu selalu menarik. Meskipun blog dekamuslim.com ini adalah blog ber-niche lifestyle alias "gado-gado" dengan konten dominan pada parenting, family, dan mom n kids, tapi enggak jarang saya juga asyik menulis soal blogging. Dari mulai alasan ngeblog, keuntungan ngeblog, menyinggung sponsored post di blog, dan masih banyak lagi. Dan sekarang, saya juga ingin menulis tentang blogging dengan tema berbeda. Karena ada pertanyaan seperti ini: Mau ngeblog sampai kapan?

Sunday, 21 January 2018

Checklist Pembentukan Karakter Cinta Lingkungan pada Anak



Setelah punya anak, saya baru tahu kalau pembentukan karakter itu harus dilakukan satu per satu, secara berulang-ulang, dan dalam jangka waktu tertentu. Jadi sangat sulit rasanya jika semua karakter baik dibentuk dalam waktu bersamaan. Sehingga kunci sukses pembentukan karakter yang baik, ya, harus kontinyu. Seperti halnya ketika saya dan anak-anak berproses untuk membangun karakter cinta lingkungan.

Saturday, 20 January 2018

Manfaat Kerja Sambilan Saat Kuliah



Sejak awal hingga akhir kuliah, kerja sambilan hampir tak pernah lepas dari aktivitas saya sehari-hari. Berawal dari nasib yang mengantarkan saya ke Surabaya, untuk kuliah dengan beasiswa atas bantuan pakdhe. Pakdhe saya adalah tipe orang yang enggak bisa diam, pekerja keras, maka orang-orang di rumahnya juga harus terus bergerak. Hal itu juga berlaku bagi saya, si penghuni baru di rumah beliau. Beliau pun kemudian mencarikan aktivitas baru buat saya.

Friday, 19 January 2018

Belajar tentang Semangat Pantang Menyerah dari Film Happy Feet 2



Sebenarnya saya bukan pecinta film. Tapi sebagai orang yang pernah punya televisi, menonton film bukanlah sesuatu yang tak pernah dilakukan. Dulu, saat kecil hingga dewasa, kerapkali saya menonton film di tivi. Saat masih kuliah, saya juga pernah menonton film di gedung bioskop. Memang agak berbeda rasanya antara menonton film di tivi dan bioskop, tapi bagi saya yang penting bisa menikmati jalan cerita filmnya.

Thursday, 18 January 2018

Mencegah Kekerasan pada Anak Dimulai dari Diri Sendiri dan Lingkungan Sekitar



"Aku tadi diolok-olok sama temen-temenku..."
"Diolok-olok gimana?"
"Di-'wuwuwuuuuu....' gitu."
"Lha emangnya kamu ngapain?"
"Enggak ngapa-ngapain."
"Maksudnya, sebelum 'di-wuwuwuuu' itu Faiq lagi ngapain kok bisa disorakin gitu?"
"Haduh.... Enggak ngapa-ngapain, Miii...!"

Wednesday, 17 January 2018

Mendidik Generasi Z dengan Good Attitude



Benar dikatakan jika anak adalah amanah. Mereka adalah amanah dari Allah subhanahu wa ta'ala kepada orangtuanya. Sebagai amanah, mereka harus dijaga sebaik mungkin agar yang mengamanahi enggak kecewa. Bahkan kita juga harus mengemban amanah itu agar sang pemberi amanah bisa "berterima kasih" atas kesediaan kita menjaga mereka. Demikianlah kurang lebih ibaratnya. Dan kita pasti berharap bisa melakukannya, agar kelak bisa mendapatkan surga-Nya. Aamiin.

Tuesday, 16 January 2018

Buku Bekas, Dulu dan Sekarang


Credit from pexels.com.


Tahukah, temans. Sejak beberapa hari yang lalu saya mengikuti program ODOP (One Day One Post) di grup blogger Indonesian Social Blogpreneur (ISB)? Dan hari ini, rupanya saya sedikit keteteran. Hehehe. Selain karena tadi sedang menulis tema lain, tema ODOP hari ini lumayan bikin saya mikir. Temanya tentang: "Mengapa masih suka beli majalah atau buku bekas? Adakah nilai plus-nya dari barang-barang tersebut? Di manakah biasanya membeli? Jika tidak suka, apa tanggapannya soal majalah dan buku bekas?"
Nah, panjang bener, tuh 😂

Wisata Edukasi di Malang yang Ingin Kami Kunjungi Tahun Ini





Wisata Edukasi di Malang yang Ingin Kami Kunjungi Tahun Ini
Merencanakan sesuatu memang lebih baik daripada tidak ada rencana sama sekali. Membuat persiapan yang matang sekaligus memperhitungkan segala hambatan yang mungkin ada, akan mensugesti diri kita untuk berusaha mewujudkan rencana-rencana tersebut beserta langkah-langkah antisipatifnya. Apalagi di awal tahun seperti ini, membuat rencana-rencana untuk setahun ke depan sungguh akan memberikan semangat tersendiri. Saya sendiri, telah membuat beberapa rencana tersebut, termasuk untuk urusan traveling.

Monday, 15 January 2018

Semoga Ini yang Dinamakan Berkah



Tahun 2017 kemarin hingga saat ini sepertinya menjadi hari-hari yang tak begitu indah di dalam keluarga kami, khususnya dalam masalah ekonomi. Keluarga yang saya maksud adalah keluarga inti dari saya sendiri, yang beranggotakan bapak, ibu, saya, dan seorang kakak lelaki saya. Bukannya enggak bersyukur, hanya saja keadaan sekarang menjadi lebih buruk dari sebelumnya.

Sunday, 14 January 2018

Mengasah Kecerdasan Naturalis Anak dengan Berkebun



Salah satu cara mengasah kecerdasan naturalis anak adalah dengan memperbesar frekuensi interaksi mereka dengan tumbuh-tumbuhan. Kami memang tinggal di desa, yang akan dengan mudah menjumpai tumbuh-tumbuhan di sekitar kami. Tapi, di rumah kami sendiri hanya ada sedikit tanah untuk ditanami tumbuh-tumbuhan. Sehingga, interaksi anak-anak dengan berbagai macam flora selama ini sangat terbatas.

Saturday, 13 January 2018

Traveling Bersama Orangtua



Sebagai keluarga yang tinggal serumah dengan orang tua, kami (saya dan suami) hampir selalu memikirkan kepentingan bapak dan ibu jika merencanakan sesuatu hal. Suatu hal yang saya maksud banyak sekali macamnya, mulai dari urusan remeh temeh hingga rencana besar yang harus dipikirkan matang-matang.

Friday, 12 January 2018

Belajar untuk Beribadah dan Refreshing Diri


Dan katakanlah (wahai Nabi Muhammad) tambahkanlah ilmu kepadaku. (QS. Thaaha: 114)
Setiap muslim memang wajib menuntut ilmu, baik laki-laki maupun perempuan, dari masih dalam buaian sang ibu hingga akhirnya sudah masuk ke liang lahat. Doa agar ditambahkan ilmu pun menjadi kebutuhan. Karena tanpa doa, bisa jadi ilmu yang dipelajari hanya lewat di kepala tanpa memberi manfaat apapun dalam kehidupan.

Thursday, 11 January 2018

Mencoba Menemukan Keistimewaan Diri Melalui Analisis SWOT Pribadi



Sebagai seorang introvert, saya cenderung sulit menemukan keistimewaan diri sendiri. Perasaan inferior, pemalu, tidak percaya diri, dan sifat-sifat negatif lainnya seringkali hinggap di hati dan pikiran. Hal ini telah berlangsung sejak saya kecil, hingga dewasa. Terkadang memang bahagia ketika bisa berbuat baik/lebih, tapi setelah itu saya tetap merasa tak ada apa-apanya dibanding dengan orang lain. 

Wednesday, 10 January 2018

Mengejawantahkan Pesan dari Guru Inspiratif untuk Anak



Belajar dari pengamalan. Bagi saya, kalimat simpel itu mempunyai makna yang dalam. Karena saya pikir, pengalaman lebih mengena dan lebih membekas. Bukan, bukan membandingkannya dengan belajar dari buku-buku atau sumber-sumber lain. Tapi pengalaman, adalah guru terbaik dan tak tergantikan dalam hidup.

Thursday, 4 January 2018

Apa yang Dipelajari Anak-anak ICP Kelas 1 SD?



Apa yang Dipelajari Anak-anak ICP Kelas 1 SD? 
Seperti yang pernah saya tulis di blog ini beberapa waktu yang lalu, anak sulung saya saat ini sedang belajar di Kelas 1 SD. Si sulung Faiq saya masukkan ke kelas ICP (International Class Program) setelah melalui berbagai pertimbangan sebelumnya. Salah satunya, karena kami (saya dan suami) merasa bahwa kecakapan dalam berbahasa Inggris sangat diperlukan di era globalisasi seperti sekarang ini.

Kumpulan Emak Blogger

WARUNG BLOGGER


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Ibu-ibu Doyan Nulis


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law